Skortips: Fisik Bugar dan Prima ala Pembalap F1 Esteban Ocon

29 Juni 2022, 10:40 WIB
Penulis: Arin Nabila
Editor: Lily Indriyani
Esteban Ocon resmi memperpanjang kontrak dengan tim Alpine dan bakal bekerja sama hingga akhir musim 2024.
Esteban Ocon resmi memperpanjang kontrak dengan tim Alpine dan bakal bekerja sama hingga akhir musim 2024. /(instagram.com/estebanocon)

  • Fisik yang bugar dan prima jadi aspek penting bagi atlet, tidak terkecuali pembalap Formula 1.
  • Beberapa jenis latihan dan pengaturan pola makan harus dijalani para pembalap.
  • Pembalap Alpine, Sebastian Ocon, berbagi tips dalam upaya menjaga kebugaran tubuhnya.

SKOR.id - Kebugaran fisik jadi salah satu aspek terpenting bagi seorang atlet, tidak terkecuali para pembalap Formula 1 (F1).

Bukan hanya harus lihai mengendarai jet darat, para pembalap F1 juga dituntut untuk memiliki fisik dan mental yang prima.

Mengemudi dalam kecepatan tinggi selama kurang lebih 1 jam, ditambah menghadapi tekanan G-Force yang begitu besar, diperlukan fisik dan stamina kuat.

Beberapa jenis latihan dan pengaturan pola makan harus dijalani para pembalap F1 agar mencapai puncak performa selama pekan balapan.

Tak terkecuali Esteban Ocon dari Tim Alpine. Dilansir dari Ask Men, dirinya berbagi tips soal menjaga kebugaran tubuh sebagai pembalap F1.

1. Konsumsi protein shake

Sebagai seseorang dengan metabolisme yang cepat, protein shake membantu Ocon memenuhi kebutuhan nutrisinya dan menciptakan rasa kenyang lebih lama.

Ngemil di antara waktu makan adalah suatu keharusan bagi Ocon karena jadwalnya yang padat. Untuk itu, dirinya memilih mengonsumsi protein shake. 

Ilustrasi protein shake.
Ilustrasi protein shake. (GOOGLE IMAGES)

Biasanya, Ocon menyiapkan smoothie atau shake sebagai cemilan sore hari yang mengandung whey protein dan creatine monohydrate.

Protein whey sangat membantu untuk membangun massa otot, sementara creatine bisa meningkatkan kinerja dan pemulihan sekaligus mencegah cedera.

2. Diet

Ocon mengaku konsisten mengatur pola makan harian. Bahkan, saat F1 melewati jeda libur kompetisi atau off season.

Sebagai pembalap F1 yang mengharuskannya berpergian, diet Ocon disesuaikan dengan sumber pangan di tiap negara yang disinggahi.

Meski buah dan sayur jadi prioritas, koki yang dimiliki Alpine membuatnya tak khawatir memenuhi kebutuhan nutrisi dan protein harian.

Ilustrasi buah dan sayur untuk diet.
Ilustrasi buah dan sayur untuk diet. (Twitter/Get Healthy Deals)

3. Menjaga keseimbangan massa otot

Melatih kekuaran jadi aktivitas wajib para pembalap. Namun, setiap dari mereka punya pertimbangan khusus dalam membangun massa otot.

Yang terpenting, menjaga keseimbangan dengan bobot mobil agar tidak timpang hingga mengurangi kecepatan mereka di lintasan.

Ocon, misalnya, yang harus menjaga berat badan di angka 80 kg. Kalau ada pembalap yang lebih ringan, maka perlu menambahkan pemberat pada mobil.

Ketika musim balap tiba, para pembalap membakar lebih banyak kalori namun memiliki waktu lebih sedikit untuk latihan.

4. Latihan penguatan leher

Saat menjalani latihan fisik, salah satu fokus Ocon adalah otot leher dan trapezius yang memainkan peran penting untuk profesinya.

Para pembalap F1 menggerakan kepala, leher, lengan, bahu, dan dada, dalam kondisi duduk dengan kaki lurus dalam mobil yang sempit.

“Gaya gravitasi (G-Force) bisa mencapai lima atau enam kali lipat di dalam mobil,” kata Tom Clark, personal trainer Ocon.

“Dengan berat rata-rata kepala manusia sekitar 5 kg dan helm modern seberat 2 kg, Anda mungkin memiliki 30 kilo gaya lateral di leher."

"Jadi, para pembalap harus mampu menahan itu dan menjaga kepala mereka dalam posisi netral," dia menambahkan.

Latihan isometrik jadi pilihan Ocon untuk menguatkan otot leher. Penggunaan harness juga membuat lehernya terhindar dari cedera.

5. Latihan penguatan kaki

Biasanya, sesi gym selalu menyertakan squat untuk melatih kekuatan otot gluteus, yang dibutuhkan menjaga stabilitas.

Angkat beban dapat menguatkan hamstring dan kuadrisep yang membantu pembalap kuat mengerem beberapa kali setiap lap. 

Otot betis tak bisa diabaikan dan latihan seperti melompat ke kotak, curl dan naik turun di ujung kaki (dengan dumbel di tangan) sangat efektif. 

Berita Bugar Lainnya:

Tips Bugar ala Daniel Ricciardo, Punya Leher Kuat ala Pembalap F1

5 Jenis Olahraga Kardio yang Efektif Membakar Lemak

 

  • Sumber: Ask Men
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Jumat, 7 Januari 2022

    Makanlah Jenis Protein Ini saat Sarapan agar Tetap Kenyang Lebih Lama

    Sebuah studi baru menemukan bahwa kacang-kacangan dan kacang polong menangkal rasa lapar lebih baik dan lebih lama daripada daging.

    Bugar

    Sabtu, 19 Maret 2022

    Setop Kebiasaan 'Kretek-kretek' Leher, Para Dokter Peringatkan Risiko dan Bahayanya

    Neck cracking atau popping bisa menyebabkan peregangan ligamen yang mengakibatkan sakit kepala atau nyeri otot di antara tulang belikat atau di leher.

    Bugar

    Rabu, 15 Juni 2022

    Tak Lagi Muda, Ini Kunci Ahsan/Hendra Jaga Konsistensi dan Kebugaran

    Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan beberkan kunci bugar dalam usia yang tak lagi muda untuk seorang atlet.

    Terbaru

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Skortips: Nasihat Kesehatan untuk Anda Jelang Menginjak Usia 60 Tahun

    Skor.id menyoroti beberapa hal-hal yang harus menjadi perhatian setelah berusia 60 tahun.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Minuman Ini Membantu Anda Meningkatkan Kesehatan Usus dan Mengurangi Kadar Gula Darah

    Sebuah penelitian telah menemukan bahwa teh hijau dapat bermanfaat untuk meningkatkan sindrom metabolik.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Kim Kardashian Sebut Psoriasis 'Menyakitkan dan Menakutkan': Siapa yang Berisiko?

    Kim Kardashian telah berbicara tentang psoriasisnya di masa lalu, yang merupakan penyakit peradangan yang menyebabkan bercak bersisik tumbuh di kulit Anda.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Jam demi Jam: Waktu Terbaik untuk Melakukan Aktivitas Anda dalam Sehari

    Jam demi jam – waktu terbaik untuk melakukan segalanya- mulai dari sarapan hingga kapan harus tidur, menurut sebuah penelitian.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Banyak Kalori yang Mampu Terbakar oleh Seks: Tergantung Posisi, Waktu, dan Seberapa Aktif Anda

    Seks sering digambarkan sebagai latihan fisik yang hebat, tetapi apakah itu benar-benar membantu Anda menurunkan berat badan?

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Suka Makan Udang, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

    Tak hanya lezat, udang juga kaya akan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Apakah Anda Menderita Hipertensi? Berikut Langkah Kunci untuk Mengurangi Konsumsi Garam

    Anda dapat mengonsumsi hingga enam gram natrium per hari dalam konteks diet yang seimbang.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    The Batman: Ketahui Diet Ketat Robert Pattinson untuk Perannya yang Paling Penting

    Agar sesuai dengan peran ksatria gelap, Robert Pattinson harus menjalani diet sangat ketat dan berlatih fisik lima atau enam hari seminggu.

    Bugar

    Sabtu, 13 Agustus 2022

    Seberapa Serius Tekanan Darah Rendah Berbahaya bagi Tubuh

    Ketika kebanyakan orang khawatir tentang tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah dapat memiliki konsekuensi yang serius.

    Bugar

    Sabtu, 13 Agustus 2022

    Jangan Salah, Makan Jangkrik Ternyata Memiliki Manfaat untuk Kesehatan

    Jangkrik adalah salah satu dari banyak serangga yang dimakan di seluruh dunia.
    X