Ini yang Harus Dilakukan saat Anak Remaja Anda Memberi Tahu Sesuatu yang Mengkhawatirkan tentang Seorang Teman, Kata Para Ahli

30 Juni 2022, 20:52 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi dua remaja putri tampak sedang berbicara serius di bangku taman.
Ilustrasi dua remaja putri tampak sedang berbicara serius di bangku taman. /Pixabay.com

  • Ada kalanya seorang remaja akan mendatangi orangtuanya sebagai ekspresi bahwa mereka sedang meminta bantuan secara tidak langsung.
  • Terutama jika itu menyangkut kondisi emosional teman mereka.
  • Respons orangtua akan menentukan penyelesaian masalah dengan orangtua teman.

SKOR.id - Sesuatu bisa sangat mengejutkan dari apa yang orangtua remaja dengar atau pelajari tentang teman anak mereka: siapa yang bergaul dengan kerumunan yang salah arah, punya kebiasaan vaping bebas, yang tampaknya depresi atau bahkan ingin bunuh diri.

Dan, kadang, naluri untuk menjangkau orangtua dengan berita bahwa anak remaja mereka mungkin terlibat dalam masalah, akan semakin kuat — terutama ketika anak Anda yang datang langsung kepada Anda dengan informasi tersebut.

Tetapi kapan itu akan membantu dan penting dan kapan tindakan itu bisa melewati batas? Jawabannya bernuansa, kata para ahli, dan bergantung pada banyak faktor.

"Ini adalah pertanyaan yang sulit," Erlanger Turner, seorang psikolog klinis berbasis di Los Angeles yang berfokus pada remaja, dan direktur eksekutif Therapy for Black Kids, mengatakan kepada Yahoo Life.

"Dan saya pikir Anda selalu harus menemukan keseimbangan, sebagai orangtua, antara jadi figur otoritas dan memberi (anak Anda) alat untuk belajar bagaimana menavigasi ini sendiri."

Seorang remaja yang membuka diri tentang seorang teman pada dasarnya mereka meminta bantuan, meskipun secara tidak langsung.

"Jika anak Anda datang kepada Anda dengan informasi tentang anak lain, anak Anda dengan jelas memberi tahu Anda bahwa itu terlalu banyak untuk mereka bawa dan bahwa mereka membutuhkan bantuan Anda," Barbara Greenberg, psikolog remaja yang berbasis di Connecticut, Amerika, mengatakan pada Yahoo Life.

Kemudian, ketika mereka berbagi rahasia itu, katanya, cara Anda bereaksi sangat penting.

"Ketika anak Anda memberi tahu sesuatu kepada Anda, dengarkan dengan sangat hati-hati dengan emosi sesedikit mungkin, karena Anda akan mendapatkan lebih banyak informasi jika Anda tidak menunjukkan tanda-tanda ketakutan, jengkel, atau kecemasan," kata sang psikolog. "Jika suara Anda mulai menaik, maka anak Anda akan segera menutup diri."

Tetapi bagaimana seseorang bisa memutuskan kapan bendera merah benar-benar menjamin untuk menjangkau orangtua, dan saat itu hanya drama remaja yang layak untuk dihindari?

Turner dan Greenberg menunjukkan beberapa faktor dasar yang layak dipertimbangkan.

Menilai faktor risiko
"Apakah anak mereka dalam bahaya, krisis emosional atau fisik?" Greenberg mengatakan untuk bertanya pada diri sendiri. Jika jawabannya ya, saatnya untuk terlibat.

Turner setuju. "Apakah mereka disakiti? Coba untuk memutuskan apakah anak ini berisiko melukai diri sendiri atau menyakiti orang lain - atau dilukai oleh orang lain," sarannya, mencatat bahwa seseorang berbicara tentang bunuh diri atau menyakiti diri sendiri, atau diintimidasi atau dilecehkan, semua termasuk dalam kategori tersebut.

Terkait hal-hal lain yang mungkin Anda dengar, seperti bahwa seorang anak telah mengutil atau menipu atau melanggar aturan, dia berkata, "Ya, itu buruk, tetapi itulah perilaku remaja, bahwa mereka sedang bertumbuh, dan Anda perlu bertanya: Bagaimana caranya? seberapa besar masalah yang ingin Anda buat versus membiarkan orangtua menanganinya sendiri?"

Tetapi jika anak Anda tampak sangat khawatir, Greenberg mengatakan, "Apa pun penting yang berkaitan dengan kesejahteraan dan keamanan emosional anak lain — jadi bukan hanya bunuh diri, tetapi hanya materi emosional tugas berat, karena kami ingin mendapatkan sesuatu lebih awal."

Itulah mengapa mendengarkan naluri Anda dan tingkat kesusahan anak Anda, akan sangat penting. "Dengarkan anakmu, dan pikirkanlah."

Pertimbangkan kepercayaan antara Anda dan anak Anda
Jika anak Anda datang kepada Anda dengan informasi yang cukup menyusahkan bagi Anda untuk menghubungi orangtua lainnya, jangan mengambil langkah tersebut tanpa berbicara dengan anak Anda terlebih dahulu, saran Greenberg dan Turner.

"Jika Anda memutuskan bahwa akan sangat membantu bagi orangtua untuk mengetahuinya, sebelum Anda memberi tahu orangtua yang bersangkutan, beri tahu anak itu bahwa Anda akan melakukannya," kata Greenberg. "Jika tidak, Anda akan kehilangan kepercayaan, dan jika Anda kehilangan kepercayaan, perlu waktu bertahun-tahun untuk memperbaikinya."

Penting juga menjaga jalur komunikasi antara Anda dan anak remaja Anda, tambah Turner, itulah sebabnya "Anda mungkin memberi tahu anak Anda jika Anda akan memberi tahu orang tua ... daripada tidak memberi tahu mereka, maka saat Anda memberi tahu orangtua teman itu akan marah kepada mereka, dan mereka akan berbalik marah kepada Anda."

Tangani dengan hati-hati
Setelah Anda membuat keputusan untuk menghubungi orangtua lain, cara Anda mendekati mereka - dengan lembut, dan dengan pikiran terbuka - harus dipertimbangkan dengan cermat, kata Greenberg, dan tidak boleh digunakan "sebagai mata uang sosial untuk mulai berbagi dengan orangtua lain.

Dengan kata lain, jangan bergosip tentang anak yang Anda coba bantu. Kemudian, sebelum mengangkat telepon, "periksa niat Anda sendiri," Greenberg menambahkan. "Apakah niat Anda untuk membantu keluarga itu? Apakah niatnya untuk menunjukkan bahwa Anda tahu? Cukup periksa sendiri."

Kemudian bersikaplah lembut dalam penyampaian Anda, "seperti yang Anda inginkan untuk disampaikan kepada Anda: 'Saya memiliki masalah ini, saya memiliki sedikit informasi tentang anak Anda, apakah Anda ingin saya membagikannya kepada Anda?' Minta izinlah, orang menghargai itu," kata Greenberg.

"Kemudian sampaikan dengan cara yang netral secara emosional, yang membantu orang menerimanya dengan lebih baik ... Dan biarkan orang tua berbicara, karena mereka mungkin tidak hanya ingin menggunakan Anda sebagai papan suara tetapi mungkin ingin berbagi dengan Anda beberapa kekhawatiran tentang anak Anda atau anak Anda. grup teman, dan ini mungkin waktu yang berharga untuk membentuk koneksi."

Penting untuk mengakui bahwa Anda tidak mencoba memberi tahu ibu atau ayah bagaimana menjadi orangtua, kata Turner, tetapi sebagai gantinya tekankan bahwa "'informasi ini telah diberikan kepada saya, dan Anda dapat melakukan apa yang Anda inginkan dengannya.'"

Jika Anda sudah memiliki hubungan dengan orangtua, Turner menambahkan, "mungkin katakan, 'Saya tahu kami memiliki hubungan ini, dan saya memiliki informasi ini. Saya tidak tahu apakah itu benar atau tidak ... tetapi saya ingin berbagi dengan Anda karena saya menghargai persahabatan yang kita miliki.'"

Intinya, Greenberg menambahkan, "Bersikaplah terbuka terhadap apa yang mungkin muncul dari percakapan itu. Orangtua mungkin awalnya marah, dan itu tak berarti mereka marah kepada Anda, tetapi berbicara tentang anak orang lain sangat, sangat halus ... Orang bisa bersikap defensif, tetapi kebanyakan mereka akan menghargainya."***

Baca Juga Berita Bugar Lainnya:

Buruknya Kualitas Tidur Remaja Sangat Menyakiti Kesehatan Mental Mereka

Kiat Membantu Anak-anak dan Remaja Mengatasi Bencana atau Peristiwa Traumatis

Seni Komunikasi: Tips Berbicara dengan Anak Remaja bagi Para Orangtua

Tag

Video

Berita Terkait

Bugar

Kamis, 30 Juni 2022

5 Alasan Mengapa Gorengan Berbahaya untuk Kesehatan

Menggoreng adalah metode memasak yang umum digunakan di seluruh dunia. Ini sering digunakan oleh restoran dan restoran makanan cepat saji sebagai cara cepat dan murah untuk menyiapkan makanan.

Bugar

Kamis, 30 Juni 2022

5 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Pemulihan Otot

Cek lima makanan dan minuman terbaik untuk pemulihan otot berikut ini.

Bugar

Kamis, 30 Juni 2022

Selain Air Putih, Ada Beragam Kombinasi Cairan Alami agar Kita Tetap Terhidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan ketidaknyamanan, sakit kepala dan pusing, jadi sangat penting untuk mengisi kembali cairan yang hilang sepanjang hari. Jika Anda kesulitan minum air putih, tuliskan alternatif sehat ini

Bugar

Kamis, 30 Juni 2022

Sara Carbonero Menemukan Hobi Olahraga Baru untuk Mengurangi Stres

Membuktikan bahwa dia adalah seorang atlet, Sara Carbonero telah memasukkan tinju di antara olahraga favoritnya untuk mengurangi stres.

Terbaru

Bugar

Senin, 15 Agustus 2022

Skortips: Nasihat Kesehatan untuk Anda Jelang Menginjak Usia 60 Tahun

Skor.id menyoroti beberapa hal-hal yang harus menjadi perhatian setelah berusia 60 tahun.

Bugar

Senin, 15 Agustus 2022

Minuman Ini Membantu Anda Meningkatkan Kesehatan Usus dan Mengurangi Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa teh hijau dapat bermanfaat untuk meningkatkan sindrom metabolik.

Bugar

Senin, 15 Agustus 2022

Kim Kardashian Sebut Psoriasis 'Menyakitkan dan Menakutkan': Siapa yang Berisiko?

Kim Kardashian telah berbicara tentang psoriasisnya di masa lalu, yang merupakan penyakit peradangan yang menyebabkan bercak bersisik tumbuh di kulit Anda.

Bugar

Senin, 15 Agustus 2022

Jam demi Jam: Waktu Terbaik untuk Melakukan Aktivitas Anda dalam Sehari

Jam demi jam – waktu terbaik untuk melakukan segalanya- mulai dari sarapan hingga kapan harus tidur, menurut sebuah penelitian.

Bugar

Minggu, 14 Agustus 2022

Banyak Kalori yang Mampu Terbakar oleh Seks: Tergantung Posisi, Waktu, dan Seberapa Aktif Anda

Seks sering digambarkan sebagai latihan fisik yang hebat, tetapi apakah itu benar-benar membantu Anda menurunkan berat badan?

Bugar

Minggu, 14 Agustus 2022

Suka Makan Udang, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Tak hanya lezat, udang juga kaya akan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh.

Bugar

Minggu, 14 Agustus 2022

Apakah Anda Menderita Hipertensi? Berikut Langkah Kunci untuk Mengurangi Konsumsi Garam

Anda dapat mengonsumsi hingga enam gram natrium per hari dalam konteks diet yang seimbang.

Bugar

Minggu, 14 Agustus 2022

The Batman: Ketahui Diet Ketat Robert Pattinson untuk Perannya yang Paling Penting

Agar sesuai dengan peran ksatria gelap, Robert Pattinson harus menjalani diet sangat ketat dan berlatih fisik lima atau enam hari seminggu.

Bugar

Sabtu, 13 Agustus 2022

Seberapa Serius Tekanan Darah Rendah Berbahaya bagi Tubuh

Ketika kebanyakan orang khawatir tentang tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah dapat memiliki konsekuensi yang serius.

Bugar

Sabtu, 13 Agustus 2022

Jangan Salah, Makan Jangkrik Ternyata Memiliki Manfaat untuk Kesehatan

Jangkrik adalah salah satu dari banyak serangga yang dimakan di seluruh dunia.
X