Kiat Kesehatan Mata: Perbaiki 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Membahayakan Penglihatan

26 Juni 2022, 11:56 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi seorang wanita dengan mata yang sehat.
Ilustrasi seorang wanita dengan mata yang sehat. /Pixabay.com

  • Mata bisa dibilang organ tubuh yang paling berharga untuk hidup sehat.
  • Penglihatan yang buruk mungkin merupakan akibat dari kebiasaan dan pilihan gaya hidup serta kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya.
  • Berikut kebiasaan sehari-hari yang harus dihentikan untuk mempertahankan penglihatan yang sehat selama sisa hidup Anda.

SKOR.id - Penglihatan yang buruk mungkin merupakan akibat dari kebiasaan dan pilihan gaya hidup serta kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya.

Faktor-faktor lain termasuk genetika, usia dan lingkungan pribadi Anda dapat mempengaruhi penglihatan Anda.

Sementara orang lain mungkin mengoreksi penglihatan hanya dengan memakai kacamata ataupun lensa kontak, mereka justru cenderung mengabaikan langkah-langkah lain yang penting untuk menjaga penglihatan mereka.

Ketika dunia sekarang dikelilingi oleh layar, sangat mudah untuk mengembangkan kebiasaan buruk yang dapat berkontribusi pada penglihatan yang buruk.

Menurut laporan Lembaga Kesehatan Dunia (WHO), setidaknya 2,2 miliar orang di seluruh dunia mengalami gangguan penglihatan jarak dekat atau jauh.

Dan, setidaknya 1 miliar – atau hampir setengahnya – dari kasus ini, gangguan penglihatan dapat dicegah atau belum ditangani.

Dalam wawancara dengan HT Lifestyle, Dr Tushar Grover, Direktur Medis di Vision Eye Centre New Delhi, mengungkapkan 5 kebiasaan sehari-hari yang harus dihentikan untuk mempertahankan penglihatan yang sehat selama sisa hidup Anda:

1. Terlalu banyak menggunakan ponsel cerdas: Ponsel cerdas dapat mengganggu penglihatan dan menyebabkan masalah penglihatan jika Anda menggunakannya berjam-jam setiap hari, terutama jika Anda mencoba membaca teks kecil di layar ponsel terlalu sering.

Sama seperti smartphone, paparan layar laptop yang terlalu lama juga bisa membahayakan mata Anda karena cahaya yang dipancarkan dari layar tersebut dapat menyebabkan mata kering, sakit kepala, dan ketegangan mata. Terlalu banyak paparan layar dapat berakibat penglihatan kabur dan tidak jelas.

2. Merokok: Meskipun ada banyak alasan mengapa Anda tidak boleh merokok, termasuk peningkatan risiko kanker tenggorokan dan paru-paru, Anda perlu 'disadarkan' karena itu dapat menyebabkan masalah penglihatan juga. Merokok dan konsumsi tembakau lain telah dikaitkan dengan kondisi serius seperti degenerasi makula dan katarak yang bahkan dapat menyebabkan kebutaan!

3. Tidak memakai kacamata hitam: Anda mungkin mengekspos mata Anda ke sinar UV yang berbahaya jika Anda tidak memakai kacamata hitam secara teratur saat melangkah keluar. Sinar berbahaya ini dapat menyebabkan masalah penglihatan, dan juga mengundang masalah penglihatan lainnya seperti degenerasi makula dan kanker mata!

Bahkan jika Anda memakai lensa kontak, kacamata hitam bisa bertindak sebagai penghalang antara mata Anda dan udara luar yang mungkin sarat dengan polutan berbahaya.

4. Sering mengucek mata: Anda harus menghindari godaan untuk menggosok mata, tidak peduli seberapa ingin Anda melakukannya. Pasalnya, Anda dapat merusak permukaan luar mata yang menyebabkan rasa perih dan terbakar, selain menyebarkan kotoran dan bakteri di mata Anda.

Menggosok mata terlalu sering juga dapat menyebabkan melemahnya kornea, yang dapat menyebabkan kerusakan penglihatan yang ireversibel. Jika Anda merasa perlu untuk menggosok, Anda dapat memercikkan air ke dalamnya atau menggunakan kompres dingin untuk meredakan iritasi.

5. Menggunakan obat tetes mata tanpa konsultasi dokter: Masyarakat memiliki kebiasaan menggunakan obat tetes mata tanpa berkonsultasi dengan dokter. Terlalu sering menggunakan obat tetes mata tanpa konsultasi yang tepat dapat merusak mata Anda. Jika mata Anda tampak merah bagi Anda, jangan panik, dan teteskan obat tetes mata karena mata merah sangat umum terjadi setelah malam tanpa tidur atau jam kerja yang panjang.

Dr Tushar Grover mengatakan, “Terlepas dari kebiasaan ini, tidak memasukkan makanan ramah mata dalam diet Anda, tidak minum cukup air, dan tidak cukup tidur juga dapat menyebabkan penglihatan buruk."

"Studi juga menyarankan bahwa seseorang tak boleh memakai lensa kontak lama. Beberapa orang memakai kontak sepanjang hari, bahkan tidur dengan itu di malam hari, yang dapat menempatkan Anda pada risiko alergi, mata kering parah dan infeksi kornea yang mengancam penglihatan."

Mata bisa dibilang organ tubuh yang paling berharga untuk hidup sehat, dan sebagian besar individu mempertahankan penglihatan yang sangat baik sepanjang hidup mereka.

Kita dapat menghindari kerusakan pada organ khusus ini dengan menghindari hal-hal kecil yang kita lakukan setiap hari secara sadar atau tidak sadar.

Pemeriksaan mata secara teratur hanyalah salah satu dari banyak tindakan pencegahan yang membantu menghindari masalah ini.***

Berita Bugar Lainnya:

Bukan Cuma untuk Gaya, Ada 4 Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Pakai Kacamata Hitam

Mengenal Kondisi Mata Kering: Gejala, Cara Mengatasi, dan Tindakan Pencegahan

Tanda-Tanda Mata akan Terkena Katarak, Waspadai Gejalanya sejak Dini

  • Sumber: Hindustan Times
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Sabtu, 25 Juni 2022

    Sering Cegukan? Kenali Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya

    Cegukan adalah kondisi otot diafragma yang mengalami kontraksi.

    Bugar

    Sabtu, 25 Juni 2022

    Khasiat Minyak Kelapa untuk Bersihkan Karang Gigi

    Jika dibiarkan, karang gigi bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut.

    Bugar

    Sabtu, 25 Juni 2022

    4 Mitos dan Fakta tentang Demam

    Berikut ini adalah empat mitos dan fakta tentang demam yang perlu Skorer ketahui.

    Terbaru

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Skortips: Nasihat Kesehatan untuk Anda Jelang Menginjak Usia 60 Tahun

    Skor.id menyoroti beberapa hal-hal yang harus menjadi perhatian setelah berusia 60 tahun.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Minuman Ini Membantu Anda Meningkatkan Kesehatan Usus dan Mengurangi Kadar Gula Darah

    Sebuah penelitian telah menemukan bahwa teh hijau dapat bermanfaat untuk meningkatkan sindrom metabolik.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Kim Kardashian Sebut Psoriasis 'Menyakitkan dan Menakutkan': Siapa yang Berisiko?

    Kim Kardashian telah berbicara tentang psoriasisnya di masa lalu, yang merupakan penyakit peradangan yang menyebabkan bercak bersisik tumbuh di kulit Anda.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Jam demi Jam: Waktu Terbaik untuk Melakukan Aktivitas Anda dalam Sehari

    Jam demi jam – waktu terbaik untuk melakukan segalanya- mulai dari sarapan hingga kapan harus tidur, menurut sebuah penelitian.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Banyak Kalori yang Mampu Terbakar oleh Seks: Tergantung Posisi, Waktu, dan Seberapa Aktif Anda

    Seks sering digambarkan sebagai latihan fisik yang hebat, tetapi apakah itu benar-benar membantu Anda menurunkan berat badan?

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Suka Makan Udang, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

    Tak hanya lezat, udang juga kaya akan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Apakah Anda Menderita Hipertensi? Berikut Langkah Kunci untuk Mengurangi Konsumsi Garam

    Anda dapat mengonsumsi hingga enam gram natrium per hari dalam konteks diet yang seimbang.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    The Batman: Ketahui Diet Ketat Robert Pattinson untuk Perannya yang Paling Penting

    Agar sesuai dengan peran ksatria gelap, Robert Pattinson harus menjalani diet sangat ketat dan berlatih fisik lima atau enam hari seminggu.

    Bugar

    Sabtu, 13 Agustus 2022

    Seberapa Serius Tekanan Darah Rendah Berbahaya bagi Tubuh

    Ketika kebanyakan orang khawatir tentang tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah dapat memiliki konsekuensi yang serius.

    Bugar

    Sabtu, 13 Agustus 2022

    Jangan Salah, Makan Jangkrik Ternyata Memiliki Manfaat untuk Kesehatan

    Jangkrik adalah salah satu dari banyak serangga yang dimakan di seluruh dunia.
    X