Makna Psikologi di Balik Sisi Tempat Tidur Mana Anda Tidur

9 Maret 2022, 22:55 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi pasangan tidur. Bahwa memilih sisi tempat tidur memang memiliki makna psikologi.
Ilustrasi pasangan tidur. Bahwa memilih sisi tempat tidur memang memiliki makna psikologi. /pixabay.com

  • Dunia dibagi menjadi dua kubu: mereka yang tidur di sebelah kiri dan yang tidur di sisi kanan tempat tidur.
  • Sebuah penelitian baru telah mengungkapkan memang ada sisi yang benar dari tempat tidur untuk tidur.
  • Alasan praktis, masalah kebiasaan, dan percaya takhayul menjadi alasan pemilihan sisi tempat tidur.

SKOR.id - Dunia dibagi menjadi dua kubu: mereka yang tidur di sebelah kiri dan yang tidur di sisi kanan tempat tidur dan kebanyakan dari kita tidak akan bermimpi untuk berpindah sisi.

Dan, memang demikian adanya, mengingat penelitian baru telah mengungkapkan memang ada sisi yang benar dari tempat tidur untuk tidur.

The Sleep Charity merilis data baru untuk National Bed Month yang mengungkapkan cara menentukan sisi tempat tidur yang tepat untuk Anda.

Data yang dikumpulkan untuk National Bed Month, dari survei terhadap 2.000 orang dewasa Inggris oleh The Sleep Charity dan National Bed Federation, mengungkapkan bahwa pria lebih akomodatif daripada wanita dalam memilih sisi tempat tidur.

Ternyata ada beberapa kesopanan yang terlibat dalam memilih sisi tempat tidur dengan 36% pria membiarkan pasangannya memilih sisi mana yang mereka inginkan, dibandingkan dengan hanya 22% oleh kaum wanita.

Menariknya pria cenderung memilih sisi kiri tempat tidur, sementara para wanita yang diakui sebagai makhluk kebiasaan, dengan lebih dari setengah (54%) memilih sisi tempat tidur hanya karena mereka selalu tidur di sisi itu.

Alasan lain untuk memilih satu sisi di atas yang lainnya, termasuk preferensi dari pasangan mereka (36%) dan kedekatan dengan pintu kamar (24%).

Pria juga terungkap lebih percaya takhayul daripada wanita, dengan 15% pria mengatakan mereka dibayangi oleh takhayul ketika memilih sisi tidur mereka, dibandingkan dengan hanya 10% wanita.

Memilih sisi tempat tidur berdasarkan takhayul juga lebih umum pada orang dewasa yang lebih muda, dengan sepertiga dari anak berusia 18-24 tahun juga melakukannya.

London ditemukan sebagai daerah yang paling percaya takhayul, dengan lebih dari seperlima (21%) penduduk London membiarkan perasaan mereka menentukan sisi tempat tidur mereka tidur, dibandingkan dengan hanya 5% dari mereka di Wales.

Lokasi teknologi kami tampaknya juga berperan dalam keputusan memilih sisi tempat tidur kami dengan 43% anak berusia 18–24 tahun memilih sisi tempat tidur mereka karena tampilan TV yang lebih baik.

Apa artinya memiliki sisi yang disukai?

Tampaknya memiliki sisi tempat tidur yang disukai tergantung pada tipe kepribadian kita dan bagaimana otak kita terhubung.

"Ada penelitian yang menunjukkan bahwa memilih sisi tempat tidur itu lebih dari sekedar kebiasaan dan orang yang tidur di sisi kiri bangun dalam suasana hati yang lebih positif, lebih tenang dan merasa lebih percaya diri secara umum daripada orang yang memilih untuk tidur di sisi kanan," jelas psikolog Aaron Surtees dari bawah subconsciously.com.

"Orang yang tidur di sebelah kanan, di sisi lain, diyakini lebih pemarah dan memiliki pandangan yang kurang positif terhadap dunia."

Surtees mengatakan elemen praktis untuk memilih sisi tempat tidur juga dapat berperan – misalnya – pada tingkat bawah sadar orang umumnya akan merasa lebih aman tidur di samping dinding daripada jendela dan itu juga dapat bergantung pada bagaimana ruangan Anda ditata. atau kebisingan.

"Ini juga bisa menjadi kasus pasangan Anda memiliki preferensi yang kuat di sisi tempat tidur mana mereka bersikeras untuk tidur dan tidak ingin membuat mereka marah," tambahnya.

Deputi CEO Sleep Charity, Lisa Artis setuju bahwa sering kali memiliki sisi tempat tidur yang disukai bukan tentang pemilihan sisi itu sendiri, dan lebih banyak tentang kepraktisan tata letak kamar, dengan beberapa orang lebih memilih sisi tertentu karena paling dekat dengan kamar mandi atau lebih dekat untuk anak-anak.

"Meskipun psikologi mungkin memainkan beberapa peranan di sini, dan tentu saja takhayul telah terbukti menjadi faktor pemicu, kami pikir ini lebih tentang orang memilih sisi favorit mereka karena dekat dengan pintu atau untuk alasan praktis lainnya," jelas Artis.

"Secara fisik, sering kali kita terbiasa dengan kenyamanan, dan saya kira secara tidak sadar kita dapat mengembangkan keterikatan karena memori otot." 

"Tidur dalam posisi tertentu menjadi akrab dan nyaman, jadi kami merasa tidak biasa jika kami tidur di sisi yang berlawanan."

Bagi mereka yang tidak memiliki sisi yang disukai, siapa Anda sebenarnya?, Artis mengatakan perlu mencoba kedua sisi untuk melihat mana yang lebih cocok untuk Anda.

“Kami merekomendasikan untuk menguji lingkungan tidur Anda, mencoba berbagai posisi dan kondisi untuk menentukan lingkungan tidur yang sempurna untuk Anda dan tubuh Anda," Lisa Artis merangkum penjelasannya.***

Berita Bugar Lainnya:

Alasan Tak Menyenangkan Mengapa Anda Tidak Seharusnya Tidur Telanjang

10 Tips untuk Dapatkan Tidur Malam yang Nyenyak Versi Legenda Lompat Jauh Greg Rutherford

Tag

Video

Berita Terkait

Bugar

Senin, 28 Februari 2022

Mengenal Dampak Positif dan Negatif dari Waxing untuk Kesehatan Rambut Pria

Waxing adalah kegiatan membersihkan rambut pada tubuh dengan menggunakan perantara wax atau lilin.

Bugar

Selasa, 1 Maret 2022

10 Gejala Lupus yang Harus Diketahui

Kelelahan merupakan salah satu gejala lupus.

Bugar

Selasa, 1 Maret 2022

6 Kebiasaan Terbaik untuk Menjaga Otak Anda Tetap Bugar, Menurut Ilmu Saraf

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penurunan kognitif? Ahli saraf Christian Jarrett menjelaskan enam pakaian yang dapat menjaga uban Anda tetap bugar.

Bugar

Selasa, 1 Maret 2022

Tips Menangani Gigi Berlubang dengan Cara Tradisional

Garam, kunyit, bawang putih, dan cengkih mengandung antiseptik dan antibakteri sehingga bisa mencegah perkembangan bakteri mulut.

Terbaru

Bugar

Selasa, 17 Mei 2022

4 Makanan dan Minuman yang Bikin Urine Bau Pesing, Kopi Termasuk

Berikut ini adalah makanan dan minuman yang bikin urine bau pesing.

Bugar

Selasa, 17 Mei 2022

Menjauh Sejenak dari Media Sosial Bisa Baik untuk Kesehatan Mental

Sebuah penelitian menunjukkan, memutuskan hubungan dengan jejaring sosial selama seminggu akan mengurangi kecemasan dan depresi secara umum.

Bugar

Selasa, 17 Mei 2022

Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Vitamin dan Suplemen

Mengkonsumsi vitamin bisa menjadi cara yang bagus untuk mendukung kebutuhan nutrisi Anda — tetapi ada cara yang tepat untuk melakukannya.

Bugar

Selasa, 17 Mei 2022

Pendidikan Emosional pada Anak-anak: Kapan Harus Mulai Mengajari Mereka?

Penting bagi orang tua untuk mengetahui cara memberi anak alat untuk mengidentifikasi apa yang mereka rasakan dan mengetahui cara mengelolanya.

Bugar

Selasa, 17 Mei 2022

Workout di Rumah Tanpa Menggunakan Alat

Berolahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Namun melakukan workout di rumah bisa dibilang lebih menyenangkan karena bisa hemat biaya.

Bugar

Senin, 16 Mei 2022

4 Olahraga Mata yang Ringan dan Mudah Dilakukan, Cocok untuk Gamer dan WFH

Berikut ini adalah empat olahraga mata yang muda dilakukan. Layak banget dipratikkan oleh gamer dan pekerja WFH.

Bugar

Senin, 16 Mei 2022

7 Makanan Pelancar Buang Air Besar untuk Mengatasi Sembelit

Berikut ini tujuh makanan yang baik dikonsumsi demi melancarkan buang air besar atau mengatasi sembelit.

Bugar

Minggu, 15 Mei 2022

Manfaat Acar untuk Kesehatan, dari Sumber Antioksidan hingga Mengontrol Gula Darah

Berikut ini adalah sejumlah manfaat acar untuk kesehatan.

Bugar

Minggu, 15 Mei 2022

Bukan Cemilan Biasa, Berikut Segudang Manfaat Kacang Mete yang Perlu Diketahui

Berikut ini manfaat kacang mete yang telah dirangkum Skor.id dari Healthline.

Bugar

Minggu, 15 Mei 2022

5 Manfaat Penting Jintan Hitam, Rempah yang Dijuluki Obat Segala Macam Penyakit

Jintan hitam atau habbatussauda disebut sebagai biji dengan manfaat sebagai obat segala penyakit
X