Kenali Afasia, Tanda-tanda yang Tidak Boleh Anda Abaikan dan Jenis-jenisnya

3 April 2022, 12:51 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Scout laRue Willis, putri aktor Bruce Willis, memposting foto dia dan ayahnya untuk mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan yang mereka terima terkait kondisi sang aktor.
Scout laRue Willis, putri aktor Bruce Willis, memposting foto dia dan ayahnya untuk mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan yang mereka terima terkait kondisi sang aktor. /Instagram @scoutlaruewillis

  • Afasia adalah kondisi berbahasa dan berbicara yang sering kali disebabkan oleh kerusakan pada sisi kiri otak.
  • Dari sekian ragam pemicunya, sebagian besar karena stroke dan kondisi neurologis biasanya mempengaruhi orang dewasa yang lebih tua.
  • Ada banyak jenis afasia, masing-masing memiliki penyajian yang berbeda dan dibantu oleh berbagai jenis terapi atau tips komunikasi.

SKOR.id - Aktor gaek Bruce Willis mengumumkan ia akan pensiun dari dunia entertainment setelah didiagnosis dengan gangguan bahasa.

Pria berusia 67 tahun, yang terkenal dengan film Die Hard, menderita afasia.

Ini merupakan kondisi berbahasa dan berbicara, sering kali disebabkan oleh kerusakan pada sisi kiri otak. Penyebab umumnya termasuk stroke, cedera kepala parah, tumor otak, atau kondisi neurologis progresif.

Yang perlu diperhatikan beberapa orang yang memilikinya tidak menyadari bahwa ucapan mereka tidak masuk akal dan bisa menjadi frustrasi.

Kondisi itu dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia, tetapi paling sering terjadi pada mereka yang berusia di atas 65 tahun.

Dari sekian ragam pemicunya, sebagian besar karena stroke dan kondisi neurologis biasanya mempengaruhi orang dewasa yang lebih tua.

 

Gejalanya termasuk kesulitan membaca, mendengarkan, berbicara, mengetik atau menulis.

Yang menarik adalah kondisi itu tidak akan mempengaruhi kecerdasan penderita, melainkan mempengaruhi kemampuan mereka untuk berkomunikasi.

Mereka kadang-kadang dapat menempatkan suara yang salah dalam sebuah kata, memilih kata yang salah atau menggabungkan kata-kata secara tidak benar.

Afasia juga dapat hadir dengan gangguan lainnya. Ini bisa berupa kesulitan visual, masalah mobilitas, kelemahan anggota badan, dan masalah dengan memori atau keterampilan berpikir.

Ini didiagnosis setelah tes bicara dan bahasa, dengan pemindaian menilai kerusakan otak.

Sejauh ini terapi wicara dan bahasa adalah jenis perawatan paling utama untuk orang-orang dengan kondisi tersebut.

Meskipun bervariasi dari orang ke orang, kebanyakan penderita afasia berhasil melakukan beberapa bentuk pemulihan. Dan beberapa bahkan dapat pulih sepenuhnya.

Namun penyakit ini sulit untuk dijalani dan dapat menyebabkan isolasi, kecemasan dan depresi berkembang.

Tipe-tipe Afasia
Masyarakat umum sering tidak mengetahui bahwa ada banyak jenis afasia, masing-masing memiliki penyajian yang berbeda dan dibantu oleh berbagai jenis terapi atau tips komunikasi. Berikut penjelasan dari National Aphasia Association, dikutip dari laman mereka.

Afasia Broca
Dibutuhkan banyak upaya untuk mengucapkan kata-kata atau merangkai kalimat. Seseorang dengan afasia Broca mungkin hanya dapat mengucapkan tiga atau empat kata dalam satu waktu. Orang dengan jenis afasia ini memiliki kosakata yang terbatas dan kesulitan menemukan kata-kata yang ingin mereka gunakan. Di saat yang sama, penderita afasia Broca cenderung memahami pembicaraan. Afasia Broca kadang-kadang disebut "afasia tidak lancar".

Afasia Wernicke
Bicara tidak sulit; sebenarnya, kata-kata itu keluar dari mulut dengan mudah. Masalahnya adalah orang tersebut tidak membentuk kata-kata yang koheren, atau kata-kata itu tidak menyatu menjadi kalimat yang koheren. Afasia Wernicke juga mempengaruhi membaca dan menulis. Afasia Wernicke kadang-kadang disebut "afasia lancar."

Afasia Anomik
Orang dengan afasia anomik tidak dapat menemukan kata-kata yang ingin mereka gunakan, dan ini terutama benar ketika mencoba menemukan kata benda atau kata kerja yang benar. Mereka menyiasati kata-kata yang hilang dengan menggunakan banyak kata lain yang serupa atau mengisi ruang kosong dengan pengisi yang tidak jelas seperti "barang" atau "benda". Penderita afasia anomik memahami ucapan dan biasanya dapat membaca, tetapi Anda melihat kesulitan yang sama dalam menemukan kata yang tepat dalam tulisan mereka.

Afasia Global
Ini adalah bentuk afasia yang paling parah. Orang dengan afasia global tidak dapat berbicara banyak kata dan terkadang tidak mengerti ucapan. Mereka tidak bisa membaca atau menulis. Orang mungkin memiliki afasia global untuk waktu yang singkat setelah cedera otak atau stroke, dan kemudian beralih ke jenis afasia yang berbeda saat kesehatan otak mereka mulai membaik.

Afasia Progresif Primer
Afasia Progresif Primer sebenarnya bentuk demensia di mana orang kehilangan kemampuan untuk berbicara, menulis, dan membaca seiring waktu. Ini adalah hilangnya bahasa secara bertahap, bergerak dari halus ke parah ketika dalam tahap lanjut.***

Berita Bugar Lainnya:

Afasia, Gangguan Otak yang Buat Bruce Willis Menepi dari Dunia Akting

  • Sumber: The Sun, CNN Indonesia, National Aphasia Association
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Rabu, 30 Maret 2022

    Menebak Apa yang Anda Ekspresikan dari Senyum Anda

    Sebuah penelitian menegaskan bahwa ada 19 jenis senyuman dan hanya enam di antaranya yang menunjukkan kebahagiaan pada seseorang.

    Bugar

    Kamis, 31 Maret 2022

    Mike Tyson Kirim Pesan pada Pria dalam Hubungan Heteroseksual: Anda Tidak Akan Dapatkan Ini dari Wanita

    Kepada YouTuber Jake Ducey, Mike Tyson bicara tentang kelegaan emosional, perubahan, dan cinta, yang dirasakannya sepanjang hidupnya.

    Bugar

    Kamis, 31 Maret 2022

    Yang Harus Anda Ketahui tentang Alopecia, Kerontokan Rambut yang Dialami Istri Will Smith

    Pinkett Smith telah berbagi secara terbuka bahwa dia menderita alopecia areata, penyakit autoimun yang menyebabkan kerontokan rambut di kulit kepala dan di tempat lain, menurut National Alopecia Areata Foundation.

    Bugar

    Jumat, 1 April 2022

    Musisi Tom Parker Meninggal karena Glioblastoma, 6 Tanda Tumor Otak yang Tidak Boleh Anda Abaikan

    Anggota boy band asal Inggris, The Wanted, Tom Parker, meninggal secara tragis dua tahun setelah didiagnosis dengan tumor otak terminal akhir.

    Terbaru

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    Cara Mendeteksi apakah Anda Orangtua yang Beracun dan Dampaknya terhadap Anak-anak

    Para ahli psikologi telah mengidentifikasi dua jenis orangtua yang beracun: penderita dan narsisis, yang sama-sama merugikan masa depan anak.

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    4 Jenis Yogurt dengan Kandungan Probiotik Terbaik

    Probiotik sangat penting untuk menjaga kesehatan usus.

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    5 Posisi Bercinta yang Bisa Bikin Wanita Ketagihan

    Wanita dan pria tidak selalu setuju tentang apa yang memenuhi syarat sebagai seks yang menyenangkan.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Cuaca Tak Menentu, Inilah Sejumlah Tips Penting untuk Menjaga Kesehatan

    Kondisi cuaca yang tak menentu efek pancaroba bisa menjadi pemicu beragam penyakit dan sejumlah gangguan kesehatan.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Efek Tinggal di Rumah yang Berantakan, Bisa Bahaya bagi Kesehatan

    Apa dampak dari kekacauan dalam kehidupan kita sehari-hari? Ketahui pentingnya menjaga rumah tetap bersih dan rapi.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Tips Mengatasi Rambut Kering, Bisa Dilakukan di Rumah

    Berikut adalah sejumlah langkah sederhana untuk mengatasi masalah rambut kering.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Bukan Bikin Bodoh, Ini Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Micin Menurut dr. Tirta

    Berikut adalah bahaya terlalu banyak mengonsumsi micin menurut dr. Tirta.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Apakah Anda Pernah Mengalami 'Lapar Emosional'? Ikuti Tips Berikut untuk Mengatasinya

    Perasaan seperti cemas, gugup, kewalahan atau bahkan rasa kebosanan dapat menyebabkan seseorang makan tanpa benar-benar lapar, yang dikenal dengan istilah 'lapar emosional'.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Kenali Beragam Manfaat Membaca Buku bagi Kesehatan Mental

    Berikut Skor.id merangkum berbagai manfaat membaca buku bagi kesehatan mental.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    5 Makanan Barat di Tiktok yang Sehat dan Mudah Dibuat di Rumah

    Makanan sehat terkadang kurang disukai karena rasanya yang bisa dibilang cukup hambar. Namun sesungguhnya ada beberapa yang nikmat untuk dikonsumsi setiap hari.
    baindo

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X