Mengapa Kopi Membuat Anda Buang Air Besar? Ini Penjelasan Para Ahli

30 April 2022, 15:46 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi secangkir kopi hitam bisa mempengaruhi kebiasaan buang air besar di pagi hari.
Ilustrasi secangkir kopi hitam bisa mempengaruhi kebiasaan buang air besar di pagi hari. /Pixabay.com

  • Kopi tidak hanya menambah energi, juga merangsang pergerakan usus besar.
  • Minuman populer ini membuat orang berlarian ke kamar mandi setelah meminumnya.
  • Kopi berkafein 60% lebih efektif daripada air dalam merangsang aktivitas motorik kolon dan 23% lebih berdampak daripada kopi tanpa kafein.

SKOR.id - Bagi sebagian orang, kopi dapat meningkatkan pergerakan usus mereka, selain memberi energi tambahan mereka.

Terlepas dari popularitas minuman ini, tidak banyak penelitian mengenai mengapa kopi acap membuat banyak orang sering berlari ke kamar mandi dalam beberapa menit setelah meminumnya.

"Dalam beberapa kasus, seperti halnya kopi dan buang air besar, sepertinya, sejauh ini, tidak ada permintaan medis untuk mendapatkan penyelidikan serius," kata Dr. Kyle Staller, direktur Laboratorium Motilitas Gastrointestinal di Rumah Sakit Umum Massachusetts, melalui email kepada CNN.

"Ini mungkin juga kasus yang jelas, yang berarti tidak perlu banyak penelitian khusus untuk mengetahui bahwa kopi menginduksi buang air besar ketika itu adalah bagian dari kehidupan sehari-hari banyak orang."

Mungkin ada sesuatu yang istimewa soal kopi, dan penelitian yang ada membuktikan "bahwa pasien benar," kata Staller, juga asisten profesor kedokteran di Harvard Medical School.

Beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa minum kopi lebih efektif daripada air hangat dalam merangsang pergerakan usus - itu menegaskan sesuatu karena "air adalah bagian integral dari pencernaan normal dengan jumlah besar yang dilepaskan dan diserap kembali oleh saluran pencernaan Anda setiap hari," katanya.

Tentu saja, itu tidak berarti bahwa asupan air yang cukup tidaklah penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

"Sekitar 60% dari tubuh Anda terbuat dari air," Jerlyn Jones, ahli gizi terdaftar dan seorang juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, mengatakan melalui email.

Dan apakah kopi berkafein atau tanpa kafein tampaknya tak menjadi masalah dalam semua penelitian, menurut penelitian lainnya - menunjukkan bahwa, dalam beberapa kasus, senyawa kopi, selain kafein, mungkin bertanggung jawab atas gerakan usus yang tiba-tiba.

Identitas senyawa ini dan bagaimana mereka berinteraksi dengan saluran pencernaan masih belum diketahui, tetapi inilah yang telah ditemukan para peneliti sejauh ini.

Kopi dapat menyebabkan kontraksi usus besar
Usus besar mengalami tiga jenis kontraksi yang bekerja sama untuk mencampur, meremas, dan akhirnya mengeluarkan kotoran. Proses terjadinya, waktu, dan frekuensi kontraksi ini dipengaruhi oleh otot, saraf dan faktor kimia.

Kopi bisa merangsang aktivitas motorik kolon ini dalam beberapa menit setelah dikonsumsi, berdasarkan penelitian terbatas yang tersedia, kata Staller.

Dua belas orang sehat mengalami aktivitas ini selama penelitian tahun 1998 ketika mereka setuju untuk memasukkan probe sensor ke dalam usus mereka.

Selama periode 10 jam pada hari berikutnya, para peserta mengonsumsi kopi hangat, kopi tanpa kafein, air atau makanan dalam urutan acak.

Kedua jenis kopi dan makanan menyebabkan lebih banyak kontraksi dan tekanan usus besar, dibandingkan dengan air.

Kopi berkafein 60% lebih efektif daripada air dalam merangsang aktivitas motorik kolon dan 23% lebih berdampak daripada kopi tanpa kafein.

Beberapa peserta dari penelitian lainnya mengakui minum kopi memberi mereka dorongan untuk buang air besar, kemudian menjalani tes serupa.

Aktivitas usus mereka meningkat dalam waktu empat menit setelah minum kopi hitam tanpa pemanis, efek yang berlangsung setidaknya 30 menit.

Hasil tersebut kemungkinan berarti bahwa kopi tidak secara langsung menghubungi lapisan usus besar tetapi lebih mempengaruhinya melalui "mekanisme gastrokolik," kata Staller - yang berarti kopi menyentuh 'lapisan perut memicu sistem saraf ataupun respons hormonal yang menyebabkan usus besar mulai berkontraksi”.

Kontraksi usus besar menggerakkan tinja di usus besar menuju ke rektum dan hasilnya Anda memiliki keinginan untuk buang air besar.

Melanoidins - senyawa yang terbentuk selama pemanggangan kopi - memiliki serat makanan, yang membantu pencernaan dan mencegah sembelit, kata Jones.

Ini mungkin mempengaruhi hormon dan asam lambung
Kopi tampaknya juga merangsang pelepasan hormon gastrin, kata Staller, memungkinkan produksi asam lambung (asam lambung).

Asam lambung membantu mencerna makanan dan mungkin mendorong aktivitas kolon.

Para peneliti menemukan pada tahun 1986 bahwa minum kopi berkafein atau tanpa kafein mempengaruhi kadar gastrin dengan cepat dan signifikan.

Setelah berpuasa semalaman, pria dalam sebuah penelitian kecil pada tahun 2009 menerima makanan dan kopi hitam, atau hanya makan.

Minum kopi secara signifikan mempercepat waktu yang dibutuhkan makanan untuk meninggalkan lambung dan masuk ke usus kecil setelah waktu makan.

"Beberapa senyawa dalam kopi juga dapat berinteraksi dengan reseptor opioid di saluran pencernaan", yang mempengaruhi fungsi usus, tambah Staller.

Susu dan kesehatan pencernaan
Jika Anda tidak toleran laktosa, namun masih menikmati krim susu dengan tambahan kopi, krimer bisa menjadi penyebab di balik dorongan tiba-tiba untuk buang air besar.

"Salah satu cara untuk mengetahui apa yang membuat Anda pergi ke kamar mandi adalah dengan minum kopi tanpa krim susu ataupun susu dan melacak gejala Anda selama beberapa hari," kata Jones.

Sementara penelitian menunjukkan beberapa manfaat pencernaan dari minum kopi, apakah ini berarti kita harus minum kopi pagi untuk teratur ke kamar mandi?

Jika Anda mengalami konstipasi, minum kopi untuk membantu memindahkan berbagai hal, bukanlah hal yang tidak masuk akal, kata Staller.

"Tetapi jangan mengandalkannya (kopi) untuk buang air besar," kata Jones. "Temui dokter medis Anda jika Anda mengalami masalah pergi ke kamar mandi secara teratur."

Jones merekomendasikan cara meningkatkan asupan serat makanan Anda secara perlahan "melalui buah-buahan, sayuran, biji-bijian, gandung utuh, kacang polong, dan biji-bijian."

"Rata-rata orang dewasa Amerika hanya mengkonsumsi 12 hingga 14 gram serat per harinya sedangkan Pedoman Diet 2020-2025 untuk orang Amerika merekomendasikan 25 hingga 30 gram serat sehari untuk orang dewasa."

Orang yang cenderung mengalami buang air besar yang jarang atau mendesak "mungkin ingin mempertimbangkan bahwa kopi juga bisa menjadi pemicu kejadian yang tidak menyenangkan itu," kata Staller.***

Berita Bugar Lainnya:

Putri Aktris Kim Basinger Berbagi Foto usai Alami Serangan Kecemasan setelah Minum Kopi

5 Manfaat Kopi untuk Rambut

Manfaat Kopi Hitam untuk Menurunkan Berat Badan dan Dampak yang Harus Diwaspadai

  • Sumber: CNN
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Jumat, 29 April 2022

    Tips Jaga Kesehatan Mata Meski Berjam-jam Push Rank

    Beberapa tips yang ampuh untuk menjaga kesehatan mata bagi para gamer.

    Bugar

    Kamis, 28 April 2022

    Mengurangi Asupan Garam Bermanfaat pada Pasien dengan Gagal Jantung

    Sebuah penelitian menegaskan pengurangan natrium tidak mencegah kematian atau rawat inap, meski meningkatkan kualitas hidup pasien.

    Bugar

    Jumat, 29 April 2022

    Mendengkur: Apa Penyebab, Bahaya, dan Cara Mengatasinya

    Diperkirakan 45% orang dewasa mendengkur sesekali, sementara 25% mendengkur secara teratur — yang sering mengganggu tidur pasangan dan mungkin tidur mereka sendiri.

    Bugar

    Jumat, 29 April 2022

    Amber Heard Dikatakan Memiliki Gangguan Kepribadian Ambang: Apa Artinya?

    Dalam sidang pencemaran nama baik Johnny Depp terhadap mantan istrinya, Amber Heard, seorang psikolog klinis dan forensik mengungkapkan wanita itu menunjukkan gejala Bordeline persoality disorder (BPD).

    Terbaru

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Kunci untuk Mencapai Hubungan yang Memuaskan, Salah Satunya Sesuaikan Ekspektasi

    Hubungan yang memuaskan adalah hubungan di mana kedua pasangan merasa dihargai, dicintai, dihormati, dan aman.

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    7 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan

    Ada sejumlah cara sederhana yang dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan,

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Jangan Panik, Begini Tips Cegah Hepatitis Akut Misterius dari IDAI

    Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) membagikan tips agar terhindar dari hepatitis akut.

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Sederet Fakta yang Perlu Diketahui tentang Virus Hendra, Gejala dan Cara Pencegahan

    Berikut ini adalah sederet fakta yang perlu diketahui tentang virus Hendra.

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Memiliki Alergi atau Asma Mungkin Terkait dengan Risiko Penyakit Jantung

    Sebuah studi baru telah menemukan hubungan yang mengejutkan antara asma dan alergi dan peningkatan risiko penyakit jantung.

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Ketahui Manfaat dan Risiko Terapi 'Kretek-kretek' alias Chiropractic

    Berikut ini adalah manfaat dan risiko yang didapat dari terapi chiropractic.

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Apakah Buah Bisa Membuat Kita Gemuk? Semua yang Perlu Anda Tahu tentang Nutrisinya

    Menurut kepercayaan populer, karena buah-buahan juga mengandung gula, mereka tidak cocok untuk diet rendah kalori. Mana yang benar?

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Berolahraga, Bermeditasi, dan 7 Tips Lain untuk Memulai Gaya Hidup Baru

    Ketika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, memiliki pemandu bisa menjadi titik awal untuk perubahan kebiasaan yang pasti, dalam rangka mencapai kesejahteraan umum.

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    Makan Terlalu Banyak Daging Tingkatkan Risiko Pria Menjadi Tidak Subur

    Makan terlalu banyak daging meningkatkan risiko pria menjadi tidak subur, klaim penelitian yang dilakukan di University of Woncester, Inggris.

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    Alasan Mengapa Kepanasan Membuat Tubuh Terasa Lelah

    Tubuh pasti merasa cepat lelah ketika terpapar panasnya matahari.
    baindo

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X