Studi: Hampir Separuh dari Perokok Mengaku Menyembunyikan Kebiasaan Itu dari Orang Tercinta

22 Februari 2022, 23:00 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi seseorang merokok.
Ilustrasi seseorang merokok. /(Mejor con salud)

  • Sebuah studi menemukan bahwa hampir separuh dari para perokok menyembunyikan kebiasaan mereka dari orang-orang tercinta.
  • Taktik utama yang digunakan untuk menutupi bau rokok: mandi, ganti baju, dan membuka jendela lebar-lebar di mobil atau rumah.
  • Kabar baiknya, banyak perokok yang berencana berhenti dalam waktu dekat dengan alasan untuk kesehatan keluarga.

SKOR.id - Hampir separuh dari para perokok mengaku selalu menyembunyikan kebiasaan mereka dari orang yang dicintai, menurut penelitian.

Studi terhadap 2.000 perokok menemukan bahwa 43 persen dari mereka menyembunyikan kebiasaan itu dengan menggunakan anjing jalan-jalan sebagai alasan untuk merokok, sementara lebih dari setengahnya (54 persen) akan mengatakan mereka hanya mampir ke toko.

Sekitar 40 persen menawarkan diri untuk mengambil tempat sampah untuk merokok secara diam-diam dan dua pertiga menyalahkan seorang teman karena mencium bau asap.

Sementara itu, sekitar 91 persen mengungkapkan bahwa mereka menyembunyikan kebiasaan mereka karena mereka tidak ingin mengecewakan pasangannya – sementara 46 persen merasa bersalah.

Seorang juru bicara LloydsPharmacy, yang menugaskan penelitian tersebut, mengatakan: "Dengan meningkatnya stigma seputar merokok, tidak heran begitu banyak perokok berusaha menyembunyikan kebiasaan mereka dari orang yang mereka cintai."

"Berhenti merokok bisa jadi sulit, dan banyak yang telah mencoba tetapi menemukan diri mereka merokok lagi segera setelah berhenti."

Studi tersebut juga menemukan bahwa taktik utama yang digunakan oleh perokok rahasia untuk menutupi baunya, termasuk mandi (32 persen), berganti pakaian (37 persen), dan membuka jendela lebar-lebar di mobil atau rumah mereka (45 persen).

Dan 44 persennya sering membeli deodoran untuk menutupi aroma tembakau yang melekat.

Namun terlepas dari semua alasan di atas, hampir separuhnya sebelumnya telah tertangkap oleh seseorang yang selama ini selalu mereka hindari.

Juga terungkap bahwa lebih dari empat dari 10 perokok menyembunyikan kebiasaan mereka dari orang yang dicintai lantaran malu, sedangkan 51 persen merasa mereka akan dihakimi jika ada yang mengetahuinya.

Lebih dari seperempat perokok akan dengan senang hati berbohong kepada seseorang yang tidak mereka kenal baik tentang menjadi perokok, sementara, yang mengejutkan, adalah bahwa 36 persen mengaku salah mengisi formulir profesional.

Lebih dari tujuh dari 10 perokok pernah mencoba berhenti merokok sebelumnya, tetapi 83 persen merasa itu terlalu sulit karena rata-rata perokok hanya bertahan di bawah empat bulan sebelum kembali merokok.

Setengah dari mereka memutuskan mengibarkan bendera putih alias menyerah. karena itu membantu mereka rileks, sementara 43 persen terlalu banyak melewatkannya.

Dan 28 persen lebih lanjut menemukan "perawatan berhenti merokok" tidak berhasil untuk mereka, menurut studi OnePoll.

Rata-rata perokok menghabiskan total sembilan batang rokok per hari, dengan setidaknya tiga di antaranya merokok secara rahasia.

Tetapi 59 persen perokok berencana untuk berhenti merokok dalam waktu dekat – dengan menabung sebagai motivator utama.

Lebih dari sepertiga dari mereka (37 persen) akan melakukannya untuk alasan melindungi kesehatan anggota keluarganya, sementara 70 persen lainnya melakukannya untuk kesehatan dan kesejahteraan mereka sendiri.

Sang juru bicara menambahkan: "Kabar baiknya adalah ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk benar-benar membantu menghentikan kebiasaan itu dan mendorong gaya hidup baru dan sehat."

"Di LloydsPharmacy, kami memiliki berbagai macam bantuan dan layanan "Berhenti Merokok" yang tersedia secara online dan di dalam toko, bagi siapa saja yang ingin memulai perjalanan itu."

"Apakah itu berupa saran dari salah satu apoteker kami, motivasi dari postingan blog kami, ataupun bantuan dari ratusan produk yang tersedia secara online dan instore, kami di sini untuk mendukung."***

Berita Bugar Lainnya:

Berhenti Merokok? Prosesnya Lebih Berat untuk Para Wanita

Pengaruh Kebiasaan Merokok Terhadap Aktivitas Olahraga

Mulai Gaya Hidup Sehat, Ini Tips Berhenti Merokok

  • Sumber: Mirror
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Senin, 21 Februari 2022

    5 Manfaat Kesehatan Paling Top dari Tahu

    Kedelai alternatif daging dan susu nabati yang populer adalah kacang-kacangan yang paling banyak dibudidayakan di dunia, dan sumber protein yang kaya.

    Bugar

    Senin, 21 Februari 2022

    4 Kacang-kacangan Alternatif Pengganti Kedelai untuk Tahu dan Tempe

    Kacang hijau, kacang koro, dan kacang gude cocok sebagai bahan pengganti kedelai untuk diolah menjadi tempe.

    Bugar

    Senin, 21 Februari 2022

    Hati-hati, Bulan Februari Juga Bisa Menyebabkan Masalah bagi Kesehatan Hati

    Bagi sebagian orang, Februari adalah saat yang menyenangkan bersama teman atau pasangan. Tapi, juga peluang terjadinya sindrom patah hati.

    Bugar

    Selasa, 22 Februari 2022

    Menyimak Teknik Asuh Anak Kate Middleton, Alasan Anak-anak Duchess Cambridge Berperilaku Sangat Baik

    George, Charlotte, dan Louis berperilaku sangat baik di depan umum, berkat teknik pengasuhan Kate Middleton dan Pangeran William.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    Benarkah Tidur di Lantai Bikin Paru-Paru Basah? Begini Penjelasan Dokter Tirta

    Banyak mitos yang berkaitan dengan kesehatan, salah satunya adalah paru-paru basah.

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    Mengenal Vibriosis yang Diderita Istri Dani Alves dan Penyebabnya

    Joana Sanz, istri bek Dani Alves, mengaku menderita vibriosis dan mengingatkan para pengikutnya di Instagram untuk berhati-hati ketika makan tiram.

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    5 Junk Food yang Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi

    Jika mendengr junk food, yang ada di benak pikiran orang adalah makanan lezat yang bisa menimbulkan masalah fatal bagi kesehatan.

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    Mengenal Monkeypox: Sederet Fakta dan Cara Pencegahan yang Perlu Diketahui

    Monkeypox menjadi global, para ilmuwan mulai waspada dan mencoba memahami mengapa virus, kerabat cacar yang tak terlalu mematikan itu, telah muncul di banyak populasi di dunia.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Dapat Tingkatkan Daya Ingat

    Makanan yang mengandung vitamin B12 diklaim dapat membantu meningkatkan daya ingat.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Kacang Terbukti Meningkatkan Kualitas Sperma

    Diet Barat telah dikaitkan dengan penurunan progresif kualitas air mani. Studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi kacang bisa memperbaikinya.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    5 Makanan untuk Memperkuat Tulang, Tidak Sulit Didapatkan

    Memperkuat atau menjaga kesehatan tulang dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan minuman tertentu.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Menangis lalu Sakit Kepala, Ini Sejumlah Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

    Menangis sangat pasti pernah terjadi pada setiap manusia, tetapi sakit kepala setelahnya ternyata punya banyak penyebab.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Olahraga dan Kepribadian: Apa Hubungan Mereka?

    Latihan olahraga adalah kunci dalam pengembangan orang, tetapi ada juga karakteristik yang dapat menentukan jenis atlet kita; kepribadian

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    James Hetfield Akui 'Kolaps' secara Mental saat Tur Metallica di Brasil: Saya Merasa Insecure

    Vokalis Metallica James Hetfield mengungkapkan beberapa kata yang menghancurkan penggemar mereka, mengakui dia merasa tidak bisa bermain lagi.
    X