Legenda Tenis Martina Navratilova Berbagi Pelajaran dari Rasa Takut atas Diagnosis Kanker Payudara

5 Oktober 2022, 12:00 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Legenda tenis Martina Navratilova mengungkapkan rasa terkejut dan rasa takut yang dirasakannya saat divonis kanker payudara pada tahun 2010.
Legenda tenis Martina Navratilova mengungkapkan rasa terkejut dan rasa takut yang dirasakannya saat divonis kanker payudara pada tahun 2010. /Instagram @martinanavratilova

  • Petenis putri legendaris Martina Navratilova didiagnosis menderita kanker payudara pada usia 53 tahun.
  • Memasuki usia 66 tahun, mantan atlet berdarah Ceko itu membagikan perjuangannya mengatasi penyakit tersebut.
  • Satu hal yang ditekannya, sebagai olahragawan, dia telah dilatih untuk berpikir positif untuk bisa menghadapi perjalanannya untuk kembali bebas kanker. 

SKOR.id - Petenis legendaris Martina Navratilova masih mengingat setiap momen ketika, di usia 53, dokter mendiagnosis dia telah menderita kanker payudara.

Mantan atlet Amerika berdarah Ceko itu selalu bugar, makan makanan bergizi, dan menjalani gaya hidup sehat, tetapi sudah empat tahun berlalu sejak mammogram terakhirnya.

“Saya sangat terkejut bahwa ada sesuatu yang terjadi dengan tubuh saya,” Navratilova, yang berusia 66 tahun pada 18 Oktober 2022, mengatakannya kepada TODAY.

“Tetapi, Anda bisa menjadi orang paling sehat di planet ini dan tetap terkena kanker. Anda pasti meningkatkan peluang dengan menjadi sehat, tetapi Anda tidak sepenuhnya menghilangkan kemungkinan itu.”

Navratilova didiagnosis dengan karsinoma duktal in situ (DCIS), yang disebut "bentuk paling awal dari kanker payudara" atau "kanker payudara stadium 0." DCIS ditandai oleh sel-sel abnormal pada lapisan saluran payudara yang belum menyebar ke jaringan lain, tetapi masih berpotensi menjadi invasif dalam beberapa kasus, menurut National Cancer Institute.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Martina Navratilova (@martinanavratilova)

Penyakit itu menyumbang satu dari lima kanker payudara baru, menurut American Cancer Society. Kebanyakan pasien bahkan tidak memiliki gejala apa-apa.

Selain berbicara tentang pengalamannya sendiri, Navratilova bahkan memproses diagnosis kanker ovarium dari teman dan saingan tenisnya yang hebat, Chris Evert.

"Chris adalah seorang pejuang pemberani, yang melalui semua itu, dan dia tetap bicara di depan publik untuk alasan yang sama. Dia ingin memastikan para wanita menyadari apa yang dapat mereka lakukan untuk mencegah hal ini terjadi," kata Navratilova.

Legenda tenis, yang tinggal di Miami, baru-baru ini meluangkan waktu berbagi kisah dengan TODAY, dengan sesi wawancara diatur oleh Hologic, sebuah perusahaan teknologi medis yang menjual perangkat pencitraan payudara dan mensponsori Women’s Tennis Association Tour (WTA/Tur Asosiasi Tenis Wanita).

Bagaimana Anda didiagnosis menderita kanker payudara?
Sekitar bulan Januari 2010, saya menjalani mammogram. Saya pikir sudah dua tahun antara mammogram terakhir saya, tetapi saat itu sudah empat tahun. Saya telah berganti dokter dan saya tidak pernah membuat janji untuk melakukan ujian tahunan. Hanya menundanya. Saya berada di jalanan sepanjang waktu itu, jadi sulit untuk melacak waktunya.

Ketika saya akhirnya pergi, mereka menelepon saya kembali minggu depannya dan berkata, “Kita perlu melihat lebih dekat karena mungkin ada sesuatu yang salah.” Saya lalu pergi untuk mammogram yang lebih baik dan kemudian mereka menelepon lagi, dan mengatakan, “Kami masih tidak menyukainya. Anda harus melakukan biopsi.”

Jadi saya pergi untuk melakukan itu. Saya ingat berbaring terbalik di atas meja yang sangat dingin. Keesokan harinya, dokter saya menelepon saya dan mengatakan itu positif.

Saya menangis selama sekitar 15 detik dan kemudian saya berkata, 'Oke, apa yang harus kita lakukan? Apa langkah selanjutnya?'

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Martina Navratilova (@martinanavratilova)

Apa yang Anda ingat tentang didiagnosis?
Stres karena didiagnosis kanker. Saya memiliki jadwal latihan hoki di Aspen, Colorado, pada malam itu dan saya ingin bermain — saya suka hoki — tetapi saya sangat lelah. Saya seperti, ada apa denganku? Saya akhirnya menghentikan latihan karena saya takut saya akan melukai diri sendiri atau menyakiti orang lain.

Hari berikutnya saya bermain tenis dan saya harus istirahat setiap lima menit.

Tak ada yang salah dengan tubuh saya saat itu. Semua trauma emosional yang menyebabkan saya sangat lelah. Itu benar-benar mengejutkan sistem saya. Butuh sekitar dua minggu sebelum saya kembali normal secara fisik.

Saat itulah saya menyadari betapa stres benar-benar berdampak pada tubuh kita tanpa kita sadari. Saya selalu cukup baik tentang tidak mengkhawatirkan hal-hal negatif, tetapi saya benar-benar tidak khawatir tentang hal-hal itu sekarang, karena itu tidak layak. Hanya akan mengalahkan Anda.

Apa saja perawatan Anda?
Saya menjalani lumpektomi dan radiasi selama enam minggu.

(Red - Lumpektomi adalah prosedur bedah yang digunakan dalam diagnosis dan pengobatan pertumbuhan abnormal pada payudara. Jika dilakukan untuk tujuan diagnostik, dokter akan mengambil sampel jaringan payudara untuk menguji keganasan pertumbuhan abnormal itu. Jika digunakan untuk tujuan pengobatan, dokter akan mengangkat tumor ganas atau benjolan agar tidak berkembang dan memengaruhi jaringan sekitarnya)

Sebagai pemain tenis, Anda selalu mencari solusi. Hal-hal terjadi cukup cepat di lapangan dalam sebuah pertandingan. Jadi saya langsung masuk ke pusat solusi itu dan memiliki tim berisi teman-teman yang hebat yang mendukung saya.

Apa bagian terberat dari perawatan Anda?
Secara fisik, proses lumpektomi baik-baik saja, tapi mereka juga mengambil kelenjar getah bening dari bawah ketiak saya sehingga saya tidak bisa mengangkat lengan saya selama beberapa minggu. Saya tidak terlalu menderita dari segi kulit karena radiasi, tapi saya cepat merasa lelah.

Bagian paling sulit adalah lebih banyak stres emosional daripada stres fisik. Anda pikir Anda baik-baik saja, tetapi Anda harus terus bekerja setiap hari untuk radiasi di mana ada jenis racun yang membakar jaringan yang buruk, tetapi juga jaringan yang baik. Anda merasa seperti stroberi yang disinari setiap hari. Saya senang ketika itu berakhir.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Martina Navratilova (@martinanavratilova)

Bagaimana kabar Anda hari ini?
Saya bebas kanker dan tidak melewatkan ujian tahunan. Stres saya berkurang ketika saya melakukan mammogram. Tetapi empat atau lima tahun pertama setelah diagnosis awal, sangat sulit untuk pergi dan menunggu hasilnya. Tetapi kemudian itu seperti bantuan besar-besaran ini. Saya terbang tinggi setelah mereka mengatakan semuanya baik-baik saja.

Apa yang Anda ingin wanita ketahui tentang pemeriksaan rutin?
Ada terlalu banyak wanita yang meninggal karena kanker payudara dan banyak dari mereka akan tetap hidup jika dokter menemukannya lebih cepat. Jangan menundanya karena banyak hal bisa terjadi dalam setahun.

Wanita tidak takut untuk tahu, kita hanya tidak menjaga diri kita sendiri karena kita menjaga orang lain. Anda harus menempatkan diri Anda terlebih dahulu untuk perubahan dalam hal itu, pastinya.

Pilih tanggal di kalender yang akan selalu mengingatkan Anda seperti hari ulang tahun Anda, ulang tahun pernikahan, 15 April mungkin — saya tidak peduli itu. Cukup buat tanggal di kalender dan jangan lewatkan, jangan menunda-nunda.

Sudahkah Anda membuat perubahan gaya hidup sejak diagnosis Anda?
Tidak, karena saya sudah cukup sehat. Saya tidak mengubah pola makan saya, meskipun saya lebih banyak minum jus setelahnya.

Ini lebih tentang tidak mengkhawatirkan hal-hal yang tidak penting. Ayah saya dulu berkata jika itu tidak melibatkan kesehatan Anda, itu tidak layak dipikirkan. Sangat benar, karena ketika saya didiagnosis, seluruh dunia seakan berhenti. Yang lainnya menjadi tidak relevan.

Pada akhirnya kita mulai perhatian. Jadi saya hanya memohon wanita untuk memperhatikan diri sendiri sebelum penyakit itu menyerang Anda.

Bagaimana Anda tetap positif dan melewati ini?
Sangat penting untuk mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang memberi Anda energi baik daripada energi buruk dan kita tahu siapa mereka.

Di tenis, kami harus tetap positif karena jika Anda tetap negatif, Anda tidak akan pernah memenangkan pertandingan. Kami berlatih untuk itu dan pelatihan itu sangat berguna.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Berlari Tiga Kali Seminggu Dapat Mengurangi Risiko Kanker Payudara hingga Sepertiga, Menurut Studi

Memahami Kanker Payudara, yang Menghantui Olivia Newton-John selama 30 Tahun sebelum Meninggal

Conor McGregor Sumbang Rp169 Juta untuk Bantu Penderita Kanker Payudara

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: DocDoc, Start Today
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Perlu Diketahui soal Posisi Tidur yang Benar dan Cara yang 'Benar' untuk Tidur

    Dalam posisi apa saya harus tidur, dan apakah ada cara yang 'benar' untuk tidur?

    Bugar

    Selasa, 4 Oktober 2022

    Coba Program untuk Kembali Bugar dengan Rencana 31 Hari Berjalan Kaki

    Kembali ke kebugaran dengan rencana jalan kaki 31 hari ini. Ini bukan hanya cuaca sweter — ini waktu yang tepat untuk memakai sepatu kets dan berjalan-jalan!

    Bugar

    Selasa, 4 Oktober 2022

    Kelly Osbourne Didiagnosis Diabetes Gestational saat Hamil Trimester Ketiga, Ini Pemicunya

    Penyanyi berusia 37 tahun itu mengatakan dia awalnya menyalahkan dirinya sendiri dan sejak itu mengubah kebiasaan makannya.

    Bugar

    Selasa, 4 Oktober 2022

    Membaca Sebelum Tidur: Obat untuk Kesehatan Mental dan Tidur Berkualitas

    Membaca sebelum tidur: obat untuk kesehatan mental dan kebersihan tidur, membantu untuk memutuskan aktivitas, meningkatkan relaksasi dan membantu untuk tertidur antara lain.

    Terbaru

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Mengapa Kita Menguap dan Mengapa Itu Sangat Menular: Kata Para Ahli

    Mengapa sebenarnya kita menguap? Dan mengapa hampir tidak mungkin menahan kuap saat seseorang melakukannya di depan Anda?

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Hot flashes: Apa Itu dan Bagaimana Mengelola Gejala Menopause

    Salah satu gejala menopause yang paling umum adalah hot flashes, di mana wanita tiba-tiba mengalami kepanasan yang tidak nyaman pada wajah dan tubuh mereka.

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Kekurangan Nutrisi 'Penyebab Utama' Kerontokan Rambut, Konsumsi Ini untuk Mencegahnya

    Kurangnya nutrisi tertentu dapat memicu kerontokan rambut berlebihan, tetapi untungnya beberapa makanan dapat membantu, menurut seorang ahli.

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Perbedaan antara Protein Hewani dan Nabati: Mana yang Lebih Baik?

    Protein sangat penting untuk sejumlah fungsi kesehatan. Ini memasok tubuh dengan energi sambil membangun dan memperbaiki jaringan setelah cedera, latihan, operasi, dan bentuk keausan lainnya.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Mengapa Kebanyakan Pria Tidak Memiliki Cukup Teman Dekat, Cari Tahu Alasannya

    Istilah persahabatan bukan hanya tentang mereka yang duduk bersama Anda di bus sekolah ataupun bermain bersama di tim bisbol masa kecil Anda, itu adalah komponen inti dari pengalaman manusia, kata para ahli.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Infeksi Strep A yang Merebak di Inggris

    Setidaknya enam anak telah meninggal dan yang lainnya berjuang untuk hidup di rumah sakit setelah tertular bakteri Streptococcus A di Inggris dan Wales.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    7 Bahan Herbal untuk Obat Sakit Pinggang

    Ada banyak hal penyebab seseorang mengalami sakit pinggang dan obat herbal salah satu solusinya

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Beberapa Perubahan yang Mungkin Terjadi pada Tubuh Anda saat Anda Mulai Berlari

    Berlari adalah aktivitas yang sangat sehat yang dimasukkan oleh banyak atlet dalam rutinitas mereka.

    Bugar

    Jumat, 2 Desember 2022

    Awas, Ini Efek Buruk pada Kulit dan Mata akibat Terlalu Lama Terpaku pada Layar Ponsel

    Diperkirakan 60% populasi dunia menghabiskan lebih dari enam jam sehari di depan layar: terutama ponsel, tetapi juga layar komputer, televisi, dan perangkat digital lainnya. Pada akhirnya, inilah yang dikenal sebagai polusi digital.
    X