Menebak Apa yang Anda Ekspresikan dari Senyum Anda

30 Maret 2022, 20:27 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi beragam ekspresi senyuman, yang bisa menggambarkan perasaan yang dirasakan seseorang.
Ilustrasi beragam ekspresi senyuman, yang bisa menggambarkan perasaan yang dirasakan seseorang. /Pixabay.com

  • Penelitian pada 1024 menyatakan tersenyum merupakan cerminan alami dari pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan.
  • Ada berbagai jenis senyum dan tidak semua merupakan hasil dari sikap kebahagiaan yang ingin disampaikan seseorang.
  • Setidaknya ada enam tipe senyum yang mewakili kebahagiaan.

SKOR.id - Senyum adalah isyarat yang bisa berarti hal-hal yang tak terbatas. Umumnya, itu akan dikaitkan dengan aspek-aspek positif, karena tindakan sederhana ini dapat mencerahkan hari siapa pun di sekitar Anda.

Selain menyebarkan kebahagiaan kepada mereka yang menerimanya, tersenyum juga baik untuk tubuh kita, karena membantu kita melepaskan endorfin dan membuat kita tetap rileks.

Tindakan tersenyum, seperti bernapas, bersifat naluriah dan spontan, sehingga tubuh kita memproduksinya sendiri dalam situasi tertentu.

Pada kesempatan Hari Senyum Sedunia, yang diperingati pada tanggal 1 Oktober, para ahli di klinik gigi Impress, sebuah pusat yang mengkhususkan diri dalam ortodontik tak terlihat, memperingatkan bahwa tidak semua senyuman itu bahagia atau tulus, karena beberapa dapat menyampaikan ketidaknyamanan, keunggulan, rasa malu atau kesedihan, di antara perasaan lainnya.

Inilah yang ditransmisikan oleh senyum Anda
Oleh karena itu, ada berbagai jenis senyum, dan tidak semuanya merupakan hasil dari sikap kebahagiaan yang ingin disampaikan seseorang.

Memang benar bahwa kebanyakan dari kita mengasosiasikan senyum dengan sikap positif dan bahagia. Namun, menurut para ahli Impress, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1924 oleh psikolog Amerika Carney Landis menunjukkan bahwa tersenyum merupakan cerminan alami dari pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan.

Secara khusus, profesional ini menetapkan bahwa ada 19 jenis senyuman dan hanya 6 yang memancarkan kebahagiaan. Berikut ini yang termasuk di dalamnya:

  • Senyum Duchenne: itu adaah senyum klasik dan sejati yang mengekspresikan kebahagiaan, senyum panjang dan intens yang tercermin dalam ekspresi mata, tulang pipi, dan mulut seseorang. Dinamakan berdasarkan ahli saraf Prancis, Duchenne de Boulogne, yang menggambarkannya pada abad ke-19. Pakar ini meyakinkan bahwa itu adalah senyum yang paling tidak disengaja, spontan dan nyata.
  • Senyum Miserable (sengsara): itu tindakan yang kita ekspresikan ketika kita merasa sakit. Ini adalah senyum tipis dan asimetris, mencerminkan kesedihan yang mendalam.
  • Senyum Supressed (ditahan-tahan): senyum yang tertahan di saat kita merasakan kebahagiaan yang maksimal, tapi kita tidak bisa mengungkapkannya. Tindakan tersebut dilakukan dengan menekan otot-otot wajah yang terlibat dalam gerakan tersebut. Menurut penelitian, itu sangat umum di negara-negara di mana senyum tidak terlihat dengan baik.
  • Qualifying smile: jenis senyum ini sangat tidak enak, karena disertai dengan pesan negatif yang tidak ingin diterima orang lain.
  • Senyum palsu: ini adalah senyum yang paling mudah dikenali, karena hanya gerakan yang dibuat dengan mulut dan mata serta tulang pipi yang benar-benar dilupakan, menunjukkan bahwa senyum ini dibuat dengan cara yang tulus.
  • Senyum menghina: itu mengungkapkan rasa jijik dan dendam dan dibedakan oleh fakta bahwa kontur bibir tetap kencang. Biasanya digunakan untuk menjaga keharmonisan sosial.
  • Senyum jahat dengan sentuhan kegembiraan: inilah senyum khas yang diekspresikan sebagai akibat dari kemalangan orang lain. Hal ini umum untuk keluar ketika orang itu sendirian dan tidak ada yang menonton.
  • Senyum ketakutan: ini merupakan senyum yang diekspresikan dalam situasi yang mengancam. Diwarisi dari simpanse, manusia mengekspresikannya dengan menunjukkan gigi dan sebagian gusinya, serta menarik kembali bibirnya.
  • Senyum malu: itu senyum yang terkandung yang muncul di saat-saat memalukan. Biasanya disertai dengan rona merah pada pipi atau gerakan kepala.
  • Senyum genit: senyum yang biasa digunakan untuk merayu atau menggoda orang lain. Biasanya menunjukkan misteri, karena digunakan untuk membangkitkan minat pada orang lain.

Pentingnya menjaga senyuman
Sekarang setelah kita telah mengetahui berbagai jenis senyuman yang ada, kita akan dapat mengidentifikasi banyak dari mereka ketika kita menerimanya.

Selain mengetahui berbagai cara tersenyum yang dimiliki orang, para ahli di klinik Impress juga memastikan bahwa memiliki senyum yang indah dan sehat dapat membantu kita melakukan tindakan ini dengan lebih aman.

“Sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut yang baik, tidak hanya untuk menghindari masalah besar tetapi juga karena ini, seperti yang telah ditunjukkan, akan membuat kita lebih percaya diri untuk tersenyum lebih baik,” jelas Dr. Khaled Kasem, kepala ortodontik di Impress .

Oleh karena itu, sang pakar lalu meyakinkan bahwa, terlepas dari senyum yang akan kita pancarkan, penting untuk selalu menjaganya "bersih, dirawat, dan diselaraskan untuk menghindari kemungkinan masalah kesehatan mulut".***

Berita Bugar Lainnya:

Cara Atasi Mulut Pahit

Tips: 6 Kebiasaan yang Bisa Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

  • Sumber: Mundo Deportivo
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Sabtu, 26 Maret 2022

    Tyson Fury Tidak Akan Pernah Mengiklankan Judi, Alkohol, atau Narkoba

    Karena apa yang telah dia alami, Fury menolak jutaan dolar untuk mengiklankan perjudian, alkohol, dan produk terkait narkoba, yang dia yakini dapat "menyebabkan orang bunuh diri".

    Bugar

    Minggu, 27 Maret 2022

    Ahli Gizi Memperingatkan Bahaya Juice Cleanse dan Detoks

    Yahoo Lifestyle mencari tahu penjelasan yang komplet tentang jus pembersih dan detoksifikasi dan mengapa mereka bisa berbahaya.

    Bugar

    Minggu, 27 Maret 2022

    Tanda-tanda di Mata Anda yang Bisa Berarti Anda Menderita Diabetes

    Mata dapat memberi tahu banyak hal tentang kesehatan Anda, menandai tanda-tanda peringatan untuk banyak kondisi, termasuk diabetes.

    Bugar

    Minggu, 27 Maret 2022

    Saya Tidak Ingin Melakukan Apa Pun: Apa Artinya?

    Tidak merasa ingin melakukan sesuatu adalah gejala yang jelas bahwa ada sesuatu yang tak berjalan dengan baik dalam hidup Anda, baik karena kondisi fisik atau mental Anda.

    Terbaru

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    4 Makanan dan Minuman yang Bikin Urine Bau Pesing, Kopi Termasuk

    Berikut ini adalah makanan dan minuman yang bikin urine bau pesing.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Menjauh Sejenak dari Media Sosial Bisa Baik untuk Kesehatan Mental

    Sebuah penelitian menunjukkan, memutuskan hubungan dengan jejaring sosial selama seminggu akan mengurangi kecemasan dan depresi secara umum.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Vitamin dan Suplemen

    Mengkonsumsi vitamin bisa menjadi cara yang bagus untuk mendukung kebutuhan nutrisi Anda — tetapi ada cara yang tepat untuk melakukannya.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Pendidikan Emosional pada Anak-anak: Kapan Harus Mulai Mengajari Mereka?

    Penting bagi orang tua untuk mengetahui cara memberi anak alat untuk mengidentifikasi apa yang mereka rasakan dan mengetahui cara mengelolanya.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Workout di Rumah Tanpa Menggunakan Alat

    Berolahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Namun melakukan workout di rumah bisa dibilang lebih menyenangkan karena bisa hemat biaya.

    Bugar

    Senin, 16 Mei 2022

    4 Olahraga Mata yang Ringan dan Mudah Dilakukan, Cocok untuk Gamer dan WFH

    Berikut ini adalah empat olahraga mata yang muda dilakukan. Layak banget dipratikkan oleh gamer dan pekerja WFH.

    Bugar

    Senin, 16 Mei 2022

    7 Makanan Pelancar Buang Air Besar untuk Mengatasi Sembelit

    Berikut ini tujuh makanan yang baik dikonsumsi demi melancarkan buang air besar atau mengatasi sembelit.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    Manfaat Acar untuk Kesehatan, dari Sumber Antioksidan hingga Mengontrol Gula Darah

    Berikut ini adalah sejumlah manfaat acar untuk kesehatan.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    Bukan Cemilan Biasa, Berikut Segudang Manfaat Kacang Mete yang Perlu Diketahui

    Berikut ini manfaat kacang mete yang telah dirangkum Skor.id dari Healthline.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    5 Manfaat Penting Jintan Hitam, Rempah yang Dijuluki Obat Segala Macam Penyakit

    Jintan hitam atau habbatussauda disebut sebagai biji dengan manfaat sebagai obat segala penyakit
    X