Menjauh Sejenak dari Media Sosial Bisa Baik untuk Kesehatan Mental

17 Mei 2022, 17:10 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi semua aplikasi media sosial Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya yang telah menyita sebagian waktu luang semua orang di dunia.
Ilustrasi semua aplikasi media sosial Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya yang telah menyita sebagian waktu luang semua orang di dunia. /Pixabay.com

  • Media sosial sudah menyita waktu luang, bahkan waktu kerja, semua orang.
  • Jika tidak terkendali, bisa berbahaya, bahkan mempengaruhi kesehatan.
  • Sebuah universitas di Inggris meneliti bahwa istirahat dari media sosial akan meningkatkan kesehatan mental secara umum.

SKOR.id - Jejaring sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari setiap orang, menempati sebagian besar waktu luang mereka dan bahkan waktu kerja.

Mereka adalah alat komunikasi utama di tingkat global, karena mereka memungkinkan untuk menghubungkan miliaran penggunanya di seluruh dunia.

Dengan cara ini, aplikasi seperti Twitter, Instagram, Facebook, WhatsApp, atau TikTok telah membuat semua orang terus berkomunikasi dengan siapa saja dari mana saja di dunia.

Menggunakannya dengan baik dan mengikuti tujuan pembuatannya, jejaring sosial adalah alat yang membuat hidup kita lebih mudah, jadi mengikuti polanya, mereka tidak akan berbahaya.

Namun, jika digunakan secara tidak terkendali, mereka dapat menyebabkan beberapa bahaya, menjadi aktivitas negatif yang bahkan dapat mempengaruhi kesehatan setiap orang.

Dari FAROS, sebuah inisiatif dari Rumah Sakit Sant Joan de Déu Barcelona untuk promosi kesehatan dan kesejahteraan anak-anak dan remaja, memastikan bahwa penggunaan jejaring sosial selama lebih dari dua jam sehari telah dikaitkan "dengan orang miskin. harga diri kesehatan mental, peningkatan tekanan psikologis, dan ide bunuh diri" fenomena yang berlabel "Facebook depresi."

Gangguan Mental
Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa meminta orang untuk berhenti menggunakan media sosial hanya selama satu minggu dapat menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam kesejahteraan, depresi, dan kecemasan.

Dengan cara ini, hasil penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Amerika Cyberpsychology, Behavior and Social Networking, menunjukkan bahwa menghabiskan hanya satu minggu tanpa menggunakan jejaring sosial meningkatkan tingkat kesejahteraan umum orang, selain mengurangi gejala penyakit, depresi dan kecemasan.

Penelitian baru ini bisa jadi cara baru untuk membantu orang mengelola kesehatan mental mereka yang akan direkomendasikan para ahli di masa depan.

Untuk melakukan penelitian ini, sekelompok peneliti dari University of Bath, di Inggris, mulai mempelajari efek pada kesehatan mental dari rehat selama seminggu dari media sosial.

Dengan demikian, 154 orang berusia 18 hingga 72 tahun yang menggunakan jejaring sosial setiap hari dipilih secara acak.

Semuanya dibagi menjadi dua kelompok: kelompok intervensi yang diminta untuk berhenti menggunakan semua jejaring sosial selama satu minggu dan kelompok kontrol, mereka yang dapat terus menggunakannya.

Beberapa peserta penelitian meluangkan waktu selama sembilan jam dalam seminggu yang seharusnya mereka habiskan untuk menjelajahi Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok.

Setelah satu minggu, peserta yang diminta istirahat dari media sosial diketahui mengalami peningkatan kadar kesejahteraan, depresi, dan kecemasan, yang signifikan jika dibandingkan dengan mereka yang terus menggunakan media sosial, menunjukkan manfaat jangka pendek.

Peserta yang diminta untuk istirahat selama seminggu dilaporkan menggunakan media sosial rata-rata 21 menit, dibandingkan dengan rata-rata tujuh jam bagi mereka yang berada dalam kelompok kontrol.

Seperti yang dijelaskan oleh Dr Jeff Lambert, Rekan Peneliti Senior di Departemen Kesehatan Bath, “Bergulir melalui media sosial ada di mana-mana sehingga banyak dari kita melakukannya hampir tanpa berpikir dari saat kita bangun hingga memejamkan mata pada malam hari." 

Terlepas dari kenyataan bahwa para penggunaan media sosial saat ini tidak proporsional dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental, banyak orang terus menggunakannya tanpa tindakan apa pun.

Dengan penelitian ini pula, para ahli telah mencerminkan efek positif pada kesehatan mereka dengan keluar dari jaringan untuk sementara waktu.

Dengan demikian, mereka menyimpulkan bahwa rehat sejenak pun dapat berdampak pada kesehatan secara keseluruhan.***

Berita Bugar Lainnya:

5 Tips Lakukan Diet Media Sosial demi Kesehatan Mental

Mengenal Istilah Sadfishing agar Lebih Bijak dalam Menggunakan Media Sosial

5 Manfaat Detoks Media Sosial, Penting untuk Kesehatan Mental

  • Sumber: Mundo Deportivo
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    Manfaat Acar untuk Kesehatan, dari Sumber Antioksidan hingga Mengontrol Gula Darah

    Berikut ini adalah sejumlah manfaat acar untuk kesehatan.

    Bugar

    Senin, 16 Mei 2022

    7 Makanan Pelancar Buang Air Besar untuk Mengatasi Sembelit

    ´╗┐Berikut ini tujuh makanan yang baik dikonsumsi demi melancarkan buang air besar atau mengatasi sembelit.

    Bugar

    Senin, 16 Mei 2022

    4 Olahraga Mata yang Ringan dan Mudah Dilakukan, Cocok untuk Gamer dan WFH

    Berikut ini adalah empat olahraga mata yang muda dilakukan. Layak banget dipratikkan oleh gamer dan pekerja WFH.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Workout di Rumah Tanpa Menggunakan Alat

    Berolahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Namun melakukan workout di rumah bisa dibilang lebih menyenangkan karena bisa hemat biaya.

    Terbaru

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    5 Bahan Alami untuk Membantu Menumbuhkan Rambut

    Menumbuhkan rambut dapat dibantu dengan beberapa bahan alami berikut ini.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Masih Muda Tapi Pelupa? Ini Tips Mencegah Pikun di Usia Muda

    Pikun terjadi karena faktor imunitas dan kondisi kesehatan fisik, aspek kognitif yang berpengaruh terhadap usia.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    9 Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Sendi Berkepanjangan

    Berikut ini adalah sembilan cara ampuh mengatasi nyeri sendi yang tak kunjung sembuh dalam waktu lama.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Mengenal Penyebab dan Gejala Infeksi Paru, Penyakit Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo Sebelum Wafat

    Menteri PAN-RB RI Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) siang WIB.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Tips untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Seiring Bertambahnya Usia

    Ingin tahu apa saja tanda-tanda sistem kekebalan tubuh lemah atau bagaimana penuaan memengaruhi sistem kekebalan Anda? Inilah yang perlu Anda ketahui dari dokter.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Cara Sederhana Menurunkan Demam Tanpa Konsumsi Obat

    Berikut Skor.id merangkum beberapa cara menurunkan demam tanpa mengonsumsi obat.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Risiko Batu Ginjal Meningkat di Musim Panas: Ini Cara Pencegahannya

    Batu ginjal adalah bongkahan bahan padat seperti batu yang terbentuk di salah satu atau kedua ginjal ketika ada kadar mineral tertentu yang tinggi dalam urine.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Manfaat Havermut untuk Kesehatan Tubuh

    Oatmeal atau havermut adalah makanan sarapan yang terbuat dari oat dan cairan seperti air atau susu.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Ini Waktu Terbaik untuk Sarapan Tanpa Takut Kegemukan

    Tubuh kita butuh waktu 14 jam berpuasa setelah makan malam hingga makan kembali di keesokan harinya.

    Bugar

    Kamis, 30 Juni 2022

    Ini yang Harus Dilakukan saat Anak Remaja Anda Memberi Tahu Sesuatu yang Mengkhawatirkan tentang Seorang Teman, Kata Para Ahli

    Ketika anak remaja Anda memberi tahu Anda sesuatu yang mengkhawatirkan tentang seorang teman, haruskah Anda menelepon orang tuanya? Inilah saatnya untuk masuk, kata para ahli.
    X