Teh Hijau Mungkin adalah Minuman Tersehat di Dunia

29 Juni 2022, 14:49 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Konsumsi teh hijau secara teratur diyakini dapat menjauhkan penyakit seperti jantung dan diabetes.
Konsumsi teh hijau secara teratur diyakini dapat menjauhkan penyakit seperti jantung dan diabetes. /Pixabay.com

  • Teh hijau ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
  • Itu mengandung antioksidan penangkal penyakit dalam dosis besar.
  • Tak hanya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker, juga dapat membantu menurunkan berat badan.

SKOR.id - Ketika berbicara tentang teh hijau, ada banyak alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk meminumnya sebagai minuman favorit.

“Teh hijau adalah minuman yang baik untuk dimasukkan ke dalam diet Anda secara teratur untuk kesehatan Anda,” kata Jill Weisenberger, R.D.N., seorang pendidik diabetes bersertifikat dan penulis Prediabetes: A Complete Guide. “Teh ini adalah sumber yang kaya antioksidan dan telah terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan.”

Emma Laing, Ph.D., R.D.N., juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, juga mengatakan bahwa minuman tersebut dapat dinikmati panas atau dengan es, disajikan polos atau diresapi dengan rasa lain.

Tidak peduli cara Anda menyesapnya, Laing menyebut teh hijau mengandung antioksidan penangkal penyakit dalam dosis besar dibandingkan dengan varietas lainnya. Dan antioksidan itu mungkin berperan dalam banyak manfaat kesehatan potensial teh hijau.

"Ilmu teh hijau tetap menjadi topik populer bagi para peneliti untuk dipelajari karena lebih banyak manfaat kesehatan potensial yang terungkap," kata Laing, lagi.

“Meski banyak penelitian di seluruh dunia telah menghubungkan konsumsi teh hijau dengan penurunan risiko penyakit jantung, kanker, diabetes, penyakit Alzheimer, kerusakan otot setelah berolahraga, dan bahkan sebagai kunci untuk hidup lebih lama, studi penelitian yang lebih kuat diperlukan untuk membuktikan hal ini."

Namun, makin banyak penelitian tentang teh hijau tampaknya makin menunjukkan kualitas kesehatan yang positif, membuat banyak ahli diet didorong oleh temuan tersebut.

Karena, selain mendukung kesehatan yang baik, teh hijau ternyata juga punya peran dalam membantu penurunan berat badan.

Apa itu teh hijau?
Pertama, ada beberapa varietas.

“Teh putih, hijau, oolong, hitam, dan hitam dibuat dari tanaman Camellia sinensis yang sama, dan rasa yang berbeda itu muncul saat daun tanaman terkena udara, atau teroksidasi, selama pemrosesan,” kata Laing, menambahkan bahwa dinamakan teh hijau karena dihasilkan dari daun hijau sebelum terjadi oksidasi.

Daun teh hijau ditanam dan diproses dengan berbagai cara yang dapat memengaruhi aroma dan rasanya, sambil tetap mempertahankan jumlah polifenol maksimumnya, kata Paulina Lee, R.D., pendiri Savvy Stummy.

Polifenol adalah senyawa yang ditemukan dalam makanan nabati —seperti blueberry, bayam, hingga teh hijau— dan sebagian besar jenisnya berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh Anda.

“Polifenol mendukung fungsi usus dengan memberi makan bakteri usus yang sehat dan telah diketahui memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi,” kata Lee.

Secara khusus, teh hijau itu mengandung EGCG, katekin paling melimpah yang ditemukan dalam teh, katanya, menyoroti bahwa katekin adalah polifenol yang biasanya memiliki manfaat positif secara keseluruhan untuk kesehatan dan merupakan antioksidan penting.

“Dari apa yang kita ketahui tentang tindakan polifenol dan antioksidan, kami menyimpulkan bahwa EGCG dari teh hijau akan memiliki efek yang sama pada kesehatan kita secara keseluruhan, termasuk efek positif pada suasana hati dan kesehatan kardiovaskular,” kata Lee.

Apakah teh hijau sehat?
Tentu saja.

“Teh hijau hampir tidak mengandung kalori dan mengandung sekitar 15 hingga 30 miligram kafein per sajian. Juga mengandung sekitar 125 miligram fitokimia yang memiliki sifat antioksidan,” kata Jesse Feder, R.D.N., dari StrengthWarehouse USA.

Feder mengatakan bahwa tingginya jumlah fitokimia dalam teh hijau telah dikaitkan dengan penurunan kolesterol, tekanan darah, gula darah, dan bahkan lemak tubuh.

"Selain itu, teh hijau adalah alternatif yang lezat untuk minuman manis yang benar-benar dapat mengemas banyak kalori."

Satu catatan penting: Kandungan kafein dan nutrisi dapat berubah tergantung pada berapa lama teh direndam dan jika disajikan dalam kantong teh, sachet, atau daun lepas, kata Laing.

“Matcha, bubuk teh hijau, teh tanpa kafein, dan minuman teh dalam kemasan tidak memiliki profil nutrisi yang sama dengan teh hijau yang diseduh secara tradisional,” katanya.

Saat mengevaluasi potensi manfaat kesehatan teh hijau dari studi ilmiah, Laing menekankan bahwa penting untuk mengingat faktor-faktor seperti jumlah dan jenis subjek yang digunakan (misalnya, hasil dari penelitian pada hewan tidak dapat langsung diterjemahkan ke manusia), bagaimana gaya hidup berbeda. di antara populasi yang diteliti, jika peneliti mengamati tren asupan atau jika mereka memberikan teh sebagai intervensi, dan dosis tertentu yang diberikan (misalnya, teh seduh yang biasanya dikonsumsi, sebagai bahan tunggal, atau sebagai ekstrak).

Dan meskipun penelitian ini sangat mengesankan, “konsumsi teh hijau itu sendiri tidak akan menjamin kesehatan atau umur panjang,” kata Laing.

“Jika Anda memutuskan untuk memasukkan teh hijau ke dalam pola makan sehat Anda, lakukanlah karena Anda menikmati rasanya dan Anda sedang berusaha untuk menambahkan variasi pada keseluruhan makanan bergizi yang sudah Anda konsumsi," katanya.

“Kebutuhan nutrisi individu bersifat spesifik, bervariasi berdasarkan usia, kondisi kesehatan, dan penggunaan obat. Obat-obatan tertentu berinteraksi dengan kafein, jadi konsumsi makanan dan minuman berkafein harus dipantau dan mungkin perlu lebih rendah dari batas harian yang disarankan (400 mg per hari)," kata Laigne.

Bisakah teh hijau membantu Anda menurunkan berat badan?
Tidak ada makanan atau minuman yang akan membuat angka pada timbangan secara ajaib meluncur ke sisi selatan. Tetapi, jika ditambah dengan diet yang seimbang dan sehat, tampaknya teh hijau dapat berperan dalam membantu penurunan berat badan.

"Teh hijau telah terbukti membantu menurunkan berat badan," kata Weisenberger.

"Ini sumber kafein yang baik dan telah terbukti membantu meningkatkan metabolisme. Teh hijau juga telah terbukti membantu mengurangi nafsu makan."***

Baca Juga Berita Bugar Lainnya:

Lima Minuman yang Bisa Bikin Panjang Umur, Teh Hijau hingga Red Wine

3 Manfaat Mengonsumsi Teh Hijau bagi Kesehatan Otak

Theanin, Kandungan dalam Teh Hijau yang Membantu Menurunkan Berat Badan

  • Sumber: menshealth.com
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Selasa, 28 Juni 2022

    5 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

    Selain diet, ternyata ada beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan.

    Bugar

    Rabu, 29 Juni 2022

    Skortips: Fisik Bugar dan Prima ala Pembalap F1 Esteban Ocon

    Fisik yang bugar menjadi aspek penting bagi semua atlet, tidak terkecuali para pembalap Formula 1.

    Bugar

    Rabu, 29 Juni 2022

    Deretan Manfaat Daun Peterseli, Salah Satunya Melawan Kanker

    Peterseli adalah tanaman berbunga asli Mediterania. Dua jenis yang paling umum adalah bertekstur keriting seperti di Prancis dan datar seperti di Italia.

    Bugar

    Rabu, 29 Juni 2022

    5 Bahaya di Balik Kesegaran Es Teh Manis

    Cek lima bahaya di balik kesegaran teh manis yang menyegarkan.

    Terbaru

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    11 Mitos Cacar Monyet, Dibantah oleh Para Pakar Kesehatan

    Informasi kesehatan yang salah telah begitu merajalela dan berbahaya sehingga Ahli Bedah Umum AS, Dr. Vivek H. Murthy, secara terbuka mengeluarkan peringatan mengenai tersebut itu pada tahun 2021.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Skortips: Nasihat Kesehatan untuk Anda Jelang Menginjak Usia 60 Tahun

    Skor.id menyoroti beberapa hal-hal yang harus menjadi perhatian setelah berusia 60 tahun.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Minuman Ini Membantu Anda Meningkatkan Kesehatan Usus dan Mengurangi Kadar Gula Darah

    Sebuah penelitian telah menemukan bahwa teh hijau dapat bermanfaat untuk meningkatkan sindrom metabolik.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Kim Kardashian Sebut Psoriasis 'Menyakitkan dan Menakutkan': Siapa yang Berisiko?

    Kim Kardashian telah berbicara tentang psoriasisnya di masa lalu, yang merupakan penyakit peradangan yang menyebabkan bercak bersisik tumbuh di kulit Anda.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Jam demi Jam: Waktu Terbaik untuk Melakukan Aktivitas Anda dalam Sehari

    Jam demi jam – waktu terbaik untuk melakukan segalanya- mulai dari sarapan hingga kapan harus tidur, menurut sebuah penelitian.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Banyak Kalori yang Mampu Terbakar oleh Seks: Tergantung Posisi, Waktu, dan Seberapa Aktif Anda

    Seks sering digambarkan sebagai latihan fisik yang hebat, tetapi apakah itu benar-benar membantu Anda menurunkan berat badan?

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Suka Makan Udang, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

    Tak hanya lezat, udang juga kaya akan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Apakah Anda Menderita Hipertensi? Berikut Langkah Kunci untuk Mengurangi Konsumsi Garam

    Anda dapat mengonsumsi hingga enam gram natrium per hari dalam konteks diet yang seimbang.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    The Batman: Ketahui Diet Ketat Robert Pattinson untuk Perannya yang Paling Penting

    Agar sesuai dengan peran ksatria gelap, Robert Pattinson harus menjalani diet sangat ketat dan berlatih fisik lima atau enam hari seminggu.

    Bugar

    Sabtu, 13 Agustus 2022

    Seberapa Serius Tekanan Darah Rendah Berbahaya bagi Tubuh

    Ketika kebanyakan orang khawatir tentang tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah dapat memiliki konsekuensi yang serius.
    X