Manfaat Kopi Hitam untuk Menurunkan Berat Badan dan Dampak yang Harus Diwaspadai

20 Januari 2022, 11:16 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Kopi hitam ternyata dapat membantu penurunan berat badan jika tidak ditambahkan dengan susu, gula, atau pemanis apa pun.
Kopi hitam ternyata dapat membantu penurunan berat badan jika tidak ditambahkan dengan susu, gula, atau pemanis apa pun. /(pixabay.com)

  • Kopi hitam dapat membantu menurunkan berat badan karena hanya mengandung 5 kalori.
  • Tapi jika ditambah susu dan gula, akan meningkatkan penghitungan kalori.
  • Minum secukupnya, tidak lebih dari 4 cangkir sehari dan cangkir terakhir sebelum tidur.

SKOR.id - Meski kopi sangat populer untuk meningkatkan energi, ternyata juga menyehatkan dan membantu menurunkan berat badan.

"Jika minum secukupnya dan tidak menambahkan terlalu banyak pemanis, kopi dapat membantu menurunkan berat badan dan memiliki manfaat kesehatan," kata ahli diet Ashley Shaw dari Preg Appetit.

Kopi mengandung nutrisi seperti niacin (vitamin B3), potasium, magnesium dan antioksidan, yang dapat meningkatkan pencernaan, mendukung fungsi otot dan baik untuk jantung Anda. Ini juga mengandung kafein, yang membantu metabolisme Anda, memberi lebih banyak energi dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Berikut manfaat kopi untuk kesehatan:

- Kopi hitam hampir tidak mengandung kalori

Anda kehilangan berat badan dengan mengambil lebih sedikit kalori daripada yang Anda bakar. Kopi hitam adalah minuman yang ideal untuk mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada biasanya. Secangkir 250 ml mengandung kurang dari 5 kalori. Tapi itu hanya rendah kalori jika Anda tidak menggunakan gula dan susu.

“Meskipun kopi hitam memiliki kalori yang sangat sedikit, menambahkan susu dan gula sebenarnya dapat mengubahnya menjadi bom kalori,” kata Shaw.

- Kafein membantu metabolisme Anda

 Metabolisme (atau metabolisme) adalah proses di mana tubuh Anda memecah nutrisi dan menggunakan kalori sepanjang hari. Kafein dalam kopi adalah salah satu dari sedikit zat yang dapat meningkatkan laju metabolisme (BMR), sejauh mana Anda membakar kalori saat istirahat.

 

Sebuah studi pada tahun 2018 menemukan bahwa orang yang minum kopi memiliki jumlah metabolit yang lebih tinggi, produk metabolisme, di dalam tubuh mereka.

Metabolisme yang lebih cepat akan membakar lebih banyak kalori dan pada akhirnya dapat membantu menurunkan berat badan.

"Ada peningkatan jumlah penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat meningkatkan BMR Anda. Tetapi kita harus ingat bahwa makanan dan minuman mempengaruhi setiap orang secara berbeda. Ini dapat mempercepat metabolisme pada beberapa orang dan tidak pada orang lain," Shaw menjelaskan.

- Kafein dapat menekan rasa lapar Anda. Nafsu makan Anda tergantung pada banyak faktor, termasuk jenis makanan yang Anda makan, jumlah olahraga yang Anda lakukan dan hormon.

Meskipun belum cukup banyak penelitian yang dilakukan mengenai hubungan sebab akibat langsung antara kafein dan hilangnya nafsu makan, terdapat cukup bukti bahwa jumlah hormon lapar ghrelin, hormon rasa lapar, menurun dalam tubuh Anda.

Burger dan French Fries termasuk makanan yang dapat mengganggu metabolisme.
Burger dan French Fries termasuk makanan yang dapat mengganggu metabolisme. pixabay.com

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa orang merasa lebih kenyang dan mulai makan lebih sedikit dalam waktu empat minggu setelah mulai minum kopi.

"Kafein juga merangsang produksi peptida 'hormon kenyang' YY (PYY). Lebih banyak PYY berarti Anda merasa lebih kenyang dan tidak terlalu lapar," jelas Shaw.

Tapi kopi juga bisa tidak sehat dan menyebabkan penambahan berat badan
Ada banyak manfaat kopi untuk membantu Anda menurunkan berat badan, tetapi ada juga peringatan, kata Shaw. Berikut adalah beberapa kekurangan yang harus Anda ingat jika Anda ingin minum lebih banyak kopi:

- Beberapa minuman kopi mengandung kalori dan gula yang tinggi. Jika Anda minum kopi untuk menurunkan berat badan, tahan godaan untuk menambahkan susu dan gula, karena Anda masih mengonsumsi banyak kalori, kata Shaw.

Banyak minuman kopi populer yang sudah tinggi kalori, seperti Starbucks' Mocha Frappuccino dan Caramel Macchiato, yang masing-masing memiliki 370 dan 250 kalori. Dan mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang biasa Anda lakukan sebenarnya mengarah pada penambahan berat badan, kata Shaw.

- Kafein membuat lebih sulit untuk tertidur. Kafein dapat menyebabkan kurang tidur. "Kafein dalam kopi menghalangi reseptor adenosin yang menyebabkan kantuk, membuat Anda merasa lebih terjaga," kata Shaw. Dan kurang tidur dapat menyebabkan lebih banyak mengidam, terutama makanan berkalori tinggi. Oleh karena itu Shaw menganjurkan agar Anda tidak minum kopi dari enam jam sebelum tidur.

Ilustrasi tidur pada malam hari.
Ilustrasi tidur pada malam hari. (pixabay.com)

Inilah cara Anda harus minum kopi untuk menurunkan berat badan: 

Untuk menuai manfaat kesehatan dari kopi dan menurunkan berat badan, menurut Shaw, Anda sebaiknya minum tidak lebih dari empat cangkir 250 ml sehari, setara dengan 400 mg kafein.

"Empat cangkir kopi meningkatkan metabolisme Anda dan membuat Anda tetap waspada dan terjaga tanpa terlalu banyak berdampak pada tidur dan nafsu makan Anda," jelas Shaw. Dengan meminum secangkir kopi setiap beberapa jam, Anda dapat memanfaatkan sepenuhnya manfaatnya.

Tetapi jika Anda menyukai kopi yang sangat kuat, minumlah lebih sedikit agar tidak melebihi 400mg kafein per hari.

Kopi hitam adalah yang terbaik jika Anda ingin menurunkan berat badan karena tidak mengandung gula dan lemak yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Namun jika Anda menyukai kopi manis, ada beberapa pemanis rendah kalori yang bisa Anda gunakan, seperti stevia, sirup maple, dan xylitol.

Jika Anda belum pernah meminum kopi hitam sebelumnya, kurangi jumlah pemanis selangkah demi selangkah agar Anda perlahan terbiasa dengan rasa pahitnya.

Satu lagi, jika Anda memiliki perut yang sensitif, lebih baik makan sesuatu sebelum minum kopi Anda, karena jika tidak, Anda bisa mendapatkan masalah perut. Dan jika sistem pencernaan Anda bermasalah, itu bisa menyebabkan penambahan berat badan.***

Berita Bugar Lainnya:

4 Makanan dan Minuman Pengusir Kantuk selain Kopi

Wajib Tahu, Begini Trik Mengatasi Susah Tidur setelah Minum Kopi

Begini Cara Menyimpan Kopi yang Baik dan Benar, Jangan Disimpan di Kulkas

Catat, Ini Batas Aturan Minum Kopi Per Harinya

Tag

Video

Berita Terkait

Bugar

Selasa, 18 Januari 2022

8 Manfaat Anggur Hitam yang Harus Anda Ketahui

Anggur hitam menyehatkan rambut dan kulit, meningkatkan kesehatan jantung Anda, dan bahkan melindungi sel-sel Anda dari kanker.

Bugar

Rabu, 19 Januari 2022

Selfie Obsesif Bisa Jadi Pertanda Penyakit? Para Ilmuwan Bedakan Tiga Tahap Kecanduan

Selfie - swafoto - merupakan tanda zaman kita, tetapi kebiasaan mengabadikan gambar Anda dalam foto bisa menjadi tanda gangguan serius.

Bugar

Rabu, 19 Januari 2022

9 Mitos Makan Sehat yang Harus Diabaikan, Mana yang Fiksi dan yang Fakta

Seorang ahli gizi asal Inggris mengungkapkan bahwa banyak orang menilai mereka berpikir tahu soal pengaturan diet yang baik dan tidak mahal.

Bugar

Rabu, 19 Januari 2022

Kenali Dampak Air Daun Sirih untuk Area Kewanitaan

Alergi adalah salah satu dampak yang dapat di derita akibat air rebusan daun sirih.

Terbaru

Bugar

Minggu, 22 Mei 2022

Benarkah Tidur di Lantai Bikin Paru-Paru Basah? Begini Penjelasan Dokter Tirta

Banyak mitos yang berkaitan dengan kesehatan, salah satunya adalah paru-paru basah.

Bugar

Minggu, 22 Mei 2022

Mengenal Vibriosis yang Diderita Istri Dani Alves dan Penyebabnya

Joana Sanz, istri bek Dani Alves, mengaku menderita vibriosis dan mengingatkan para pengikutnya di Instagram untuk berhati-hati ketika makan tiram.

Bugar

Minggu, 22 Mei 2022

5 Junk Food yang Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi

Jika mendengr junk food, yang ada di benak pikiran orang adalah makanan lezat yang bisa menimbulkan masalah fatal bagi kesehatan.

Bugar

Minggu, 22 Mei 2022

Mengenal Monkeypox: Sederet Fakta dan Cara Pencegahan yang Perlu Diketahui

Monkeypox menjadi global, para ilmuwan mulai waspada dan mencoba memahami mengapa virus, kerabat cacar yang tak terlalu mematikan itu, telah muncul di banyak populasi di dunia.

Bugar

Sabtu, 21 Mei 2022

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Dapat Tingkatkan Daya Ingat

Makanan yang mengandung vitamin B12 diklaim dapat membantu meningkatkan daya ingat.

Bugar

Sabtu, 21 Mei 2022

Kacang Terbukti Meningkatkan Kualitas Sperma

Diet Barat telah dikaitkan dengan penurunan progresif kualitas air mani. Studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi kacang bisa memperbaikinya.

Bugar

Sabtu, 21 Mei 2022

5 Makanan untuk Memperkuat Tulang, Tidak Sulit Didapatkan

Memperkuat atau menjaga kesehatan tulang dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan minuman tertentu.

Bugar

Sabtu, 21 Mei 2022

Menangis lalu Sakit Kepala, Ini Sejumlah Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Menangis sangat pasti pernah terjadi pada setiap manusia, tetapi sakit kepala setelahnya ternyata punya banyak penyebab.

Bugar

Sabtu, 21 Mei 2022

Olahraga dan Kepribadian: Apa Hubungan Mereka?

Latihan olahraga adalah kunci dalam pengembangan orang, tetapi ada juga karakteristik yang dapat menentukan jenis atlet kita; kepribadian

Bugar

Sabtu, 21 Mei 2022

James Hetfield Akui 'Kolaps' secara Mental saat Tur Metallica di Brasil: Saya Merasa Insecure

Vokalis Metallica James Hetfield mengungkapkan beberapa kata yang menghancurkan penggemar mereka, mengakui dia merasa tidak bisa bermain lagi.
X