Seperti Inilah Tanda-tanda Kelelahan Emosional. Menurut Para Ahli

8 Maret 2022, 20:35 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi seseorang sedang bersandar ke sofa, merasa lelah.
Ilustrasi seseorang sedang bersandar ke sofa, merasa lelah. /Pixabay.com

  • Kelelahan emosional terjadi ketika kita memiliki terlalu banyak pengalaman emosional yang buruk berturut-turut atau selama periode waktu tertentu.
  • Kelelahan secara emosional untuk waktu lama dapat menyebabkan kelelahan fisik.
  • Sebelum kelelahan emosional Anda menjadi kelelahan total, penting untuk memeriksa diri sendiri dan mendapatkan bantuan.

SKOR.id - Kelelahan emosional merembes secara halus, pada awalnya. Mungkin agak sulit untuk bangun dari tempat tidur. Kemudian, tugas-tugas kecil mulai membebani Anda, dan tiba-tiba daftar tugas Anda terasa tidak terkendali.

Mengalami hari-hari ketika Anda merasa tidak bersemangat atau kekurangan energi adalah normal, tetapi mudah untuk melewatkan tanda-tanda peringatan kelelahan emosional.

Ketika perasaan-perasaan ini secara konsisten bergulir ke sisa minggu Anda, mungkin sudah saatnya untuk memeriksa diri sendiri.

Selama dua tahun terakhir yang resah oleh pandemi global, beberapa faktor telah memicu kewalahan kolektif kita.

Jika Anda terus-menerus bertanya-tanya soal keadaan emosional Anda, POPSUGAR berbicara dengan ahli kesehatan mental untuk melihat seperti apa kelelahan emosional itu dan bagaimana itu terwujud dalam kehidupan kerja, hubungan, dan kehidupan sehari-hari Anda.

Ini yang perlu diketahui jika berpikir Anda mungkin berurusan dengan kelelahan emosional.

Apa itu Kelelahan Emosional?
"Kelelahan fisik terjadi ketika kita terlalu banyak bekerja, sementara kelelahan emosional itu terjadi ketika kita memiliki terlalu banyak pengalaman emosional yang buruk secara berturut-turut atau selama periode waktu tertentu," Aly Goldstein, PsyD, dan COO dari On the Goga, mengatakan kepada POPSUGAR.

"Pengalaman emosi negatif yang konsisten: amarah, frustrasi, ketakutan, atapun kesedihan, menumpuk dari waktu ke waktu dan dapat membuat kita merasa seperti tidak memiliki kemampuan untuk memperbaiki, menikmati, atau mengubah keadaan atau lingkungan kita."

Kelelahan emosional dapat bermanifestasi sebagai perasaan terjebak dalam emosi negatif, daripada sepenuhnya mengalami kegembiraan, kebahagiaan, atau kenyamanan, kata Dr. Goldstein, menambahkan bahwa perasaan negatif yang terus-menerus dapat menyebabkan kita terus menyusuri jalan negatif terhadap diri kita sendiri dan orang lain.

Ketika terlalu banyak peristiwa yang bersaing untuk energi emosional Anda, di tempat kerja atau dalam kehidupan pribadi, atau Anda menavigasi situasi emosional yang berat dalam jangka waktu yang lama, itu akan mulai membebani Anda.

Anda dapat menganggapnya seperti telepon yang terus-menerus dengan baterai rendah, dan secara otomatis mengatur diri sendiri pada mode bertahan untuk menghemat energi tersisa.

"Pengurangan rasa kemampuan berdampak pada perilaku kita seperti memiliki sumbu yang lebih pendek dan bereaksi lebih cepat, menjadi lebih kritis atau mengadili, merasa kewalahan dan kesulitan berpikir jernih," kata Dr. Goldstein.

Hal ini dapat menyebabkan konflik dengan orang-orang di sekitar kita serta perasaan tidak terikat secara umum dan kurangnya minat dalam pekerjaan atau kehidupan pribadi kita.

Saat siklus ini berlanjut, rasa kelelahan emosional semakin meningkat, kata Dr. Goldstein.

Apakah Kelelahan Emosional dan Kelelahan adalah Hal yang Sama?
Kelelahan emosional dan kelelahan berhubungan, tetapi itu bukan hal yang sama.

Kelelahan secara emosional untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kelelahan.

"Kita mulai mengalami gejala, kelelahan emosional yang menjadi satu, termasuk perasaan terisolasi, cemas, lelah, mudah tersinggung, putus asa, atau mengalami kinerja atau kepuasan kerja yang menurun karena kurangnya koneksi dan dukungan," kata Jackie. Tassiello MPS, ATR-BC, LCAT, ATCS, dan salah satu pendiri Terapi Solusi.

"Burnout sering salah didiagnosis sebagai depresi karena beberapa gejala tumpang tindih. Burnout tidak disebabkan oleh stres, tapi oleh kurangnya sumber daya dan dukungan."

Bagaimana Saya Tahu jika Saya Lelah Secara Emosional?
Ketika Anda terkuras secara emosional, mungkin sulit untuk terhubung dengan orang-orang dan hal-hal yang biasanya Anda nikmati, karena Anda selalu lelah.

"Anda mungkin akan merasa seolah-olah tidak punya apa-apa lagi untuk diberikan kepada orang lain," kata Carla Marie Manly, PhD, psikolog klinis dan pakar hubungan.

"Mereka yang ekstrovert mungkin menyadari bahwa mereka terus menghindari teman, acara sosial, dan pertemuan demi waktu tenang. Introvert mungkin berubah ke dalam lebih dari biasanya dan membutuhkan penyembuhan intensif, waktu untuk menyendiri."

Disregulasi emosional, yang merupakan respons emosional yang tidak diatur dengan baik, biasa terjadi saat Anda terkuras secara emosional, dan akan lebih sulit untuk mengabaikan pikiran negatif dan tetap positif secara umum.

"Anda mungkin terkuras ketika Anda telah menggunakan kapasitas Anda untuk optimis dan mempertimbangkan 'gelas setengah penuh,'" kata Tomi Mitchell, MD, dokter keluarga dan pelatih kesehatan mental dan kebugaran.

"Pada titik ini, Anda merasa telah melakukan yang terbaik untuk mencoba memecahkan masalah yang dihadapi. Tetapi, bahkan setelah semua upaya Anda, Anda tidak lebih dekat untuk mengurangi ketegangan."

Merasa terkuras secara emosional sepertinya tangki energi Anda kosong, dan Anda tidak memiliki ruang untuk apa pun yang membutuhkan fungsi emosional Anda.

Sementara terkuras secara emosional membutuhkan banyak korban mental, tubuh kita juga akan menunjukkan gejala.

"Anda mungkin merasa lelah, otot Anda akan terasa kencang atau sakit, dan Anda merasa terputus dari pikiran atau tubuh Anda," kata Jessica McCoy, LMFT.

"Anda mungkin merasakan mati rasa setelah mengalami pengalaman emosional yang intens atau pengalaman emosional yang berkepanjangan."

"Perhatikan 'tanda bahaya' Anda terkuras secara emosional. Itu mencakup tidak menanggapi teks, ingin tinggal di rumah, mati rasa dengan menggulir media sosial atau binge-watching."

"Semua perilaku ini dapat digunakan untuk memeriksa dari merasakan lebih banyak emosi dan merupakan cara untuk memutuskan hubungan dari pengalaman emosional Anda."

Seperti Apa Kelelahan Emosional di Tempat Kerja?
Gejala kelelahan emosional dapat memanifestasikan diri di tempat kerja dalam rupa tenggat waktu yang terus-menerus hilang, merasa sulit untuk tetap mengejar tugas, datang terlambat, dan tidak menghasilkan pekerjaan sesuai standar Anda yang biasa.

Anda tidak dapat muncul sepenuhnya karena Anda merasa 'sudah habis'.

"Anda mungkin menikmati pekerjaan yang Anda lakukan, tetapi sekarang Anda merasa lebih baik tidak melakukan pekerjaan itu," kata Dr. Mitchell.

"Sulit untuk memikirkan apa pun selain pikiran negatif saat kita merasa tidak enak. Memiliki pikiran yang terlalu menghakimi terhadap rekan kerja ataupun organisasi Anda semuanya bisa menunjukkan kelelahan emosional juga."

Apa yang Harus Anda Lakukan jika Anda Lelah Secara Emosional?
Pertama, penting untuk mengidentifikasi penyebab stres Anda dan apa yang menghabiskan sebagian besar energi Anda.

Tidak selalu mungkin untuk menghilangkan stresor, tetapi ada peluang untuk meringankan keadaan di sekitarnya.

Sebelum kelelahan emosional Anda menjadi kelelahan total, penting untuk memeriksa diri sendiri dan mendapatkan bantuan.

Setelah mengidentifikasi sumbernya, Ruiz merekomendasikan untuk mempertimbangkan mengapa hal itu menyebabkan Anda stres dan lebih memperhatikan diri sendiri.

"Begitu Anda mengetahui apakah itu stres pekerjaan, pribadi, dan/atau hubungan yang menyebabkan kelelahan emosional, maka inilah saatnya untuk mulai memikirkan tindakan apa yang harus diambil untuk meringankan gejala ini," kata Ruiz kepada POPSUGAR.

"Merawat diri sendiri lebih dari sekadar berolahraga atau mengambil jatah hari libur, tetapi  melakukan hal-hal yang membawa kehidupan dan kegembiraan kembali ke hidup Anda, sehingga menghasilkan keseimbangan emosi."

"Terkadang perawatan diri melibatkan bergaul dengan orang-orang yang Anda cintai, peduli, dan menghargai Anda."

"Ketika Anda bisa beristirahat, meskipun hanya satu jam, sebaiknya lakukan aktivitas yang menyegarkan Anda sehingga Anda dapat terus menghadapi hari dengan cara terbaik."***

Berita Bugar Lainnya:

Kenali Penyebab Badan Lelah, Tetapi Tidak Bisa Segera Tidur

7 Cara Alami Mengatasi Kaki Lelah, Salah Satunya Rendam di Air Laut

Merasa Kurang Sehat dan Lelah, 3 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Energi

Tag

Video

Berita Terkait

Bugar

Senin, 7 Maret 2022

7 Ciri-ciri Anak yang Membutuhkan Kawat Gigi

Kawat gigi ada anak-anak sangat diperlukan, jika ada yang menanganggu dan memang direkomendasikan untuk dipasang.

Bugar

Senin, 7 Maret 2022

Diabetes Mengancam, Ini 6 Cara Efektif Mencegah Penyakit Ini

Terkait Diabetes, ini adalah penyakit di mana kadar gula meningkat secara drastis sehingga berakibat buruk pada fungsi organ-organ tubuh

Bugar

Senin, 7 Maret 2022

4 Ciri Kelapa Muda Berkualitas Baik yang Cocok untuk Kesehatan

Berikut ini adalah empat ciri-ciri kelapa muda berkualitas baik. Bisa membantu Anda memelihara kesehatan.

Bugar

Senin, 7 Maret 2022

Hati-Hati, Tiga Hal Ini Dapat Tingkatkan Risiko Demensia

Demensia penyakit yang ditandai dengan penurunan fungsi kognitif.

Terbaru

Bugar

Minggu, 22 Mei 2022

Benarkah Tidur di Lantai Bikin Paru-Paru Basah? Begini Penjelasan Dokter Tirta

Banyak mitos yang berkaitan dengan kesehatan, salah satunya adalah paru-paru basah.

Bugar

Minggu, 22 Mei 2022

Mengenal Vibriosis yang Diderita Istri Dani Alves dan Penyebabnya

Joana Sanz, istri bek Dani Alves, mengaku menderita vibriosis dan mengingatkan para pengikutnya di Instagram untuk berhati-hati ketika makan tiram.

Bugar

Minggu, 22 Mei 2022

5 Junk Food yang Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi

Jika mendengr junk food, yang ada di benak pikiran orang adalah makanan lezat yang bisa menimbulkan masalah fatal bagi kesehatan.

Bugar

Minggu, 22 Mei 2022

Mengenal Monkeypox: Sederet Fakta dan Cara Pencegahan yang Perlu Diketahui

Monkeypox menjadi global, para ilmuwan mulai waspada dan mencoba memahami mengapa virus, kerabat cacar yang tak terlalu mematikan itu, telah muncul di banyak populasi di dunia.

Bugar

Sabtu, 21 Mei 2022

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Dapat Tingkatkan Daya Ingat

Makanan yang mengandung vitamin B12 diklaim dapat membantu meningkatkan daya ingat.

Bugar

Sabtu, 21 Mei 2022

Kacang Terbukti Meningkatkan Kualitas Sperma

Diet Barat telah dikaitkan dengan penurunan progresif kualitas air mani. Studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi kacang bisa memperbaikinya.

Bugar

Sabtu, 21 Mei 2022

5 Makanan untuk Memperkuat Tulang, Tidak Sulit Didapatkan

Memperkuat atau menjaga kesehatan tulang dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan minuman tertentu.

Bugar

Sabtu, 21 Mei 2022

Menangis lalu Sakit Kepala, Ini Sejumlah Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Menangis sangat pasti pernah terjadi pada setiap manusia, tetapi sakit kepala setelahnya ternyata punya banyak penyebab.

Bugar

Sabtu, 21 Mei 2022

Olahraga dan Kepribadian: Apa Hubungan Mereka?

Latihan olahraga adalah kunci dalam pengembangan orang, tetapi ada juga karakteristik yang dapat menentukan jenis atlet kita; kepribadian

Bugar

Sabtu, 21 Mei 2022

James Hetfield Akui 'Kolaps' secara Mental saat Tur Metallica di Brasil: Saya Merasa Insecure

Vokalis Metallica James Hetfield mengungkapkan beberapa kata yang menghancurkan penggemar mereka, mengakui dia merasa tidak bisa bermain lagi.
X