Kim Kardashian Sebut Psoriasis 'Menyakitkan dan Menakutkan': Siapa yang Berisiko?

15 Agustus 2022, 15:19 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi salah satu bentuk penyakit peradangan kronis yang dinamakan Psoriasis, seperti yang diderita oleh Kim Kardashian.
Ilustrasi salah satu bentuk penyakit peradangan kronis yang dinamakan Psoriasis, seperti yang diderita oleh Kim Kardashian. /Twitter @ClinExpDermatol

  • Kim Kardashian selalu terbuka membicarakan penyakit psoriasis yang dideritanya pada usia 25 tahun.
  • Itu adalah penyakit peradangan kronis yang bisa menyebabkan bercak bersisik di kulit.
  • Sejauh ini belum ada obatnya, tetapi diet dan gaya hidup sehat bisa mencegah peradangan dalam tubuh.

SKOR.id - Pada tahun 2005, Kim Kardashian menderita psoriasis pertamanya - penyakit radang yang menyebabkan bercak bersisik tumbuh di kulit Anda - pada usia 25 tahun.

"Saya awalnya terkena flu biasa dan karena psoriasis adalah kondisi autoimun, ini memicunya. Itu terjadi di seluruh perut dan kaki saya," tulis bintang reality show itu di situs web saudara perempuannya Kourtney, Poosh.

Selama bertahun-tahun, sang selebritas berterus terang tentang kondisinya itu, dan gejolak yang terkait dengannya, dengan mengatakan "itu masih menyakitkan dan menakutkan."

Meskipun ibu empat anak tersebut harus mengatasi gejala penyakitnya itu setiap hari, dia menyadari bahwa optimisme adalah kuncinya.

"Anda harus melakukan apa yang Anda bisa untuk memastikan Anda merasa nyaman tetapi tidak membiarkannya (penyakit itu) mengambil alih. ... Saya harap cerita saya dapat membantu orang lain dengan penyakit autoimun merasa yakin bahwa ada cahaya di ujung terowongan," dia menjelaskan.

 

Lima poin penting dibagikan Kim Kardashian berkaitan dengan penyakitnya:

1. Kim Kardashian telah berbicara secara terbuka tentang psoriasis yang dideritanya di masa lalu, yang merupakan penyakit peradangan yang menyebabkan bercak bersisik tumbuh di kulit Anda.

2. Gejala umum psoriasis adalah nyeri sendi dan bercak gatal pada kulit merah dan bersisik.

3. Meskipun penyebab pasti psoriasis masih misteri, faktor risikonya termasuk riwayat keluarga, gaya hidup, dan penggunaan obat-obatan tertentu.

4. Meskipun tidak ada obat untuk psoriasis, terdapat beberapa pilihan pengobatan, termasuk krim topikal, terapi sinar UV dan obat-obatan.

5. Meskipun tidak ada cara yang diketahui untuk mencegah psoriasis, olahraga teratur yang dikombinasikan dengan diet sehat dan tidur yang cukup dapat membantu mencegah peradangan pada tubuh.

Dan, mengingat bulan Agustus adalah Bulan Kesadaran Psoriasis, Yahoo Canada mengusung misi untuk memberi tahu pembaca mereka tentang kondisi itu, bersama dengan tanda-tandanya dan gejalanya.

Apa itu psoriasis?
Menurut Canadian Psoriasis Network, psoriasis merupakan penyakit peradangan kronis yang "bermanifestasi di kulit, sendi dan organ lainnya."

Kondisi tersebut menyebabkan sel-sel kulit berkembang biak hingga 10 kali lebih cepat dari biasanya, yang mengakibatkan ruam dengan bercak gatal dan bersisik.

Bercak ini paling sering ditemukan di bagian siku, lutut, dan kulit kepala. Kondisi ini jangka panjang dan saat ini belum ada obatnya.

"Ada lima bentuk utama psoriasis: plak, guttate, pustular, inverse dan erythrodermic. Jika kebanyakan orang menderita satu jenis, penderita dapat dipengaruhi oleh lebih dari satu jenis selama rentang hidupnya," perwakilan dari Canadian Dermatology Association (CDA) memberi tahu Yahoo Canada, yang lebih memilih untuk tetap anonim.

"Kondisi saat ini mempengaruhi sekitar satu juta orang Kanada, walaupun itu tidak menular. Diberitahu tentang penyakit dan dampaknya akan mengarah pada pengelolaan penyakit yang lebih baik dan hasil pengobatan secara keseluruhan."

Apa saja gejala psoriasis?
Tergantung pada jenis psoriasis yang Anda miliki, Natalia Blakely, seorang perawat swasta yang berbasis di Toronto, mengatakan kepada Yahoo Canada "tanda dan gejalanya bisa sangat bervariasi."

Dia melanjutkan: "Biasanya psoriasis bermanifestasi dalam bercak yang menyakitkan atau ruam kulit merah dan meradang yang sering memiliki sisik terkelupas di atasnya."

Tambalan ini juga bisa terasa gatal dan bisa retak atau berdarah.

Blakely menambahkan bahwa kondisi ini juga dapat dikaitkan dengan radang sendi, yang menyebabkan sendi pegal dan bengkak.

Jika Anda menderita psoriasis, Anda akan sering mengalami "flare-up" yang memperburuk gejala Anda. Perwakilan CDA menjelaskan bahwa "cuaca dingin atau kering, stres, infeksi, alkohol atau merokok dapat memperburuk gejala."

Jika Anda atau orang yang Anda cintai mengalami salah satu dari tanda dan gejala ini, Anda harus mencari perhatian medis sesegera mungkin untuk menerima perawatan yang memadai.

Apa yang menyebabkan psoriasis?
Psoriasis mempengaruhi orang-orang dari semua ras dan jenis kelamin dan biasanya muncul pada awal masa dewasa (antara usia 15 sampai 35).

"Penyebab pastinya masih misteri, tetapi ada beberapa indikasi bahwa ada sesuatu yang memicu sistem kekebalan Anda untuk memicu penyakit, yang mungkin merupakan kombinasi dari beberapa faktor," kata sumber CDA.

Potensi risiko, termasuk memiliki penyakit autoimun atau anggota keluarga dengan riwayat penyakit kronis, merokok atau minum alkohol secara teratur, tinggal di lingkungan stres tinggi, tidak mendapatkan cukup paparan sinar matahari atau minum obat tertentu seperti lithium atau propranolol, yang mengobati gangguan bipolar dan tekanan darah tinggi.

Bagaimana psoriasis diobati?
Tak ada obat untuk psoriasis, tetapi pengobatan dapat membantu pasien mengelola kondisi mereka dan menjalani kehidupannya senormal mungkin. Meskipun ini tidak terjadi pada semua yang terkena penyakit ini, beberapa dapat menghilangkan gejalanya sepenuhnya.

"Tergantung pada tingkat keparahannya, dokter mungkin akan terlebih dahulu memberi Anda krim topikal untuk dioleskan langsung pada kulit Anda."

"Itu bisa berupa krim steroid untuk membantu mengontrol sel-sel kekebalan yang terkena, atau deep moisturizer dengan asam salisilat yang dapat membantu menenangkan kulit dan menghilangkan ruam," kata Blakely.

Perawatan lain termasuk terapi sinar UV untuk memperlambat pertumbuhan sel kulit yang cepat, atau obat-obatan seperti imunosupresan.

Bagaimana saya bisa mencegah psoriasis?
Meskipun tidak ada cara yang diketahui untuk mencegah psoriasis, olahraga teratur, yang dikombinasikan dengan diet sehat dan tidur yang cukup, dapat membantu mencegah peradangan dalam tubuh.

"Anda juga perlu mendapatkan udara segar dan sinar matahari secara teratur, menghindari lingkungan yang dingin ataupun kering, menjaga kelembapan kulit Anda, dan menjaga tingkat stres Anda tetap terkendali," tambah sumber CDA.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal didiagnosis mengidap psoriasis, penting untuk memahami kondisinya, ikuti rencana perawatannya, tetap positif dan kelilingi diri Anda dengan sistem pendukung yang membangkitkan semangat.

Meskipun kondisinya mungkin tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikelola dan pasien masih dapat hidup lama dan sehat.***

Berita Bugar Lainnya:

Tak Pernah Menyerah, Cara Inspirasi Venus Williams untuk Hidup dengan Penyakit Autoimun

Yang Harus Diketahui tentang Scleroderma, Penyakit Autoimun yang Diperjuangkan Bob Saget sebelum Kematiannya

Mengenal Penyakit Autoimun, Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

 

Tag

Video

Berita Terkait

Bugar

Sabtu, 13 Agustus 2022

Seberapa Serius Tekanan Darah Rendah Berbahaya bagi Tubuh

Ketika kebanyakan orang khawatir tentang tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah dapat memiliki konsekuensi yang serius.

Bugar

Minggu, 14 Agustus 2022

Suka Makan Udang, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Tak hanya lezat, udang juga kaya akan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh.

Bugar

Minggu, 14 Agustus 2022

The Batman: Ketahui Diet Ketat Robert Pattinson untuk Perannya yang Paling Penting

Agar sesuai dengan peran ksatria gelap, Robert Pattinson harus menjalani diet sangat ketat dan berlatih fisik lima atau enam hari seminggu.

Bugar

Minggu, 14 Agustus 2022

Apakah Anda Menderita Hipertensi? Berikut Langkah Kunci untuk Mengurangi Konsumsi Garam

Anda dapat mengonsumsi hingga enam gram natrium per hari dalam konteks diet yang seimbang.

Terbaru

Bugar

Minggu, 2 Oktober 2022

Perlu Diketahui soal Posisi Tidur yang Benar dan Cara yang 'Benar' untuk Tidur

Dalam posisi apa saya harus tidur, dan apakah ada cara yang 'benar' untuk tidur?

Bugar

Minggu, 2 Oktober 2022

Makanan Rahasia Pemain Sepak Bola Elite: Banyak Protein dan Rendah Kalori

Makanan rahasia pemain sepak bola dengan banyak protein dan sedikit kalori. Ada dua jenis ganggang yang meningkatkan kinerja dan meningkatkan vitalitas dan energi: spirulina dan chlorella

Bugar

Minggu, 2 Oktober 2022

Mengenal Gas Air Mata, Gejala Jika Terkena dan Penanganan yang Mesti Dilakukan

Berikut ini uraian soal gas air mata, sesuatu yang jadi sorotan dari tragedi Kanjuruhan, lengkap dengan gejala dan apa yang harus dilakukan.

Bugar

Minggu, 2 Oktober 2022

Mengenal Cedera yang Ancam Peluang Ronald Araujo ke Piala Dunia Qatar

Menurut pernyataan medis yang diberikan oleh Barcelona di akun Twitter resmi mereka, "Ronald Araujo mengalami avulsi pada tendon adductor longus di paha kanan."

Bugar

Minggu, 2 Oktober 2022

Hai Pemula, Simak Tips untuk Menikmati Aktivitas Berolahraga sekaligus Bersenang-senang

Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Tetapi jika Anda sudah keluar dari kebiasaan aktif – atau tidak pernah menemukan rutinitas olahraga yang berhasil – mungkin terasa seperti tugas yang mustahil untuk memulai.

Bugar

Sabtu, 1 Oktober 2022

Mayoritas Wanita Alami Menopause sekitar Usia 51, Gejalanya Bisa Dimulai Jauh Lebih Awal

Sebagian besar wanita mengalami menopause sekitar usia 51 tahun tetapi gejalanya dapat dimulai bertahun-tahun sebelumnya

Bugar

Sabtu, 1 Oktober 2022

Ilmuwan 'Memecahkan' Misteri Mengapa Wanita Selalu Merasa Kedinginan daripada Pria

Ilmuwan berhasil 'memecahkan' misteri mengapa wanita selalu merasakan tubuh mereka lebih dingin daripada para pria.

Bugar

Sabtu, 1 Oktober 2022

Sederet Mitos Palsu seputar Pengaruh Kopi terhadap Kesehatan

Minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi di planet ini telah memunculkan mitos palsu yang tak terhitung jumlahnya.

Bugar

Sabtu, 1 Oktober 2022

Manfaat dan Nutrisi yang Terkandung pada Daging Sapi

Daging sapi dikategorikan sebagai daging merah - istilah yang digunakan untuk daging mamalia, yang mengandung jumlah zat besi yang lebih tinggi daripada ayam atau ikan.

Bugar

Jumat, 30 September 2022

Ada 6 Bau Vagina yang Berbeda, Kenali Gejalanya untuk Tahu Kapan Harus ke Dokter

Bau yang kuat bisa mengganggu, terutama jika ada bau busuk yang datang dari bawah. Sementara aroma vagina bervariasi dari orang ke orang, para ahli mengatakan ada beberapa yang harus Anda waspadai.

Terpopuler Satu Pekan

Keyword Populer

Sepak Pojok

X