Tanda-tanda Pembekuan Darah yang Harus Diwaspadai: BE FAST

22 Maret 2022, 12:32 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi gumpalan darah dalam tubuh.
Ilustrasi gumpalan darah dalam tubuh. /Twitter @zeiss_micro

  • Menurut Healthline, blood clot adalah gumpalan darah "yang berubah dari cair jadi seperti gel atau semipadat.
  • Gumpalan darah itu tidak selalu buruk.
  • Jika bekuan darah tidak larut dan mengalir melalui pembuluh darah, itu dapat menyebabkan keadaan darurat medis.

SKOR.id - Kabar Hailey Bieber dilarikan ke rumah sakit baru-baru ini karena "pembekuan darah yang sangat kecil" telah membuat suaminya yang bintang pop, terguncang.

Pekan lalu penyanyi Kanada, Justin Bieber, berbicara kepada penggemar selama pemadaman listrik di konser baru-baru ini untuk merenungkan insiden yang menakutkan.

"Sebagian besar dari Anda mungkin tahu atau melihat berita tentang istri saya. Dia baik-baik saja. Dia baik, dia kuat," kata Bieber dalam video yang dibagikan ke Instagram.

"Tapi itu sungguh menakutkan, Anda tahu, seperti itu benar-benar menakutkan, tetapi saya tahu pasti bahwa Tuhan memiliki Hailey di telapak tangannya dan itu hal yang baik."

Pernyataan sang bintang pop itu muncul setelah Hailey, 25, memperbarui Instagram Stories untuk mengungkapkan bahwa dia telah dirawat sebentar di rumah sakit setelah mengalami "gejala seperti stroke" saat menikmati sarapan bersama suaminya.

Bieber mengatakan bahwa Hailey dibawa ke rumah sakit dan dokter menemukan gumpalan darah "sangat kecil" ke otak "yang menyebabkan sedikit kekurangan oksigen."

Untung, tubuh sang model bisa mengeluarkan gumpalan itu sendiri dan pemulihannya cepat.

"Itu jelas salah satu momen paling menakutkan yang pernah saya alami, tapi saya di rumah sekarang dan baik-baik saja, dan saya sangat berterima kasih dan berterima kasih kepada semua dokter dan perawat luar biasa yang merawat saya!" Haily mengakhiri postingannya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Hailey Rhode Baldwin Bieber (@haileybieber)

Sementara banyak orang mungkin terkejut dengan berita itu, mengenai usia Hailey, para ahli mengatakan ketakutan kesehatan bintang itu adalah pengingat bahwa pembekuan darah dapat terjadi pada usia berapa pun.

Dr. Menaka Pai, seorang ahli pembekuan darah yang tidak merawat Hailey Bieber, mengatakan penting bagi kaum muda untuk mengetahui gejala apa yang harus diwaspadai sehingga mereka dapat mencari perhatian medis setelah mereka membutuhkannya.

Apa itu pembekuan darah (blood clot)?
Menurut Healthline, blood clot adalah gumpalan darah "yang berubah dari cair jadi seperti gel atau semipadat." 

Gumpalan darah itu tidak selalu buruk. Misalnya, saat kita terluka, gumpalan darah bisa terbentuk untuk menyumbat pembuluh darah yang terluka dan menghentikan pendarahan.

Namun, gumpalan darah dapat terbentuk di pembuluh darah atau arteri Anda tanpa alasan dan tidak akan selalu larut dengan sendirinya.

Jika bekuan darah tidak larut dan mengalir melalui pembuluh darah, itu dapat menyebabkan keadaan darurat medis, terutama ketika mereka melakukan perjalanan ke paru-paru atau otak di mana mereka mencegah aliran darah dan menyebabkan kadar oksigen yang rendah dalam darah.

Apa itu stroke?
Stroke terjadi ketika gumpalan darah menghalangi atau membatasi aliran darah ke otak.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mencantumkan ada tiga jenis utama stroke: stroke iskemik, stroke hemoragik dan serangan iskemik transien (TIA), yang dianggap sebagai stroke mini.

Meskipun Hailey tidak mengungkapkan diagnosisnya secara spesifik, Pai memperkirakan sang model kemungkinan besar mengalami TIA.

Stroke ringan ini hanya berlangsung selama beberapa menit dan terjadi ketika suplai darah ke bagian otak "sebentar terputus".

Pernyataan Hailey mencatat bahwa gumpalan darah itu lewat dengan sendirinya, yang menurut Pai adalah "skenario kasus terbaik."

"Untuk Hailey Bieber, dia memiliki gejalanya dan mereka hilang dengan sendirinya, tetapi jika otak kekurangan oksigen cukup lama maka Anda benar-benar dapat mengalami kerusakan permanen pada otak," Pai menjelaskan dalam sebuah wawancara dengan Yahoo Canada.

Apa saja tanda-tanda peringatan stroke?
Dalam postingan media sosialnya, Hailey mengatakan dia pergi ke rumah sakit ketika dia mengalami "gejala seperti stroke" dan keputusannya untuk segera mencari atensi medis segera mendapat pujian dari dokter.

CDC mengatakan setiap menit penting selama stroke, itulah mengapa sangat penting untuk memperhatikan setiap penyimpangan dalam tubuh Anda.

Tanda-tanda stroke termasuk mati rasa atau kelemahan tiba-tiba di wajah, lengan atau kaki, terutama di satu sisi tubuh, kebingungan atau kesulitan berbicara tiba-tiba, penglihatan kabur dan sakit kepala parah.

Anda juga dapat mengingatnya melalui akronim BE FAST - B untuk keseimbangan, E untuk mata dan kehilangan penglihatan, F untuk wajah terkulai, A untuk kelemahan lengan, S untuk kesulitan berbicara dan T untuk saatnya mencari pertolongan medis.

Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, Pai mengatakan Anda harus segera menemui dokter.

Jarangkah anak muda mengalami penggumpalan darah?
Banyak orang mungkin terkejut dengan ketakutan kesehatan Bieber karena dia baru berusia pertengahan dua puluhan.

Meskipun benar bahwa pembekuan darah lebih umum terjadi seiring bertambahnya usia, terutama bagi orang di atas 65 tahun, para dokter memperingatkan bahwa hal itu dapat terjadi pada usia berapa pun.

Dalam sebuah wawancara dengan PEOPLE, Dr. Shazam Hussain, seorang ahli saraf vaskular, mengatakan dia melihat masalah kesehatan terjadi pada “orang yang lebih muda dan lebih muda.”

Pai mengatakan sekitar 15 persen stroke terjadi pada orang muda, dan lebih sering terjadi pada wanita antara usia 25-44 daripada pria pada usia yang sama.

Menurut Pai, orang yang lebih muda memiliki risiko lebih tinggi terkena stroke jika mereka mengalami obesitas, memiliki tekanan darah tinggi atau diabetes, merokok atau mengonsumsi pil KB.

COVID-19 dan pembekuan darah
COVID-19 adalah faktor risiko lainnya yang terkait dengan pembekuan darah, dan Pai ingin orang tahu bahwa virus tersebut dapat meningkatkan risiko seseorang terkena stroke.

“Kita tahu bahwa infeksi COVID-19 dapat meningkatkan risiko pembekuan darah termasuk stroke, karena virus SARS-CoV-2 (COVID-19) sangat meradang dan peradangan pada pembuluh darah dapat menyebabkan pembekuan,” kata sang dokter kepada Yahoo Kanada.

Jika Anda mengalami pembekuan darah sekali, apakah Anda berisiko mengalaminya lagi?

National Institute of Neurological Disorders and Stroke mengatakan TIA (ministrokes) sering jadi "tanda peringatan" bahwa seseorang berisiko terkena stroke yang lebih serius dan melemahkan. Sekitar sepertiga dari mereka yang memiliki TIA akan mengalami stroke akut di masa depan.

Karena peningkatan risiko itu, Pai mengatakan dokter akan selalu memantau pasien mereka dengan sangat cermat setelah mereka menderita jenis stroke apa pun.

Dokter juga dapat merekomendasikan obat-obatan tertentu, seperti pengencer darah atau perawatan untuk menurunkan tekanan darah atau kolesterol.

Rekomendasi perubahan gaya hidup 
Meskipun Anda tidak memiliki kendali atas faktor risiko tertentu seperti riwayat keluarga, Anda dapat membuat perubahan gaya hidup untuk membantu mencegah stroke.

Dua perubahan terbesar yang dapat berdampak besar pada kesehatan Anda termasuk berhenti merokok dan aktif bergerak.

Ketika bekerja dengan pasiennya, Pai mengatakan bahwa dia selalu memberi tahu mereka untuk tidak memikirkan target berat badan, tetapi untuk mencoba dan seaktif mungkin.

“Sungguh menyedihkan melihat orang-orang muda terkena stroke. Menakutkan, itu bisa menyebabkan cacat permanen,” kata Pai.

“Saya pikir apa yang dikatakannya pada kita adalah bahwa kita sebagai masyarakat benar-benar perlu lebih baik dalam mempromosikan gaya hidup sehat dan memudahkan kaum muda untuk mencapai gaya hidup itu.”***

Berita Bugar Lainnya:

Orang Dewasa Muda Juga Dapat Mengalami Stroke, Hailey Bieber Salah Satunya

Dari GERD hingga Stroke, Ini 4 Bahaya Tidur setelah Makan

3 Bahan Alami yang Bisa Menjadi Obat Herbal untuk Stroke

Tag

Video

Berita Terkait

Bugar

Sabtu, 19 Maret 2022

Inilah Alasan Mengapa Prebiotik Sangat Penting

Prebiotik berfungsi sebagai sumber makanan untuk mikroorganisme usus Anda - dan mereka perlu melewati pencernaan dan membuatnya sampai ke usus besar Anda.

Bugar

Minggu, 20 Maret 2022

7 Rahasia Menjaga Kesehatan Ginjal Anda

Untuk menjaga agar ginjal tetap aman adalah merawat tubuh untuk mengurangi peluang terkena penyakit yang membebani ginjal Anda.

Bugar

Minggu, 20 Maret 2022

Jangan Pernah Katakan Enam Hal Ini kepada Seseorang yang Memiliki Masalah Kesehatan Mental

Enam hal yang tidak pernah boleh diucapkan kepada seseorang yang berjuang dengan masalah kesehatan mental.

Bugar

Minggu, 20 Maret 2022

Apa Saja Faktor yang Dapat Memengaruhi Ketidaksuburan Pria?

Tembakau, alkohol, gaya hidup menetap dan obesitas adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas sperma.

Terbaru

Bugar

Kamis, 19 Mei 2022

Ada Baiknya Anak-anak Mulai Dilarang untuk Makan di Depan Layar, Ini Alasannya

Menonton televisi berkontribusi pada asupan kalori yang lebih tinggi, karena itu dimakan lebih tidak sadar dan ada kemungkinan lebih besar bahwa anak akan bertambah gemuk.

Bugar

Kamis, 19 Mei 2022

Cara Mendeteksi apakah Anda Orangtua yang Beracun dan Dampaknya terhadap Anak-anak

Para ahli psikologi telah mengidentifikasi dua jenis orangtua yang beracun: penderita dan narsisis, yang sama-sama merugikan masa depan anak.

Bugar

Kamis, 19 Mei 2022

4 Jenis Yogurt dengan Kandungan Probiotik Terbaik

Probiotik sangat penting untuk menjaga kesehatan usus.

Bugar

Kamis, 19 Mei 2022

5 Posisi Bercinta yang Bisa Bikin Wanita Ketagihan

Wanita dan pria tidak selalu setuju tentang apa yang memenuhi syarat sebagai seks yang menyenangkan.

Bugar

Rabu, 18 Mei 2022

Cuaca Tak Menentu, Inilah Sejumlah Tips Penting untuk Menjaga Kesehatan

Kondisi cuaca yang tak menentu efek pancaroba bisa menjadi pemicu beragam penyakit dan sejumlah gangguan kesehatan.

Bugar

Rabu, 18 Mei 2022

Efek Tinggal di Rumah yang Berantakan, Bisa Bahaya bagi Kesehatan

Apa dampak dari kekacauan dalam kehidupan kita sehari-hari? Ketahui pentingnya menjaga rumah tetap bersih dan rapi.

Bugar

Rabu, 18 Mei 2022

Tips Mengatasi Rambut Kering, Bisa Dilakukan di Rumah

Berikut adalah sejumlah langkah sederhana untuk mengatasi masalah rambut kering.

Bugar

Rabu, 18 Mei 2022

Bukan Bikin Bodoh, Ini Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Micin Menurut dr. Tirta

Berikut adalah bahaya terlalu banyak mengonsumsi micin menurut dr. Tirta.

Bugar

Rabu, 18 Mei 2022

Apakah Anda Pernah Mengalami 'Lapar Emosional'? Ikuti Tips Berikut untuk Mengatasinya

Perasaan seperti cemas, gugup, kewalahan atau bahkan rasa kebosanan dapat menyebabkan seseorang makan tanpa benar-benar lapar, yang dikenal dengan istilah 'lapar emosional'.

Bugar

Rabu, 18 Mei 2022

Kenali Beragam Manfaat Membaca Buku bagi Kesehatan Mental

Berikut Skor.id merangkum berbagai manfaat membaca buku bagi kesehatan mental.
X