Perlu Diketahui soal Posisi Tidur yang Benar dan Cara yang 'Benar' untuk Tidur

2 Oktober 2022, 21:45 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi tidur.
Ilustrasi tidur. /(TRIBUNNEWS)

  • Tidur sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan kita.
  • Sebuah penelitian menemukan bahwa kebanyakan orang lebih suka tidur miring dan banyak bergerak di malam hari.
  • Yang masih bermasalah, apakah kita telah melakukannya (tidur) dengan benar?

SKOR.id - Setelah 50 tahun, peneliti tidur terkemuka Universitas Stanford, William Dement, dilaporkan mengatakan satu-satunya penjelasan kuat yang dia tahu mengapa kita tidur adalah "karena kita mengantuk".

Meskipun tidur mungkin, seperti yang dikatakan seorang peneliti, "satu-satunya perilaku utama dalam mencari fungsi", itu jelas penting bagi kesehatan dan kesejahteraan kita.

Pertanyaan besarnya, apakah kita melakukannya dengan benar? Apa kata penelitian tentang posisi tidur? Simak penjelasannya di bawah ini, seperti yang dilansir dari abc.net.au dan dipublikasikan dalam The Conversation. 

Apakah ada posisi yang benar untuk tidur?
Kebanyakan orang lebih suka tidur miring. Ini cukup bagus, karena mereka yang berbaring telentang cenderung kurang tidur atau mengalami kesulitan bernapas di malam hari.

Dalam kebanyakan kasus, kita cenderung banyak bergerak di malam hari. Dan, sebuah studi terhadap 664 orang yang tidur, menemukan, rata-rata, peserta menghabiskan sekitar 54 persen waktu mereka di tempat tidur dengan tidur miring, sekitar 37 persen telentang, dan sekitar 7 persen tengkurap.

Laki-laki (terutama yang berusia di bawah 35 tahun) cenderung paling gelisah, dengan lebih banyak pergeseran posisi, gerakan lengan, paha, dan punggung atas pada malam hari.

Ini mungkin bukan hal yang buruk, karena membiarkan tubuh Anda bergerak di malam hari biasanya merupakan ide yang bagus.

Selama tidur, tubuh Anda akan melacak rasa sakit atau ketidaknyamanan dan menyesuaikan posisinya. Inilah sebabnya mengapa kita biasanya menghindari berkembangnya bedsore -atau juga disebut dengan ulkus dekubitus - dalam kehidupan sehari-hari.

(Red - Ulkus dekubitus - bedsore atau pressure ulcer - adalah cedera pada kulit dan jaringan di bawah kulit akibat tekanan yang berlebihan pada kulit. Paling sering terjadi pada kulit yang melapisi area bertulang pada tubuh: tumit, pergelangan kaki, pinggul, dan bokong.)

Orang yang paling berisiko mengalami bedsore adalah mereka yang memiliki kondisi medis tertentu yang membuat kemampuan mereka untuk mengubah posisi tubuhnya terbatas.

Jika Anda merasa tidak dapat bergerak karena pasangan (ataupun anjing) Anda menempati terlalu banyak ruang di tempat tidur, pertimbangkan untuk berpindah sisi ataupun mendapatkan tempat tidur yang lebih besar.

Dan jangan menyelipkan diri terlalu erat, beri diri Anda ruang untuk bergerak di kedua sisi.

Menjadi nyaman adalah kuncinya. Tidak ada penelitian berkualitas yang memberikan bukti jelas untuk "posisi tidur yang optimal".

Usia, berat badan, lingkungan, aktivitas, dan apakah Anda sedang mengandung, semuanya berperan dalam posisi tidur mana yang terbaik untuk tubuh Anda.

Ilustrasi beragam posisi tidur. Penelitian menyatakan posisi miring paling banyak disukai.
Ilustrasi beragam posisi tidur. Penelitian menyatakan posisi miring paling banyak disukai. Tangkapan layar abc.net.au/Christian Moro

Idealnya, kita dapat menemukan posisi yang membantu kita mendapatkan tidur malam yang nyenyak, dan posisi yang membuat kita tidak terbangun dengan rasa sakit apa pun.

Bahkan dengan posisi yang kita pilih, beberapa tata letak lebih baik daripada lainnya. Dalam satu penelitian, orang yang beristirahat dalam posisi di mana ada rotasi tulang belakang (seperti posisi samping yang tidak didukung), terbangun dengan lebih banyak rasa sakit di pagi hari.

Meski demikian, walau beberapa bentuk tidur miring dapat menyebabkan sedikit beban pada tulang belakang, tampaknya posisi menyamping, secara umum, masih lebih baik daripada pilihan lainnya.

Bantal apa yang harus saya pilih?
Memilih bantal yang tepat sangat penting untuk tidur malam yang nyenyak.

Kurangnya dukungan untuk kepala dan leher selama tidur telah terbukti sangat mempengaruhi keselarasan tulang belakang, dan menyebabkan masalah otot seperti nyeri leher, nyeri bahu, dan kekakuan otot.

Yang menjanjikan, bahan bantal tampaknya tidak mempengaruhi tulang belakang. Namun, sebaliknya, bentuk dan tingginya adalah yang terpenting.

Bantal berbentuk U dapat membantu Anda memiliki tidur malam yang lebih lama, dan bantal berbentuk gulungan dapat mengurangi nyeri pagi dan nyeri sebelum tidur pada mereka yang menderita nyeri kronis.

Sayangnya, ilmu pengetahuan belum memberi kita jawaban tentang kasur apa yang optimal. Dengan setiap orang tidur secara berbeda, ini akan sulit untuk dibandingkan dalam jangka panjang.

Namun, ada kasur yang buruk. Jika tempat tidur Anda kendur, telah kehilangan kekencangannya, mengembangkan pegas yang berisik, atau menunjukkan tanda-tanda yang jelas dari keausan, pertimbangkan untuk mengganti kasur Anda.

Memutar kasur dapat membantu memperpanjang umur dan meningkatkan kenyamanan. Ini harus dilakukan setidaknya satu hingga dua kali per tahun.

Tips lain untuk tidur malam yang nyenyak
Atur suhu ruangan yang lebih dingin. Suhu ideal untuk tidur adalah 18,3C (berkisar antara 15-19C); suhu yang lebih tinggi dapat mempengaruhi tidur.

Biarkan aliran udara di dalam ruangan. Selain membawa udara segar yang bagus, itu juga membersihkan semua panas yang terkumpul, membuat kita tetap nyaman dan sejuk di malam hari.

Beberapa obat, seperti jenis antihistamin tertentu, dapat membuat Anda lebih mudah tidur. Di sisi lain, stimulan seperti kafein dapat secara drastis mempengaruhi kualitas tidur Anda.

Terakhir, pastikan untuk tidak tidur dengan kandung kemih penuh, karena harus bangun di malam hari hingga larut dapat memengaruhi tidur.***

Berita Entertainment Lainnya:

Tren Plester Mulut di TikTok yang Viral Dilabeli Berbahaya, Menurut Pakar Tidur

Dampak Buruk Terlalu Sering Tidur Larut Malam, Salah Satunya Menurunkan Gairah Seks

Ini Alasan Anak-anak yang Tidur dengan Orangtua Mereka Tumbuh Menjadi Lebih Percaya Diri

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: abc.net.au, The Conversation
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Ilmuwan 'Memecahkan' Misteri Mengapa Wanita Selalu Merasa Kedinginan daripada Pria

    Ilmuwan berhasil 'memecahkan' misteri mengapa wanita selalu merasakan tubuh mereka lebih dingin daripada para pria.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Mayoritas Wanita Alami Menopause sekitar Usia 51, Gejalanya Bisa Dimulai Jauh Lebih Awal

    Sebagian besar wanita mengalami menopause sekitar usia 51 tahun tetapi gejalanya dapat dimulai bertahun-tahun sebelumnya

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Hai Pemula, Simak Tips untuk Menikmati Aktivitas Berolahraga sekaligus Bersenang-senang

    Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Tetapi jika Anda sudah keluar dari kebiasaan aktif – atau tidak pernah menemukan rutinitas olahraga yang berhasil – mungkin terasa seperti tugas yang mustahil untuk memulai.

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Cedera yang Ancam Peluang Ronald Araujo ke Piala Dunia Qatar

    Menurut pernyataan medis yang diberikan oleh Barcelona di akun Twitter resmi mereka, "Ronald Araujo mengalami avulsi pada tendon adductor longus di paha kanan."

    Terbaru

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Mengapa Kita Menguap dan Mengapa Itu Sangat Menular: Kata Para Ahli

    Mengapa sebenarnya kita menguap? Dan mengapa hampir tidak mungkin menahan kuap saat seseorang melakukannya di depan Anda?

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Hot flashes: Apa Itu dan Bagaimana Mengelola Gejala Menopause

    Salah satu gejala menopause yang paling umum adalah hot flashes, di mana wanita tiba-tiba mengalami kepanasan yang tidak nyaman pada wajah dan tubuh mereka.

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Kekurangan Nutrisi 'Penyebab Utama' Kerontokan Rambut, Konsumsi Ini untuk Mencegahnya

    Kurangnya nutrisi tertentu dapat memicu kerontokan rambut berlebihan, tetapi untungnya beberapa makanan dapat membantu, menurut seorang ahli.

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Perbedaan antara Protein Hewani dan Nabati: Mana yang Lebih Baik?

    Protein sangat penting untuk sejumlah fungsi kesehatan. Ini memasok tubuh dengan energi sambil membangun dan memperbaiki jaringan setelah cedera, latihan, operasi, dan bentuk keausan lainnya.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Mengapa Kebanyakan Pria Tidak Memiliki Cukup Teman Dekat, Cari Tahu Alasannya

    Istilah persahabatan bukan hanya tentang mereka yang duduk bersama Anda di bus sekolah ataupun bermain bersama di tim bisbol masa kecil Anda, itu adalah komponen inti dari pengalaman manusia, kata para ahli.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Infeksi Strep A yang Merebak di Inggris

    Setidaknya enam anak telah meninggal dan yang lainnya berjuang untuk hidup di rumah sakit setelah tertular bakteri Streptococcus A di Inggris dan Wales.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    7 Bahan Herbal untuk Obat Sakit Pinggang

    Ada banyak hal penyebab seseorang mengalami sakit pinggang dan obat herbal salah satu solusinya

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Beberapa Perubahan yang Mungkin Terjadi pada Tubuh Anda saat Anda Mulai Berlari

    Berlari adalah aktivitas yang sangat sehat yang dimasukkan oleh banyak atlet dalam rutinitas mereka.

    Bugar

    Jumat, 2 Desember 2022

    Awas, Ini Efek Buruk pada Kulit dan Mata akibat Terlalu Lama Terpaku pada Layar Ponsel

    Diperkirakan 60% populasi dunia menghabiskan lebih dari enam jam sehari di depan layar: terutama ponsel, tetapi juga layar komputer, televisi, dan perangkat digital lainnya. Pada akhirnya, inilah yang dikenal sebagai polusi digital.
    X