Kelebihan Konsumsi Protein Bisa Mengancam Kesehatan

16 Desember 2021, 10:30 WIB
Penulis: Dewi
Editor: Pradipta Indra Kumara
Ilustrasi makanan mengandung protein tinggi.
Ilustrasi makanan mengandung protein tinggi. /pixabay.com

 

  • Meski memiliki peranan penting bagi tubuh, mengonsumsi protein tidak boleh berlebihan. 
  • Konsumsi protein berlebih dapat mengamcam kesehatan. 
  • Salah satu dampak buruk kelebihan protein adalah meningkatkan kadar asam urat hingga dehidrasi. 

SKOR.id - Protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Namun kelebihan protein justru berbalik bisa mengancam kesehatan.

Protein memenuhi banyak fungsi yang berbeda, karena mereka membantu melawan penyakit, mengatur fungsi tubuh, meningkatkan perkembangan otot, dan mengangkut obat-obatan dan zat lain ke seluruh tubuh.

Menurut para ahli, selain lemak dan karbohidrat, protein termasuk satu dari tiga nutrisi makro yang sangat penting bagi tubuh.

Karena melui ketiganya, tubuh dapat melakukan berbagai fungsi dan memperoleh energi yang dibutuhkan.

Namun, protein tidak disimpan sebagai cadangan energi, sehingga harus diganti setiap hari melalui makanan.

Jadi, untuk menjaga keseimbangan yang tepat, prorein yang disintesis harus mengembalikan protein yang telah didegradasi oleh tubuh.

Di sisi lain, jika proses pergantian ini tidak berjalan dengan baik, maka akan berisiko kehilangan massa otot dan menurunkan penampilan olahraga.

Protein sendiri bisa didapatkan dari makanan yang berasal dari hewan maupun tumbuhan, karena keduanya bermanfaat bagi tubuh.

Meski demikian, protein yang berasal dari hewan memiliki nilai biologis yang lebih tinggi dibandingkan protein nabati.

Hal ini karena protein hewani memiliki kandungan dan proporsi asam amino esensial yang lebih besar, yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh.

Berapa Kebutan Protein Sehari?

Setiap orang memiliki kebutuhan protein berbeda setiap harinya. Ini ditentukan oleh beberapa faktor, seperti usia, berat badan, atau olahraga fisik yang dilakukan setiap harinya.

Secara umum, para ahli menjelaskan orang dewasa dalam situasi normal membutuhkan 50 dan 62 gram protein per hari. Orang dewasa butuh antara 0,8 dan 1 gram protein untuk setiap 1kg berat badan, atau sekitar 15 persen dari total asupan kalori setiap hari.

Namun, orang yang secara rutin melakukan olahraga butuh protein lebih besar, jadi peningkatan ini harus ditutupi melalui pola makan sehat dan seimbang.

Karena itulah, seseorang yang makan makanan seimbang dan lengkap seharusnya tidak memiliki masalah untuk mendapatkan kadar protein yang cukup. Mereka juga tidak akan memiliki kelebihan nutrisi ini dalam tubuh.

Bahaya Kelebihan Protein

Ilustrasi makanan mengandung protein.
Ilustrasi makanan mengandung protein. pixabay.com

Namun, ada juga pola makan dengan label ‘ekstra’ protein yang bermanfaat untuk meningkat penampilan atlet, menghasilkan energi lebih besar, atau menurunkan berat badan.

Meski demikian, para ahli dalam Madrid Diabetes Association sepakat bahwa ekstra protein tidak hanya akan meningkatkan penampilan olahraga, tapi juga dapat menimbulkan dampak negatif pada kesehatan karena bagian dari kelebihan protein ini dapat berubah menjadi lemak.

Mereka juga memastikan bahwa kelebihan protein dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah atau bahkan menyebabkan demineralisasi dan menyebabkan dehidrasi.

Kelebihan protein dalam tubuh memang jarang terjadi, meski dapat menjangkiti mereka yang mengikuti diet protein tinggi dan minum protein shake.

Sebagaimana diungkapkan Madrid Diabetes Association, “kebanyakan diet protein hampir sepenuhnya membatasi konsumsi karbohidrat, buah, dan sayuran, bahkan memungkinkan konsumsi protein tanpa batas.”

Diet dengan pola ini dapat menyebabkan rendahnya kandungan serat dalam tubuh dan kepadatan nutrisi yang rendah.

Selain itu, pada penderita ginjal dan diabetes, terlalu banyak protein bisa sangat berbahaya bagi kesehatan.

Intinya, agar diet benar-benar sehat, maka diet harus mencakup makanan dari semua kelompok dan jumlah nutrisi yang dikonsumsi selalu disesuaikan untuk setiap individu.

 

Berita Kebugaran Lainnya

5 Manfaat Alpukat untuk Atlet, Bisa Melawan Radang Sendi

Sehatkah Tidak Mengeluarkan Sperma dalam Waktu yang Lama, Inilah Fakta Sebenarnya

  • Sumber: Mundo Deportivo
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Rabu, 15 Desember 2021

    Mengenal Aritmia Jantung, Penyakit yang Diduga Menyerang Sergio Aguero

    Berikut ini adalah penjelasan terkait aritmia jantung, penyakit yang diduga menyerang pemain Barcelona, Sergio Aguero.

    Bugar

    Selasa, 14 Desember 2021

    Glamping, Cara Lain Menyatu dengan Alam

    Glamping adalah cara lain untuk dekat dengan alam tapi dengan fasilitas dan kenyamanan yang berbeda dengan berkemah tradisional.

    Bugar

    Rabu, 15 Desember 2021

    Baking Soda, Cara Ampuh Mengurangi Lingkaran dan Kantung Mata

    Salah satu manfaat baking soda adalah berkaitan dengan sepak bola.

    Bugar

    Rabu, 15 Desember 2021

    Mitos dan Fakta Seputar Manfaat Teh Basi, Salah Satunya Memperbesar Ukuran Alat Vital Pria

    Berikut ini adalah mitos dan fakta seputar manfaat teh basi buat kesehatan dan perawatan tubuh.

    Terbaru

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    4 Makanan dan Minuman yang Bikin Urine Bau Pesing, Kopi Termasuk

    Berikut ini adalah makanan dan minuman yang bikin urine bau pesing.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Menjauh Sejenak dari Media Sosial Bisa Baik untuk Kesehatan Mental

    Sebuah penelitian menunjukkan, memutuskan hubungan dengan jejaring sosial selama seminggu akan mengurangi kecemasan dan depresi secara umum.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Vitamin dan Suplemen

    Mengkonsumsi vitamin bisa menjadi cara yang bagus untuk mendukung kebutuhan nutrisi Anda — tetapi ada cara yang tepat untuk melakukannya.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Pendidikan Emosional pada Anak-anak: Kapan Harus Mulai Mengajari Mereka?

    Penting bagi orang tua untuk mengetahui cara memberi anak alat untuk mengidentifikasi apa yang mereka rasakan dan mengetahui cara mengelolanya.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Workout di Rumah Tanpa Menggunakan Alat

    Berolahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Namun melakukan workout di rumah bisa dibilang lebih menyenangkan karena bisa hemat biaya.

    Bugar

    Senin, 16 Mei 2022

    4 Olahraga Mata yang Ringan dan Mudah Dilakukan, Cocok untuk Gamer dan WFH

    Berikut ini adalah empat olahraga mata yang muda dilakukan. Layak banget dipratikkan oleh gamer dan pekerja WFH.

    Bugar

    Senin, 16 Mei 2022

    7 Makanan Pelancar Buang Air Besar untuk Mengatasi Sembelit

    Berikut ini tujuh makanan yang baik dikonsumsi demi melancarkan buang air besar atau mengatasi sembelit.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    Manfaat Acar untuk Kesehatan, dari Sumber Antioksidan hingga Mengontrol Gula Darah

    Berikut ini adalah sejumlah manfaat acar untuk kesehatan.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    Bukan Cemilan Biasa, Berikut Segudang Manfaat Kacang Mete yang Perlu Diketahui

    Berikut ini manfaat kacang mete yang telah dirangkum Skor.id dari Healthline.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    5 Manfaat Penting Jintan Hitam, Rempah yang Dijuluki Obat Segala Macam Penyakit

    Jintan hitam atau habbatussauda disebut sebagai biji dengan manfaat sebagai obat segala penyakit
    X