Mengapa Berat Badan Saya Sangat Berfluktuasi?

1 Mei 2022, 16:08 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi seseorang sedang berdiri di atas timbangan badan.
Ilustrasi seseorang sedang berdiri di atas timbangan badan. /Pixabay.com

  • Berat badan dipengaruhi beberapa hal: makan, minum, olahraga, dan tidur.
  • Pada ahli mengatakan perubahan berat badan adalah hal normal.
  • Namun, ada hal-hal lain yang juga menyebabkan berat badan berfluktuasi.

SKOR.id - Berat badan kita dipengaruhi oleh beberapa hal, termasuk apa yang kita makan, minum, seberapa banyak kita berolahraga dan bahkan tidur kita.

Mungkin membingungkan jika berat badan Anda berubah dari satu hari ke hari berikutnya, tetapi para ahli mengatakan bahwa itu benar-benar normal.

Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, Anda mungkin akan menghabiskan banyak waktu - hanya mengarahkan mata - pada angka-angka timbangan.

Tapi, itu tidak semua tentang apa yang dikatakan angka-angka itu, karena perubahan berat badan juga dapat dilihat melalui pengukuran seperti di sekitar pinggang dan paha Anda - dan juga dapat memengaruhi perasaan pakaian Anda.

Seorang ahli mengatakan bahwa stres tentang angka pada timbangan badan juga dapat menyebabkan berat badan Anda mengalami fluktuasi - naik turun.

Berbicara pada The Sun, David Stache, seorang ahli gizi olahraga dari merek nutrisi Warrior, mengatakan: "Memiliki tingkat stres kronis yang tinggi dapat mengganggu kadar hormon stres Anda, yang dapat membuat tubuh Anda menyimpan bahan bakar daripada membakarnya, yang dapat menyebabkan peningkatan timbangan."

"Alasan lain Anda mungkin melihat fluktuasi pada timbangan adalah dikarenakan fluktuasi hormon, terutama menjelang dan di awal periode Anda di mana tubuh Anda menahan air, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan sementara."

Dia menjelaskan bahwa orang-orang yang ingin menurunkan berat badan juga akan sering meningkatkan intensitas latihan rutin mereka - yang sebenarnya dapat menyebabkan perubahan pada timbangan.

"Banyak yang berkecil hati setelah beberapa hari pertama karena mereka mungkin tidak melihat perubahan apa pun, atau bahkan ada penambahan di timbangan," katanya.

Alasan untuk ini, katanya, adalah karena nyeri otot dan peradangan yang disebabkan oleh kerusakan jaringan otot sebagai respons terhadap latihan ketahanan.

Ini terjadi selama satu atau dua hari setelah setiap latihan untuk melindungi jaringan otot dari rezim latihan baru.

Dia menambahkan: "Penting untuk diingat bahwa ini hanya sementara dan biasanya hilang setelah minggu kedua jika Anda mempertahankan rezim latihan baru Anda."

Dean Hodgkin, pelatih pribadi dan kepala program pada aplikasi kesehatan dan kebugaran komunitas, TRUCONNECT oleh TV.FIT, mengatakan bahwa berat badan seseorang dapat berubah-ubah sebanyak 2kg (4,5lbs) sepanjang hari.

Dia mengatakan variasi sepanjang hari kemungkinan besar turun ke tingkat atau retensi air.

Hodgkin menambahkan bahwa orang yang memiliki pola makan tinggi karbohidrat akan membutuhkan air ekstra untuk mengubahnya menjadi simpanan energi, sehingga tubuh akan mempertahankan tingkat keluwesan air yang lebih tinggi.

"Ceritanya mirip dengan garam yang, dalam konsentrasi yang tepat, sangatlah penting untuk membantu kelancaran fungsi otot dan saraf, tetapi ketika dikonsumsi secara berlebihan, itu akan memicu tubuh Anda untuk mencoba mencairkannya lagi ke titik setel yang optimal."

“Inilah mengapa Anda merasa haus saat makan keripik dan kerupuk,” katanya.

Dean juga menjelaskan bahwa makanan kaya serat membantu mengatur kadar air di nomor dua Anda, jadi biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran hijau harus ditambahkan ke makanan Anda untuk melawan retensi air.

"Olahraga juga berada di pihak Anda karena tidak hanya keringat yang berpengaruh, namun peningkatan aliran darah memiliki jenis efek pembilasan pada tingkat sel, yang akan menggunakan simpanan energi Anda akan menyebabkan lebih banyak air digunakan untuk memulihkannya."

Jangan Gampang Menyerah
Bagi kebanyakan orang, olahraga akan membantu kita tertidur - karena membakar energi.

Dean mengatakan bahwa tidur nyenyak juga merupakan kunci berat badan.

"Tidur juga sekutu Anda karena air digunakan dalam pemulihan metabolisme, dan melalui keringat, kunjungan toilet dan sebagai uap air dalam napas."

Saat mengelola berat badan Anda, Dean mengatakan bahwa moderasi adalah kuncinya dan ini termasuk konsumsi alkohol.

Dia menjelaskan: "Alkohol adalah kasus yang unik karena pada awalnya dapat merangsang ginjal untuk mengeluarkan air dari aliran darah, tetapi ini dapat menyebabkan organ vital dan kulit benar-benar menahan air yang mengakibatkan perut kembung dan bengkak yang terlihat di wajah. dan kaki."

"Tentu saja, alkohol mengandung banyak kalori, jadi jika Anda mengatur berat badan, moderasi adalah kuncinya."

Jika timbangan kamar mandi Anda menghasilkan sedikit berita buruk, Dean menambahkan bahwa Anda tidak boleh secara otomatis berasumsi bahwa satu atau dua pon ekstra bertambah gemuk.

"Hukum rata-rata akan berlaku, jadi coba berpikir untuk mengendalikan berat badan Anda tidak lebih dari sehari atau bahkan berhari-hari, melainkan dalam beberapa minggu dan bahkan, lebih realistis, berbulan-bulan."

"Rahasia sukses sebenarnya bukan rahasia sama sekali. Hanya bergerak sedikit lebih banyak dan makan lebih sedikit jika berkelanjutan, penurunan berat badan yang sehat merupakan tujuan Anda," katanya.***

Berita Bugar Lainnya:

Turunkan Berat Badan Tanpa Diet dengan Tiga Strategi Ini

Diet Rendah Karbohidrat: Apakah Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan?

  • Sumber: The Sun
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Jumat, 29 April 2022

    Tips Jaga Kesehatan Mata Meski Berjam-jam Push Rank

    Beberapa tips yang ampuh untuk menjaga kesehatan mata bagi para gamer.

    Bugar

    Jumat, 29 April 2022

    Amber Heard Dikatakan Memiliki Gangguan Kepribadian Ambang: Apa Artinya?

    Dalam sidang pencemaran nama baik Johnny Depp terhadap mantan istrinya, Amber Heard, seorang psikolog klinis dan forensik mengungkapkan wanita itu menunjukkan gejala Bordeline persoality disorder (BPD).

    Bugar

    Jumat, 29 April 2022

    Benarkah Santan Dapat Meningkatkan Kolesterol dalam Tubuh?

    Perasan daging buah kelapa atau yang dikenal dengan santan menjadi salah satu bahan utama pada makanan-makanan khas lebaran seperti opor ayam, rendang, sampai sambal goreng.

    Bugar

    Jumat, 29 April 2022

    Tips Penghilang Stres bagi Orang Inggris, di Antaranya Mandi Air Panas dan Makan Coklat

    Mungkin tidak ada salahnya menjajal cara orang Inggris ini untuk menghilangkan stres mereka - termasuk berjalan-jalan, mandi air panas, dan makan cokelat.

    Terbaru

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    11 Mitos Cacar Monyet, Dibantah oleh Para Pakar Kesehatan

    Informasi kesehatan yang salah telah begitu merajalela dan berbahaya sehingga Ahli Bedah Umum AS, Dr. Vivek H. Murthy, secara terbuka mengeluarkan peringatan mengenai tersebut itu pada tahun 2021.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Skortips: Nasihat Kesehatan untuk Anda Jelang Menginjak Usia 60 Tahun

    Skor.id menyoroti beberapa hal-hal yang harus menjadi perhatian setelah berusia 60 tahun.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Minuman Ini Membantu Anda Meningkatkan Kesehatan Usus dan Mengurangi Kadar Gula Darah

    Sebuah penelitian telah menemukan bahwa teh hijau dapat bermanfaat untuk meningkatkan sindrom metabolik.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Kim Kardashian Sebut Psoriasis 'Menyakitkan dan Menakutkan': Siapa yang Berisiko?

    Kim Kardashian telah berbicara tentang psoriasisnya di masa lalu, yang merupakan penyakit peradangan yang menyebabkan bercak bersisik tumbuh di kulit Anda.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Jam demi Jam: Waktu Terbaik untuk Melakukan Aktivitas Anda dalam Sehari

    Jam demi jam – waktu terbaik untuk melakukan segalanya- mulai dari sarapan hingga kapan harus tidur, menurut sebuah penelitian.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Banyak Kalori yang Mampu Terbakar oleh Seks: Tergantung Posisi, Waktu, dan Seberapa Aktif Anda

    Seks sering digambarkan sebagai latihan fisik yang hebat, tetapi apakah itu benar-benar membantu Anda menurunkan berat badan?

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Suka Makan Udang, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

    Tak hanya lezat, udang juga kaya akan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Apakah Anda Menderita Hipertensi? Berikut Langkah Kunci untuk Mengurangi Konsumsi Garam

    Anda dapat mengonsumsi hingga enam gram natrium per hari dalam konteks diet yang seimbang.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    The Batman: Ketahui Diet Ketat Robert Pattinson untuk Perannya yang Paling Penting

    Agar sesuai dengan peran ksatria gelap, Robert Pattinson harus menjalani diet sangat ketat dan berlatih fisik lima atau enam hari seminggu.

    Bugar

    Sabtu, 13 Agustus 2022

    Seberapa Serius Tekanan Darah Rendah Berbahaya bagi Tubuh

    Ketika kebanyakan orang khawatir tentang tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah dapat memiliki konsekuensi yang serius.
    X