Tak Cuma Sebagai Garnish, Ini Beberapa Manfaat Daun Parsley untuk Kesehatan

8 Mei 2022, 14:00 WIB
Penulis: Vivaldi Yudha
Editor: Dini Wulandari
Ilustrasi daun parsley.
Ilustrasi daun parsley. /Pixabay

  • Daun parsley lebih sering diketahui sebagai hiasan atau garnish dalam makanan.
  • Namun, daun yang punya nama lain peterseli ini ternyata punya beragam manfaat untuk kesehatan.
  • Beberapa di antaranya adalah menjaga kesehatan jantung dan mata.

SKOR.id - Berikut ini adalah sederet manfaat daun peterseli atau yang lebih dikenal dengan nama parsley untuk kesehatan.

Daun parsley adalah hiasan atau garnish dalam hidangan makanan yang biasanya ditemukan pada makanan ala Barat.

Warna hijau dan bentuknya yang menyerupai pohon kecil dapat membuat makanan tampak lebih sedap dipandang.

Lebih dari hiasan pada makanan, daun parsley ternyata memiliki segudang nutrisi yang berguna bagi kesehatan.

Dilansir dari Healthline, peterseli mengandung kalori, karbohidrat, protein, serat, beberapa vitamin dan mineral, serta antioksidan.

Skor.id pun menguraikan beberapa manfaat daun parsley atau peterseli untuk kesehatan seperti berikut ini:

1. Memelihara Kesehatan Tulang

Parsley memiliki khasiat untuk memelihara kesehatan tulang karena adanya kandungan vitamin K.

Vitamin K sendiri diketahui sebagai nutrisi yang dapat mengurangi risiko patah tulang saat terjadi kecelakaan dan juga menjaga kepadatan tulang.

2. Menangkal Radikal Bebas

Peterseli sangat kaya akan kandungan antioksidan flavonoid serta viamin C yang dapat menurunkan stres oksidatif yang berkaitan dengan radikal bebas.

Salah satu manfaat flavonoid adalah mengurangi risiko kanker usus besar sedangkan vitamin C dapat mencegah kanker prostat.

3. Melindungi Kesehatan Mata

Lutein, beta karoten, dan zeaxanthin adalah tiga karotenoid dalam peterseli yang membantu melindungi dan meningkatkan penglihatan Anda.

Selain itu, dalam parsley juga terkandung vitamin A yang berguna untuk melindungi kornea dan konjungtiva, selaput tipis yang menutupi bagian depan mata.

Ilustrasi mata.
Ilustrasi mata. Pixabay.com

4. Menurunkan Risiko Terserang Penyakit Jantung

Daun parsley juga diketahui dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung karena adanya asam folat, salah satu jenis vitamin B.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang banyak mengonsumsi folat risiko terserang penyakit jantungnya turun 38 persen.

5. Menyegarkan Napas

Tidak semua senyawa sulfur yang menyebabkan bau mulut dapat dihilangkan dengan mengonsumsi parsley.

Meski demikian, memakan beberapa daun ini dapat membantu mengatasi permasalahan bau tak sedap pada napas.

Berita Bugar Lainnya:

5 Latihan Betis untuk Kencangkan Kaki Kurus

Studi Baru Mengungkap Gangguan Tidur Mungkin Terkait dengan Parkinson

  • Sumber: klikdokter.com, healthline
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Sabtu, 7 Mei 2022

    5 Pemanasan Penting Sebelum Lakukan Bench Press

    Mayoritas orang diperkirakan tidak melakukan pemanasan dengan benar sebelum melakukan latihan bench press.

    Bugar

    Sabtu, 7 Mei 2022

    Rahasia di Balik Lengan Ratu Letizia yang Selalu Terlihat Kencang

    Jika ada foto Ratu Letizia dari Spanyol yang mempengaruhi kita dalam beberapa tahun terakhir, itu adalah gambar bagian bahu dan lengan telanjangnya yang begitu kencang.

    Bugar

    Sabtu, 7 Mei 2022

    Kim Kardashian Turun 7 Kilo dalam 3 Minggu demi Gaun Marilyn Monroe: Itu Standar yang Tidak Sehat!

    Sejak mengaku kehilangan berat badan hanya dalam tiga minggu dengan mengenakan gaun ikonik Marilyn Monroe, Kim Kardashian justru mendapat kecaman karena mempromosikan standar tubuh yang tidak sehat.

    Terbaru

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    4 Makanan dan Minuman yang Bikin Urine Bau Pesing, Kopi Termasuk

    Berikut ini adalah makanan dan minuman yang bikin urine bau pesing.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Menjauh Sejenak dari Media Sosial Bisa Baik untuk Kesehatan Mental

    Sebuah penelitian menunjukkan, memutuskan hubungan dengan jejaring sosial selama seminggu akan mengurangi kecemasan dan depresi secara umum.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Vitamin dan Suplemen

    Mengkonsumsi vitamin bisa menjadi cara yang bagus untuk mendukung kebutuhan nutrisi Anda — tetapi ada cara yang tepat untuk melakukannya.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Pendidikan Emosional pada Anak-anak: Kapan Harus Mulai Mengajari Mereka?

    Penting bagi orang tua untuk mengetahui cara memberi anak alat untuk mengidentifikasi apa yang mereka rasakan dan mengetahui cara mengelolanya.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Workout di Rumah Tanpa Menggunakan Alat

    Berolahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Namun melakukan workout di rumah bisa dibilang lebih menyenangkan karena bisa hemat biaya.

    Bugar

    Senin, 16 Mei 2022

    4 Olahraga Mata yang Ringan dan Mudah Dilakukan, Cocok untuk Gamer dan WFH

    Berikut ini adalah empat olahraga mata yang muda dilakukan. Layak banget dipratikkan oleh gamer dan pekerja WFH.

    Bugar

    Senin, 16 Mei 2022

    7 Makanan Pelancar Buang Air Besar untuk Mengatasi Sembelit

    Berikut ini tujuh makanan yang baik dikonsumsi demi melancarkan buang air besar atau mengatasi sembelit.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    Manfaat Acar untuk Kesehatan, dari Sumber Antioksidan hingga Mengontrol Gula Darah

    Berikut ini adalah sejumlah manfaat acar untuk kesehatan.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    Bukan Cemilan Biasa, Berikut Segudang Manfaat Kacang Mete yang Perlu Diketahui

    Berikut ini manfaat kacang mete yang telah dirangkum Skor.id dari Healthline.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    5 Manfaat Penting Jintan Hitam, Rempah yang Dijuluki Obat Segala Macam Penyakit

    Jintan hitam atau habbatussauda disebut sebagai biji dengan manfaat sebagai obat segala penyakit
    X