Jus Wortel dan Lemon untuk Menurunkan Berat Badan, Manfaat dan Resep

23 Januari 2023, 15:15 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi wortel dan lemon, yang memiliki khasiat melangsingkan tubuh.
Ilustrasi wortel dan lemon, yang memiliki khasiat melangsingkan tubuh. /Pixabay

  • Wortel dan lemon memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh sekaligus untuk membantu proses menurunkan berat badan.
  • Keduanya sama-sama menyimpan khasiat pelangsingan yang cukup efektif.
  • Berikut penjelasan manfaat dari jus wortel dan lemon untuk menurunkan berat badan dan cara menyiapkannya langkah demi langkah.

SKOR.id - Jus wortel dan lemon merupakan alternatif yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan sekaligus memperlancar penurunan berat badan.

Masing-masing dari makanan itu memiliki khasiat pelangsingan yang sangat menarik, karena wortel kaya akan serat dan air serta menonjol karena efek pembersihan, detoksifikasi, diuretik, dan mengenyangkan, sedangkan lemon memberikan pasokan vitamin C yang baik dan sangat cocok untuk membakar lebih banyak lemak dan memperbaiki pencernaan.

Kebiasaan konsumsi jus ini bersamaan dengan diet hipokalori dan latihan aktivitas fisik dapat secara teratur menjadi formula ideal untuk menurunkan berat badan dan mengurangi volume lemak dalam tubuh.

Pada artikel berikut ditunjukkan manfaat dari jus wortel dan lemon untuk menurunkan berat badan dan cara menyiapkannya langkah demi langkah.

Manfaat dan khasiat
Jus wortel dan lemon adalah minuman yang sempurna untuk diet pelangsingan, karena membantu mengurangi nafsu makan di siang hari dan mendorong pembakaran lemak karena khasiat kedua makanan ini.

Simak, apa saja manfaat jus wortel dan lemon untuk menurunkan berat badan berdasarkan khasiat dari masing-masing bahan tersebut:

*Manfaat wortel untuk menurunkan berat badan:

  • Karena kandungan air dan seratnya yang tinggi, sangat membersihkan dan, oleh karena itu, wortel membantu menghilangkan semua racun, lemak, dan limbah yang terkumpul di dalam tubuh.
  • Memiliki sifat diuretik yang membantu memerangi retensi cairan dan pembengkakan yang diakibatkannya. Ini dilakukan dengan merangsang fungsi ginjal dan membantu mengeluarkan kelebihan air melalui buang air kecil.
  • Ini sangat mendetoksifikasi dan kaya vitamin dan mineralnya meningkatkan proses metabolisme tubuh.
  • Konsumsinya memberikan perasaan kenyang yang luar biasa, yang sangat membantu menurunkan berat badan, karena memungkinkan kita mengurangi jumlah makanan yang biasa kita makan setiap hari.
  • Ini memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan, karena membantu melawan rasa berat, pembengkakan perut, perut kembung, dll.
  • Ini adalah makanan termogenik, yang berarti meningkatkan suhu tubuh saat memakannya dan, oleh karena itu, terjadi pembakaran kalori yang lebih besar.

Ilustrasi jus wortel
Ilustrasi jus wortel (pixabay.com)

*Manfaat lemon untuk menurunkan berat badan:

  • Bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan dan meningkatkan proses pencernaan. Ini merangsang produksi cairan lambung dari perut dan, oleh karena itu, makanan yang dikonsumsi lebih cepat rusak dan lemak tidak menumpuk di dalam tubuh.
  • Membantu mencegah perut kembung dan menderita gas.
  • Ini adalah diuretik alami yang sangat baik yang membantu menghilangkan racun dan mencegah penumpukan cairan, yang juga penting untuk mencegah selulit.
  • Ini mengandung pepsin dan zat ini memanfaatkan protein yang dikonsumsi dengan lebih baik dan lebih banyak lemak yang dibakar.
  • Berkat kandungan serat dan pektin, ini sangat mengenyangkan dan membantu melawan rasa lapar di siang hari.

*Cara membuat jus wortel dan lemon untuk menurunkan berat badan
Untuk memanfaatkan semua khasiat jus wortel dan lemon dengan benar untuk menurunkan berat badan, sangat penting untuk menyiapkannya mengikuti resep seperti di bawah ini, yang tidak akan memberi tubuh kalori ekstra dan dapat mempercepat proses peluruhan lemak dengan cara yang benar-benar sehat:

Bahan:

  • 4 wortel
  • 1 jeruk nipis/lemon
  • sedikit air mineral

Persiapan:

  1. Pertama-tama, wortel mentah harus dikupas dan dicuci bersih.
  2. Potong wortel menjadi irisan dan masukkan ke dalam blender atau tabung blender.
  3. Tambahkan sedikit air mineral dan proses atau kocok hingga mendapatkan campuran yang konsisten dan homogen. Jumlah air yang lebih banyak dapat ditambahkan jika konsistensi yang diperoleh terlalu kental untuk selera kita.
  4. Potong lemon menjadi dua dan peras kedua bagiannya untuk mendapatkan jus alami dari buah ini.
  5. Terakhir, tambahkan jus lemon ke jus wortel dan aduk.
  6. Jika Anda ingin sedikit mempermanisnya, penting untuk tidak menambahkan gula dan memilih sedikit stevia atau pemanis alami lainnya.

*Cara minum jus wortel dan lemon untuk menurunkan berat badan
Sama seperti halnya persiapan itu sangat penting, cara meminumnya juga sangat penting. Untuk mendapatkan efek mengenyangkan dan melangsingkan tubuh secara maksimal, sebaiknya minum 2 gelas sehari, minum satu di pagi hari sebelum sarapan dan satu lagi beberapa menit sebelum makan siang.

Selain itu, dengan jus ini, kita tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga akan segera menyadari manfaatnya bagi kesehatan sistem pencernaan, terasa jauh lebih ringan setelah makan.

Seperti suplemen alami lainnya, jus ini harus ditambahkan ke dalam diet sehat, seimbang, dan rendah kalori untuk menurunkan berat badan yang diinginkan.

Demikian pula, tanpa rutinitas olahraga teratur yang melengkapi pola makan, hampir tidak mungkin untuk melihat perubahan pada sosok tersebut.

Foto daun seledri
Foto daun seledri

Resep lain yang sama ampuhnya dengan wortel dan lemon
Makanan lain yang tak kalah ampuh juga bisa menurunkan berat badan agar berat badan turun dalam waktu lebih singkat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara umum. Berikut adalah variasi lezat dan sehat lainnya pada resep ini:

*Jus wortel, apel, lemon dan seledri (smoothie)
Ditambahkan ke resep ini adalah sifat diuretik dan detoksifikasi apel dan efek seledri anti-inflamasi, pencernaan dan mengenyangkan.
Bahan: 2 buah wortel, 1/2 buah apel, 1/2 buah lemon dan 1 batang seledri.
Persiapan: cuci dan potong wortel, apel dan seledri lalu proses dengan blender atau dengan mixer. Untuk campuran yang dihasilkan, tambahkan jus lemon. Terakhir, saring. Jika ingin membuatnya dalam versi smoothie, bisa ditambahkan sedikit susu skim agar tidak menambah kalori ekstra.

*Jus wortel, lemon, dan peterseli
Pada kesempatan ini, sifat peterseli yang memurnikan, diuretik, dan membakar lemak dapat ditambahkan ke jus wortel dan lemon. Berikut cara menyiapkan teh peterseli untuk menurunkan berat badan.
Bahan: 1 wortel besar atau 2 sedang, 1 lemon, 1 tangkai peterseli, dan satu sendok kecil madu.
Persiapan: haluskan wortel bersama peterseli cincang dan tambahkan sedikit air. Kemudian saring sediaannya, tambahkan perasan lemon segar dan madu.

*Jus mentimun, wortel, apel, dan lemon
Mentimun adalah makanan yang sangat kaya air yang menyediakan sangat sedikit kalori dan membantu menghilangkan cairan dari tubuh, serta mengurangi rasa lapar.
Bahan: 4 wortel, 1 lemon, 1 apel, 1 mentimun, dan sepotong jahe (opsional).
Persiapan: cuci dan potong wortel, apel dan mentimun. Haluskan semua bahan dan terakhir tambahkan air perasan jeruk lemon. Saring dan minum.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

10 Sumber Protein Nabati yang Membantu Menurunkan Kolesterol dan Menurunkan Berat Badan

6 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan yang Kurang Dikenal, tapi Paling Banyak Bakar Kalori dalam Sehari

Rutinitas Orang Jepang yang Akan Menurunkan Berat Badan Hanya dalam 5 Menit

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: Mundo Deportivo
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Sabtu, 21 Januari 2023

    5 Kesalahan yang Dilakukan Orang yang Baru Mulai Pergi Nge-gym

    Ketika kita pergi ke gym biasanya kita ingin memperkuat otot kita dan mendapatkan tubuh yang kencang. Namun, meskipun kita memberikan 100% dari diri kita sendiri, kita tidak selalu dapat mencapai tujuan yang ditetapkan.

    Bugar

    Sabtu, 21 Januari 2023

    Belajar dari Kesalahan Sendiri, Michael Phelps Ajari Tiga Putranya untuk Hadapi Stres

    Michael Phelps memegang rekor sepanjang masa untuk medali emas Olimpiade, menghasilkan 23 kemenangan tingkat atas untuk talentanya yang melegenda di kolam renang, tetapi dia yakini bisa memiliki lebih banyak medali jika tidak menekan perasaannya.

    Bugar

    Minggu, 22 Januari 2023

    Trik asal Jepang yang Efektif untuk Dapatkan Perut Rata: handuk dan Waktu 5 Menit

    Seorang dokter Jepang, Toshiki Fukutsudzi, menciptakan sebuah latihan yang menjanjikan untuk menghilangkan lemak perut dan memperbaiki postur tubuh hanya dengan menggunakan handuk.

    Bugar

    Minggu, 22 Januari 2023

    Kraken, Varian Baru dari Virus Corona, Menurut Ahli Virologi, Imunologi, dan Epidemiologi

    Kraken adalah nama subvarian terakhir dari omicron yang telah melonjak hingga saat ini telah ditetapkan secara tidak resmi. Apakah itu pantas diributkan? Mungkin bukan dari sudut pandang media, tapi dari sudut pandang ilmiah dan medis.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 29 Januari 2023

    10 Merek Raket Bulu Tangkis Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan, dari Li-Ning hingga Yonex

    Tentunya, tiap merek raket memiliki ciri khas masing-masing dengan sedikit variasi pada bobot, keseimbangan, dan kelenturan.

    Bugar

    Minggu, 29 Januari 2023

    Diet dan Bunga Bach, Rahasia Lionel Messi Mengatasi Muntah dan Menjadi Bintang Elite di Lapangan

    Dokter asal Italia, Giuliano Poser mengubah cara makan Lionel Messi dan membiarkannya terus menjadi pemain sepak bola elite hingga hari ini.

    Bugar

    Minggu, 29 Januari 2023

    Mengukur Berapa Banyak Olahraga yang Harus Dilakukan Berdasarkan Umur, Kata WHO

    WHO telah memberikan penjelasan jenis olahraga apa yang harus dilakukan berdasarkan usia dan berapa banyak waktu yang harus dihabiskan dalam sehari.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Tips Memilih Raket Bulu Tangkis Sesuai Karakter Permainan Anda

    Memilih raket bulu tangkis yang tepat atau terbaik untuk diri Anda sendiri bisa menjadi hal yang membingungkan pada awalnya.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Perlu Tahu, Risiko Duduk untuk Waktu yang Lama

    Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2016 oleh majalah The Lancet, yang menganalisis data dari lebih dari satu juta orang, menyimpulkan bahwa duduk selama lebih dari delapan jam setiap hari tanpa aktivitas fisik menghasilkan risiko kematian yang serupa dengan yang disebabkan oleh merokok dan obesitas.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Kenakan Sepatu Anda dan Mulailah Berjalan: Ini Tren yang Akan Memberi Anda Manfaat Mental dan Fisik

    Anda telah melihat "Hot Girl Walk" di seluruh media sosial sepanjang tahun lalu, tetapi apakah tren ini bermanfaat?

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Veronika Rajek Ungkap Rahasia Kebugaran

    Veronika Rajek mengungkapkan rahasia kebugarannya kepada The U.S. Sun.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Januari adalah Bulan Kesadaran Glaukoma: Lindungilah Penglihatan Anda

    Januari adalah Bulan Kesadaran Glaukoma Nasional, waktu yang penting untuk menyebarkan berita tentang penyakit yang mencuri penglihatan ini.

    Bugar

    Jumat, 27 Januari 2023

    Retinopati Diabetik: Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya

    Orang yang telah didiagnosis menderita diabetes memiliki risiko lebih besar untuk terkena penyakit mata serta gangguan penglihatan karena suatu kondisi yang dikenal sebagai retinopati diabetik.

    Bugar

    Jumat, 27 Januari 2023

    Bagaimana Cara Kita untuk Dapat Meningkatkan Self-Esteem

    Harga diri adalah seperangkat keyakinan, persepsi, evaluasi, dan pemikiran yang kita miliki tentang diri kita sendiri. Ini adalah penilaian yang kita buat tentang diri kita sendiri berdasarkan pengalaman kita.
    X