Peneliti Temukan Metode Menurunkan Berat Badan dengan Melakukan Satu Hal Ini

9 Agustus 2022, 20:25 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi seorang pria berbadan gemuk atau pengidap obesitas.
Ilustrasi seorang pria berbadan gemuk atau pengidap obesitas. /Pixabay.com

  • Klinik penurunan berat badan di sebuah universitas di Amerika menemukan cara untuk menurunkan berat badan sekaligus menurunkan tekanan darah.
  • Survei dilakukan terhadap peserta dengan obesitas berusia 25-75 tahun.
  • Kuncinya hanya membatasi periode makan antara pukul 7 pagi dan 3 sore.

SKOR.id - Membatasi makan Anda antara pukul 7 pagi dan 3 sore diyakini dapat membantu untuk menurunkan berat badan sekaligus tekanan darah Anda, menurut temuan para peneliti internasional.

Uji klinis acak atas 90 orang dewasa dengan obesitas di Amerika Serikat menemukan bahwa orang yang hanya makan selama periode terbatas di atas, kehilangan sekitar 5 pon - setara 2,2 kg - lebih banyak berat badan mereka, dibandingkan yang makan 12 jam atau lebih.

Mereka juga menurunkan tekanan darah mereka selama periode 14 minggu.

“Oleh karena itulah, intervensi eTRE (pembatasan waktu makan dini) dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk masalah obesitas dan hipertensi,” kata para penulis.

“Cara ini juga dapat meningkatkan suasana hati dengan mengurangi kelelahan dan perasaan depresi/kesedihan serta meningkatkan kekuatan. Dan, bahwa mereka yang bisa bertahan dengan eTRE, mampu kehilangan lebih banyak lemak tubuh dan lemak di bagian perut."

“Namun, eTRE tidak memengaruhi sebagian besar faktor risiko kardiometabolik puasa dalam analisis niat utama untuk pengobatan.”

Uji coba dilakukan antara Agustus 2018 hingga April 2020.

Para peserta adalah orang dewasa berusia 25 hingga 75 tahun dengan obesitas dan yang menerima perawatan penurunan berat badan melalui Weight Loss Medicine Clinic di University of Alabama di Rumah Sakit Birmingham, Amerika Serikat.

“Data kami menunjukkan bahwa eTRE cukup layak, karena para peserta rata-rata mengikuti enam hari per minggu, dan sebagian besar peserta mematuhi setidaknya lima hari per minggu,” kata para penulis.

“Terlepas dari tantangan menavigasi kegiatan sosial malam hari dan jadwal kerja, kepatuhan terhadap eTRE serupa dengan intervensi TRE lainnya dan kepuasan serupa di antara kelompok." 

“Selain itu, kami menemukan eTRE ini dapat diterima oleh banyak pasien. Sekitar 41 persen peserta dalam kelompok eTRE+ER berencana untuk terus melatih eTRE setelah penelitian selesai.”

Namun, penulis mengatakan percobaan yang lebih besar diperlukan untuk mengkonfirmasi apakah lebih baik untuk menghilangkan lemak secara khusus.

“Uji coba klinis di masa depan perlu mendaftarkan ukuran sampel yang jauh lebih besar – hingga mencapai 300 peserta – untuk menentukan apakah IF (puasa intermiten) memengaruhi komposisi tubuh dan kesehatan kardiometabolik,” kata para penulis, lagi.

“Studi di masa depan harus menyelidiki apakah waktu dan durasi jendela makan dapat memengaruhi hasil ini, serta menentukan siapa yang dapat mematuhi eTRE vs siapa yang tidak dapat dan sebaliknya akan mendapat manfaat dari intervensi waktu makan lainnya."

“Intervensi eTRE harus diuji lebih lanjut sebagai pendekatan berbiaya rendah dan mudah diterapkan untuk meningkatkan kesehatan dan mengobati penyakit.”

Para penulis juga mencatat ada beberapa keterbatasan dalam penelitian mereka tersebut.

“Penelitian kami memiliki beberapa keterbatasan, termasuk durasi yang sederhana, sebagian besar pendaftar adalah wanita, dan tidak mencapai ukuran sampel yang kami inginkan, sebagian karena pandemi Covid-19,” kata mereka.

“Juga, kami mengukur aktivitas fisik dengan laporan diri, bukan dengan akselerometri, yang mungkin membatasi kemampuan kami untuk mendeteksi perbedaan aktivitas fisik antar kelompok." 

“Pada akhirnya, kami mengukur titik akhir kardiometabolik hanya dalam keadaan puasa. Penelitian masa depan harus menyelidiki titik akhir glikemik dalam keadaan postprandial atau selama periode 24 jam."***

Berita Bugar Lainnya:

Deretan Manfaat Mengonsumsi Buah Salak, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

Bersepeda Baik untuk Menurunkan Berat Badan, Menurut Ahli Kebugaran

5 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: nypost.com
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Senin, 8 Agustus 2022

    Deretan Manfaat Mengonsumsi Buah Salak, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

    Salak adalah buah yang termasuk dalam famili Palmae atau merupakan tumbuhan Arecaceae.

    Bugar

    Senin, 8 Agustus 2022

    Konsumsi Protein Terlalu Sedikit atau Terlalu Banyak Bisa Berbahaya bagi Kesehatan

    Membicarakan nutrisi pokok, tidak ada bahan untuk membangun pondasi tubuh - block building - yang lebih penting daripada protein.

    Bugar

    Senin, 8 Agustus 2022

    Apa yang Kate Middleton Makan dalam Sehari? Kuncinya, Diet yang 'Relatable'

    The Duchess of Cambridge dikatakan berpegang pada diet 'relatable' yang memungkinkan dia untuk menikmati beragam makanan,

    Bugar

    Senin, 8 Agustus 2022

    Ini Persisnya Efek Buruk Minum Alkohol Berlebihan pada Kulit Anda

    Minum minuman beralkohol dapat berdampak serius pada kulit. Dan kebanyakan orang dewasa tahu secara langsung bagaimana alkohol berdampak pada mereka.

    Terbaru

    Bugar

    Rabu, 5 Oktober 2022

    Perlu Tahu! Perbedaan antara Gula Tambahan, Gula Alami, dan Pemanis Buatan

    Ingin mengurangi asupan gula Anda? Seorang ahli diet menjelaskan apa yang perlu Anda ketahui tentang berbagai jenis pemanis — dan bagaimana memilih dengan bijak.

    Bugar

    Rabu, 5 Oktober 2022

    Legenda Tenis Martina Navratilova Berbagi Pelajaran dari Rasa Takut atas Diagnosis Kanker Payudara

    Legenda tenis Martina Navratilova berbicara diagnosis kanker payudara dan mendesak wanita untuk melakukan pemeriksaan rutin, berbagi pelajaran dari ketakutan kesehatannya dan mengungkapkan bagaimana dia tetap positif selama perawatan.

    Bugar

    Selasa, 4 Oktober 2022

    Mengenal Trypophobia, Fobia Terhadap Lubang plus Penyebab serta Cara Menanganinya

    Berikut ini uraian soal trypophobia atau fobia lubang yang bisa dialami siapa saja, dilengkapi penyebab, gejala dan cara menanganinya.

    Bugar

    Selasa, 4 Oktober 2022

    Membaca Sebelum Tidur: Obat untuk Kesehatan Mental dan Tidur Berkualitas

    Membaca sebelum tidur: obat untuk kesehatan mental dan kebersihan tidur, membantu untuk memutuskan aktivitas, meningkatkan relaksasi dan membantu untuk tertidur antara lain.

    Bugar

    Selasa, 4 Oktober 2022

    Kelly Osbourne Didiagnosis Diabetes Gestational saat Hamil Trimester Ketiga, Ini Pemicunya

    Penyanyi berusia 37 tahun itu mengatakan dia awalnya menyalahkan dirinya sendiri dan sejak itu mengubah kebiasaan makannya.

    Bugar

    Selasa, 4 Oktober 2022

    Coba Program untuk Kembali Bugar dengan Rencana 31 Hari Berjalan Kaki

    Kembali ke kebugaran dengan rencana jalan kaki 31 hari ini. Ini bukan hanya cuaca sweter — ini waktu yang tepat untuk memakai sepatu kets dan berjalan-jalan!

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Perlu Diketahui soal Posisi Tidur yang Benar dan Cara yang 'Benar' untuk Tidur

    Dalam posisi apa saya harus tidur, dan apakah ada cara yang 'benar' untuk tidur?

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Makanan Rahasia Pemain Sepak Bola Elite: Banyak Protein dan Rendah Kalori

    Makanan rahasia pemain sepak bola dengan banyak protein dan sedikit kalori. Ada dua jenis ganggang yang meningkatkan kinerja dan meningkatkan vitalitas dan energi: spirulina dan chlorella

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Gas Air Mata, Gejala Jika Terkena dan Penanganan yang Mesti Dilakukan

    Berikut ini uraian soal gas air mata, sesuatu yang jadi sorotan dari tragedi Kanjuruhan, lengkap dengan gejala dan apa yang harus dilakukan.

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Cedera yang Ancam Peluang Ronald Araujo ke Piala Dunia Qatar

    Menurut pernyataan medis yang diberikan oleh Barcelona di akun Twitter resmi mereka, "Ronald Araujo mengalami avulsi pada tendon adductor longus di paha kanan."
    X