Tips: 5 Jenis Asupan Gizi yang Diperlukan Tubuh Setiap Hari

25 Januari 2021, 20:15 WIB
Penulis: Doddy Wiratama
Editor: Doddy Wiratama
Cover artikel Skortips. /Grafis: Yusuf/Skor.id

  • Selain berolahraga dan istirahat teratur, asupan gizi juga diperlukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.
  • Setidaknya ada lima zat yang diperlukan tubuh dan disarankan untuk dipenuhi setiap hari.
  • Skortips kali ini dibuat dalam rangka peringatan Hari Gizi Nasional ke-61 yang jatuh pada 25 Januari 2021.

SKOR.id - Hari Gizi Nasional di Indonesia diperingati setiap tanggal 25 Januari sejak 1960 yang artinya telah memasuki tahun peringatan ke-61 pada 2021.

Selain berolahraga dan istirahat yang cukup, asupan gizi menjadi salah satu faktor penting yang harus dipenuhi untuk mendapat tubuh yang sehat dan bugar.

Dilansir Skor.id dari Halodoc, setidaknya ada lima asupan nutrisi yang baik untuk dikonsumsi dan dipenuhi kebutuhannya pada setiap hari. Berikut adalah daftarnya:

1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi terbesar dalam tubuh. Maka dari itu, konsumsi karbohidrat menjadi sangat penting untuk tubuh.

Ketika kebutuhan karbohidrat tubuh telah tercukupi, maka zat ini akan disimpan dalam otot untuk kemudian diubah menjadi glikogen.

Apabila asupan karbohidrat tak tercukupi, maka seluruh otot tubuh akan mudah lelah sehingga memengaruhi kinerja tubuh.

Beberapa contoh makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi, umbi-umbian, roti, sereal, hingga pasta.

Nasi, pasta, dan kentang adalah beberapa contoh makanan yang mengandung karbohidrat.
Nasi, pasta, dan kentang adalah beberapa contoh makanan yang mengandung karbohidrat. (pixabay.com)

2. Protein

Kemampuan otot saat digunakan untuk beraktivitas turut ditentukan oleh asupan protein yang masuk ke dalam tubuh kita.

Protein berguna untuk membantu memperbaiki serta membangun kembali otot-otot setelah digunakan untuk berlatih atau berolahraga.

Asupan protein dalam tubuh bisa dipenuhi dengan mengonsumsi telur, ikan, daging ayam, daging sapi, susu, kacang-kacangan, serta biji-bijian.

Protein adalah salah satu zat yang diperlukan untuk memenuhi asupan gizi dalam tubuh dan telur adalah salah satu makanan yang mengandung protein.
Protein adalah salah satu zat yang diperlukan untuk memenuhi asupan gizi dalam tubuh dan telur adalah salah satu makanan yang mengandung protein. (pixabay.com)

3. Lemak

Lemak memiliki fungsi sebagai sumber energi jangka panjang dalam tubuh kita. Meski demikian, memilih asupan lemak tidak boleh sembarangan.

Sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi karena itu bisa memperlambat proses pencernaan di dalam tubuh.

Makanan dengan kandungan lemak yang baik bisa diperoleh dari susu rendah lemak, biji-bijian, kacang-kacangan, serta daging tanpa lemak.

Lemak dalam daging menjadi salah satu zat yang harus dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi.
Lemak dalam daging menjadi salah satu zat yang harus dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi. (pixabay.com)

4. Air Mineral

Mengonsumsi air mineral dapat memperlancar proses pencernaan serta mencegah tubuh dari kekurangan cairan alias dehidrasi.

Dehidrasi bukan hanya membuat tubuh menjadi haus, melainkan juga bisa menyebabkan kelelahan serta menurunkan fokus dan konsentrasi saat beraktivitas.

Idealnya, kita dianjurkan untuk mengonsumsi delapan gelas air mineral dalam satu hari untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Mengonsumsi delapan gelas air mineral per hari sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan menghindari dehidrasi.
Mengonsumsi delapan gelas air mineral per hari sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan menghindari dehidrasi. (pixabay.com)

5. Sayur dan Buah

Selain berbagai sumber gizi yang sudah disebutkan di atas, tubuh juga membutuhkan asupan vitamin.

Secara umum, vitamin bisa didapatkan ketika mengonsumsi berbagai jenis sayur maupun buah-buahan.

Beragamnya pilihan serta cara mengolah seharusnya tidak membuat kita bosan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dari sayuran maupun buah-buahan.

Jus buah atau sayur bisa menjadi salah satu alternatif cara memenuhi asupan vitamin dalam tubuh.

Vitamin dari sayur dan buah juga tak kalah pentingnya untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh kita.
Vitamin dari sayur dan buah juga tak kalah pentingnya untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh kita. (pixabay.com)

Ikuti juga InstagramFacebook, dan Twitter dari Skor Indonesia. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Skor Indonesia (@skorindonesia)

Berita Olahraga Lainnya:

Tips: Diet Batman Ala Robert Pattinson, Mau Coba?

Tips: 8 Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan

  • Sumber: halodoc.com
  • Tag

    Video

    Komentar

    Berita Terkait

    Esports

    Sabtu, 2 Januari 2021

    Tips Jaga Kesehatan Mata Meski Berjam-jam Push Rank

    Beberapa tips yang ampuh untuk menjaga kesehatan mata bagi para gamer.

    Esports

    Sabtu, 9 Januari 2021

    Tips Menjadi Profesional Player Agar Dilirik Tim Esport Besar

    Profesi sebagai atlet esport atau yang lebih dikenal dengan profesional player esport menjadi salah satu pekerjaan yang diminati.

    Olahraga Lain

    Kamis, 14 Januari 2021

    Tips: Menjaga Postur Tubuh dan Posisi Duduk Selama WFH

    Postur tubuh yang salah dapat menyebabkan kelelahan, sakit punggung, kepala, sakit di area tubuh bagian atas, dan pegal di bagian lengan.

    Terbaru

    Bugar

    Kamis, 1 April 2021

    SBKT Ajak Olahraga dengan Kesenangan

    Berangkat dari keinginan sehat dan menyenangkan, Selier Banjir Kanal Timur (SBKT) terbentuk pada 2017, jauh sebelum hype bersepeda muncul.

    Bugar

    Rabu, 17 Maret 2021

    Tips: 5 Gerakan Olahraga untuk Mengecilkan Paha dan Betis

    Lari dan naik turun tangga menjadi contoh olahraga praktis untuk mengecilkan paha dan betis.

    Bugar

    Minggu, 14 Maret 2021

    Pesepeda dari 40 Komunitas Berbagi 1.000 Kantung Beras

    Bersama Pesepeda Berbagi 1.000 Kantung Beras, Sabtu (13/3/2021), diinisiasi Cyclist Hub.

    Bugar

    Rabu, 10 Maret 2021

    Komunitas Football Boots Indonesia, Cari Kawan Lewat Koleksi Sepatu

    Para pecinta sepatu orisinal, baik sepak bola maupun futsal, bisa bergabung ke komunitas Football Boots Indonesia.

    Bugar

    Kamis, 4 Maret 2021

    Jakarta di Peringkat ke-17 Sebagai Kota Tersehat di Dunia

    Ibu kota Indonesia, DKI Jakarta masuk dalam kota tersehat di dunia urutan ke-17 menurut lembaga riset YouGov yang berasal dari Inggris.

    Bugar

    Sabtu, 27 Februari 2021

    Yoga, Rahasia Bugar Sophia Latjuba di Usia 50 Tahun

    Sophia Latjuba tetap bugar di usia 50 tahun dengan rutin melakukan yoga.

    Bugar

    Selasa, 9 Februari 2021

    Tips: 5 Olahraga Ini Bantu Kamu Optimalkan Tinggi Badan

    Redaksi SKOR.id mencoba merangkum lima jenis olahraga yang mampu menambahkan tinggi badan.

    Bugar

    Selasa, 2 Februari 2021

    Tips: Gerakan Yoga untuk Pemula Selama di Rumah Aja

    Ada lima gerakan yoga untuk pemula, dari mountain pose hingga tree pose yang bisa dicoba selama di rumah saja.

    Bugar

    Jumat, 29 Januari 2021

    Selain Eiger, 5 Merek Perlengkapan Olahraga Ekstrem Ini Patut Dicoba

    Skor.id coba merangkum beberapa pilihan merek olahraga ekstrem selain Eiger.

    Bugar

    Rabu, 27 Januari 2021

    Tips: Mulai Kebiasaan Minum Air Putih dengan 4 Anjuran Ini

    Kebiasaan minum air putih memiliki sejumlah kebaikan untuk tubuh meski masih banyak yang menyepelekan kegiatan ini.
    X