Perlu Anda Tahu, Ada Perbedaan Besar antara Stres dan Kecemasan

23 Januari 2023, 20:45 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi stres.
Ilustrasi stres. /pixabay.com

  • Efek dari situasi emosional yang kompleks sering kali diidentifikasikan sebagai stres atau kecemasan.
  • Pada kenyataannya, ada perbedaan yang signifikan antara stres dan kecemasan.
  • Berikut penjelasan tentang bagaimana memisahkan kedua diagnosis tersebut.

SKOR.id - Pada saat orang memiliki dosis kerja yang terbilang tinggi, situasi emosional yang kompleks, jadwal yang padat atau semuanya secara bersamaan, mereka cenderung mengidentifikasi efek yang ditimbulkannya sebagai stres atau kecemasan.

Perasaan itulah yang sering menimbulkan ketidaknyamanan dan menyebabkan kita beralih untuk menjalani hidup lebih cepat.

Sebenarnya apresiasi sehari-hari ini tidak salah arah. Stres adalah respons yang manusiawi dan sangat alami pada manusia yang ditandai dengan menempatkan tubuh (dan juga otak) dalam mode terbang. Itu reaksi yang dirancang untuk muncul ketika ancaman dirasakan dan mengundang tubuh untuk melepaskan hormon stres.

Ketika itu terjadi, jantung berdetak lebih cepat dan darah didistribusikan ke seluruh tubuh dalam jumlah yang lebih banyak, baik melalui ekstremitas maupun organ vital. Yang jelas, itu adalah kondisi nyata dengan gejala fisik.

Tetapi, perlu diketahui, ada perbedaan antara kecemasan dan stres. Terlepas dari kenyataan bahwa kita menggunakan kedua kata untuk merujuk pada keadaan karakteristik ini, faktanya adalah bahwa menderita stres tidak sama dengan kecemasan. Maka itulah menarik untuk mempelajari bagaimana memisahkan kedua diagnosis tersebut.

Pemahaman tentang stres
Stres adalah respons fisiologis yang akan muncul saat otak menginterpretasikan bahwa ada bahaya. Pada dasarnya, kondisi itu dirancang untuk menyelamatkan kita dari masalah tertentu yang membahayakan hidup kita, seperti serangan binatang.

Ilustrasi gangguan kecemasan.
Ilustrasi gangguan kecemasan. (PIXABAY)

Namun, saat ini kita dapat mengaktifkan alarm ini sebagai akibat dari kondisi lain yang tidak menimbulkan risiko yang begitu dekat dengan hidup kita. Organisme mulai dengan struktur yang siap untuk pertahanan ketika ini terjadi dan tubuh mulai bertindak dengan cara yang berbeda. Oleh karena itu, stres jauh melampaui persepsi emosional belaka.

Begitu organisme telah mempersiapkan dirinya untuk aktivitas pertahanan yang intens ini, untuk upaya fisik tingkat pertama, inilah waktunya untuk turun. Kondisi tenang pun tiba, memulihkan tingkat normal mengingat fakta bahwa bahaya telah berlalu.

Kecemasan melangkah lebih jauh
Kecemasan berasal, untuk bagiannya, dari aktivasi terus menerus dari cabang simpatik dari sistem saraf otonom (ANS).

Pada titik ini otak membaca bahwa dia harus mempertahankan kinerjanya untuk melarikan diri atau bertahan, tetapi dia harus melakukannya untuk waktu lama dan tidak pasti.

Sekali lagi, kita berbicara tentang keadaan yang sepenuhnya fisik.

Keadaan ini dapat berguna dalam keadaan tertentu, ketika kita harus meningkatkan kinerja untuk pekerjaan atau masalah pribadi untuk jangka waktu tertentu, meskipun itu menimbulkan ketidaknyamanan yang luar biasa. Namun, jika ini menjadi patologis dan tidak kunjung sembuh, akibatnya bisa signifikan.

Dalam jangka panjang, mungkin muncul gejala yang menandakan adanya kecemasan, dan bukan stres, yang dapat berupa sakit kepala, pusing, sulit berkonsentrasi, gangguan tidur, dan lain-lain.

Pada titik di mana hal ini mengganggu kehidupan dan menjadi keadaan permanen, penting untuk mendapatkan bantuan profesional.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

John Mayer Berbagi Bagaimana Gangguan Kecemasan Pengaruhi Musik dan Hubungan Cintanya

Bintang NBA Memilih Pensiun pada Usia 22: Kecemasan Jadi Pemicu, Ini Kata Psikolog Olahraga

Gangguan Kecemasan Sering Terjadi, Ini yang Harus Diketahui Semua Orang

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: Mundo Deportivo
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Sabtu, 21 Januari 2023

    Belajar dari Kesalahan Sendiri, Michael Phelps Ajari Tiga Putranya untuk Hadapi Stres

    Michael Phelps memegang rekor sepanjang masa untuk medali emas Olimpiade, menghasilkan 23 kemenangan tingkat atas untuk talentanya yang melegenda di kolam renang, tetapi dia yakini bisa memiliki lebih banyak medali jika tidak menekan perasaannya.

    Bugar

    Minggu, 22 Januari 2023

    Trik asal Jepang yang Efektif untuk Dapatkan Perut Rata: handuk dan Waktu 5 Menit

    Seorang dokter Jepang, Toshiki Fukutsudzi, menciptakan sebuah latihan yang menjanjikan untuk menghilangkan lemak perut dan memperbaiki postur tubuh hanya dengan menggunakan handuk.

    Bugar

    Minggu, 22 Januari 2023

    Kraken, Varian Baru dari Virus Corona, Menurut Ahli Virologi, Imunologi, dan Epidemiologi

    Kraken adalah nama subvarian terakhir dari omicron yang telah melonjak hingga saat ini telah ditetapkan secara tidak resmi. Apakah itu pantas diributkan? Mungkin bukan dari sudut pandang media, tapi dari sudut pandang ilmiah dan medis.

    Bugar

    Senin, 23 Januari 2023

    8 Cara Hidup Lebih Sehat di Tahun 2023

    Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang membuat resolusi cenderung meninggalkannya dengan cepat – yang tidak mengherankan mengingat tujuan yang seringkali tidak dapat dicapai - yang kita tetapkan sendiri.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 29 Januari 2023

    10 Merek Raket Bulu Tangkis Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan, dari Li-Ning hingga Yonex

    Tentunya, tiap merek raket memiliki ciri khas masing-masing dengan sedikit variasi pada bobot, keseimbangan, dan kelenturan.

    Bugar

    Minggu, 29 Januari 2023

    Diet dan Bunga Bach, Rahasia Lionel Messi Mengatasi Muntah dan Menjadi Bintang Elite di Lapangan

    Dokter asal Italia, Giuliano Poser mengubah cara makan Lionel Messi dan membiarkannya terus menjadi pemain sepak bola elite hingga hari ini.

    Bugar

    Minggu, 29 Januari 2023

    Mengukur Berapa Banyak Olahraga yang Harus Dilakukan Berdasarkan Umur, Kata WHO

    WHO telah memberikan penjelasan jenis olahraga apa yang harus dilakukan berdasarkan usia dan berapa banyak waktu yang harus dihabiskan dalam sehari.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Tips Memilih Raket Bulu Tangkis Sesuai Karakter Permainan Anda

    Memilih raket bulu tangkis yang tepat atau terbaik untuk diri Anda sendiri bisa menjadi hal yang membingungkan pada awalnya.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Perlu Tahu, Risiko Duduk untuk Waktu yang Lama

    Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2016 oleh majalah The Lancet, yang menganalisis data dari lebih dari satu juta orang, menyimpulkan bahwa duduk selama lebih dari delapan jam setiap hari tanpa aktivitas fisik menghasilkan risiko kematian yang serupa dengan yang disebabkan oleh merokok dan obesitas.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Kenakan Sepatu Anda dan Mulailah Berjalan: Ini Tren yang Akan Memberi Anda Manfaat Mental dan Fisik

    Anda telah melihat "Hot Girl Walk" di seluruh media sosial sepanjang tahun lalu, tetapi apakah tren ini bermanfaat?

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Veronika Rajek Ungkap Rahasia Kebugaran

    Veronika Rajek mengungkapkan rahasia kebugarannya kepada The U.S. Sun.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Januari adalah Bulan Kesadaran Glaukoma: Lindungilah Penglihatan Anda

    Januari adalah Bulan Kesadaran Glaukoma Nasional, waktu yang penting untuk menyebarkan berita tentang penyakit yang mencuri penglihatan ini.

    Bugar

    Jumat, 27 Januari 2023

    Retinopati Diabetik: Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya

    Orang yang telah didiagnosis menderita diabetes memiliki risiko lebih besar untuk terkena penyakit mata serta gangguan penglihatan karena suatu kondisi yang dikenal sebagai retinopati diabetik.

    Bugar

    Jumat, 27 Januari 2023

    Bagaimana Cara Kita untuk Dapat Meningkatkan Self-Esteem

    Harga diri adalah seperangkat keyakinan, persepsi, evaluasi, dan pemikiran yang kita miliki tentang diri kita sendiri. Ini adalah penilaian yang kita buat tentang diri kita sendiri berdasarkan pengalaman kita.
    X