Manfaat Melatih Ketahanan Fisik pada Anak-Anak

26 Oktober 2021, 08:00 WIB
Penulis: Dewi
Editor: Dini Wulandari
Ilustrasi anak-anak bermain sepak bola.
Ilustrasi anak-anak bermain sepak bola. /(Pixabay)

  • Ketahanan fisik dapat ditingkatkan dan dikembangkan pada usia berapa pun. 
  • Melatih ketahanan fisik sejak usia anak dapat memberikan manfaat yang besar ke depannya. 
  • Salah satu manfaat melatih ketahanan fisik anak adalah untuk membekali kepercayaan diri. 

SKOR.id - Meningkatkan daya tahan fisik pada anak-anak bukanlah hal yang bisa diabaikan. Hal ini perlu dilakukan sejak dini demi menuju masa depan dengan kesehatan yang lebih baik.

Ketahanan fisik memang dapat ditingkatkan dan dikembangkan pada usia berapa pun. Tapi, jika dilakukan sejak dini, sejak anak-anak, maka akan memberikan kesempatan bagi mereka untuk mendapat kesehatan di masa depan.

Dalam beberapa tahun terakhir, gagasan untuk meningkatkan ketahanan fisik sejak anak-anak memang ramai terdengar. Pada kenyataannya, hal ini jauh lebih penting dari yang dibayangkan.

 

Ketika anak-anak mengembangkan ketahanan fisik sejak dini, akan ada banyak manfaat yang dirasakan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Secara umum, anak yang mengembangkan fisik membuat jantung mereka bekerja lebih baik.

Usia Tepat untuk Memulai Latihan

Lalu, kapan usia yang tepat untuk memulai olahraga? Sejak dini, sebenarnya anak-anak bisa melakukan latihan, yang disesuaikan dengan usia mereka tentunya.

Namun menurut para ahli, usia terbaik untuk memulai mengembangkan ketahanan fisik pada anak adalah antara tujuh dan delapan tahun. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan ketika anak-anak mulai melakukan olahraga, dan tidak semua anak di usia tersebut siap untuk mengembangkan aktivitas fisik.

Para orang tua tentunya harus mengevaluasi dan menilai apakah anak-anak kita memiliki kedewasaan, fisik, dan mental yang tepat untuk mulai berolahraga.

Satu hal lainnya yang perlu diingat, latihan fisik pada anak harus dilakukan dengan gembira, tidak boleh dengan paksaan yang justru dapat menyakiti fisik dan mental serta konsekuensi lainnya.

Contoh Latihan untuk Anak-Anak

Saat anak-anak melakukan latihan atau olahraga, tentunya harus disesuaikan dengan usia dan kebutuhan fisik mereka. Seperti yang sudah disebutkan, tidak semua anak bisa mulai berlari, menyeimbangkan tubuh, bermain bola, atau handstand di usia yang sama.

Olahraga yang biasa dilakukan anak-anak adalah bermain sepak bola, bola basket, berenang, lari, dan bersepeda. Padahal, ada berbagai jenis latihan latihannya yang dapat membantu mengembangkan ketahanan fisik anak-anak selain yang disebutkan tadi.

Bersepeda merupakan salah satu cara meningkatkan ketahanan fisik pada anak.
Bersepeda merupakan salah satu cara meningkatkan ketahanan fisik pada anak. pixabay.com

Berikut adalah beberapa contoh jenis latihan sederhana untuk meningkatkan ketahanan fisik anak-anak. 

1. Permainan kejar-kejaran.

2. Melompat ke samping.

3. Permainan tim dengan bola.

4. Sepatu roda, skuter.

5. Lomba estafet dengan teman bermain.

6. Lompat tali.

7. Menari.

8. Aerobik untuk anak-anak

Yang perlu diingat, sebelum latihan perlu melakukan pemanasan untuk menghindari cedera pada tubuh. Begitu pulang saat selesai latihan, anak-anak dianjurkan melakukan peregangan dan relaksasi.

Manfaat Meningkatkan Ketahanan Fisik Anak-Anak

Meningkatkan ketahanan fisik pada anak sangat penting dilakukan karena memiliki berbagai manfaat, baik jangka pendek hingga panjang.

Berikut adalah alasan mengapa sanga baik untuk anak-anak berolahraga sejak dini.

1. Meningkatkan koordinasi.

2. Mendukung sosialisasi.

3. Aktivitas motorik yang besar.

4. Mengurangi obesitas.

5. Meningkatkan refleks.

6. Meningkatkan keterampilan motorik.

7. Kapasitas pernapasan meningkat.

8. Tulang lebih kuat dan sehat.

9. Kualitas hidup yang lebih baik dalam jangka panjang.

10. Mendapatkan kepercayaan diri. 

 

Berita Kebugaran Lainnya

Tips Membedakan antara Cinta dan Nafsu dalam Menjalin Hubungan

Kenali Gejala Peter Pan Syndrome yang Sering Hinggapi Pria Dewasa

  • Sumber: Tiptar
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Minggu, 24 Oktober 2021

    Efek Mengonsumsi Daging Merah dan Daging Putih untuk Atlet

    Berikut ini merupakan manfaat dari mengonsumsi daging merah dan daging putih bagi para atlet.

    Bugar

    Senin, 25 Oktober 2021

    Kenali 10 Jenis Kemampuan Komunikasi

    Agar komunikasi berjalan efektif, seseorang perlu memiliki keterampilan komunikasi yang baik.

    Bugar

    Senin, 25 Oktober 2021

    Manfaat Me Time yang Jarang Diketahui

    Otak yang jernih akan membuat aktivitas lainnya menjadi lancar.

    Terbaru

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    4 Makanan dan Minuman yang Bikin Urine Bau Pesing, Kopi Termasuk

    Berikut ini adalah makanan dan minuman yang bikin urine bau pesing.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Menjauh Sejenak dari Media Sosial Bisa Baik untuk Kesehatan Mental

    Sebuah penelitian menunjukkan, memutuskan hubungan dengan jejaring sosial selama seminggu akan mengurangi kecemasan dan depresi secara umum.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Vitamin dan Suplemen

    Mengkonsumsi vitamin bisa menjadi cara yang bagus untuk mendukung kebutuhan nutrisi Anda — tetapi ada cara yang tepat untuk melakukannya.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Pendidikan Emosional pada Anak-anak: Kapan Harus Mulai Mengajari Mereka?

    Penting bagi orang tua untuk mengetahui cara memberi anak alat untuk mengidentifikasi apa yang mereka rasakan dan mengetahui cara mengelolanya.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Workout di Rumah Tanpa Menggunakan Alat

    Berolahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Namun melakukan workout di rumah bisa dibilang lebih menyenangkan karena bisa hemat biaya.

    Bugar

    Senin, 16 Mei 2022

    4 Olahraga Mata yang Ringan dan Mudah Dilakukan, Cocok untuk Gamer dan WFH

    Berikut ini adalah empat olahraga mata yang muda dilakukan. Layak banget dipratikkan oleh gamer dan pekerja WFH.

    Bugar

    Senin, 16 Mei 2022

    7 Makanan Pelancar Buang Air Besar untuk Mengatasi Sembelit

    Berikut ini tujuh makanan yang baik dikonsumsi demi melancarkan buang air besar atau mengatasi sembelit.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    Manfaat Acar untuk Kesehatan, dari Sumber Antioksidan hingga Mengontrol Gula Darah

    Berikut ini adalah sejumlah manfaat acar untuk kesehatan.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    Bukan Cemilan Biasa, Berikut Segudang Manfaat Kacang Mete yang Perlu Diketahui

    Berikut ini manfaat kacang mete yang telah dirangkum Skor.id dari Healthline.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    5 Manfaat Penting Jintan Hitam, Rempah yang Dijuluki Obat Segala Macam Penyakit

    Jintan hitam atau habbatussauda disebut sebagai biji dengan manfaat sebagai obat segala penyakit
    X