Mengenal Cedera yang Ancam Peluang Ronald Araujo ke Piala Dunia Qatar

2 Oktober 2022, 11:45 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Akun Twitter resmi Barcelona memasang gambar Ronaldo Araujo dalam kostum gladiator saat menuliskan ucapan penyemangat atas cedera yang dialaminya.
Akun Twitter resmi Barcelona memasang gambar Ronaldo Araujo dalam kostum gladiator saat menuliskan ucapan penyemangat atas cedera yang dialaminya. /Twitter @FCBarcelona

  • Ronald Araujo telah menjalani operasi akibat cedera tendon adductor longus.
  • Cedera itu dialami bek Barcelona ini saat debut untuk tim nasional Uruguay dalam laga persahabatan melawan Iran.
  • Waktu pemulihan bervariasi tergantung pada tingkat keparahan cedera, yang jika serius bisa memakan waktu lebih dari 45 hari.

SKOR.id - Ronald Araujo mendarat di Barcelona pada hari Kamis lalu usai menjalani operasi di Turku (Finlandia) oleh Dr. Lasse Lempainen atas cedera yang dideritanya selama pertandingan persahabatan melawan Iran.

Nasib pemain Barcelona ini begitu malang karena itu adalah pertandingan debutnya dengan tim nasional Uruguay pada hari Jumat, 23 September, sepekan lalu.

Yang semakin mengenaskan adalah sang bek harus meninggalkan lapangan pada menit ke-5 dalam pertandingan melawan Iran tersebut, 

Vonis dari dokter, bek tengah Uruguay itu kemungkinan harus istirahat dan proses pemulihan cedera yang bisa memakan waktu hingga tiga bulan.

Dan menurut pernyataan medis yang diberikan oleh Barcelona di akun Twitter resmi mereka, "Araujo mengalami avulsi pada tendon adductor longus di paha kanan."

Setelah operasi avulsi di paha kanannya, diperkirakan Araujo akan absen di Piala Dunia 2022 di Qatar yang akan digelar pada 20 November hingga 18 Desember mendatang.

Apa Itu Avulsi?
Ini merupakan cedera yang terjadi pada hubungan tendon otot dengan tulang, dalam hal ini adductor longus dengan tulang kemaluan. Biasanya disebabkan oleh stres atau kelelahan tulang dan melibatkan rasa sakit di pinggul, selangkangan, atau paha.

(Red - Fraktur avulsi terjadi ketika otot atau ligamen menarik tulang dengan sangat kuat sehingga patah. Anak-anak, atlet, dan penari adalah kelompok-kelompok yang rentan mengalami patah tulang jenis ini)

Pasien dengan adductor magnus avulsion syndrome mengalami nyeri pinggul, selangkangan, atau paha terkait aktivitas.

Pengobatan konservatif Adductor Avulsion Syndrome merespon istirahat dan remisi lengkap gejala biasanya terjadi dalam periode yang, sering, dapat berkisar dari satu bulan sampai dua atau tiga bulan dan gejalanya akan membaik dengan istirahat.

Namun, robekan pada otot (atau ketegangan) tidak sama. Di satu sisi, robekan atau regangan adduktor adalah peregangan otot atau tendon yang berlebihan yang menghubungkan otot ke tulang. Untuk bagiannya, avulsi adalah detasemen tempat adduktor dimasukkan pada tulang.

Jenis cedera ini bisa sebagian atau total dan bila total, satu-satunya solusi pasti melibatkan ruang operasi.

Waktu pemulihan bervariasi tergantung pada tingkat keparahan cedera. Jika itu adalah avulsi besar, itu bisa memakan waktu 45 hari atau satu setengah bulan.

Mengapa di Finlandia?
Dr. Lasse Lempainen dikenal sebagai seorang ahli bedah ortopedi yang mengkhususkan diri dalam perawatan cedera pada lutut, pergelangan kaki, otot, dan tendon, yang menurut datanya melakukan sekitar 350 operasi setiap tahunnya.

Orang Finlandia itu, yang telah mengoperasi Araujo, berbicara tiga bahasa dan merupakan murid dari dokter bergengsi Sakari Orava, yang mengarahkan operasi Dembele lainnya.

Dia bekerja secara teratur dengan kalangan atlet dan entitas olahraga, dan di situs webnya sendiri, Dr. Lasse Lempainen menyatakan bahwa “kolaborasi terdekat sejauh ini adalah dengan FC Barcelona di Spanyol. Kami mendiskusikan masalah medis dengan mereka setiap minggu.”

Lempainen mulai belajar kedokteran di Turku pada tahun 1998. Ia menyelesaikan residensi bedah dan ortopedi di Rumah Sakit Pusat Satakunta dan Rumah Sakit Universitas Turku.***

Berita Ronald Araujo Lainnya:

Alami Gegar Otak, Ronald Araujo Sudah Tinggalkan Rumah Sakit

Barcelona vs Celta Vigo: Update Kondisi Ronald Araujo setelah Sempat Kolaps di Lapangan

VIDEO: Kegembiraan Ronald Araujo usai Perpanjang Kontrak di Barcelona

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

Tag

Video

Berita Terkait

Bugar

Jumat, 30 September 2022

Mengenal Amblyopia, Gangguan yang Membuat Mata Tak Sejajar pada Anak

Ada beberapa gejala yang timbul dari amblyopia atau lazy eye, dan berikut ini juga diuraikan pula beberapa langkah penanganannya.

Bugar

Jumat, 30 September 2022

Ada 6 Bau Vagina yang Berbeda, Kenali Gejalanya untuk Tahu Kapan Harus ke Dokter

Bau yang kuat bisa mengganggu, terutama jika ada bau busuk yang datang dari bawah. Sementara aroma vagina bervariasi dari orang ke orang, para ahli mengatakan ada beberapa yang harus Anda waspadai.

Bugar

Sabtu, 1 Oktober 2022

Manfaat dan Nutrisi yang Terkandung pada Daging Sapi

Daging sapi dikategorikan sebagai daging merah - istilah yang digunakan untuk daging mamalia, yang mengandung jumlah zat besi yang lebih tinggi daripada ayam atau ikan.

Bugar

Sabtu, 1 Oktober 2022

Sederet Mitos Palsu seputar Pengaruh Kopi terhadap Kesehatan

Minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi di planet ini telah memunculkan mitos palsu yang tak terhitung jumlahnya.

Terbaru

Bugar

Senin, 5 Desember 2022

Mengapa Kita Menguap dan Mengapa Itu Sangat Menular: Kata Para Ahli

Mengapa sebenarnya kita menguap? Dan mengapa hampir tidak mungkin menahan kuap saat seseorang melakukannya di depan Anda?

Bugar

Senin, 5 Desember 2022

Hot flashes: Apa Itu dan Bagaimana Mengelola Gejala Menopause

Salah satu gejala menopause yang paling umum adalah hot flashes, di mana wanita tiba-tiba mengalami kepanasan yang tidak nyaman pada wajah dan tubuh mereka.

Bugar

Senin, 5 Desember 2022

Kekurangan Nutrisi 'Penyebab Utama' Kerontokan Rambut, Konsumsi Ini untuk Mencegahnya

Kurangnya nutrisi tertentu dapat memicu kerontokan rambut berlebihan, tetapi untungnya beberapa makanan dapat membantu, menurut seorang ahli.

Bugar

Senin, 5 Desember 2022

Perbedaan antara Protein Hewani dan Nabati: Mana yang Lebih Baik?

Protein sangat penting untuk sejumlah fungsi kesehatan. Ini memasok tubuh dengan energi sambil membangun dan memperbaiki jaringan setelah cedera, latihan, operasi, dan bentuk keausan lainnya.

Bugar

Minggu, 4 Desember 2022

Mengapa Kebanyakan Pria Tidak Memiliki Cukup Teman Dekat, Cari Tahu Alasannya

Istilah persahabatan bukan hanya tentang mereka yang duduk bersama Anda di bus sekolah ataupun bermain bersama di tim bisbol masa kecil Anda, itu adalah komponen inti dari pengalaman manusia, kata para ahli.

Bugar

Minggu, 4 Desember 2022

Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Infeksi Strep A yang Merebak di Inggris

Setidaknya enam anak telah meninggal dan yang lainnya berjuang untuk hidup di rumah sakit setelah tertular bakteri Streptococcus A di Inggris dan Wales.

Bugar

Minggu, 4 Desember 2022

7 Bahan Herbal untuk Obat Sakit Pinggang

Ada banyak hal penyebab seseorang mengalami sakit pinggang dan obat herbal salah satu solusinya

Bugar

Minggu, 4 Desember 2022

Beberapa Perubahan yang Mungkin Terjadi pada Tubuh Anda saat Anda Mulai Berlari

Berlari adalah aktivitas yang sangat sehat yang dimasukkan oleh banyak atlet dalam rutinitas mereka.

Bugar

Jumat, 2 Desember 2022

Awas, Ini Efek Buruk pada Kulit dan Mata akibat Terlalu Lama Terpaku pada Layar Ponsel

Diperkirakan 60% populasi dunia menghabiskan lebih dari enam jam sehari di depan layar: terutama ponsel, tetapi juga layar komputer, televisi, dan perangkat digital lainnya. Pada akhirnya, inilah yang dikenal sebagai polusi digital.
X