Jangan Takut Gemuk, 5 Camilan Ini Aman Dikonsumsi pada Malam Hari

15 September 2021, 22:00 WIB
Editor: Bagaskara Setyana AP
Alpukat menjadi bahan dasar makanan.
Alpukat menjadi bahan dasar makanan. /Medical News Today

  • Makan nasi pada malam hari menjadi sebuah pantangan, terutama bagi Anda yang sedang menjalani diet.
  • Namun, Anda bisa mengakalinya dengan lima camilan di bawah ini.
  • Sebab beberapa makanan justru membuat berat badan turun meskipun dikonsumsi pada malam hari.

SKOR.id - Inilah lima bahan makanan yang bisa Anda jadikan camilan ketika malam hari. Bukan membuat gemuk, justru membantu Anda semakin sehat.

Makan pada malam hari membuat gemuk bukanlah sebuah mitos, sebab ada penelitian ilmiah yang membuktikannya.

Makan pada malam hari membuat kalori tubuh menumpuk, padahal pada malam hari tubuh tidak banyak melakukan aktivitas yang bisa membakarnya.

Klik gambar untuk download apps Skor.id
Klik gambar untuk download apps Skor.id

Jika kebiasaan tersebut dilakukan selama bertahun-tahun, maka kalori yang tidak terbakar akan menjadi salah satu pemicu kegemukan.

Bukan hanya itu, makan atau ngemil pada malam hari juga tidak disarankan untuk Anda yang tengah menjalani program diet.

Namun, tidak dengan lima makanan di bawah ini. Sebab beberapa makanan di bawah ini tidak akan membuat gemuk meskipun dikonsumsi pada malam hari.

1. Telur

Mengejutkan memang, akan tetapi pada kenyataannya mengonsumsi telur (dalam batas normal) pada malam hari tidaklah menyebabkan kegemukan.

Sebab telur merupakan bahan makanan yang kaya akan protein esensial. Bukan hanya bisa membuat kenyang, namun juga punya sedikit kalori.

Ada baiknya, Anda megonsumsi telur rebus atau telur orak arik yang dimasak tanpa minyak.

2. Alpukat

Alpukat memang dikenal sebagai buah yang kaya akan lemak. Namun Anda tidak perlu khawatir sebab lemak yang terkandung adalah asam lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi tubuh.

Alih-alih menyebabkan kenaikkan berat badan, lemak yang ada di dalam alpukat justru bisa menurunkan berat badan.

Itulah mengapa alpukat juga aman dikonsumsi pada malam hari. Namun yang perlu diingat, jangan menambahkan gula atau susu ke dalamnya.

3. Kentang rebus

Jika Anda terlalu labar untuk tidak makan karbohidrat pada malam hari, maka Anda bisa mengonsumsi kentang rebus.

Kentang rebus merupakan sumber karbohidrat yang membuat tubuh cepat kenyang. Namun hanya diperlukan gerakan minim untuk membakarnya menjadi energi.

Namun jika Anda menginginkan hasil maksimal, jangan memakan kentang rebus ketika masih panas. Biarkan dingin beberapa saat.

Ini akan memicu pembentukan serat yang disebut pati tahan cerna. Serat ini dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan mempercepat penurunan berat badan.

4. Sup bening

Anda juga bisa makan sup bening sebagai pengganti nasi dalam menu makan makan malam.

Sup bening yang terdiri dari sayur-sayuran biasanya mengandung kalori yang rendah, namun memiliki gizi yang lebih dari cukup.

Meski demikian, Anda harus menghindari sup yang banyak mengandung lemak.

Ilustrasi telur rebus, salah satu makanan yang sehat untuk mata.
Ilustrasi telur rebus, salah satu makanan yang sehat untuk mata. (pixabay.com)

5. Jagung rebus

Satu lagi bahan makanan yang aman dijadikan cemilan pada malam hari adalah jagung rebus.

Jagung rebus memiliki kalori yang lebih rendah, namun bisa memberi energi yang lebih baik ketimbang nasi.

Selain itu, jagung rebus juga dapat membantu menghilangkan kelebihan kolesterol dari tubuh.

Artikel Bugar Lainnya:

5 Cara Simpel Mengatasi Rambut Rontok, Tak Harus ke Dokter 

5 Keuntungan yang Tidak Mungkin Dimiliki Ketika Menjadi Perokok

Bukan Sekadar Bumbu Masak, Lengkuas Bisa Mengobati Bermacam Penyakit

  • Sumber: mejorconsalud
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Senin, 13 September 2021

    Jaga Mata Tetap Sehat, Rajin Konsumsi 7 Makanan Ini

    Menjaga kesehatan mata merupakan salah satu hal penting, terutama saat usia mulai lanjut.

    Bugar

    Senin, 13 September 2021

    Kimchi, Makanan Korea dengan Segudang Manfaat Kesehatan

    Kimchi, makanan khas Korea, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

    Bugar

    Rabu, 15 September 2021

    Selain Lezat, Buah Durian Memiliki Beragam Manfaat untuk Kesehatan

    Berikut ini merupakan manfaat dari buah durian untuk kesehatan.

    Terbaru

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    Ada Baiknya Anak-anak Mulai Dilarang untuk Makan di Depan Layar, Ini Alasannya

    Menonton televisi berkontribusi pada asupan kalori yang lebih tinggi, karena itu dimakan lebih tidak sadar dan ada kemungkinan lebih besar bahwa anak akan bertambah gemuk.

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    Cara Mendeteksi apakah Anda Orangtua yang Beracun dan Dampaknya terhadap Anak-anak

    Para ahli psikologi telah mengidentifikasi dua jenis orangtua yang beracun: penderita dan narsisis, yang sama-sama merugikan masa depan anak.

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    4 Jenis Yogurt dengan Kandungan Probiotik Terbaik

    Probiotik sangat penting untuk menjaga kesehatan usus.

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    5 Posisi Bercinta yang Bisa Bikin Wanita Ketagihan

    Wanita dan pria tidak selalu setuju tentang apa yang memenuhi syarat sebagai seks yang menyenangkan.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Cuaca Tak Menentu, Inilah Sejumlah Tips Penting untuk Menjaga Kesehatan

    Kondisi cuaca yang tak menentu efek pancaroba bisa menjadi pemicu beragam penyakit dan sejumlah gangguan kesehatan.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Efek Tinggal di Rumah yang Berantakan, Bisa Bahaya bagi Kesehatan

    Apa dampak dari kekacauan dalam kehidupan kita sehari-hari? Ketahui pentingnya menjaga rumah tetap bersih dan rapi.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Tips Mengatasi Rambut Kering, Bisa Dilakukan di Rumah

    Berikut adalah sejumlah langkah sederhana untuk mengatasi masalah rambut kering.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Bukan Bikin Bodoh, Ini Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Micin Menurut dr. Tirta

    Berikut adalah bahaya terlalu banyak mengonsumsi micin menurut dr. Tirta.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Apakah Anda Pernah Mengalami 'Lapar Emosional'? Ikuti Tips Berikut untuk Mengatasinya

    Perasaan seperti cemas, gugup, kewalahan atau bahkan rasa kebosanan dapat menyebabkan seseorang makan tanpa benar-benar lapar, yang dikenal dengan istilah 'lapar emosional'.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Kenali Beragam Manfaat Membaca Buku bagi Kesehatan Mental

    Berikut Skor.id merangkum berbagai manfaat membaca buku bagi kesehatan mental.
    X