Tertawa Obat Terbaik untuk Kesehatan Mental: Jaga Otot Humor Anda

22 November 2022, 21:50 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi banyak ragam ekspresi tertawa.
Ilustrasi banyak ragam ekspresi tertawa. /Pixabay.com

  • Tertawa memiliki peringkat cukup tinggi dalam kotak peralatan pengobatan.
  • Salah satu manfaatnya yang paling penting adalah efek positifnya pada kesehatan mental dan kemampuan mengatasi banyak rintangan kehidupan,
  • Dan, seperti semua teknik mindfulness dan psikologi positif lainnya, tertawa membutuhkan latihan, niat, dan kerentanan.

SKOR.id - Di antara segudang resep kesehatan, mungkin tidak ada yang lebih penting dari tertawa.

Faktanya, tertawa memiliki peringkat yang cukup tinggi dalam kotak peralatan pengobatan, dengan penelitian telah menunjukkan bahwa tawa menimbulkan berbagai manfaat yang berkisar dari pengurangan stres dan peningkatan pernapasan hingga memberikan dorongan ekstra pada sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan toleransi rasa sakit.

Tetapi, salah satu manfaat tertawa yang paling penting mungkin adalah efek positifnya pada kesehatan mental serta kemampuan untuk mengatasi banyak rintangan kehidupan, terutama seiring bertambahnya usia. Tantangannya adalah menjaga agar otot humor tetap terpompa dan prima.

“Penelitian menunjukkan bahwa di usia sekitar 23 tahun, kecenderungan kita untuk tertawa mulai menguap, kita memiliki lebih banyak tanggung jawab – lulus kuliah, pekerjaan profesional, promosi, pinjaman hipotek suku bunga variabel, dan hal-hal seperti itu,” kata Paul Osincup, seorang humor ahli strategi dan mantan presiden Association for Applied and Therapeutic Humor. "Kita benar-benar tidak mendapatkan kembali tawa itu sampai berusia 70-an."

Tetapi 50 tahun yang aneh tampaknya seperti waktu yang sangat lama untuk mendapatkan kembali salah satu anugerah hidup yang paling berharga, itulah sebabnya seperti semua otot, prinsip "gunakan atau hilangkan" berlaku.

“Seperti semua teknik mindfulness dan psikologi positif lainnya, ini membutuhkan latihan, niat, dan kerentanan,” kata Mallori DeSalle, direktur Implementasi SBIRT dan Pelatihan Wawancara Motivasi di Universitas Indiana di Bloomington dan spesialis kesehatan mental berlisensi dan profesional humor bersertifikat.

Dan, Osincup setuju.

“Premisnya adalah bahwa kapan saja, kita dapat melihat hidup kita sebagai drama ataupun komedi. Semakin kita membenamkan diri dalam humor dan benar-benar mulai belajar bagaimana menggunakannya dan merasakan humor – bukan karena kebetulan tetapi karena pilihan – kita mulai mendorong pompa untuk kepositifan dalam hidup kita,” katanya.

*Tidak Semua Tertawa Sama
Langkah pertama untuk memanfaatkan kekuatan tawa adalah memahami bahasa tawa itu.

Tertawa dapat diinduksi sendiri sesuka hati tanpa permintaan humor atau lucu.

Tertawa dapat dirangsang oleh kontak fisik (misalnya, menggelitik), atau diinduksi oleh obat-obatan (misalnya, gas tertawa atau oksida nitrat selama prosedur periksa gigi).

Tertawa juga bisa disebabkan oleh perubahan sistem saraf tubuh ataupun karena kondisi kesehatan mental. Bentuk tawa ini disebut tawa patologis.

Namun sejauh menyangkut kesehatan dan kesejahteraan, jenis tertawa yang paling penting adalah yang paling dikenal orang, yang menurut ulasan pada tahun 2021, adalah tertawa yang tulus atau spontan. Ini adalah jenis tawa yang dipicu oleh rangsangan dari luar seperti lelucon lucu atau yang dibawa melalui emosi positif.

Ini juga dapat diaktifkan dengan latihan humor, yang merupakan sweet spot untuk humoris terapeutik seperti DeSalle dan mitra praktiknya Lodge McCammon, PhD, profesional humor bersertifikat, konselor kesehatan mental, musisi, dan pembicara motivasi. Osincup mengaku juga menggunakan latihan humor di bengkelnya.

*Melatih Kembali Otot Humor
Sebelum melepaskan pandangan, mari kita perjelas: Tujuan dari latihan ini bukanlah untuk menciptakan generasi baru komedian atau artis atau memaksa seseorang untuk "menghibur".

Alih-alih, DeSalle dan McCammon menggunakan latihan absurditas dalam pekerjaan mereka dengan klien, sebuah pendekatan yang mengundang peserta untuk "memusatkan" ketidaknyamanan mereka sehingga mereka dapat membingkai ulang pengalaman yang tidak menyenangkan itu, yang pada gilirannya, mendapatkan kelonggaran singkat dari emosi negatif dan gangguan atau tantangan kecil.

Baru-baru ini, tim mereka melakukan rangkaian latihan selama sebulan di halaman Facebook komunitas yang mereka sebut Humor Games. Selama 4 minggu, peserta ditawari prompt yang berfokus pada humor dan manfaatnya, dan kemudian diberikan arahan tentang prompt tersebut. Sebagai contoh:

  • Isi bagian yang kosong: Jangan jadi bagian dari masalah. Jadilah (isi yang kosong).

DeSalle menjelaskan bahwa pelatihan seperti ini adalah pemanasan yang membantu orang secara perlahan membangkitkan otot humor yang sedang beristirahat. Meskipun respons umum mungkin menjadi solusi, respons latihan harus berupa karikatur realitas dan sesuatu yang tidak terduga, seperti:

  • Jangan menjadi bagian dari masalah. Jadilah pencari masalah.

McCammon mengatakan bahwa sepanjang hari, para peserta diundang untuk memposting tanggapan atau komentar mereka tentang orang lain, dengan setiap minggu berpuncak pada acara hari Jumat (misalnya, postingan terlucu) yang akan dibagikan di halaman mereka sendiri dan dengan grup secara keseluruhan. Para peserta juga dilatih cara membuat meme dari prompt tersebut.

“Seiring waktu, mereka menjadi semakin tertantang dan selama 2 minggu terakhir, dianggap sebagai latihan terapeutik,” kata McCammon. “Alih-alih meminta setiap peserta untuk memainkan sesuatu yang tidak masuk akal, kami minta mereka untuk memasukkan sesuatu yang mengganggu mereka atau sesuatu yang mereka hadapi dalam hidup yang sulit.”

Setelah itu, para peserta diminta untuk membingkai kembali hal yang menantang atau tidak menyenangkan menjadi sesuatu yang lebih lucu. Khusus untuk petunjuk ini, para pelawak menggunakan meme.

"Pada akhirnya, kami membantu menemukan perbaikan yang lebih cepat – tidak hanya tidak menyenangkan tetapi juga lucu karena (kosong)," jelas DeSalle.

“Mereka dapat belajar bagaimana melatih kembali pikiran mereka – untuk membingkai ulang – alih-alih duduk dalam ketidaknyamanan dan rasa sakit, yang cenderung kita lakukan sebagai manusia,” katanya.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Tertawa dan Tersenyum: Sederhana, tapi Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Hindari Stres, yuk Coba Terapi Tertawa!

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: webmd.com
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Senin, 21 November 2022

    Viral Manfaat Micin untuk Kecantikan, Diklaim Mampu Hilangkan Flek hingga Jerawat

    Media sosial TikTok diramaikan dengan penggunaan micin sebagai bahan skincare untuk menghilangkan di flek wajah.

    Bugar

    Senin, 21 November 2022

    8 Manfaat Penting Minum Air Putih saat Perut Kosong

    8 Manfaat Penting Minum Air Putih Saat Perut Kosong. Anda tidak akan bisa menolak minum air saat perut kosong setelah mengetahui manfaatnya.

    Bugar

    Senin, 21 November 2022

    5 Kiat Bekerja dari Rumah untuk Dapatkan Ruang Kerja Jarak Jauh yang Sempurna

    Lakukan lima tips ini untuk mendapatkan ruang kerja jarak jauh yang sempurna jika Anda bekerja dari rumah.

    Bugar

    Selasa, 22 November 2022

    3 Tips Mudah untuk Menghindari Kenaikan Berat Badan saat Bekerja di Rumah

    Selama bulan-bulan pengurungan, berat badan kami rata-rata naik sekitar enam kilo, jadi kami harus mengambil tindakan jika kami terus bekerja dari rumah

    Terbaru

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Mengapa Kita Menguap dan Mengapa Itu Sangat Menular: Kata Para Ahli

    Mengapa sebenarnya kita menguap? Dan mengapa hampir tidak mungkin menahan kuap saat seseorang melakukannya di depan Anda?

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Hot flashes: Apa Itu dan Bagaimana Mengelola Gejala Menopause

    Salah satu gejala menopause yang paling umum adalah hot flashes, di mana wanita tiba-tiba mengalami kepanasan yang tidak nyaman pada wajah dan tubuh mereka.

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Kekurangan Nutrisi 'Penyebab Utama' Kerontokan Rambut, Konsumsi Ini untuk Mencegahnya

    Kurangnya nutrisi tertentu dapat memicu kerontokan rambut berlebihan, tetapi untungnya beberapa makanan dapat membantu, menurut seorang ahli.

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Perbedaan antara Protein Hewani dan Nabati: Mana yang Lebih Baik?

    Protein sangat penting untuk sejumlah fungsi kesehatan. Ini memasok tubuh dengan energi sambil membangun dan memperbaiki jaringan setelah cedera, latihan, operasi, dan bentuk keausan lainnya.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Mengapa Kebanyakan Pria Tidak Memiliki Cukup Teman Dekat, Cari Tahu Alasannya

    Istilah persahabatan bukan hanya tentang mereka yang duduk bersama Anda di bus sekolah ataupun bermain bersama di tim bisbol masa kecil Anda, itu adalah komponen inti dari pengalaman manusia, kata para ahli.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Infeksi Strep A yang Merebak di Inggris

    Setidaknya enam anak telah meninggal dan yang lainnya berjuang untuk hidup di rumah sakit setelah tertular bakteri Streptococcus A di Inggris dan Wales.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    7 Bahan Herbal untuk Obat Sakit Pinggang

    Ada banyak hal penyebab seseorang mengalami sakit pinggang dan obat herbal salah satu solusinya

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Beberapa Perubahan yang Mungkin Terjadi pada Tubuh Anda saat Anda Mulai Berlari

    Berlari adalah aktivitas yang sangat sehat yang dimasukkan oleh banyak atlet dalam rutinitas mereka.

    Bugar

    Jumat, 2 Desember 2022

    Awas, Ini Efek Buruk pada Kulit dan Mata akibat Terlalu Lama Terpaku pada Layar Ponsel

    Diperkirakan 60% populasi dunia menghabiskan lebih dari enam jam sehari di depan layar: terutama ponsel, tetapi juga layar komputer, televisi, dan perangkat digital lainnya. Pada akhirnya, inilah yang dikenal sebagai polusi digital.
    X