Manfaat dan Nutrisi yang Terkandung pada Cabai Rawit

5 Agustus 2022, 09:30 WIB
Penulis: Igor Hakim
Editor: Dini Wulandari
Ilustrasi makan cabai.
Ilustrasi makan cabai. /(pixabay.com)

  • Cabai rawit adalah buah dari tanaman cabai Capsicum, terkenal karena rasanya yang pedas.
  • Cabai rawit merupakan anggota keluarga dari paprika dan tomat.
  • Manfaat dan nutrisi penting yang terkandung pada cabai rawit.

SKOR.id Cabai rawit (Capsicum annuum) adalah buah dari tanaman cabai Capsicum, terkenal karena rasanya yang pedas.

Mereka adalah anggota keluarga nightshade, terkait dengan paprika dan tomat. Banyak varietas cabai yang ada, seperti cabai rawit dan jalapeno.

Cabai terutama digunakan sebagai bumbu dan dapat dimasak atau dikeringkan dan dijadikan bubuk. Bubuk, cabai merah dikenal sebagai paprika.

Capsaicin adalah senyawa tanaman bioaktif utama dalam cabai, yang bertanggung jawab atas keunikan rasa pedasnya dan banyak manfaat kesehatannya.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai cabai rawit:

Nutrisi

Untuk 1 sendok makan (15 gram) cabai rawit merah segar mengandung:

  • Kalori: 6
  • Air: 88%
  • Protein: 0,3 gram
  • Karbohidrat: 1,3 gram
  • Gula: 0,8 gram
  • Serat: 0,2 gram
  • Lemak: 0,1 gram

Vitamin dan Mineral

Cabai rawit kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Namun, karena mereka hanya dimakan dalam jumlah kecil, kontribusinya terhadap asupan harian Anda sangat kecil. Buah pedas ini mengandung:

  • Vitamin C. Cabai sangat tinggi antioksidan kuat ini, yang penting untuk penyembuhan luka dan fungsi kekebalan tubuh.
  • Vitamin B6. Sebuah keluarga vitamin B, B6 berperan dalam metabolisme energi.
  • Vitamin K1. Juga dikenal sebagai phylloquinone, vitamin K1 sangat penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang dan ginjal.
  • Tembaga. Seringkali kurang dalam diet Barat, tembaga adalah elemen penting, penting untuk tulang yang kuat dan neuron yang sehat.
  • Vitamin A. Cabai merah mengandung beta karoten yang tinggi, yang diubah tubuh menjadi vitamin A.

Senyawa Tumbuhan Lainnya

Cabai adalah sumber yang kaya akan capsaicin pedas-pedas. Mereka juga sangat tinggi antioksidan karotenoid, yang terkait dengan banyak manfaat kesehatan.

Berikut adalah senyawa tanaman bioaktif utama dalam cabai:

  • Kapsantin. Karotenoid utama dalam cabai merah — hingga 50 persen dari total kandungan karotenoid — capsanthin bertanggung jawab atas warna merahnya. Sifat antioksidannya yang kuat dapat melawan kanker.
  • Violaxanthin. Antioksidan karotenoid utama dalam cabai kuning, violaxanthin menyumbang 37-68 persen dari total kandungan karotenoid.
  • Capsaicin. Salah satu senyawa tanaman yang paling banyak dipelajari dalam cabai, capsaicin bertanggung jawab atas rasa pedas (panas) dan banyak efek kesehatannya.
  • Asam sinapat. Juga dikenal sebagai asam sinapinat, antioksidan ini memiliki berbagai manfaat kesehatan potensial.
  • Asam ferulat. Sama halnya dengan asam sinapic, asam ferulat adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi dari berbagai penyakit kronis.

Kandungan antioksidan cabai rawit (merah) yang matang jauh lebih tinggi daripada cabai yang belum matang (hijau).

Baca Juga Artikel Wellness Lainnya:

Mengenal Manfaat Kacang Panjang, Menjaga Kesehatan Jantung Salah Satunya

Hummus, Hidangan Khas Timur Tengah yang Kaya Akan Nutrisi

 

 

  • Sumber: healthline
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Selasa, 2 Agustus 2022

    Lima Mitos Kanker yang Perlu Anda Ketahui dan Kapan Harus Mendapatkan Bantuan Medis

    Seorang dokter urologi (spesialis sistem saluran kemih) telah memecahkan lima mitos kanker yang perlu diketahui semua orang dan mengungkapkan kapan harus mendapatkan bantuan medis.

    Bugar

    Selasa, 2 Agustus 2022

    Makan Terlalu Banyak Junk Food Bisa Memicu Demensia, Menurut Studi di Inggris

    Studi mengatakan makanan ultra-olahan membahayakan otak - dan mengurangi satu batang cokelat sehari dapat mengurangi risiko demensia sebesar 3%.

    Bugar

    Selasa, 2 Agustus 2022

    Berapa Lama Antibiotik Bekerja?

    Antibiotik bekerja dengan cara membunuh bakteri atau mencegahnya menyebar, menurut dari NHS. Penting juga diingat bahwa obat ini tidak bekerja untuk mengobati penyakit.

    Bugar

    Rabu, 3 Agustus 2022

    Apakah Aman Minum Minyak Zaitun? Berapa Takaran yang Direkomendasikan?

    Minyak zaitun dianggap sebagai sumber lemak sehat, tetapi juga kaya antioksidan. Juga menawarkan banyak manfaat daripada hanya antioksidan dan lemak sehatnya.

    Terbaru

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    11 Mitos Cacar Monyet, Dibantah oleh Para Pakar Kesehatan

    Informasi kesehatan yang salah telah begitu merajalela dan berbahaya sehingga Ahli Bedah Umum AS, Dr. Vivek H. Murthy, secara terbuka mengeluarkan peringatan mengenai tersebut itu pada tahun 2021.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Skortips: Nasihat Kesehatan untuk Anda Jelang Menginjak Usia 60 Tahun

    Skor.id menyoroti beberapa hal-hal yang harus menjadi perhatian setelah berusia 60 tahun.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Minuman Ini Membantu Anda Meningkatkan Kesehatan Usus dan Mengurangi Kadar Gula Darah

    Sebuah penelitian telah menemukan bahwa teh hijau dapat bermanfaat untuk meningkatkan sindrom metabolik.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Kim Kardashian Sebut Psoriasis 'Menyakitkan dan Menakutkan': Siapa yang Berisiko?

    Kim Kardashian telah berbicara tentang psoriasisnya di masa lalu, yang merupakan penyakit peradangan yang menyebabkan bercak bersisik tumbuh di kulit Anda.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Jam demi Jam: Waktu Terbaik untuk Melakukan Aktivitas Anda dalam Sehari

    Jam demi jam – waktu terbaik untuk melakukan segalanya- mulai dari sarapan hingga kapan harus tidur, menurut sebuah penelitian.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Banyak Kalori yang Mampu Terbakar oleh Seks: Tergantung Posisi, Waktu, dan Seberapa Aktif Anda

    Seks sering digambarkan sebagai latihan fisik yang hebat, tetapi apakah itu benar-benar membantu Anda menurunkan berat badan?

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Suka Makan Udang, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

    Tak hanya lezat, udang juga kaya akan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Apakah Anda Menderita Hipertensi? Berikut Langkah Kunci untuk Mengurangi Konsumsi Garam

    Anda dapat mengonsumsi hingga enam gram natrium per hari dalam konteks diet yang seimbang.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    The Batman: Ketahui Diet Ketat Robert Pattinson untuk Perannya yang Paling Penting

    Agar sesuai dengan peran ksatria gelap, Robert Pattinson harus menjalani diet sangat ketat dan berlatih fisik lima atau enam hari seminggu.

    Bugar

    Sabtu, 13 Agustus 2022

    Seberapa Serius Tekanan Darah Rendah Berbahaya bagi Tubuh

    Ketika kebanyakan orang khawatir tentang tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah dapat memiliki konsekuensi yang serius.
    X