Merasa Cemas? Cobalah Latihan 5 Panca Indra

15 Januari 2022, 18:24 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi stres, terkadang banyak masalah dapat membuat orang merasa disorientasi, lalu menutup diri.
Ilustrasi stres, terkadang banyak masalah dapat membuat orang merasa disorientasi, lalu menutup diri. /pixabay.com

  • Latihan panca indera adalah teknik dasar yang digunakan dalam terapi perilaku kognitif.
  • Stres dapat membuat orang merasa disorientasi.
  • Latihan ini dimaksudkan untuk mengarahkan Anda pada lingkungan dan tubuh Anda.

SKOR.id - Latihan panca indera, juga dikenal sebagai latihan 5-4-3-2-1, adalah teknik dasar yang digunakan dalam terapi perilaku kognitif, pengobatan berbasis bukti untuk gangguan kecemasan.

Terkadang stres dapat membuat orang merasa disorientasi, seperti kehabisan tenaga, atau kewalahan, seperti menerima terlalu banyak sekaligus atau menutup diri sepenuhnya.

Latihan ini dimaksudkan untuk mengarahkan Anda pada lingkungan dan tubuh Anda, sehingga Anda dapat mengurangi tekanan dan proses Anda dengan lebih baik.

Jika Anda pernah melihat acara Jessica Jones di Netflix, Anda mungkin ingat bahwa karakter tituler menggunakan versi teknik ini - memberi nama jalan di sekitar tempat ia dibesarkan - untuk mengelola gejala PTSD-nya.

Jika semua panca indera tidak dapat diakses oleh Anda, tidak apa-apa. Anda masih dapat menggunakan latihan ini, dan Anda dapat memilih untuk meningkatkan jumlah hal yang Anda rasakan dengan indra yang tersedia.

Atau Anda mungkin ingin mengikuti jejak Jones dan menyebutkan hal-hal yang mendasari Anda, seperti nama jalan, ibu kota negara bagian, nama negara, atau apa pun yang menenangkan Anda.

Latihan panca indra

  1. Ucapkan dengan lantang lima hal yang dapat Anda lihat di sekitar Anda. Perhatikan baik warna maupun objeknya. Misalnya: lampu merah, anjing putih, meja biru, biji pinus cokelat, dan mangkuk hijau.
  2. Ucapkan empat hal yang dapat Anda sentuh, sebutkan tekstur dan objeknya. Misalnya: selimut berbulu halus, bulu lembut, kaca halus, dan kayu yang dipoles.
  3. Ucapkan dengan keras tiga suara yang dapat Anda dengar. Misalnya: kulkas berputar, angin bertiup, lalu lintas di luar.
  4. Ucapkan dengan lantang dua aroma yang dapat Anda cium. Misalnya: lilin wangi balsam fir di atas meja, dan pelembut kain mangga-jahe di baju saya.
  5. Katakan dengan lantang satu hal yang bisa Anda cicipi sekarang. Misalnya: bawang putih.

Jika Anda masih merasa sangat stres, coba beri nama lebih banyak hal di lingkungan Anda, atau gunakan daftar lain, seperti nama negara.

Namun, biasanya teknik grounding ini menurunkan tingkat stres karena melibatkan pikiran Anda. Ini juga dapat mengingatkan Anda bahwa kemungkinan besar, di mana Anda berada saat ini cukup aman.

Kembali ke kesibukan setelah liburan bisa membuat stres. Manfaatkan momen-momen kecil ini untuk memusatkan dan merawat diri sendiri — ini dapat membuat perbedaan dalam tingkat stres Anda sehari-hari.

Istirahat kecil ini dapat mengarahkan dan memungkinkan Anda untuk mengatur emosi Anda.

Jika Anda bisa, cobalah untuk tidak menunggu sampai Anda merasa stres untuk melakukan trik ini.

Berlatihlah memperhatikan tanda-tanda awal stres Anda, seperti napas pendek, jantung yang berdebar kencang, berkeringat, gelisah, gigi bergeretak, atau apa pun tanda-tanda lainnya. Luangkan waktu 30 detik untuk menenangkan diri. Ingat: Anda layak istirahat!***

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Skor.id (@skorindonesia)

Berita Bugar Lainnya:

8 Tanaman Hias Terbaik yang Anda Butuhkan untuk Memerangi Stres dan Depresi

5 Penyakit yang Muncul Akibat Terlalu Stres

6 Pola Hidup Sehat untuk Hindari Stres dan Cemas

Perbedaan Sakit Kepala Akibat Penyakit dan Stres yang Harus Diketahui

4 Hal yang Mudah Dilakukan agar Bisa Mengendalikan Stres dan Kecemasan

  • Sumber: Clean Plates
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Jumat, 14 Januari 2022

    5 Cara Atasi Hangover Setelah Konsumsi Alkohol

    Memenuhi kebutuhan air putih adalah salah satu cara hilangkan hangover.

    Bugar

    Jumat, 14 Januari 2022

    Mencari Tahu Berapa Lama Waktu Lari yang Ideal

    Setiap tubuh memiliki spesifikasi sendiri. Tetapi, menurut WHO, Anda perlu melakukan aktivitas fisik sedang selama 150 menit per minggu.

    Bugar

    Jumat, 14 Januari 2022

    Bahu Terasa Nyeri, Pahami Gejala dan Penanganan Bursitis

    Biasanya penyebab nyeri pada bahu ini bisa karena berbagai hal, mulai dari cedera hingga dislokasi.

    Bugar

    Sabtu, 15 Januari 2022

    Apa Itu Miokarditis, Kondisi yang Menimpa Alphonso Davies?

    Miokarditis suatu kondisi terjadinya inflamasi atau peradangan pada miokardium (otot jantung), bisa berakibat irama jantung tidak teratur (aritmia).

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 26 Juni 2022

    Kebiasaan Bugar Anne Hathaway agar Tetap dalam Tampilan Fisik Luar Biasa di Usia 39

    Hanya dengan sekali melihat halaman Instagram-nya, Anda dapat melihat aktris Anne Hathaway menyajikan berbagai gaya chic.

    Bugar

    Minggu, 26 Juni 2022

    Berhubungan Seks Lebih Bergairah dengan Konsumsi Makanan Ini

    Berikut adalah makanan afrodisiak yaitu makanan yang dapat meningkatkan gairah seksual.

    Bugar

    Minggu, 26 Juni 2022

    Kiat Kesehatan Mata: Perbaiki 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Membahayakan Penglihatan

    Waspadai 5 kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan kesehatan mata menjadi buruk.

    Bugar

    Minggu, 26 Juni 2022

    5 Sayuran Terbaik untuk Hilangkan Lemak di Perut dengan Cepat

    Lemak perut bukan hanya merusak pemandangan dan sangat mempengaruhi citra diri serta kepercayaan diri seseorang, bahkan berbahaya bagi kesehatan.

    Bugar

    Sabtu, 25 Juni 2022

    Beragam Manfaat dari Daun Seledri, Salah Satunya Menjaga Tekanan Darah

    Kandungan nutrisi dalam daun seledri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

    Bugar

    Sabtu, 25 Juni 2022

    4 Mitos dan Fakta tentang Demam

    Berikut ini adalah empat mitos dan fakta tentang demam yang perlu Skorer ketahui.

    Bugar

    Sabtu, 25 Juni 2022

    Khasiat Minyak Kelapa untuk Bersihkan Karang Gigi

    Jika dibiarkan, karang gigi bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut.

    Bugar

    Sabtu, 25 Juni 2022

    Sering Cegukan? Kenali Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya

    Cegukan adalah kondisi otot diafragma yang mengalami kontraksi.

    Bugar

    Jumat, 24 Juni 2022

    Lima Cara Mencegah Stroke, Mudah tapi Sering Diabaikan

    Berikut adalah enam cara mencegah stroke yang sebenarnya mudah tapi sering diabaikan.
    X