Merujuk Insiden Will Smith, Berikut Tips Mengelola Amarah Sebelum Menjadi Kekerasan

5 April 2022, 21:22 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi kepalan tangan yang mewakili perilaku kemarahan yang jika tidak terkendali dapat mengarah pada aksi kekerasan.
Ilustrasi kepalan tangan yang mewakili perilaku kemarahan yang jika tidak terkendali dapat mengarah pada aksi kekerasan. /Pixabay.com

  • Insiden tamparan Will Smith terhadap komedian Chris Rock selama Oscar memicu debat tentang anger management di seluruh dunia.
  • Para psikolog berpendapat sikap sang aktor sangatlah tidak sehat.
  • Berikut ini adalah paparan untuk menggambarkan perilaku marah pada seseorang.

SKOR.id - Itu adalah tamparan yang terlihat dan terdengar di seluruh dunia.

Setelah pemenang Academy Award, Will Smith menampar komedian Chris Rock pada Oscar 2022 pada Minggu malam sebagai tanggapan atas lelucon tentang istrinya, dunia mulai berdiskusi tentang bagaimana mengelola kemarahan sebelum meningkat menjadi kekerasan.

"Chris Rock tidak memiliki pemahaman yang nyata tentang apa yang terjadi pada Will Smith dalam 90 menit atau lebih menjelang insiden itu. Tapi jelas ada sesuatu yang terjadi pada Will. Lelucon Chris, dan istrinya yang dipermalukan di depan umum seperti itu, telah menjadi tantangan terakhi," kata Mike Fisher, psikoterapis dan pakar anger management di Inggris.

Fisher menggambarkan insiden itu sebagai contoh khas tentang apa yang dapat dilakukan oleh kemarahan yang tidak sehat ketika kita bertindak dalam keadaan marah tanpa memikirkan konsekuensi dari tindakan kita.

Kemarahan didefinisikan sebagai "keadaan emosional yang bervariasi dalam intensitas dari iritasi ringan hingga kemarahan dan kemarahan yang intens," menurut Dr. Charles Spielberger, seorang psikolog yang berspesialisasi dalam studi tentang kemarahan.

Ketika seseorang marah, detak jantung, tekanan darah, dan hormon energi mereka, seperti adrenalin, dalam tubuh kita meningkat, menurut American Psychological Association.

 

Tangkapan layar saat Will Smith (kanan) menampar Chris Rock (kiri) dalam ajang Academy Awards 2022, Senin (28/3/2022) WIB.
Tangkapan layar saat Will Smith (kanan) menampar Chris Rock (kiri) dalam ajang Academy Awards 2022, Senin (28/3/2022) WIB. (DISNEY PLUS)

Masyarakat mencatat bahwa seseorang memiliki banyak cara sadar dan tidak sadar untuk mengatasi kemarahan mereka, tetapi mereka sebagian besar jatuh ke dalam tiga pendekatan utama: mengekspresikan, menekan, dan menenangkan.

"Mengekspresikan perasaan marah Anda dengan cara yang tegas, tidak agresif, adalah cara paling sehat untuk mengekspresikan kemarahan," menurut asosiasi tersebut.

Tapi kemarahan juga bisa ditekan ketika kita berhenti memikirkan perasaan itu -- asosiasi tersebut menyarankan untuk mengarahkan emosi negatif kita menjadi sesuatu yang positif.

Namun, ada beberapa kehati-hatian dalam respons satu ini, karena jika respons itu tidak dieksternalisasi, kemarahan dapat muncul pada diri kita sendiri, menyebabkan tekanan darah tinggi atau depresi.

Fisher merekomendasikan teknik pertolongan pertama untuk mengatasi kemarahan: "Setop. Pikirkan. Lihatlah gambaran yang lebih besar. Dan pikirkan konsekuensinya."

Tetapi pada hari Minggu, Will Smith memilih reaksi alternatif.

Saat Rock mempersembahkan Oscar untuk film dokumenter terbaik, dia memandang istri Smith, bercanda: "Jada, aku mencintaimu. 'GI Jane 2,' tidak sabar untuk melihatmu," merujuk pada kepalanya yang dicukur.

Meskipun Smith pertama kali menertawakan komentar itu, dia lalu beralih melihat ke istrinya yang jelas tidak merasa geli dengan lelucon itu, jadi dia berjalan di atas panggung, menampar Rock, lalu meneriakkan kata-kata kasar pada Rock untuk menjauhkan nama Jada dari rutinitas leluconnya.

"Smith berhak untuk marah tetapi menjauh dari sumber emosi ini akan melahirkan respons yang jauh lebih baik, ditindaklanjuti dengan percakapan pribadi dengan Rock setelah itu untuk membahas mengapa dia menganggap leluconnya tidak pantas," kata Dannielle Haig, kepala sekolah. psikolog dengan Konseling DH berbasis di London.

Haig menyarankan bahwa menemukan pemicu yang dapat menyebabkan reaksi seperti itu dapat membantu mencegah ledakan lain.

"Begitu Anda tahu apa yang memicu agresi, Anda mulai mencari cara untuk menyelesaikan masalah itu untuk Anda sendiri dan sementara itu, mulailah menjauhkan diri Anda dari situasi apa pun yang dapat menyebabkan Anda terangsang secara emosional ke dalam keadaan agresif," katanya.

American Psychological Association merekomendasikan untuk meredakan situasi dengan bernapas dalam-dalam, memikirkan gambar yang menenangkan, serta melatih otak kita untuk berpikir secara berbeda ketika kita marah.

"Saya tahu itu mungkin bukanlah respons terbaik pada saat itu, tapi Anda tidak bisa menang dengan melawan api dengan api, Anda menang dengan melawan api dengan air," kata Haig.

Fisher juga mengatakan Smith bisa saja melepaskan diri dari situasi itu untuk menghindari bagaimana agresinya itu memuncak: "Dia bisa saja menarik Chris Rock ke samping setelah acara, atau memberi istrinya pilihan dan ruang untuk melakukannya sendiri. Ini adalah reaksi yang ekstrem."

"Misalnya, alih-alih mengatakan pada diri sendiri, 'Oh, ini mengerikan, semuanya hancur,' katakan pada diri sendiri, 'Ini membuat frustrasi, dan dapat dimengerti saya kesal soal itu, tetapi ini bukan akhir dari dunia. Marah tidak akan memperbaikinya'," saran asosiasi.

Strategi lain yang disarankan termasuk mencoba menemukan alasan yang mendasari kemarahan, menemukan cara yang lebih baik untuk berkomunikasi ketika kita berada dalam diskusi yang panas, atau bahkan menyuntikkan sedikit humor untuk menenangkan situasi.

"Ada dua peringatan dalam menggunakan humor. Pertama, jangan mencoba hanya 'menertawakan' masalah Anda; sebaliknya, gunakan humor untuk membantu diri Anda menghadapinya secara lebih konstruktif." 

"Kedua, jangan menyerah pada humor yang kasar dan sarkastik. Itu hanya bentuk lain dari ekspresi kemarahan yang tidak sehat," menurut American Psychological Association.

Tetapi jika strategi konservatif gagal, asosiasi psikologis merekomendasikan konseling untuk membantu mengelola emosi kita.

"Ketika berurusan dengan kemarahan dan kekesalan, banyak klien akan berkata, 'Jika mereka tidak melakukan X, maka saya tidak akan marah'. Ini sama sekali tidak benar. Kita semua bertanggung jawab atas pikiran dan perilaku kita." 

"Kita tidak bisa mengendalikan orang lain. orang atau dunia di sekitar kita. Kita hanya bisa mengendalikan respons kita. Mengambil tanggung jawab atas pilihan Anda adalah pembebasan yang luar biasa dan memberi Anda rasa otonomi yang lebih besar atas hidup Anda," kata Haig.***

Berita Bugar Lainnya:

Penyebab Mudah Marah Saat Lapar

Marah Emosi yang Manusiawi, Berikut 4 Cara Mengelolanya

3 Cara Melepaskan Amarah dengan Cara yang Sehat

  • Sumber: foxnews.com
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Sabtu, 2 April 2022

    Disangka Masih Remaja, Nenek Hot Ini Sebut Puasa 16 Jam adalah Rahasianya

    Bintang TikTok yang dijuluki "nenek seksi" mengungkap rahasia penampilannya yang awet muda, termasuk puasa.

    Bugar

    Minggu, 3 April 2022

    Kenali Afasia, Tanda-tanda yang Tidak Boleh Anda Abaikan dan Jenis-jenisnya

    Afasia adalah kondisi bahasa dan bicara, sering kali disebabkan oleh kerusakan pada sisi kiri otak. Penyebabnya termasuk stroke, cedera kepala parah, tumor otak atau kondisi neurologis progresif.

    Bugar

    Minggu, 3 April 2022

    Hanya Tiga Hari, Transformasi Tubuh Logan Paul Berubah Drastis

    Logan Paul memamerkan transformasi tubuh jelang penampilan di Wrestlemania. Hanya tiga hari, hasilnya menakjubkan. Perut buncitnya tampak berubah datar.

    Bugar

    Senin, 4 April 2022

    Inilah Penyebab yang Mempengaruhi Gairah Seksual Seorang Wanita

    Seksualitas dan hubungan seksual harus dilakukan dengan pendekatan hormat dan positif, yang memungkinkan pengalaman seksual yang menyenangkan dan aman, tanpa paksaan, diskriminasi, atau kekerasan.

    Terbaru

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    4 Makanan dan Minuman yang Bikin Urine Bau Pesing, Kopi Termasuk

    Berikut ini adalah makanan dan minuman yang bikin urine bau pesing.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Menjauh Sejenak dari Media Sosial Bisa Baik untuk Kesehatan Mental

    Sebuah penelitian menunjukkan, memutuskan hubungan dengan jejaring sosial selama seminggu akan mengurangi kecemasan dan depresi secara umum.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Vitamin dan Suplemen

    Mengkonsumsi vitamin bisa menjadi cara yang bagus untuk mendukung kebutuhan nutrisi Anda — tetapi ada cara yang tepat untuk melakukannya.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Pendidikan Emosional pada Anak-anak: Kapan Harus Mulai Mengajari Mereka?

    Penting bagi orang tua untuk mengetahui cara memberi anak alat untuk mengidentifikasi apa yang mereka rasakan dan mengetahui cara mengelolanya.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Workout di Rumah Tanpa Menggunakan Alat

    Berolahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Namun melakukan workout di rumah bisa dibilang lebih menyenangkan karena bisa hemat biaya.

    Bugar

    Senin, 16 Mei 2022

    4 Olahraga Mata yang Ringan dan Mudah Dilakukan, Cocok untuk Gamer dan WFH

    Berikut ini adalah empat olahraga mata yang muda dilakukan. Layak banget dipratikkan oleh gamer dan pekerja WFH.

    Bugar

    Senin, 16 Mei 2022

    7 Makanan Pelancar Buang Air Besar untuk Mengatasi Sembelit

    Berikut ini tujuh makanan yang baik dikonsumsi demi melancarkan buang air besar atau mengatasi sembelit.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    Manfaat Acar untuk Kesehatan, dari Sumber Antioksidan hingga Mengontrol Gula Darah

    Berikut ini adalah sejumlah manfaat acar untuk kesehatan.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    Bukan Cemilan Biasa, Berikut Segudang Manfaat Kacang Mete yang Perlu Diketahui

    Berikut ini manfaat kacang mete yang telah dirangkum Skor.id dari Healthline.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    5 Manfaat Penting Jintan Hitam, Rempah yang Dijuluki Obat Segala Macam Penyakit

    Jintan hitam atau habbatussauda disebut sebagai biji dengan manfaat sebagai obat segala penyakit
    X