Kunci untuk Mencapai Hubungan yang Memuaskan, Salah Satunya Sesuaikan Ekspektasi

20 Mei 2022, 23:15 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi seorang pria lanjut usia sedang mengungkapkan cinta untuk pasangannya di atas pasir pantai.
Ilustrasi seorang pria lanjut usia sedang mengungkapkan cinta untuk pasangannya di atas pasir pantai. /Pixabay.com

  • Menjalin hubungan bisa menghadirkan kegembiraan atau malah siksaan luar biasa.
  • Cinta, dukungan, dan persahabatan akan membuat Anda merasa berharga, aman, dan bahagia bersama pasangan.
  • Tetapi, jika segala sesuatunya tidak berjalan baik, kehidupan sehari-hari bisa berubah menjadi mimpi buruk.

SKOR.id - Ikatan pasangan dapat menjadi sumber kegembiraan atau siksaan yang besar.

Di satu sisi, pasangan menawarkan cinta, dukungan, validasi, dan persahabatan, yang akan membuat Anda merasa berharga, aman, dan bahagia.

Di sisi lain, jika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik, kehidupan sehari-hari bisa berubah menjadi mimpi buruk. Jadi, penting untuk mengetahui kunci untuk memiliki hubungan yang memuaskan.

Jauh dari bayangan yang mungkin Anda pikirkan, memiliki hubungan yang bahagia tidak selalu bergantung pada faktor kebetulan.

Anda, dengan segala keputusan rutinitas Anda, membangun hubungan yang bermanfaat atau puas dengan versi yang biasa-biasa saja.

Ketika Anda melihat pasangan yang solid dan sehat, jangan iri pada nasib baik mereka, dan perhatikan tindakan apa yang mereka ambil untuk memelihara hubungan itu.

Bagaimana cara menjalin hubungan yang memuaskan?
Jika Anda ingin menikmati kebahagiaan, rasa aman, dan kepuasan dalam hubungan Anda, berikut adalah beberapa kunci yang akan membawa Anda lebih dekat ke tujuan itu.

Persiapkan pribadi Anda
Ketika ada masalah pasangan, ada kecenderungan untuk menyalahkan yang lain atas segala sesuatu yang salah. Tetapi, pada kenyataannya, masing-masing harus bertanggung jawab atas hidupnya.

Maka itu, demi memiliki hubungan yang memuaskan, penting untuk melakukan persiapan pribadi: merawat luka, kekurangan dan kebutuhan Anda sebelum berhubungan dengan siapapun.

Anda dapat melakukannya sendiri, tapi selalu lebih mudah melakukannya dengan bantuan seorang profesional. Bekerja pada diri sendiri akan memungkinkan Anda untuk tidak membutuhkan pasangan dan, dengan ini, tidak membangun relasi karena ketergantungan atau ketakutan akan kesepian.

Anda akan lebih sadar apa yang Anda butuhkan, lebih mampu membuat keputusan yang baik.

Selain itu, memiliki sumber daya dan persiapan sendiri akan mencegah Anda menempatkan tanggung jawab untuk membuat Anda bahagia pada pasangan Anda.

Anda akan menjadi dua orang komplet yang berbagi kehidupan bersama dan ini benar-benar mengubah keseluruhan hubungan.

Pilih orang yang tepat
Biasanya, pilihan pasangan tidak dianggap penting. Diyakini bahwa itu keputusan irasional yang dihasilkan dari cinta yang tak terkendali dan di mana sedikit yang perlu dilakukan.

Namun, itu adalah salah satu pilihan terpenting dalam hidup.

Karena itu, sangat penting memilih orang yang memiliki nilai-nilai baik dan menunjukkannya dengan perbuatan. Lagi pula, Anda tidak ingin menyerahkan diri Anda kepada orang yang egois, manipulatif, atau kejam atas nama cinta.

Itu harus seseorang yang cocok dengan Anda, yang berbagi prioritas dan proyek kehidupan Anda yang sama, dan memiliki gagasan yang sama tentang apa pasangan itu.

Memberi perhatian pada titik ini akan mencegah banyak penderitaan dan konflik di masa depan.

Lebih baik memilih orang yang tepat di awal daripada menghabiskan bertahun-tahun untuk mencoba mengubah orang di sebelah Anda dikarenakan mereka tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sesuaikan ekspektasi
Mempertahankan harapan yang realistis dan masuk akal sangatlah penting untuk menikmati hubungan yang memuaskan. Terkadang ikatan saat ini dibandingkan dengan konsep ideal yang tidak mungkin tercapai.

Anda harus menyadari bahwa hubungan berkembang: kegilaan yang intens dan berbuih di awal, memberi jalan kepada koneksi yang lebih dewasa dan tenang berdasarkan keintiman dan saling mendukung. Ini alami dan sehat.

Jika Anda mengharapkan semuanya berlanjut seperti pada awalnya, Anda hanya akan hidup dalam frustrasi dan Anda akan kehilangan kesempatan untuk menikmati tahap-tahap berikutnya sepenuhnya.

Di sisi lain, penting untuk mengenal pasangan Anda dan, juga, mengenal diri sendiri. Anda juga harus tahu apa yang akan Anda tawarkan dan apa yang dapat Anda harapkan untuk diterima.

Menjadi jelas tentang jenis dinamika yang ingin Anda berdua bangun ke depannya akan membantu menghindari kesalahpahaman dan harapan yang tidak terpenuhi.

Belajar menangani bahasa cinta
Dalam pasangan, ekspresi kasih sayang sangat penting bagi kedua pasangan untuk merasa dicintai dan diakui.

Namun, jika tak tahu cara menyampaikannya dengan benar, orang lain mungkin merasakan kekurangan dalam aspek ini, meskipun cinta Anda untuk mereka sangat dalam dan intens.

Gary Champan menemukan bahwa ada lima bahasa cinta dan setiap orang sebaiknya menggunakan salah satunya.

Cari tahu mana yang menjadi milik Anda dan mana yang menjadi milik pasangan Anda.

Cobalah untuk mengomunikasikan perasaan Anda sedemikian rupa sehingga orang lain dapat menerimanya, memahaminya, dan merasakannya sebagai nyata.

Penguatan dan dinamika positif
Seiring waktu, banyak pasangan jatuh ke dalam rutinitas yang membuat mereka melupakan alasan mengapa mereka memilih satu sama lain dan mulai memperlakukan satu sama lain secara tidak pantas.

Konflik terjadi setiap hari dan setiap kata, tindakan atau isyarat dari pihak lain menyebabkan ketegangan.

Dinamika negatif semacam ini, yang penuh dengan celaan dan kritik, akan memakan dirinya sendiri. Untuk itu, penting untuk mencegahnya dengan bersikap toleran, sabar dan pengertian dengan orang lain.

Beberapa penelitian menemukan bahwa mengharapkan yang terbaik dari pasangan sangat membantu meningkatkan kepuasan.

Artinya, menafsirkan apa yang terjadi dari perspektif yang lebih fleksibel dan positif, tanpa memikirkannya secara pribadi dan mengetahui bahwa Anda akan memiliki alat untuk memecahkan hambatan apa pun.

Jika suatu hari pasangan Anda lebih dingin atau lebih mudah marah dari biasanya, janganlah berpikir bahwa dia tidak lagi mencintai Anda, jangan menanggapi dengan lebih jengkel atau dengan klaim.

Bersikaplah lunak, tempatkan diri Anda pada posisi mereka, dan sadari bahwa mungkin mereka mengalami hari yang buruk di tempat kerja.

Berlatih komunikasi asertif
Meskipun mengikuti langkah-langkah di atas demi hubungan yang memuaskan, tidak dapat dihindari bahwa pada titik tertentu dalam hubungan konflik, ketidaksepakatan atau perbedaan muncul.

Dalam kasus ini, komunikasi asertif menjadi sekutu terbaik. Ini mengundang Anda untuk mengekspresikan diri Anda dengan jelas, tegas dan dengan rasa hormat.

Untuk mengungkapkan apa yang Anda rasakan dan butuhkan sambil juga mendengarkan kebutuhan orang lain.

Ini adalah cara paling efektif untuk mencapai kesepakatan dan menemukan solusi tanpa terluka. Oleh karena itu, jika Anda atau pasangan merasa sulit untuk mengekspresikan diri dengan cara ini, Anda disarankan untuk mulai mengerjakannya.

Kebaikan harus selalu ada
Sebagai rekomendasi terakhir, ingatlah bahwa kunci hubungan yang sukses adalah kebaikan.

Ini yang ditemukan oleh John dan Julie Gottman dalam penelitian mereka bahwa keramahan adalah prediktor paling penting dari stabilitas dan kepuasan dalam pernikahan.

Ketika orang lain memperlakukan Anda seperti ini, Anda akan merasa diperhatikan, dihargai, dan aman.

Bersikap baik pada pasangan tak berarti berpuas diri, merendahkan atau menyembunyikan kemarahan Anda; tetapi pilihlah kata-kata dan nada yang tepat, pertimbangkan perasaan mereka dan pedulikan kesejahteraan mereka, bahkan di saat-saat diskusi.

Karena itu, jangan ragu untuk menerapkan prinsip ini.

Cinta yang sempurna
Singkatnya, untuk mencapai hubungan yang memuaskan Anda harus memastikan bahwa Anda mencapai apa yang disebut Sternberg sebagai "cinta yang sempurna".

Konsep ini menggabungkan secara seimbang tiga elemen dasar cinta: gairah, keintiman, dan komitmen. Oleh karena itu, penting untuk memupuk masing-masing dari mereka dan memastikan bahwa mereka selalu ada.

Kontak fisik dan keinginan untuk bersama, keterlibatan dan hubungan emosional, dan niat yang kuat untuk membangun masa depan bersama adalah fondasi kebahagiaan sebagai pasangan.

Cobalah setiap hari bahwa tindakan Anda berkontribusi untuk memberi makan 'bahan-bahan' ini dan Anda akan mencapai tujuan Anda.***

Baca Berita Bugar Lainnya:

Ini adalah Kunci untuk Meningkatkan Kualitas Hubungan

Tips Membedakan antara Cinta dan Nafsu dalam Menjalin Hubungan

  • Sumber: Mejor Con Salud
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Berolahraga, Bermeditasi, dan 7 Tips Lain untuk Memulai Gaya Hidup Baru

    Ketika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, memiliki pemandu bisa menjadi titik awal untuk perubahan kebiasaan yang pasti, dalam rangka mencapai kesejahteraan umum.

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Jangan Panik, Begini Tips Cegah Hepatitis Akut Misterius dari IDAI

    Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) membagikan tips agar terhindar dari hepatitis akut.

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Apakah Buah Bisa Membuat Kita Gemuk? Semua yang Perlu Anda Tahu tentang Nutrisinya

    Menurut kepercayaan populer, karena buah-buahan juga mengandung gula, mereka tidak cocok untuk diet rendah kalori. Mana yang benar?

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Ketahui Manfaat dan Risiko Terapi 'Kretek-kretek' alias Chiropractic

    Berikut ini adalah manfaat dan risiko yang didapat dari terapi chiropractic.

    Terbaru

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    5 Bahan Alami untuk Membantu Menumbuhkan Rambut

    Menumbuhkan rambut dapat dibantu dengan beberapa bahan alami berikut ini.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Masih Muda Tapi Pelupa? Ini Tips Mencegah Pikun di Usia Muda

    Pikun terjadi karena faktor imunitas dan kondisi kesehatan fisik, aspek kognitif yang berpengaruh terhadap usia.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    9 Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Sendi Berkepanjangan

    Berikut ini adalah sembilan cara ampuh mengatasi nyeri sendi yang tak kunjung sembuh dalam waktu lama.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Mengenal Penyebab dan Gejala Infeksi Paru, Penyakit Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo Sebelum Wafat

    Menteri PAN-RB RI Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) siang WIB.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Tips untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Seiring Bertambahnya Usia

    Ingin tahu apa saja tanda-tanda sistem kekebalan tubuh lemah atau bagaimana penuaan memengaruhi sistem kekebalan Anda? Inilah yang perlu Anda ketahui dari dokter.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Cara Sederhana Menurunkan Demam Tanpa Konsumsi Obat

    Berikut Skor.id merangkum beberapa cara menurunkan demam tanpa mengonsumsi obat.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Risiko Batu Ginjal Meningkat di Musim Panas: Ini Cara Pencegahannya

    Batu ginjal adalah bongkahan bahan padat seperti batu yang terbentuk di salah satu atau kedua ginjal ketika ada kadar mineral tertentu yang tinggi dalam urine.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Manfaat Havermut untuk Kesehatan Tubuh

    Oatmeal atau havermut adalah makanan sarapan yang terbuat dari oat dan cairan seperti air atau susu.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Ini Waktu Terbaik untuk Sarapan Tanpa Takut Kegemukan

    Tubuh kita butuh waktu 14 jam berpuasa setelah makan malam hingga makan kembali di keesokan harinya.

    Bugar

    Kamis, 30 Juni 2022

    Ini yang Harus Dilakukan saat Anak Remaja Anda Memberi Tahu Sesuatu yang Mengkhawatirkan tentang Seorang Teman, Kata Para Ahli

    Ketika anak remaja Anda memberi tahu Anda sesuatu yang mengkhawatirkan tentang seorang teman, haruskah Anda menelepon orang tuanya? Inilah saatnya untuk masuk, kata para ahli.
    X