Membaca Sebelum Tidur: Obat untuk Kesehatan Mental dan Tidur Berkualitas

4 Oktober 2022, 20:30 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi setumpuk buku di atas meja di sebelah tempat tidur.
Ilustrasi setumpuk buku di atas meja di sebelah tempat tidur. /Pixabay.com

  • Membaca sebelum tidur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental.
  • Selain meningkatkan daya ingat, konsentrasi, menghilangkan stres, juga akan membantu kualitas tidur kita.
  • Berikut penjelasan dari manfaat membaca sebelum tidur.

SKOR.id - Banyak yang telah dikatakan tentang berbagai manfaat membaca bagi kesehatan mental Anda. Membaca meningkatkan daya ingat, konsentrasi, menghilangkan stres, dan juga memberi Anda kondisi terbaik untuk tidur nyenyak.

Ini adalah salah satu obat terbaik untuk kesehatan mental dan kebersihan tidur. Aktivitas ini berkontribusi pada cadangan kognitif dan membantu kita membangun materi untuk mimpi kita.

Berikut manfaat membaca sebelum tidur:

  • Membantu untuk memutuskan hubungan dari hari ke hari. Saat malam tiba tubuh sudah tidak bisa lagi, belum lagi kepala kita. Ini adalah rangkaian informasi yang lewat dengan kecepatan tinggi untuk membuat kompilasi dari segala sesuatu yang telah dialami, dan yang mencoba untuk merencanakan hari berikutnya.
  • Mempromosikan relaksasi dan membantu untuk tertidur. Menciptakan rutinitas atau kebiasaan membaca sebelum tidur akan membantu kita rileks dan tertidur. Rutinitas ini akan menjadi peringatan yang jelas bagi tubuh dan pikiran kita untuk mulai terputus dan beristirahat.
  • Meningkatkan konsentrasi, mengaktifkan memori dan membantu untuk bermimpi. Ini membantu kita meningkatkan kemampuan kita untuk berkonsentrasi, sambil mengaktifkan ingatan dan ingatan kita. Keadaan konsentrasi dan asimilasi sebelum tidur akan membuatnya lebih mungkin untuk bermimpi.
  • Membantu tidur lebih baik. Istirahat membantu tubuh dan pikiran beristirahat dan mengisi ulang. Itulah mengapa sangat penting untuk tidur nyenyak dan membaca membantu dalam hal ini. Faktanya, 39% orang yang membaca sebelum tidur tidur nyenyak.

Namun, yang juga penting, untuk menjamin istirahat malam, kita juga harus memikirkan makanan yang kita makan di malam hari.

Ketika memikirkan apa yang harus dimakan untuk makan malam, pilihan terbaik adalah memprioritaskan produk berkualitas baik dengan kepadatan nutrisi tinggi dan yang memungkinkan pencernaan yang mudah untuk menghindari perasaan buruk di malam hari. Ada lima makanan yang harus kita hindari:

  1. Makanan apa pun dengan gula harus dihindari di malam hari. Menurut European Sleep Institute, menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi gula dalam jumlah besar memiliki tidur nyenyak yang lebih pendek.
  2. Meskipun cokelat dengan persentase kakao tinggi dianggap sebagai makanan yang baik untuk dimasukkan dalam diet, namun itu tidak optimal untuk dikonsumsi saat makan malam. Produk ini memiliki bagian dalam yang analog dengan alkaloid kafein.
  3. Mencerna kacang-kacangan tidak akan mudah dan ada orang yang menghasilkan gas yang berasal dari fermentasi serat yang dikandungnya, apalagi saat tengah malam dapat menyebabkan masalah dengan waktu istirahat kita.
  4. Makanan pedas cenderung menyebabkan pencernaan sedikit lebih berat. Untuk alasan ini tidak optimal untuk makan makanan pedas.
  5. Sayuran cruciferous adalah produk yang memiliki banyak serat di dalamnya, hingga sering berfermentasi di usus dan meningkatkan produksi gas. Lagi pula, saat makan malam Anda harus memprioritaskan makanan yang mudah dicerna untuk menjamin tidur berikutnya dengan kemungkinan gangguan seminimal mungkin.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Perlu Diketahui soal Posisi Tidur yang Benar dan Cara yang 'Benar' untuk Tidur

Dampak Buruk Terlalu Sering Tidur Larut Malam, Salah Satunya Menurunkan Gairah Seks

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: Mundo Deportivo
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Cedera yang Ancam Peluang Ronald Araujo ke Piala Dunia Qatar

    Menurut pernyataan medis yang diberikan oleh Barcelona di akun Twitter resmi mereka, "Ronald Araujo mengalami avulsi pada tendon adductor longus di paha kanan."

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Makanan Rahasia Pemain Sepak Bola Elite: Banyak Protein dan Rendah Kalori

    Makanan rahasia pemain sepak bola dengan banyak protein dan sedikit kalori. Ada dua jenis ganggang yang meningkatkan kinerja dan meningkatkan vitalitas dan energi: spirulina dan chlorella

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Gas Air Mata, Gejala Jika Terkena dan Penanganan yang Mesti Dilakukan

    Berikut ini uraian soal gas air mata, sesuatu yang jadi sorotan dari tragedi Kanjuruhan, lengkap dengan gejala dan apa yang harus dilakukan.

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Perlu Diketahui soal Posisi Tidur yang Benar dan Cara yang 'Benar' untuk Tidur

    Dalam posisi apa saya harus tidur, dan apakah ada cara yang 'benar' untuk tidur?

    Terbaru

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Mengapa Kita Menguap dan Mengapa Itu Sangat Menular: Kata Para Ahli

    Mengapa sebenarnya kita menguap? Dan mengapa hampir tidak mungkin menahan kuap saat seseorang melakukannya di depan Anda?

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Hot flashes: Apa Itu dan Bagaimana Mengelola Gejala Menopause

    Salah satu gejala menopause yang paling umum adalah hot flashes, di mana wanita tiba-tiba mengalami kepanasan yang tidak nyaman pada wajah dan tubuh mereka.

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Kekurangan Nutrisi 'Penyebab Utama' Kerontokan Rambut, Konsumsi Ini untuk Mencegahnya

    Kurangnya nutrisi tertentu dapat memicu kerontokan rambut berlebihan, tetapi untungnya beberapa makanan dapat membantu, menurut seorang ahli.

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Perbedaan antara Protein Hewani dan Nabati: Mana yang Lebih Baik?

    Protein sangat penting untuk sejumlah fungsi kesehatan. Ini memasok tubuh dengan energi sambil membangun dan memperbaiki jaringan setelah cedera, latihan, operasi, dan bentuk keausan lainnya.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Mengapa Kebanyakan Pria Tidak Memiliki Cukup Teman Dekat, Cari Tahu Alasannya

    Istilah persahabatan bukan hanya tentang mereka yang duduk bersama Anda di bus sekolah ataupun bermain bersama di tim bisbol masa kecil Anda, itu adalah komponen inti dari pengalaman manusia, kata para ahli.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Infeksi Strep A yang Merebak di Inggris

    Setidaknya enam anak telah meninggal dan yang lainnya berjuang untuk hidup di rumah sakit setelah tertular bakteri Streptococcus A di Inggris dan Wales.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    7 Bahan Herbal untuk Obat Sakit Pinggang

    Ada banyak hal penyebab seseorang mengalami sakit pinggang dan obat herbal salah satu solusinya

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Beberapa Perubahan yang Mungkin Terjadi pada Tubuh Anda saat Anda Mulai Berlari

    Berlari adalah aktivitas yang sangat sehat yang dimasukkan oleh banyak atlet dalam rutinitas mereka.

    Bugar

    Jumat, 2 Desember 2022

    Awas, Ini Efek Buruk pada Kulit dan Mata akibat Terlalu Lama Terpaku pada Layar Ponsel

    Diperkirakan 60% populasi dunia menghabiskan lebih dari enam jam sehari di depan layar: terutama ponsel, tetapi juga layar komputer, televisi, dan perangkat digital lainnya. Pada akhirnya, inilah yang dikenal sebagai polusi digital.
    X