Kenali Beragam Nutrisi dan Manfaat dari Bok Choy

2 Oktober 2021, 23:00 WIB
Penulis: Vivaldi Yudha
Editor: Pradipta Indra Kumara
Ilustrasi sayuran bok choy.
Ilustrasi sayuran bok choy. /Pixabay

  • Seperti sayuran lainnya, bok choy memiliki berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.
  • Karbohidrat, protein, dan kalsium adalah sejumlah nutrisi yang terkandung dalam bok choy.
  • Bok choy pun memiliki manfaat termasuk memelihara kesehatan jantung.

SKOR.id - Berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai nutrisi dan manfaat bok choy untuk kesehatan tubuh.

Bok choy atau yang lebih dikenal dengan sebutan sawi sendok merupakan sayur yang sering dijadikan bahan untuk masakan.

Sama seperi sayur-sayur lainnya, bok choy juga memiliki beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Dilansir dari laman Mejor Con Salud, bok choy mengandung kalori, karbohidrat, protein, dan serat.

Selain itu, di dalam bok choy juga terkandung kalsium, magnesium, zat besi, serta beberapa vitamin seperti A,C, dan K.

Bok choy pun dapat memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh berkat nutrisi-nutrisi tersebut seperti berikut ini:

 

1. Memelihara Kesehatan Jantung

Mencegah penyakit jantung adalah manfaat utama dari berbagai macam sayur dan buah termasuk bok choy.

2. Mencegah Radikal Bebas

Bok choy mengandung banyak antioksidan seperti vitamin C yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

3. Mencegah Peradangan

Bok choy juga dapat memberikan efek antiinflamasi atau mencegah terjadinya peradangan di dalam tubuh.

Contoh-contoh penyakit yang termasuk dalam peradangan di antaranya adalah alzheimer, aterosklerosis, dan radang sendi.

Ilustrasi Radang Sendi, Smartphone Finger
Ilustrasi Radang Sendi, Smartphone Finger

4. Mencegah Kanker

Dalam beberapa dekade terakhir, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa tingkat konsumsi fitokimia dapat mengurangi risiko terkena kanker.

Secara khusus, mengonsumsi brokoli dan sayuran sejenisnya termasuk bok choy dapat menurunkan risiko kanker paru-paru, payudara, prostat dan usus besar. Hal ini dikarenakan adanya kandungan glukosinolat.

5. Membantu Pertumbuhan Tulang

Kandungan kalsium, magnesium, dan fosfor di dalam bok choy berperan aktif dalam pertumbuhan tulang.

Berita Bugar Lainnya:

Deretan Olahraga yang Cocok untuk Para Pemilik Perut Buncit

Macam-macam Penyebab Susah Kentut dan Cara Mengatasinya

  • Sumber: Mejor Con Salud
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Jumat, 1 Oktober 2021

    4 Makanan yang Mengandung Banyak Serat, Salah Satunya Biji Gandum

    Serat merupakan salah satu nutrisi yang paling diperlukan tubuh dan bisa dipenuhi dengan makanan-makanan ini.

    Bugar

    Jumat, 1 Oktober 2021

    CRIPE, Metode Olahraga yang Baik untuk Penderita Diabetes

    Metode Cripe dapat membantu penderita diabetes ditambah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan berolahraga teratur.

    Bugar

    Sabtu, 2 Oktober 2021

    2 Manfaat Vitamin K untuk Kesehatan Jantung

    Untuk menjaga kesehatan jantung, penting untuk memastikan pasokan nutrisi yang optimal. Di antara mereka, vitamin K paling menonjol.

    Terbaru

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    4 Makanan dan Minuman yang Bikin Urine Bau Pesing, Kopi Termasuk

    Berikut ini adalah makanan dan minuman yang bikin urine bau pesing.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Menjauh Sejenak dari Media Sosial Bisa Baik untuk Kesehatan Mental

    Sebuah penelitian menunjukkan, memutuskan hubungan dengan jejaring sosial selama seminggu akan mengurangi kecemasan dan depresi secara umum.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Vitamin dan Suplemen

    Mengkonsumsi vitamin bisa menjadi cara yang bagus untuk mendukung kebutuhan nutrisi Anda — tetapi ada cara yang tepat untuk melakukannya.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Pendidikan Emosional pada Anak-anak: Kapan Harus Mulai Mengajari Mereka?

    Penting bagi orang tua untuk mengetahui cara memberi anak alat untuk mengidentifikasi apa yang mereka rasakan dan mengetahui cara mengelolanya.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Workout di Rumah Tanpa Menggunakan Alat

    Berolahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Namun melakukan workout di rumah bisa dibilang lebih menyenangkan karena bisa hemat biaya.

    Bugar

    Senin, 16 Mei 2022

    4 Olahraga Mata yang Ringan dan Mudah Dilakukan, Cocok untuk Gamer dan WFH

    Berikut ini adalah empat olahraga mata yang muda dilakukan. Layak banget dipratikkan oleh gamer dan pekerja WFH.

    Bugar

    Senin, 16 Mei 2022

    7 Makanan Pelancar Buang Air Besar untuk Mengatasi Sembelit

    Berikut ini tujuh makanan yang baik dikonsumsi demi melancarkan buang air besar atau mengatasi sembelit.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    Manfaat Acar untuk Kesehatan, dari Sumber Antioksidan hingga Mengontrol Gula Darah

    Berikut ini adalah sejumlah manfaat acar untuk kesehatan.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    Bukan Cemilan Biasa, Berikut Segudang Manfaat Kacang Mete yang Perlu Diketahui

    Berikut ini manfaat kacang mete yang telah dirangkum Skor.id dari Healthline.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    5 Manfaat Penting Jintan Hitam, Rempah yang Dijuluki Obat Segala Macam Penyakit

    Jintan hitam atau habbatussauda disebut sebagai biji dengan manfaat sebagai obat segala penyakit
    X