IIMS

Minuman 'Sehat' yang Bisa Berbahaya bagi Wanita Muda dan Gadis Remaja

12 Januari 2022, 19:58 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi susu almond, yang menurut penelitian tidak cukup sebagai pengganti susu sapi yang bermanfaat bagi kesehatan tulang.
Ilustrasi susu almond, yang menurut penelitian tidak cukup sebagai pengganti susu sapi yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. /Pixabay

SKOR.id - Seorang ahli gizi telah memberikan peringatan bahwa beberapa minuman "sehat" sebenarnya justru bisa berbahaya, terutama bagi para wanita dan gadis remaja.

Pakar makanan dan nutrisi Profesor Ian Givens mengungkapkan rasa prihatinnya berkaitan terhadap alternatif susu yang sedang trendi seperti oat, almond, dan susu kedelai.

Pengganti susu adalah makanan pokok dari pola makan nabati (vegan) dan umumnya lebih rendah kalori daripada makanan standar hijau (vegan) atau biru.

Tetapi kategori yang tersebut di atas hampir tidak memiliki manfaat susu sapi.

Kekhawatiran yang diutarakan Prof Given adalah bahwa wanita muda mengorbankan asupan nutrisi penting mereka dengan mengurangi produk susu.

Tren yang semakin berkembang untuk membatasi daging merah dari makanan, katanya, juga telah memperburuk tingkat defisiensi.

Prof Givens, direktur Institute for Food, Nutrition and Health di Reading University, Inggris, mengatakan kaum wanita sangat berisiko karena mereka “lebih sensitif terhadap pesan” yang bertentangan dengan daging dan susu.

Dia berkata: "Kekhawatirannya adalah, ada sejumlah kasus yang sangat spesifik di mana anak-anak kecil sekarang telah beralih ke produk-produk tersebut dan telah mengembangkan semacam kekurangan protein yang tidak Anda harapkan di masyarakat Barat."

Yang terjadi saat ini, seperti diperoleh dari data, setengah dari perempuan berusia antara 11 dan 18 tidak mendapatkan tingkat zat besi yang direkomendasikan jika dibandingkan dengan 11 persen laki-laki pada usia yang sama.

“Itu telah terjadi selama 20 hingga 30 tahun terakhir, sebenarnya, dan itu mengkhawatirkan” kata Prof Givens pada konferensi media, menurut MailOnline.

Sekitar 27 persen wanita berusia antara 19 hingga 64 tahun tidak mencapai target zat besi dibandingkan dengan hanya dua persen pria.

Zat besi bisa ditemukan dalam makanan nabati seperti kacang-kacangan, kacang-kacangan dan buah kering, tetapi paling banyak terdapat pada daging.

Sementara itu, zat besi adalah faktor kunci dalam membantu darah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan ketika tubuh tidak dapat melakukan hal itu dengan benar dapat menyebabkan kelelahan dan kehilangan konsentrasi – yang disebut sebagai gejala anemia.

Seperempat gadis remaja mengonsumsi terlalu sedikit yodium, kalsium, dan seng, menurut Survei Diet dan Gizi Nasional yang didanai pemerintah.

“Itu sebagian besar merupakan fungsi dari pengurangan konsumsi susu,” kata Prof Givens.

Sang profesor memperingatkan bahwa susu adalah salah satu sumber yodium terkaya, yang juga ditemukan pada ikan laut dan kerang.

Masalahnya, ketiga makanan tersebut dilarang dalam pola makan vegan yang ketat.

Tetapi kekurangan yodium menjadi kekhawatiran khusus pada wanita muda yang mendekati usia subur karena sangat penting untuk kesehatan janin, kata Prof Givens lagi, seperti dilaporkan oleh The Times.

Pakar gizi itu menambahkan bahwa kalsium - serta magnesium, yang juga kurang dalam makanan wanita - penting untuk perkembangan tulang.

Wanita muda yang mengalami defisiensi pada masa remajanya dapat menghadapi masalah lebih besar setelah menopause, saat kesehatan tulang dapat memburuk karena hormon.

Prof Givens berkata: “Tahun-tahun remaja sangat penting untuk perkembangan tulang." 

“Jika Anda tidak melakukannya dengan benar, itu akan berpengaruh pada kesehatan tulang pada masa tua, meningkatkan risiko patah tulang yang bisa mengurangi kualitas hidup.”

Bergerak dengan tren
NHS - dinas kesehatan nasional Inggris - mengatakan bahwa " dengan perencanaan yang baik dan pemahaman tentang apa yang membentuk pola makan vegan yang sehat dan seimbang, Anda bisa mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda”.

Tapi tanpa perawatan, “Anda bisa kehilangan nutrisi penting, seperti kalsium, zat besi, dan vitamin B12”.

Beberapa jenis susu nabati diperkaya dengan yodium, kata NHS.

Dan Prof Givens juga mengatakan produsen "mulai mencoba memperkuat produk ini untuk membuatnya lebih dekat dengan susu daripada mungkin aslinya".

Tetapi dia menambahkan ada "cara yang cukup untuk mengatasinya".

Sepertiga (32%) orang di Inggris sekarang dilaporkan minum susu yang terbuat dari kedelai, oat, almond, atau beras – naik dari 25% pada tahun 2020, menurut penelitian yang dilakukan oleh Mintel.

Survei menemukan bahwa pada mereka yang berusia antara 25 hingga 44 tahun, hampir 44 persen adalah konsumen susu nabati.

Orang-orang mengatakan mereka memilih beralih ke produk bebas susu karena khawatir tentang lingkungan dan kesehatan.

Survei lain menemukan orang Inggris yang lebih muda hampir dua kali lebih mungkin untuk "menjadi hijau (vegan)" daripada mereka yang berusia di atas 60 tahun.

Sepertiga orang Inggris mengatakan mereka ingin beralih ke pola makan nabati pada tahun 2022, dan dari mereka, 53 persen berpikir itu adalah cara makan yang lebih sehat.***

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Skor.id (@skorindonesia)

Berita Bugar Lainnya:

5 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Kanker!

  • Sumber: The Sun
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Selasa, 11 Januari 2022

    5 Makanan yang Baik untuk Mempercepat Pemulihan Patah Tulang

    Untuk mempercepat proses penyembuhan harus ditunjang dengan pola konsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium.

    Bugar

    Rabu, 12 Januari 2022

    Apakah Masker Saya Melindungi Saya jika Tidak Ada Orang Lain yang Memakainya?

    Masker berfungsi paling baik saat semua orang di ruangan mengenakannya, tapi Anda tetap terlindungi meski orang di sekitar Anda tidak.

    Bugar

    Rabu, 12 Januari 2022

    Diet Manusia Terkuat Eddie Hall Sehari 6 Kali Makan

    Mantan Orang Terkuat Dunia Eddie Hall mengungkapkan diet 7.000 kalori sehari yang mengejutkan menjelang pertarungan tinjunya dengan sesama orang kuat Hafthor Bjornsson.

    Bugar

    Rabu, 12 Januari 2022

    Setengah Sendok Makan Minyak Zaitun Sehari Menjauhkan Anda dari Penyakit Kadiovaskular

    7 gram minyak zaitun sehari menurunkan risiko kematian dari penyakit kardiovaskular, kanker, neurodegeneratif, dan penyakit pernapasan.

    Terbaru

    Bugar

    Jumat, 28 Januari 2022

    Mengenal Penyakit OCD yang Dialami Aliando

    Untuk pengobatannya sendiri sampai saat ini masih belum ada.

    Bugar

    Jumat, 28 Januari 2022

    Benjolan di Leher: Apa Penyebabnya dan Kapan Saya Harus Khawatir?

    Dalam kebanyakan kasus bejolan di leher biasanya jinak dan disebabkan oleh penyakit inflamasi atau faktor bawaan atau pada kasus lainnya, kanker.

    Bugar

    Jumat, 28 Januari 2022

    Gangguan Makan: Apa Itu dan Mengapa Jumlah Kasus Terus Bertambah

    Gangguan makan adalah kondisi medis serius dengan pengaruh biologis dan ditandai dengan gangguan parah dalam perilaku makan.

    Bugar

    Jumat, 28 Januari 2022

    Ini yang Harus Anda Makan sebelum Pergi ke Gym untuk Latihan Membentuk Otot

    Menyesuaikan nutrisi sama pentingnya dengan olahraga dalam hal meningkatkan massa otot: termasuk protein, karbohidrat, dan lemak.

    Bugar

    Kamis, 27 Januari 2022

    Penyebab Terjadinya Usus Buntu

    Penyebab usus buntu sebenarnya bukan lah makanan pedas.

    Bugar

    Kamis, 27 Januari 2022

    Dehidrasi Dapat Memengaruhi Kesehatan Anda

    Sekitar 60% dari berat badan pria dewasa dan 50-55% pada wanita adalah air, menurut komposisi tubuh, usia, jenis kelamin, dan aktivitas fisik.

    Bugar

    Kamis, 27 Januari 2022

    Aktor Henry Cavill Membagikan Saran Kebugaran Terbaik kepada Para Pemula

    Dalam video untuk situs bodybuilding.com, aktor Henry Carvill berbicara soal pendekatannya terhadap program kebugaran dan kesehatannya.

    Bugar

    Kamis, 27 Januari 2022

    Suplemen Vitamin D: Kapan Saya Harus Mengkonsumsinya?

    Vitamin D mengurangi risiko tertular osteoporosis, tapi tidak disarankan mengosumsinya dengan dosis tinggi, terutama yang punya isu kesehatan.

    Bugar

    Rabu, 26 Januari 2022

    Baik untuk Kesehatan Mata dan Otak, Inilah Berbagai Manfaat dari Telur Ikan

    Kandungan DHA dan EPA dalam telur ikan penting untuk perkembangan visual pada bayi dan fungsi retina pada anak-anak dan orang dewasa.

    Bugar

    Rabu, 26 Januari 2022

    Manfaat Mendengar Lagu Galau untuk Psikologis

    Setidaknya ada enam manfaat mendengarkan musik.
    X