Tips: 5 Gerakan Efektif untuk Mengencangkan Otot Kaki

6 Juni 2021, 23:30 WIB
Penulis: Any Hidayati
Editor: Doddy Wiratama
Cover artikel Skortips.
Cover artikel Skortips. /Grafis: Yusuf/Skor.id

  • Ada lima olahraga untuk melatih kekuatan otot kaki tanpa perlu ke pusat kebugaran.
  • Hanya bermodal matras senam, olahraga ini dapat dilakukan di dalam rumah.
  • Gerakan squat bisa menjadi andalan untuk mengencangkan betis, paha depan, dan paha belakang.

SKOR.id - Olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh tidak melulu harus datang ke pusat kebugaran, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Selama di rumah aja, dilansir dari Halodoc, ada lima olahraga murah meriah yang bisa dilakukan untuk mengencangkan otot kaki.

Mengencangkan otot kaki ini termasuk bagian betis, paha depan, dan paha belakang yang tentu akan menunjang berbagai kegiatan sehari-hari tanpa perlu keluar rumah.

Tak perlu berlama-lama, ini dia panduan lima gerakan olahraga untuk mengencangkan otot kaki untuk Skorer semuanya.

1. Gerakan Squat

Squat adalah gerakan untuk memaksimalkan kerja otot quadriceps femoris, adductor magnus, dan gluteus maximus

Ada berbagai jenis squat yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan kerja otot kaki tetapi kali ini jenis yang efektif untuk pemula adalah squat biasa.

Berikut ini cara melakukan Squat:

  • Berdiri dan renggangkan kaki dengan lebar.
  • Posisi punggung tetap lurus dan perlahan tekuk lutut dan turunkan pantat hingga sejajar dengan permukaan lutut.
  • Tahan selama beberapa detik lalu kembali berdiri.
  • Lakukan repetisi selama 10 kali.

2. Split Squat

Gerakan ini berfungsi untuk memperkuat otot gluteus, paha depan, dan paha belakang. Split squat bisa dikombinasikan dengan mengangkat dumbel.

Berikut adalah gerakan split squat yang efektif.

  • Siapkan kayu, kursi, atau meja kecil sebagai tumpuan kaki.
  • Berdiri dengan kaki kanan di atas tumpuan dan lutut kiri ditekuk hingga menyentuh lantai.
  • Tahan posisi tersebut dengan punggung tetap lurus selama beberapa detik.
  • Perlahan kembali ke posisi awal dan ganti kaki.
  • Repetisi selama 10 kali per kaki.

3. Calf Raise

Gerakan ini akan mengencangkan otot kaki dengan memaksimalkan kinerja otot tibialis posterior, gastrocnemius, dan soleus pada tungkai bagian bawah.

Berikut ini cara melakukan Calf Raise.

  • Berdiri, tekuk salah saut kaki membentuk 90 derajat dengan punggung tetap lurus.
  • Tahan posisi tersebut selama beberapa detik kemudian ganti kaki.
  • Lakukan repetisi selama 15 kali.

4. Side Leg Raise

Gerakan ini efektif untuk memperkuat otot paha luar dan pinggul, serta menstabilkan tubuh.

Berikut ini panduannya.

  • Berbaring dengan posisi miring dan kaki diluruskan.
  • Angkat dan turunkan sebelah kaki secara perlahan dengan memastikan area pinggul dan pantat terangkat.
  • Lakukan repetisi selama 12 kali di setiap posisi.

5. Side Lunges

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Squats (@squats)

Selain memperkuat otot paha, side lunges (slide kedua) juga meningkatkan fleksibilitas.

Berikut ini gerakannya.

  • Berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu dengan punggung dan dada tetap lurus.
  • Ambil langkah besar ke samping seraya menurunkan lutut kaki hingga 90 derajat.
  • Ulangi ke sisi lainnya, masing-masing tiga kali.

Ikuti juga InstagramFacebook, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita Skortips Lainnya:

Tips: Gerakan Yoga untuk Pemula Selama di Rumah Aja

Tips: 5 Jenis Asupan Gizi yang Diperlukan Tubuh Setiap Hari

  • Sumber: halodoc.com
  • Tag

    Video

    Komentar

    Berita Terkait

    Olahraga Lain

    Kamis, 14 Januari 2021

    Tips: Menjaga Postur Tubuh dan Posisi Duduk Selama WFH

    Postur tubuh yang salah dapat menyebabkan kelelahan, sakit punggung, kepala, sakit di area tubuh bagian atas, dan pegal di bagian lengan.

    Bugar

    Rabu, 20 Januari 2021

    Tips: Diet Batman Ala Robert Pattinson, Mau Coba?

    Selain menjaga asupan makanan, Robert Pattinson juga melakukan olahraga berat mulai dari kardio hingga pelatihan kekuatan ala militer.

    Terbaru

    Bugar

    Sabtu, 24 Juli 2021

    Manfaat Minum Susu dengan Kurma bagi Kesehatan

    Buah kurma merupakan jenis buah kering yang memiliki banyak nutrisi untuk tubuh kitaMengonsumsi kurma secara rutin dapat mencegah berbagai masalah kesehatan yang muncul.

    Bugar

    Sabtu, 24 Juli 2021

    3 Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Tingkatkan Imun

    Berikut ini Skor.id menyajikan berbagai manfaat buah kiwi untuk ibu hamil.

    Bugar

    Sabtu, 24 Juli 2021

    Manfaat Merajut sebagai Teknik Relaksasi di Masa Pandemi Covid-19

    Merajut menjadi salah satu aktivitas yang bermanfaat untuk membantu lebih rileks selama menghabiskan waktu di rumah karena pandemi Covid-19.

    Bugar

    Jumat, 23 Juli 2021

    5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mengonsumsi Buah-buahan

    Sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi buah-buahan.

    Bugar

    Jumat, 23 Juli 2021

    Mengasah Motorik Anak-Anak dengan Aktivitas Seni

    Kekuatan fisik dan psikologis anak-anak dapat dibentuk dengan memperkenalkan aktivitas seni sedini mungkin.

    Bugar

    Jumat, 23 Juli 2021

    8 Manfaat Pare untuk Kesehatan, Bisa Mengobati AIDS

    Meski pahit, pare memiliki banyak khasiat untuk tubuh manusia.

    Bugar

    Jumat, 23 Juli 2021

    Penting, Ini Alasan Jangan Menelan Biji Semangka!

    Ada alasan mengapa Anda sebaiknya tak menelan biji semangka.

    Bugar

    Jumat, 23 Juli 2021

    Mengenal Nutrigenetik: Konsumi Makanan Lebih Efektif Sesuai Gen

    Tujuan dari nutrigenetik adalah untuk mengetahui respons gen ketika makanan masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian, kita jadi mengetahui pola makan yang lebih efektif.

    Bugar

    Kamis, 22 Juli 2021

    Gerakan Mudah untuk Mengatasi Sakit Punggung

    Beberapa gerakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit punggung.

    Bugar

    Kamis, 22 Juli 2021

    Tanda-tanda Tubuh Kurang Serat, Salah Satunya Lapar Terus

    Memperbanyak asupan serat dalam pola makan sehari-hari sangat penting dalam membantu tubuh tetap sehat.

    Terpopuler

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X