Jenis Nutrisi yang Dibutuhkan untuk Kesehatan Penglihatan

18 Oktober 2021, 06:30 WIB
Penulis: Dewi
Editor: Pradipta Indra Kumara
Ilustrasi masalah kesehatan mata.
Ilustrasi masalah kesehatan mata. /Freepik.com

  • Memiliki mata sehat adalah dambaan setiap orang. 
  • Namun, kemampuan penglihatan seseorang biasanya menurun seiring bertambahnya usia. 
  • Hal ini dapat diperlambat dengan mengonsumsi makanan gizi seimbang. 

SKOR.id - Seiring bertambahnya usia, kemampuan memiliki penghilatan yang sehat biasanya ikut menurun. Ada beberapa faktor yang membuat penghilatan menjadi kurang maksimal karena usia.

Meski demikian, hal tersebut sebenarnya dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan gizi seimbang.

Beberapa problem mata yang paling umum terjadi adalah katarak, degenerasi makula atau glaukoma, yang dapat memperburuk kualitas penghilatan. Penurunan kualitas penglihatan ini juga dapat dipercepat ketika seseorang kekurangan vitamin atau mineral tertentu.

Karena itulah, mengonsumsi makanan bergizi seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan penglihatan. Dalam artikel ini Skor.id akan menjelaskan vitamin apa saja yang paling memengaruhi penglihatan.

Simak uraian selengkapnya berikut ini: 

1. Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu yang paling relevan dalam kaitannya dengan kesehatan penglihatan. Ketika seseorang kekurangan vitamin A, lubrikasi mata terpengaruh sehingga mata menjadi lebih kering. Hal ini menyebabkan mata menjadi lebih sensitif terhadap serangan apa pun dan cenderung gatal atau menyengat.

Menurut American Academy of Ophthalmology, kekurangan vitamin A dapat meningkatkan risiko rabun senja, terutama pada ibu hamil. Mereka juga menjelaskan, rabun senja adalah penyebab utama kebutaan yang dapat dicegah pada anak-anak.

Sayuran, terutama wortel, beberapa produk olahan susu, dan seafood termasuk jenis makanan yang mengandung vitamin A.

2. Vitamin E

Vitamin E merupakan zat yang berperan sebagai antioksidan, sehingga dapat mencegah sel dan jaringan dari kemungkinan kerusakan yang disebabkan radikal bebas.

Mata kita sehari-harinya terpapar cahaya, radiasi ultraviolet, dan polusi lingkungan. Hal ini membuat mereka lebih berisiko menderita kerusakan oksidatif.  Oleh karena itu, dengan kadar vitamin E yang cukup dapat memperbaiki situasi.

Zat ini biasa ditemukan dalam makanan yang berasal dari tumbuhan seperti alpukat, bayam, atau lobak. Selain itu, minyak nabati, contohnya minyak zaitun extra virgin, juga menyediakan vitamin E yang dibutuhkan.

3. Vitamin C

Vitamin C memainkan peran penting dalam kesehatan penglihatan, karena dapat melindungi mata dari radikal bebas, serta membantu tubuh menyerap lebih banak nutrisi dan mineral. 

Ilustrasi mata lelah
Ilustrasi mata lelah

4. Vitamin B

Vitamin B kompleks memiliki delapan nutrisi berbeda yang fungsinya terkait dengan metabolisme sel. Beberapa nutrisi yang terkait dengan kesehatan penglihatan adalah B6, B9, dan B12.

Menurut penelitian, kekurangan vitamin ini dapat meningkatkan degenerasi makula, yaitu gangguan yang memengaruhi penglihatan sentral. Saat masalah ini muncul, maka kemampuan untuk melihat detail atau membaca hilang.

Vitamin B kompleks bisa didapat melalui makanan seperti daging sapi, kerang, sarden, atau memakan hati dari hewan lain. Vitamin ini juga paling sering dikonsumsi dalam bentuk suplemen, karena kebanyakan didapat dari hewani.

 

Berita Kesehatan Lainnya

Sering Bekeringat ketika Makan, Bisa Jadi Indikasi Masalah Kesehatan Serius

Mengenal Masalah Kesehatan Mental, Self Harm dan Segala Bahayanya

 

  • Sumber: Mejor Con Salud
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Sabtu, 16 Oktober 2021

    Deretan Buah yang Cocok Redakan Radang Tenggorokan

    Daftar buah yang dapat dikonsumsi untuk meredakan Radang Tenggorokan.

    Bugar

    Minggu, 17 Oktober 2021

    Tips Merawat Rambut Setelah Berlibur ke Pantai

    Ada sejumlah cara yang perlu diterapkan dalam rangka merawat rambut setelah bepergian ke pantai.

    Bugar

    Minggu, 17 Oktober 2021

    Penyebab Muncul Uban di Usia Remaja

    Faktor genetik adalah faktor terbesar munculnya uban pada usia remaja.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 26 Juni 2022

    Kebiasaan Bugar Anne Hathaway agar Tetap dalam Tampilan Fisik Luar Biasa di Usia 39

    Hanya dengan sekali melihat halaman Instagram-nya, Anda dapat melihat aktris Anne Hathaway menyajikan berbagai gaya chic.

    Bugar

    Minggu, 26 Juni 2022

    Berhubungan Seks Lebih Bergairah dengan Konsumsi Makanan Ini

    Berikut adalah makanan afrodisiak yaitu makanan yang dapat meningkatkan gairah seksual.

    Bugar

    Minggu, 26 Juni 2022

    Kiat Kesehatan Mata: Perbaiki 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Membahayakan Penglihatan

    Waspadai 5 kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan kesehatan mata menjadi buruk.

    Bugar

    Minggu, 26 Juni 2022

    5 Sayuran Terbaik untuk Hilangkan Lemak di Perut dengan Cepat

    Lemak perut bukan hanya merusak pemandangan dan sangat mempengaruhi citra diri serta kepercayaan diri seseorang, bahkan berbahaya bagi kesehatan.

    Bugar

    Sabtu, 25 Juni 2022

    Beragam Manfaat dari Daun Seledri, Salah Satunya Menjaga Tekanan Darah

    Kandungan nutrisi dalam daun seledri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

    Bugar

    Sabtu, 25 Juni 2022

    4 Mitos dan Fakta tentang Demam

    Berikut ini adalah empat mitos dan fakta tentang demam yang perlu Skorer ketahui.

    Bugar

    Sabtu, 25 Juni 2022

    Khasiat Minyak Kelapa untuk Bersihkan Karang Gigi

    Jika dibiarkan, karang gigi bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut.

    Bugar

    Sabtu, 25 Juni 2022

    Sering Cegukan? Kenali Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya

    Cegukan adalah kondisi otot diafragma yang mengalami kontraksi.

    Bugar

    Jumat, 24 Juni 2022

    Lima Cara Mencegah Stroke, Mudah tapi Sering Diabaikan

    Berikut adalah enam cara mencegah stroke yang sebenarnya mudah tapi sering diabaikan.
    X