Skortips: Fisik Bugar dan Prima ala Pembalap F1 Esteban Ocon

29 Juni 2022, 10:40 WIB
Penulis: Arin Nabila
Editor: Lily Indriyani
Esteban Ocon resmi memperpanjang kontrak dengan tim Alpine dan bakal bekerja sama hingga akhir musim 2024.
Esteban Ocon resmi memperpanjang kontrak dengan tim Alpine dan bakal bekerja sama hingga akhir musim 2024. /(instagram.com/estebanocon)

  • Fisik yang bugar dan prima jadi aspek penting bagi atlet, tidak terkecuali pembalap Formula 1.
  • Beberapa jenis latihan dan pengaturan pola makan harus dijalani para pembalap.
  • Pembalap Alpine, Sebastian Ocon, berbagi tips dalam upaya menjaga kebugaran tubuhnya.

SKOR.id - Kebugaran fisik jadi salah satu aspek terpenting bagi seorang atlet, tidak terkecuali para pembalap Formula 1 (F1).

Bukan hanya harus lihai mengendarai jet darat, para pembalap F1 juga dituntut untuk memiliki fisik dan mental yang prima.

Mengemudi dalam kecepatan tinggi selama kurang lebih 1 jam, ditambah menghadapi tekanan G-Force yang begitu besar, diperlukan fisik dan stamina kuat.

Beberapa jenis latihan dan pengaturan pola makan harus dijalani para pembalap F1 agar mencapai puncak performa selama pekan balapan.

Tak terkecuali Esteban Ocon dari Tim Alpine. Dilansir dari Ask Men, dirinya berbagi tips soal menjaga kebugaran tubuh sebagai pembalap F1.

1. Konsumsi protein shake

Sebagai seseorang dengan metabolisme yang cepat, protein shake membantu Ocon memenuhi kebutuhan nutrisinya dan menciptakan rasa kenyang lebih lama.

Ngemil di antara waktu makan adalah suatu keharusan bagi Ocon karena jadwalnya yang padat. Untuk itu, dirinya memilih mengonsumsi protein shake. 

Ilustrasi protein shake.
Ilustrasi protein shake. (GOOGLE IMAGES)

Biasanya, Ocon menyiapkan smoothie atau shake sebagai cemilan sore hari yang mengandung whey protein dan creatine monohydrate.

Protein whey sangat membantu untuk membangun massa otot, sementara creatine bisa meningkatkan kinerja dan pemulihan sekaligus mencegah cedera.

2. Diet

Ocon mengaku konsisten mengatur pola makan harian. Bahkan, saat F1 melewati jeda libur kompetisi atau off season.

Sebagai pembalap F1 yang mengharuskannya berpergian, diet Ocon disesuaikan dengan sumber pangan di tiap negara yang disinggahi.

Meski buah dan sayur jadi prioritas, koki yang dimiliki Alpine membuatnya tak khawatir memenuhi kebutuhan nutrisi dan protein harian.

Ilustrasi buah dan sayur untuk diet.
Ilustrasi buah dan sayur untuk diet. (Twitter/Get Healthy Deals)

3. Menjaga keseimbangan massa otot

Melatih kekuaran jadi aktivitas wajib para pembalap. Namun, setiap dari mereka punya pertimbangan khusus dalam membangun massa otot.

Yang terpenting, menjaga keseimbangan dengan bobot mobil agar tidak timpang hingga mengurangi kecepatan mereka di lintasan.

Ocon, misalnya, yang harus menjaga berat badan di angka 80 kg. Kalau ada pembalap yang lebih ringan, maka perlu menambahkan pemberat pada mobil.

Ketika musim balap tiba, para pembalap membakar lebih banyak kalori namun memiliki waktu lebih sedikit untuk latihan.

4. Latihan penguatan leher

Saat menjalani latihan fisik, salah satu fokus Ocon adalah otot leher dan trapezius yang memainkan peran penting untuk profesinya.

Para pembalap F1 menggerakan kepala, leher, lengan, bahu, dan dada, dalam kondisi duduk dengan kaki lurus dalam mobil yang sempit.

“Gaya gravitasi (G-Force) bisa mencapai lima atau enam kali lipat di dalam mobil,” kata Tom Clark, personal trainer Ocon.

“Dengan berat rata-rata kepala manusia sekitar 5 kg dan helm modern seberat 2 kg, Anda mungkin memiliki 30 kilo gaya lateral di leher."

"Jadi, para pembalap harus mampu menahan itu dan menjaga kepala mereka dalam posisi netral," dia menambahkan.

Latihan isometrik jadi pilihan Ocon untuk menguatkan otot leher. Penggunaan harness juga membuat lehernya terhindar dari cedera.

5. Latihan penguatan kaki

Biasanya, sesi gym selalu menyertakan squat untuk melatih kekuatan otot gluteus, yang dibutuhkan menjaga stabilitas.

Angkat beban dapat menguatkan hamstring dan kuadrisep yang membantu pembalap kuat mengerem beberapa kali setiap lap. 

Otot betis tak bisa diabaikan dan latihan seperti melompat ke kotak, curl dan naik turun di ujung kaki (dengan dumbel di tangan) sangat efektif. 

Berita Bugar Lainnya:

Tips Bugar ala Daniel Ricciardo, Punya Leher Kuat ala Pembalap F1

5 Jenis Olahraga Kardio yang Efektif Membakar Lemak

 

  • Sumber: Ask Men
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Jumat, 7 Januari 2022

    Makanlah Jenis Protein Ini saat Sarapan agar Tetap Kenyang Lebih Lama

    Sebuah studi baru menemukan bahwa kacang-kacangan dan kacang polong menangkal rasa lapar lebih baik dan lebih lama daripada daging.

    Bugar

    Sabtu, 19 Maret 2022

    Setop Kebiasaan 'Kretek-kretek' Leher, Para Dokter Peringatkan Risiko dan Bahayanya

    Neck cracking atau popping bisa menyebabkan peregangan ligamen yang mengakibatkan sakit kepala atau nyeri otot di antara tulang belikat atau di leher.

    Bugar

    Rabu, 15 Juni 2022

    Tak Lagi Muda, Ini Kunci Ahsan/Hendra Jaga Konsistensi dan Kebugaran

    Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan beberkan kunci bugar dalam usia yang tak lagi muda untuk seorang atlet.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Perlu Diketahui soal Posisi Tidur yang Benar dan Cara yang 'Benar' untuk Tidur

    Dalam posisi apa saya harus tidur, dan apakah ada cara yang 'benar' untuk tidur?

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Makanan Rahasia Pemain Sepak Bola Elite: Banyak Protein dan Rendah Kalori

    Makanan rahasia pemain sepak bola dengan banyak protein dan sedikit kalori. Ada dua jenis ganggang yang meningkatkan kinerja dan meningkatkan vitalitas dan energi: spirulina dan chlorella

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Gas Air Mata, Gejala Jika Terkena dan Penanganan yang Mesti Dilakukan

    Berikut ini uraian soal gas air mata, sesuatu yang jadi sorotan dari tragedi Kanjuruhan, lengkap dengan gejala dan apa yang harus dilakukan.

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Cedera yang Ancam Peluang Ronald Araujo ke Piala Dunia Qatar

    Menurut pernyataan medis yang diberikan oleh Barcelona di akun Twitter resmi mereka, "Ronald Araujo mengalami avulsi pada tendon adductor longus di paha kanan."

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Hai Pemula, Simak Tips untuk Menikmati Aktivitas Berolahraga sekaligus Bersenang-senang

    Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Tetapi jika Anda sudah keluar dari kebiasaan aktif – atau tidak pernah menemukan rutinitas olahraga yang berhasil – mungkin terasa seperti tugas yang mustahil untuk memulai.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Mayoritas Wanita Alami Menopause sekitar Usia 51, Gejalanya Bisa Dimulai Jauh Lebih Awal

    Sebagian besar wanita mengalami menopause sekitar usia 51 tahun tetapi gejalanya dapat dimulai bertahun-tahun sebelumnya

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Ilmuwan 'Memecahkan' Misteri Mengapa Wanita Selalu Merasa Kedinginan daripada Pria

    Ilmuwan berhasil 'memecahkan' misteri mengapa wanita selalu merasakan tubuh mereka lebih dingin daripada para pria.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Sederet Mitos Palsu seputar Pengaruh Kopi terhadap Kesehatan

    Minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi di planet ini telah memunculkan mitos palsu yang tak terhitung jumlahnya.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Manfaat dan Nutrisi yang Terkandung pada Daging Sapi

    Daging sapi dikategorikan sebagai daging merah - istilah yang digunakan untuk daging mamalia, yang mengandung jumlah zat besi yang lebih tinggi daripada ayam atau ikan.

    Bugar

    Jumat, 30 September 2022

    Ada 6 Bau Vagina yang Berbeda, Kenali Gejalanya untuk Tahu Kapan Harus ke Dokter

    Bau yang kuat bisa mengganggu, terutama jika ada bau busuk yang datang dari bawah. Sementara aroma vagina bervariasi dari orang ke orang, para ahli mengatakan ada beberapa yang harus Anda waspadai.
    X