Studi: Aktivitas Seksual dengan Orgasme Dapat Membantu Anda Tidur Lebih Nyenyak

22 Maret 2022, 21:30 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi pasangan tertidur nyenyak.
Ilustrasi pasangan tertidur nyenyak. /pixabay.com

  • Sebuah penelitian di Amerika mengungkapkan kaitan antara aktivitas seksual dan kualitas tidur.
  • Para responden merasa mereka tertidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak setelah mencapai orgasme bersama pasangan atau sendirian.
  • Mereka menyebut dasar fisiologis mengapa seks dan orgasme dapat meningkatkan kualitas tidur.

SKOR.id - Jika cukup tidur adalah sesuatu yang Anda perjuangkan, dapatkah itu dikaitkan dengan kehidupan seks Anda? Atau bahkan ketika Anda sedang 'tidak mood'.

Para peneliti di WHOOP, sebuah perusahaan teknologi wearable Amerika Serikat (AS), telah mengungkapkan beberapa detail yang mendalam tentang bagaimana aktivitas seksual berperanan dalam kualitas tidur Anda, fisiologi Anda, serta kesejahteraan emosional Anda.

Laporan global yang komprehensif mengungkap beberapa temuan signifikan di sela-sela lembaran-lembaran itu.

Latensi Tidur dan Seks
Kebiasaan tidur pada dasarnya adalah seberapa cepat Anda dapat tertidur dengan lelap dan ketika orang melakukan hubungan seks yang mencakup orgasme, mereka melaporkan bahwa latensi - sifat sukar mengubah kebiasaan - tidur mereka lebih pendek dari biasanya.

Anggota pria dan wanita juga mencatat jumlah seks yang sama dalam jurnal tersebut (pria 21,7 persen, wanita 21,5 persen).

Dan usia bukanlah penghalang, sepertinya!

Rentang usia 20-29 mencatatkan jenis kelamin terbanyak pada 23,1 persen, yang hanya 10 persen lebih dari kelompok terdekat berikutnya - 60+ tahun dengan 21,2 persen.

Meskipun aktivitas masturbasi menurun tajam seiring bertambahnya usia, dengan usia 60+ tahun melaporkan 28 persen lebih sedikit masturbasi daripada usia 20-29 tahun.

Kristen Holmes, VP Performance Science and Research di WHOOP, mengatakan pada Yahoo Lifestyle, bahwa ada dasar fisiologis mengapa seks dengan orgasme dapat meningkatkan kualitas tidur.

“Pada pria dan wanita, orgasme menandakan sistem saraf parasimpatis untuk mulai mengatur (atau menenangkan) tubuh dan menghambat pelepasan kortisol (hormon stres),” kata Kristen, menjelaskannya.

"Korteks prefrontal, yang sebelumnya diaktifkan menjelang orgasme, juga menjadi diatur ke bawah - dan ini terkait dengan peningkatan kadar oksitosin, prolaktin dan serotonin."

Kirsten juga mengatakan kombinasi bahan kimia ini menyebabkan suasana hati yang baik, relaksasi, dan perasaan keterikatan dan sering membuat kita merasa mengantuk.

“Kami tahu bahwa perasaan relaksasi dan kepuasan terkait dengan penurunan waktu tidur dan tidur yang kurang terfragmentasi,” jelasnya.

Tidur setelah Sexy Time
Kristen mengatakan kita tak tahu persis berapa banyak kualitas tidur yang dapat diharapkan seseorang setelah berhubungan seks dibandingkan dengan tidur sendirian.

Faktanya, sebuah penelitian terhadap 778 orang menemukan bahwa pria maupun wanita merasa bahwa mereka tertidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak setelah mencapai orgasme bersama pasangan atau sendirian.

Studi tersebut juga menemukan 64% responden mengindikasikan bahwa mereka tidur lebih nyenyak saat berhubungan seks dengan pasangan dan melibatkan orgasme.

Tidur tanpa Seks Tetap Menguntungkan
Jika Anda lajang atau hanya "tidak mood", Kristen mengatakan Anda tidak perlu melewatkan tidur nyenyak.

“Secara keseluruhan, seks bisa menjadi indikator hubungan utama yang sehat dan kita tahu bahwa hubungan yang sehat dapat mengurangi stres (penting untuk tidur malam yang nyenyak!)."

"Meskipun sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan hubungan sebab-akibat antara seks yang baik dengan tidur, tampaknya ada sistem yang bermanfaat di sini - semacam siklus seks yang baik dan kesehatan yang saling memperkuat."

Beberapa cara lain untuk membantu tertidur cepat, di antaranya termasuk mengembangkan rutinitas waktu tidur yang konsisten yang cocok untuk Anda, seperti yoga ringan atau membaca, dan mengoptimalkan lingkungan tidur Anda dengan membuatnya sejuk, nyaman, dan gelap.***

Berita Bugar Lainnya:

Mengapa Olahraga Juga Baik untuk Kesehatan Seksual Anda?

5 Arti Pentingnya Pendidikan Seks untuk Anak

6 Makanan yang Dipercaya Meningkatkan Gairah Seks menurut para Ahli

Tag

Video

Berita Terkait

Bugar

Minggu, 20 Maret 2022

Apa Saja Faktor yang Dapat Memengaruhi Ketidaksuburan Pria?

Tembakau, alkohol, gaya hidup menetap dan obesitas adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas sperma.

Bugar

Senin, 21 Maret 2022

Saatnya untuk Lebih Memahami Peran Kolesterol dalam Tubuh

Apakah kadar kolesterol lebih dari 200 adalah hukuman mati? Bahwa jika kolesterol darah melebihi 200 mg/dl, otomatis bermasalah?

Bugar

Senin, 21 Maret 2022

Hari Kesehatan Mulut Sedunia: Cara Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi

Menyikat gigi, menggunakan benang gigi dan obat kumur, pergi ke dokter gigi secara teratur adalah beberapa tips untuk kesehatan mulut yang baik.

Bugar

Selasa, 22 Maret 2022

Tanda-tanda Pembekuan Darah yang Harus Diwaspadai: BE FAST

Seorang ahli pembekuan darah mengatakan penting bagi kaum muda untuk tahu gejala apa yang harus diwaspadai sehingga mereka dapat mencari atensi medis saat membutuhkannya.

Terbaru

Bugar

Minggu, 22 Mei 2022

Benarkah Tidur di Lantai Bikin Paru-Paru Basah? Begini Penjelasan Dokter Tirta

Banyak mitos yang berkaitan dengan kesehatan, salah satunya adalah paru-paru basah.

Bugar

Minggu, 22 Mei 2022

Mengenal Vibriosis yang Diderita Istri Dani Alves dan Penyebabnya

Joana Sanz, istri bek Dani Alves, mengaku menderita vibriosis dan mengingatkan para pengikutnya di Instagram untuk berhati-hati ketika makan tiram.

Bugar

Minggu, 22 Mei 2022

5 Junk Food yang Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi

Jika mendengr junk food, yang ada di benak pikiran orang adalah makanan lezat yang bisa menimbulkan masalah fatal bagi kesehatan.

Bugar

Minggu, 22 Mei 2022

Mengenal Monkeypox: Sederet Fakta dan Cara Pencegahan yang Perlu Diketahui

Monkeypox menjadi global, para ilmuwan mulai waspada dan mencoba memahami mengapa virus, kerabat cacar yang tak terlalu mematikan itu, telah muncul di banyak populasi di dunia.

Bugar

Sabtu, 21 Mei 2022

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Dapat Tingkatkan Daya Ingat

Makanan yang mengandung vitamin B12 diklaim dapat membantu meningkatkan daya ingat.

Bugar

Sabtu, 21 Mei 2022

Kacang Terbukti Meningkatkan Kualitas Sperma

Diet Barat telah dikaitkan dengan penurunan progresif kualitas air mani. Studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi kacang bisa memperbaikinya.

Bugar

Sabtu, 21 Mei 2022

5 Makanan untuk Memperkuat Tulang, Tidak Sulit Didapatkan

Memperkuat atau menjaga kesehatan tulang dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan minuman tertentu.

Bugar

Sabtu, 21 Mei 2022

Menangis lalu Sakit Kepala, Ini Sejumlah Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Menangis sangat pasti pernah terjadi pada setiap manusia, tetapi sakit kepala setelahnya ternyata punya banyak penyebab.

Bugar

Sabtu, 21 Mei 2022

Olahraga dan Kepribadian: Apa Hubungan Mereka?

Latihan olahraga adalah kunci dalam pengembangan orang, tetapi ada juga karakteristik yang dapat menentukan jenis atlet kita; kepribadian

Bugar

Sabtu, 21 Mei 2022

James Hetfield Akui 'Kolaps' secara Mental saat Tur Metallica di Brasil: Saya Merasa Insecure

Vokalis Metallica James Hetfield mengungkapkan beberapa kata yang menghancurkan penggemar mereka, mengakui dia merasa tidak bisa bermain lagi.
X