Pelajari, Takaran Porsi Buah yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi dalam Sehari

16 Januari 2023, 12:45 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan makan setidaknya 400 g buah dan sayuran sehari, yaitu sekitar lima porsi.
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan makan setidaknya 400 g buah dan sayuran sehari, yaitu sekitar lima porsi. /Pixabay

  • Semua orang diajarkan betapa pentingnya makan buah dan sayur sejak kecil.
  • Itu mengandung vitamin, mineral, serat, dan komponen lain yang sangat mendukung berfungsinya tubuh.
  • FAO diperkirakan asupan buah dan sayuran yang tidak mencukupi menjadi penyebab sekitar 14% kematian akibat kanker saluran cerna di seluruh dunia.

SKOR.id - Sejak kecil kita semua sudah dan selalu ditanamkan pentingnya makan buah, dan itu ternyata memang begitu adanya.

Jenis makanan ini mengandung komponen penting dari diet sehat dan mengonsuminya akan membantu mencegah masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan obesitas.

Untuk alasan inilah, asupan hariannya sangat dianjurkan. Menurut data Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO), diperkirakan asupan buah dan sayuran yang tidak mencukupi menjadi penyebab sekitar 14% kematian akibat kanker saluran cerna di seluruh dunia.

Selain itu, minimnya asupan buah juga menyumbang 11% kematian akibat penyakit jantung iskemik dan 9% dari kecelakaan serebrovaskular.

Tetapi, berapa banyak buah yang harus Anda makan sehari? Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan makan setidaknya 400 g buah dan sayuran sehari, yaitu sekitar lima porsi.

The American Heart Association dan organisasi internasional lain, pada bagian mereka, telah merekomendasikan untuk memasukkan lima atau lebih porsi buah dan sayuran per hari karena mengandung vitamin, mineral, serat, dan komponen lain yang sangat mendukung berfungsinya tubuh.

Ilustrasi sayuran
Ilustrasi sayuran (Pixabay)

Sepotong buah menyediakan lebih banyak serat daripada minuman jus, yang sangat penting untuk membangkitkan rasa kenyang dan meningkatkan transit usus, menurut Mejor con Salud.

Buah memberikan energi, memuaskan nafsu makan, membantu menyehatkan tubuh, serta menjaga berat badan yang sehat, hidrasi yang baik serta merawat kesehatan mulut dan rambut.

Organisme manusia juga menunjukkan metabolisme gula yang lebih baik antara siang dan matahari terbenam. Untuk itu, tidak disarankan mengkonsumsi buah terlebih dahulu pada pagi atau malam hari, sehingga mengurangi efek negatif fruktosa.

Perlu juga diperhatikan bahwa asupan sayur harus lebih diprioritaskan daripada buah, karena memiliki kepadatan gizi yang lebih tinggi.

Beberapa sayuran memiliki kandungan fitonutrien yang tinggi, oleh karena itu ideal untuk mencegah perkembangan patologi kompleks, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food.

Dianjurkan untuk memakan buah dengan perut kenyang, karena dapat meredam dampak fruktosa, yang bisa berbahaya.

Waktu terbaik untuk makan buah adalah setelah makan siang dan bisa juga saat tengah hari disertai dengan makanan yang lebih banyak.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Sederet Tips Memilih Buah yang Tepat untuk Penderita Diabetes

Hindari 7 Buah yang Bisa Sebabkan Lonjakan Gula Darah 'Berbahaya', Kata Ahli Kesehatan

5 Manfaat Makan Buah dan Sayur untuk Tanpa Disadari Membantu Menurunkan Berat Badan

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: Mundo Deportivo
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Sabtu, 14 Januari 2023

    Tidur dengan Selimut Tebal Baik untuk Kesehatan Mental Anda

    Tidur dengan selimut tebal baik untuk kesehatan mental Anda. Menggunakan selimut berbobot pada waktu tidur meningkatkan melatonin pada orang dewasa muda,

    Bugar

    Minggu, 15 Januari 2023

    6 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan yang Kurang Dikenal, tapi Paling Banyak Bakar Kalori dalam Sehari

    Enamjenis olahraga untuk menurunkan berat badan yang tidak Anda ketahui dan paling banyak membakar kalori dalam sehari.

    Bugar

    Minggu, 15 Januari 2023

    Kelebihan dan Kekurangan Singkong, Opsi Karbohidrat di Luar Nasi dan Pasta

    Singkong mengandung manfaat nutrisi yang patut dibanggakan dan bisa menjadi cara yang bagus bagi penggemar olahraga, terutama yang mengikuti diet bebas gluten, untuk mendapatkan karbohidrat berenergi yang dibutuhkan untuk mengimbanginya.

    Bugar

    Minggu, 15 Januari 2023

    Temukan Hobi yang Akan Membuat Anda Menjadi Orang yang Lebih Pintar

    Tidak ada cara yang lebih baik untuk melatih diri sendiri daripada melakukan sesuatu yang Anda sukai, selain hobi terbaik untuk menjadikan diri Anda lebih pintar,

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 29 Januari 2023

    10 Merek Raket Bulu Tangkis Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan, dari Li-Ning hingga Yonex

    Tentunya, tiap merek raket memiliki ciri khas masing-masing dengan sedikit variasi pada bobot, keseimbangan, dan kelenturan.

    Bugar

    Minggu, 29 Januari 2023

    Diet dan Bunga Bach, Rahasia Lionel Messi Mengatasi Muntah dan Menjadi Bintang Elite di Lapangan

    Dokter asal Italia, Giuliano Poser mengubah cara makan Lionel Messi dan membiarkannya terus menjadi pemain sepak bola elite hingga hari ini.

    Bugar

    Minggu, 29 Januari 2023

    Mengukur Berapa Banyak Olahraga yang Harus Dilakukan Berdasarkan Umur, Kata WHO

    WHO telah memberikan penjelasan jenis olahraga apa yang harus dilakukan berdasarkan usia dan berapa banyak waktu yang harus dihabiskan dalam sehari.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Tips Memilih Raket Bulu Tangkis Sesuai Karakter Permainan Anda

    Memilih raket bulu tangkis yang tepat atau terbaik untuk diri Anda sendiri bisa menjadi hal yang membingungkan pada awalnya.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Perlu Tahu, Risiko Duduk untuk Waktu yang Lama

    Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2016 oleh majalah The Lancet, yang menganalisis data dari lebih dari satu juta orang, menyimpulkan bahwa duduk selama lebih dari delapan jam setiap hari tanpa aktivitas fisik menghasilkan risiko kematian yang serupa dengan yang disebabkan oleh merokok dan obesitas.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Kenakan Sepatu Anda dan Mulailah Berjalan: Ini Tren yang Akan Memberi Anda Manfaat Mental dan Fisik

    Anda telah melihat "Hot Girl Walk" di seluruh media sosial sepanjang tahun lalu, tetapi apakah tren ini bermanfaat?

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Veronika Rajek Ungkap Rahasia Kebugaran

    Veronika Rajek mengungkapkan rahasia kebugarannya kepada The U.S. Sun.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Januari adalah Bulan Kesadaran Glaukoma: Lindungilah Penglihatan Anda

    Januari adalah Bulan Kesadaran Glaukoma Nasional, waktu yang penting untuk menyebarkan berita tentang penyakit yang mencuri penglihatan ini.

    Bugar

    Jumat, 27 Januari 2023

    Retinopati Diabetik: Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya

    Orang yang telah didiagnosis menderita diabetes memiliki risiko lebih besar untuk terkena penyakit mata serta gangguan penglihatan karena suatu kondisi yang dikenal sebagai retinopati diabetik.

    Bugar

    Jumat, 27 Januari 2023

    Bagaimana Cara Kita untuk Dapat Meningkatkan Self-Esteem

    Harga diri adalah seperangkat keyakinan, persepsi, evaluasi, dan pemikiran yang kita miliki tentang diri kita sendiri. Ini adalah penilaian yang kita buat tentang diri kita sendiri berdasarkan pengalaman kita.
    X