Kenali Tanda-tanda Jelas yang Menunjukkan bahwa Anda Mengalami Burn Out

24 Januari 2023, 22:15 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi seseorang merasakan kelelahan dalam bekerja.
Ilustrasi seseorang merasakan kelelahan dalam bekerja. /Pixabay

  • Sindrom kelelahan yang dikenal dengan istilah burn out atau kejenuhan ini biasanya berawal dari pekerjaan.
  • Namun, faktor lainnya seperti gaya hidup dan kepribadian juga berperan dalam kewalahan secara fisik, mental dan emosional.
  • Tanda-tandanya cukup jelas, meski ada kemungkinan membingungkannya dengan gangguan lain.

SKOR.id - Satu hari lagi penderitaan dimulai. Anda terjebak dalam siklus kelelahan, sikap apatis, dan frustrasi yang terus-menerus.

Sebelumnya Anda adalah orang dengan penuh hasrat, energi, dan ilusi, tetapi sekarang tidak ada yang tersisa dari itu. Anda terseret ke dalam kegelapan tanpa bisa berbuat banyak.

Mungkin Anda bahkan tidak menginginkannya. Anda hanya membatasi diri untuk melewati hari sebaik mungkin karena Anda tidak dapat mengatur semua yang harus Anda tangani dalam hari ke hari. Dan ini menyedot seluruh energi Anda.

Sindrom kelelahan yang dikenal dengan istilah burn out atau kejenuhan ini biasanya berawal dari pekerjaan. Namun, faktor lainnya seperti gaya hidup dan kepribadian juga berperan dalam kewalahan secara fisik, mental dan emosional.

Menurut situs Kementerian Keuangan Republik Indonesia, burn out adalah kondisi stres kronis di mana seorang pekerja merasa lelah secara fisik, mental, dan emosional gara-gara pekerjaannya. 

Burn out ditandai dengan tiga hal, pertama kelelahan fisik. Mereka yang mengalami burn out akan selalu merasa kekurangan energi dan merasa lelah sepanjang waktu.

Kedua, ditandai dengan kelelahan emosional. Depresi, perasaan tidak berdaya, merasa terperangkap di dalam pekerjaannya. Ketiga, mereka yang mengalami burn out akan sering menunjukkan kelelahan sikap atau mental.

Mereka akan mulai merasa sinis dan negatif terhadap orang lain maupun pekerjaan sendiri sehingga cenderung merugikan diri sendiri, pekerjaan, organisasi, dan kehidupan pada umumnya.

Dan, kehabisan tenaga ini bukan cara hidup yang sehat. Terlebih lagi, tidak ada yang pantas harus berurusan dengan kelelahan yang terus menerus ini.

Oleh karena itu, tidak ada kata terlambat untuk melakukan sedikit perubahan dan menemukan arah hidup. Untuk ini, penting untuk menyadari bahwa Anda terbakar. Tanda-tandanya cukup jelas, meski ada kemungkinan membingungkannya dengan gangguan lain.

*Anda lelah secara emosional
Ini adalah gejala kelelahan yang paling umum dan ditandai dengan perasaan lelah secara mental dan emosional. Orang yang mengalami kelelahan emosional mungkin merasa terbebani oleh tanggung jawabnya dan tidak mampu mengatasi tuntutan pekerjaan atau kehidupan pribadinya.

*Kamu selalu lelah
Ketika seseorang berada di bawah tekanan yang terus-menerus, tubuh secara konstan dalam keadaan melawan atau lari, yang dapat menyebabkan kelelahan permanen. Oleh karena itu, adalah normal untuk tidak merasa ingin melakukan apapun.

*Anda kurang tertarik
Kurangnya motivasi dan partisipasi dalam kegiatan yang sebelumnya dinikmati. Ini dapat mencakup pekerjaan, hobi, dan kegiatan sosial. Orang yang mengalami kejenuhan mungkin menemukan bahwa mereka tidak lagi tertarik pada hal-hal yang biasa mereka nikmati, tidak menemukan kesenangan atau kepuasan dalam pekerjaan atau kehidupan pribadi mereka.

Di sisi lain, mereka juga mungkin memiliki perasaan bahwa semua yang mereka lakukan tidak berguna, sehingga mereka tidak memiliki motivasi untuk melakukan apa pun, hanya melanjutkan rutinitas.

*Depersonalisasi
Depersonalisasi adalah perasaan terlepas dari pekerjaan dan kolega, dan juga menunjukkan kurangnya pemenuhan pribadi. Orang yang menderita depersonalisasi mungkin merasa bahwa mereka dibatasi untuk memenuhi kewajiban mereka di tempat kerja.

Artinya, mereka mematuhi hasil minimum yang diharapkan dari mereka, tapi tidak memiliki komitmen terhadap pekerjaan atau kolega mereka. Ini seperti menjadi mesin.

Dikutip dari situs Halodoc, gangguan depersonalisasi terjadi ketika seseorang secara terus-menerus atau berulang kali memiliki perasaan bahwa ia berada luar tubuh dan memiliki perasaan bahwa hal-hal di sekitar tidak nyata. Perasaan ini bisa sangat mengganggu dan mungkin terasa seperti hidup dalam mimpi.

*Kesehatan juga memberi tahu Anda
Kesejahteraan Anda, baik mental maupun fisik, telah menderita karena kelelahan. Gejala fisik yang paling umum adalah kelelahan, sakit kepala, ketegangan otot, dan insomnia, serta sistem kekebalan yang melemah.

Selain itu, juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan masalah pencernaan.

Di sisi lain, kewalahan dalam waktu lama juga memengaruhi kesehatan mental. Hal yang paling umum adalah mulai mengalami gejala depresi dan kecemasan.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Kelelahan saat Beraktivitas? 5 Asupan Ini Dapat Membantu Mengembalikan Energi

Apakah Anda Menderita Kelelahan Kerja? Ini yang Harus Anda Lakukan untuk Melawannya

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

Tag

Video

Berita Terkait

Bugar

Senin, 23 Januari 2023

8 Cara Hidup Lebih Sehat di Tahun 2023

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang membuat resolusi cenderung meninggalkannya dengan cepat – yang tidak mengherankan mengingat tujuan yang seringkali tidak dapat dicapai - yang kita tetapkan sendiri.

Bugar

Senin, 23 Januari 2023

Jus Wortel dan Lemon untuk Menurunkan Berat Badan, Manfaat dan Resep

Kombinasi jus wortel dan lemon merupakan alternatif yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan sekaligus memperlancar penurunan berat badan.

Bugar

Senin, 23 Januari 2023

Perlu Anda Tahu, Ada Perbedaan Besar antara Stres dan Kecemasan

Terlepas dari kenyataan bahwa kita sering menggunakan kedua kata untuk merujuk pada keadaan karakteristik ini, kenyataannya adalah bahwa menderita stres tidak sama dengan kecemasan.

Bugar

Senin, 23 Januari 2023

Awas, Terlalu Serius Mengikuti Berita Politik Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental Anda, Kata Penelitian

Para peneliti menemukan bahwa dua strategi, gangguan dan penilaian ulang kognitif, secara konsisten mengurangi emosi negatif.

Terbaru

Bugar

Minggu, 29 Januari 2023

10 Merek Raket Bulu Tangkis Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan, dari Li-Ning hingga Yonex

Tentunya, tiap merek raket memiliki ciri khas masing-masing dengan sedikit variasi pada bobot, keseimbangan, dan kelenturan.

Bugar

Minggu, 29 Januari 2023

Diet dan Bunga Bach, Rahasia Lionel Messi Mengatasi Muntah dan Menjadi Bintang Elite di Lapangan

Dokter asal Italia, Giuliano Poser mengubah cara makan Lionel Messi dan membiarkannya terus menjadi pemain sepak bola elite hingga hari ini.

Bugar

Minggu, 29 Januari 2023

Mengukur Berapa Banyak Olahraga yang Harus Dilakukan Berdasarkan Umur, Kata WHO

WHO telah memberikan penjelasan jenis olahraga apa yang harus dilakukan berdasarkan usia dan berapa banyak waktu yang harus dihabiskan dalam sehari.

Bugar

Sabtu, 28 Januari 2023

Tips Memilih Raket Bulu Tangkis Sesuai Karakter Permainan Anda

Memilih raket bulu tangkis yang tepat atau terbaik untuk diri Anda sendiri bisa menjadi hal yang membingungkan pada awalnya.

Bugar

Sabtu, 28 Januari 2023

Perlu Tahu, Risiko Duduk untuk Waktu yang Lama

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2016 oleh majalah The Lancet, yang menganalisis data dari lebih dari satu juta orang, menyimpulkan bahwa duduk selama lebih dari delapan jam setiap hari tanpa aktivitas fisik menghasilkan risiko kematian yang serupa dengan yang disebabkan oleh merokok dan obesitas.

Bugar

Sabtu, 28 Januari 2023

Kenakan Sepatu Anda dan Mulailah Berjalan: Ini Tren yang Akan Memberi Anda Manfaat Mental dan Fisik

Anda telah melihat "Hot Girl Walk" di seluruh media sosial sepanjang tahun lalu, tetapi apakah tren ini bermanfaat?

Bugar

Sabtu, 28 Januari 2023

Veronika Rajek Ungkap Rahasia Kebugaran

Veronika Rajek mengungkapkan rahasia kebugarannya kepada The U.S. Sun.

Bugar

Sabtu, 28 Januari 2023

Januari adalah Bulan Kesadaran Glaukoma: Lindungilah Penglihatan Anda

Januari adalah Bulan Kesadaran Glaukoma Nasional, waktu yang penting untuk menyebarkan berita tentang penyakit yang mencuri penglihatan ini.

Bugar

Jumat, 27 Januari 2023

Retinopati Diabetik: Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya

Orang yang telah didiagnosis menderita diabetes memiliki risiko lebih besar untuk terkena penyakit mata serta gangguan penglihatan karena suatu kondisi yang dikenal sebagai retinopati diabetik.

Bugar

Jumat, 27 Januari 2023

Bagaimana Cara Kita untuk Dapat Meningkatkan Self-Esteem

Harga diri adalah seperangkat keyakinan, persepsi, evaluasi, dan pemikiran yang kita miliki tentang diri kita sendiri. Ini adalah penilaian yang kita buat tentang diri kita sendiri berdasarkan pengalaman kita.
X