Lima Cara Mencegah Stroke, Mudah tapi Sering Diabaikan

24 Juni 2022, 19:45 WIB
Editor: Lily Indriyani
Ilustrasi dua wanita sedang bersepeda dengan senyum lebar, salah satu tanda mereka menjalankan hidup yang sehat.
Ilustrasi dua wanita sedang bersepeda dengan senyum lebar, salah satu tanda mereka menjalankan hidup yang sehat. /Pixabay.com

  • Dengan banyaknya makanan instan, risiko seseorang terkena stroke bisa terdeteksi sejak usia muda.
  • Stroke jadi salah satu penyakit yang sebenarnya bisa dicegah.
  • Berikut adalah lima cara mudah mencegah stroke tapi seringkali diabaikan.

SKOR.id - Berikut adalah lima cara untuk mencegah stroke yang sebenarnya mudah di lakukan tapi sering diabaikan.

Stroke terjadi ketika pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak, pecah atau tersumbat dan itu bisa dialami siapa saja.

Ketika stroke terjadi, sel-sel otak mulai mati. Hal ini bisa mempengaruhi memori dan kemampuan seseorang untuk mengontrol otot.

Stroke adalah penyebab kematian kelima di AS dan Kentucky, khususnya. Kabar baiknya, hampir 80 persen stroke dapat dicegah.

Berikut adalah lima kebiasaan mudah yang bisa membuat Anda terhindar dari penyakit stroke:

1. Bergerak

Aktivitas fisik secara teratur akan membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, dua faktor risiko terbesar untuk stroke.

Sesuatu yang sederhana seperti jalan cepat atau bersepeda dengan teman akan memberikan keajaiban bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

2. Berhenti merokok

Perokok dua kali lebih mungkin mengalami stroke dibandingkan bukan perokok. Itu karena merokok mengentalkan darah dan meningkatkan kemungkinan pembekuan.

Jika Anda kesulitan untuk berhenti merokok, mintalah bantuan dokter. 

3. Makan sayuran

Sayur, biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan makanan pokok dari diet sehat.

Memperbaiki pola makan Anda akan membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah Anda serta membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat. 

Ilustrasi minuman beralkohol jenis bir.
Ilustrasi minuman beralkohol jenis bir. Biz417.com

4. Hindari alkohol

Alkohol dapat meningkatkan tekanan darah dan risiko stroke. Menguranginya sedini mungkin bisa menghindarkan Anda dari serangan stroke.

5. Pelajari tentang Afib

Fibrilasi atrium atau juga dikenal sebagai Afib, adalah jenis detak jantung yang tidak teratur.

Jika tidak diobati, Afib menyebabkan pembekuan darah di jantung yang dapat berpindah ke otak dan menyebabkan stroke.

Bicaralah dengan dokter Anda tentang Afib jika Anda mengalami gejala seperti jantung berdebar atau sesak napas.

Berita Bugar Lainnya:

5 Makanan yang Memiliki Serat Tinggi, Termasuk Popcorn

4 Tips Redakan Pegal-Pegal setelah Beraktivitas

 

  • Sumber: healthcare
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Rabu, 22 Juni 2022

    6 Kebiasaan Sehat yang Perlu Dijaga Saat Memilih 'Road Trip' untuk Liburan

    Melakukan perjalanan dengan mobil atau road trip masih menjadi pilihan favorit bagi sebagian orang.

    Bugar

    Rabu, 22 Juni 2022

    Buruknya Kualitas Tidur Remaja Sangat Menyakiti Kesehatan Mental Mereka

    Istirahat sangat penting untuk mengembangkan otak — inilah cara membantu anak-anak mendapatkan lebih banyak istirahat.

    Bugar

    Kamis, 23 Juni 2022

    Disfungsi Hormonal Pria: 5 Kebiasaan yang Dapat Memengaruhi Kinerja Seksual dan Kesehatan Sperma

    Gangguan seksual atau kesuburan sama sekali tidak terkait dengan maskulinitas seseorang dan kita perlu mendobrak tabu seputar masalah ini dan mengizinkan pria untuk berbicara dan mencari bantuan dalam hal kesehatan seksual dan reproduksi mereka.

    Terbaru

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    11 Mitos Cacar Monyet, Dibantah oleh Para Pakar Kesehatan

    Informasi kesehatan yang salah telah begitu merajalela dan berbahaya sehingga Ahli Bedah Umum AS, Dr. Vivek H. Murthy, secara terbuka mengeluarkan peringatan mengenai tersebut itu pada tahun 2021.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Skortips: Nasihat Kesehatan untuk Anda Jelang Menginjak Usia 60 Tahun

    Skor.id menyoroti beberapa hal-hal yang harus menjadi perhatian setelah berusia 60 tahun.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Minuman Ini Membantu Anda Meningkatkan Kesehatan Usus dan Mengurangi Kadar Gula Darah

    Sebuah penelitian telah menemukan bahwa teh hijau dapat bermanfaat untuk meningkatkan sindrom metabolik.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Kim Kardashian Sebut Psoriasis 'Menyakitkan dan Menakutkan': Siapa yang Berisiko?

    Kim Kardashian telah berbicara tentang psoriasisnya di masa lalu, yang merupakan penyakit peradangan yang menyebabkan bercak bersisik tumbuh di kulit Anda.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Jam demi Jam: Waktu Terbaik untuk Melakukan Aktivitas Anda dalam Sehari

    Jam demi jam – waktu terbaik untuk melakukan segalanya- mulai dari sarapan hingga kapan harus tidur, menurut sebuah penelitian.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Banyak Kalori yang Mampu Terbakar oleh Seks: Tergantung Posisi, Waktu, dan Seberapa Aktif Anda

    Seks sering digambarkan sebagai latihan fisik yang hebat, tetapi apakah itu benar-benar membantu Anda menurunkan berat badan?

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Suka Makan Udang, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

    Tak hanya lezat, udang juga kaya akan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Apakah Anda Menderita Hipertensi? Berikut Langkah Kunci untuk Mengurangi Konsumsi Garam

    Anda dapat mengonsumsi hingga enam gram natrium per hari dalam konteks diet yang seimbang.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    The Batman: Ketahui Diet Ketat Robert Pattinson untuk Perannya yang Paling Penting

    Agar sesuai dengan peran ksatria gelap, Robert Pattinson harus menjalani diet sangat ketat dan berlatih fisik lima atau enam hari seminggu.

    Bugar

    Sabtu, 13 Agustus 2022

    Seberapa Serius Tekanan Darah Rendah Berbahaya bagi Tubuh

    Ketika kebanyakan orang khawatir tentang tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah dapat memiliki konsekuensi yang serius.
    X