Kebiasaan Buruk saat Berolahraga yang Bikin Tubuh Anda Cepat Menua

22 September 2022, 10:15 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi seorang wanita melakukan aktivitas olahraga secara berlebihan atau memaksakan diri.
Ilustrasi seorang wanita melakukan aktivitas olahraga secara berlebihan atau memaksakan diri. /Pixabay.com

  • Setiap orang, berapa pun usianya, berusaha menjalani gaya hidup sehat dan aktif.
  • Tetapi, beberapa melakukan hal-hal yang salah dalam prosesnya, yang dapat membuat tubuh menua dengan cepat.
  • Berikut beberapa kebiasaan buruk dalam aktivitas kebugaran tubuh yang tidak menghadirkan manfaat positif.

SKOR.id - Berapa pun usia Anda, tujuannya adalah menjalani gaya hidup sehat dan aktif.

Ini berarti berpegang teguh pada beberapa kebiasaan penting: makan makanan yang penuh sayuran dan protein tanpa lemak, melakukan latihan kekuatan, serta rajin melakukan sesi kardio mingguan.

Meskipun banyak orang mencoba untuk tetap berdedikasi pada kebiasaan sehat mereka itu, tidak jarang di antara mereka justru melakukan hal-hal tidak sehat dalam prosesnya.

Hari ini kita akan berbicara tentang kebiasaan buruk kebugaran yang membuat tubuh Anda cepat menua sehingga Anda dapat membuangnya secepat mungkin.

Penting untuk Berolahraga Seiring Bertambahnya Usia.
Tumbuh lebih tua datang dengan hilangnya massa otot, atau dikenal sebagai sarcopenia.

Setelah Anda mencapai usia 30, Anda akan kehilangan hingga 3% hingga 5% massa otot setiap 10 tahunnya.

Hal ini mengakibatkan penurunan mobilitas dan peningkatan kelemahan. Itulah mengapa sangat penting untuk melakukan latihan kekuatan dan memastikan Anda mengonsumsi cukup protein dalam diet Anda.

Tentu saja, ketika menjalani kehidupan yang aktif, ada cara yang tepat untuk melakukannya.

Pastikan Anda menghindari kebiasaan buruk kebugaran yang membuat tubuh Anda cepat menua.

1. Anda terlalu sering menggunakan suplemen pra-latihan.
Pra-latihan adalah hal yang populer saat ini. Banyak fans kebugaran suka memasukkannya sebagai bagian dari rutinitas mereka sehingga mereka dapat berlatih lebih keras dan memaksimalkan setiap sesi keringat.

Beberapa menggunakannya sebagai pick-me-up jika mereka tidak merasa energik dan membutuhkan dorongan ekstra untuk masuk ke mode latihan.

Masalahnya adalah banyak dari suplemen pra-latihan ini yang mengandung kafein tinggi, yang dapat menyebabkan efek samping negatif seperti sakit kepala, insomnia, kecemasan, kegelisahan, dan peningkatan detak jantung, menurut Healthline.

Selain itu, juga dapat mengganggu perut Anda, meningkatkan retensi air, dan bahkan mengakibatkan penambahan berat badan (jika creatine adalah bagian dari formula tertentu).

Sangat mudah untuk bergantung pada suplemen ini, tetapi demi kesehatan Anda, sangat direkomendasikan untuk menggunakannya sebagai upaya terakhir. Tetap berpegang pada satu hingga dua cangkir kopi sebagai gantinya.

2. Anda melakukan terlalu banyak volume gerakan.
Meskipun Anda ingin membuat kemajuan dalam latihan Anda, beberapa individu berlebihan.

Ini biasanya dalam bentuk melakukan terlalu banyak volume (set dan repetisi). Mungkin, itu karena sangat mudah untuk berpikir bahwa jika Anda melakukan sesuatu yang baik untuk diri sendiri, itu mungkin layak dilakukan secara berlebihan.

Namun, hanya ada begitu banyak pekerjaan yang dapat Anda lakukan sebelum berdampak negatif pada tubuh Anda.

Istilah untuk sikap ini dikenal sebagai "junk volume" - gerakan sampah, bahwa Anda pada akhirnya hanya menmengumpulkan kelelahan tanpa manfaat tambahan.

Ingatlah bahwa pelatihan juga merupakan stresor pada tubuh. Jika Anda menggunakan terlalu banyak volume tanpa mengambil waktu yang cukup untuk pulih, ini dapat meningkatkan kadar kortisol Anda.

Energi Anda selama beberapa hari ke depan akan berkurang.

Tak perlu dikatakan, tidak ada gunanya melakukan latihan brutal yang diikuti oleh beberapa di mana kinerja Anda bukanlah yang terbaik.

Sebagai gantinya, lakukan 2 hingga 3 set latihan, lalu lanjutkan ke yang berikutnya.

3. Anda tidak mengambil hari istirahat.
Seperti berlebihan dengan volume latihan sebagai larangan utama, kebiasaan buruk fitness lainnya yang juga cepat membuat tubuh Anda menua adalah melewatkan waktu istirahat, yang dapat menyebabkan kelelahan.

Jika Anda berlatih keras, Anda perlu meluangkan satu hari untuk fokus pada pemulihan aktif—kardio intensitas rendah, peregangan, dan manajemen stres.

Untuk membuat kemajuan dan membangun otot, Anda juga harus membiarkan tubuh Anda beristirahat dan memulihkan diri. Lagi pula, saat itulah pertumbuhan terjadi.

Dedikasikan satu hingga dua hari seminggu untuk beristirahat, dengan fokus pada aktivitas berintensitas rendah lainnya.

Jika Anda terus mendorong tubuh Anda melalui program pelatihan yang sulit, pertimbangkan untuk mengambil minggu rehat, di mana Anda mengurangi volume dan intensitas latihan Anda.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Zac Efron Akui Rutinitas Kebugaran 'Baywatch' Membuatnya Teggelam dalam Depresi dan Insomnia

Kiat Kebugaran untuk Atlet Muda: Yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan untuk Pencegahan Cedera

Antara Treadmill dan Elliptical: Ini yang Harus Anda Gunakan untuk Mencapai Tujuan Kebugaran Anda

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: yahoo.com
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Senin, 19 September 2022

    6 Makanan yang Harus Dihindari ketika Anda Memakai Kawat Gigi

    Jika Anda memakai kawat gigi, ada beberapa makanan yang harus Anda hindari. Dengan cara ini, Anda akan dapat menjaga alat dan mulut Anda dalam kondisi baik.

    Bugar

    Senin, 19 September 2022

    Payudara Kendur Bukan karena Menyusui, Apa Penyebabnya?

    Terlepas dari kenyataan ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa payudara tidak melorot karena menyusui, banyak ibu tidak ingin menyusui karena takut akan perubahan penampilannya. Ini mitos yang harus dibuang.

    Bugar

    Selasa, 20 September 2022

    5 Pilihan Buah untuk Penderita Darah Rendah

    Darah rendah disebabkan berbagai hal, termasuk dehidrasi dan kurangnya asupan nutrisi tertentu.

    Bugar

    Selasa, 20 September 2022

    Wajib Diketahui, Ini Pemicu Kanker Paru-paru Selain Punya Kebiasaan Merokok

    Kanker paru-paru bisa mengintai siapa saja meskipun bukan perokok aktif.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Perlu Diketahui soal Posisi Tidur yang Benar dan Cara yang 'Benar' untuk Tidur

    Dalam posisi apa saya harus tidur, dan apakah ada cara yang 'benar' untuk tidur?

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Makanan Rahasia Pemain Sepak Bola Elite: Banyak Protein dan Rendah Kalori

    Makanan rahasia pemain sepak bola dengan banyak protein dan sedikit kalori. Ada dua jenis ganggang yang meningkatkan kinerja dan meningkatkan vitalitas dan energi: spirulina dan chlorella

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Gas Air Mata, Gejala Jika Terkena dan Penanganan yang Mesti Dilakukan

    Berikut ini uraian soal gas air mata, sesuatu yang jadi sorotan dari tragedi Kanjuruhan, lengkap dengan gejala dan apa yang harus dilakukan.

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Cedera yang Ancam Peluang Ronald Araujo ke Piala Dunia Qatar

    Menurut pernyataan medis yang diberikan oleh Barcelona di akun Twitter resmi mereka, "Ronald Araujo mengalami avulsi pada tendon adductor longus di paha kanan."

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Hai Pemula, Simak Tips untuk Menikmati Aktivitas Berolahraga sekaligus Bersenang-senang

    Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Tetapi jika Anda sudah keluar dari kebiasaan aktif – atau tidak pernah menemukan rutinitas olahraga yang berhasil – mungkin terasa seperti tugas yang mustahil untuk memulai.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Mayoritas Wanita Alami Menopause sekitar Usia 51, Gejalanya Bisa Dimulai Jauh Lebih Awal

    Sebagian besar wanita mengalami menopause sekitar usia 51 tahun tetapi gejalanya dapat dimulai bertahun-tahun sebelumnya

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Ilmuwan 'Memecahkan' Misteri Mengapa Wanita Selalu Merasa Kedinginan daripada Pria

    Ilmuwan berhasil 'memecahkan' misteri mengapa wanita selalu merasakan tubuh mereka lebih dingin daripada para pria.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Sederet Mitos Palsu seputar Pengaruh Kopi terhadap Kesehatan

    Minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi di planet ini telah memunculkan mitos palsu yang tak terhitung jumlahnya.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Manfaat dan Nutrisi yang Terkandung pada Daging Sapi

    Daging sapi dikategorikan sebagai daging merah - istilah yang digunakan untuk daging mamalia, yang mengandung jumlah zat besi yang lebih tinggi daripada ayam atau ikan.

    Bugar

    Jumat, 30 September 2022

    Ada 6 Bau Vagina yang Berbeda, Kenali Gejalanya untuk Tahu Kapan Harus ke Dokter

    Bau yang kuat bisa mengganggu, terutama jika ada bau busuk yang datang dari bawah. Sementara aroma vagina bervariasi dari orang ke orang, para ahli mengatakan ada beberapa yang harus Anda waspadai.

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X