Tips: 8 Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan

6 Januari 2021, 17:55 WIB
Penulis: Doddy Wiratama
Editor: Doddy Wiratama
Ilustrasi sakit tenggorokan. /(pixabay.com)

  • Masalah tenggorokan biasa terjadi saat seseorang sedang tidak fit sehingga kuman pembawa penyakit bisa berkembang dengan cepat.
  • Nyeri saat menelan, tenggorokan kering maupun gatal, dan batuk merupakan beberapa gejala yang mengiringi masalah tenggorokan.
  • Berbagai cara dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tenggorokan, mulai dari menjaga asupan cairan, mencuci tangan, hingga tidur yang cukup.

SKOR.id - Terdapat berbagai cara yang diyakini efektif untuk menjaga kesehatan tenggorokan kita. Artikel kali ini mengungkap delapan di antaranya.

Gangguan pada tenggorokan kerap terjadi saat kondisi tubuh seseorang sedang tidak fit sehingga kuman pembawa penyakit bisa berkembang dengan cepat.

Masalah tenggorokan biasanya diiringi dengan gejala nyeri saat menelan, tenggorokan terasa kering maupun gatal, dan dapat disertai batuk.

Berbagai gejala lain seperti pilek, sakit kepala, pegal, dan demam juga bisa timbul saat seseorang mengalami masalah tenggorokan yang disertai infeksi bakteri atau virus.

Dilansir Skor.id dari Klikdokter.com, setidaknya ada delapan cara efektif untuk menjaga kesehatan tenggorokan menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong. Berikut tipsnya:

1. Penuhi Kebutuhan Cairan

Asupan cairan sangat penting untuk tubuh, termasuk dalam upaya menjaga kesehatan tenggorokan.

Maka dari itu, salah satu cara mencegah radang tenggorokan adalah dengan menjaga asupan cairan setiap hari. Usahakan minum air putih setidaknya dua liter sehari.

2. Hindari Polusi Udara

Nyeri tenggorokan juga dapat terjadi akibat terpapar asap atau polusi udara yang ada di sekitar lingkungan hidup.

Menghindari sumber polusi udara adalah hal yang harus dilakukan. Namun, jika kita harus tetap berkegiatan di sekitarnya maka memakai masker bisa menjadi solusi.

3. Berhenti Merokok

Rokok dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan gangguan. Rokok juga jadi salah satu pencetus utama kanker di area tenggorokan.

Berhenti merokok setidaknya bisa menurunkan risiko gangguan pada bagian tenggorokan kita.

4. Rajin Mencuci Tangan

Ilustrasi mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
Ilustrasi mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. (pixabay.com)

Telapak tangan dapat menjadi sarang untuk banyak kuman penyebab penyakit, termasuk radang tenggorokan.

Rajin mencuci tangan dengan cara yang benar, menggunakan sabun dan air mengalir, dapat efektif membunuh kuman.

Dengan tangan yang bersih, maka risiko penularan penyakit dapat diminimalisasi karena tak ada lagi kuman yang menempel dan bisa tersebar dari tangan kita.

 

 

5. Hindari Kontak dengan Orang Sakit

Penyakit di area tenggorokan sangat mudah menular, terutama saat penderitanya batuk dan bersin sehingga terjadi penyebaran droplet.

Maka dari itu, hindari kontak dengan orang yang sedang sakit adalah cara efektif untuk mencegah masalah tenggorokan.

Sebaliknya, bila Anda sedang mengalami masalah tenggorokan, gunakan masker dan minta izin tidak bekerja kalau memungkinkan.

6. Hindari Bertukar Alat Makan

Berbagai penyakit dapat ditularkan dengan mudah saat Anda bertukar alat makan dengan orang lain.

Hal lain yang juga dapat menyebabkan infeksi tenggorokan adalah berbagi makanan dengan penderita yang punya masalah tenggorokan.

Sedangkan untuk mencegah radang tenggorokan, hindari bertukar makanan atau alat makan dengan orang lain.

7. Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur kaya antioksidan, vitamin, dan mineral. Zat-zat tersebut bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Selain itu, zat di atas juga dapat membantu sel tubuh melawan infeksi, termasuk masalah tenggorokan.

8. Cukup Istirahat

Tidur yang cukup juga efektif untuk menjaga kesehatan kita.
Tidur yang cukup juga efektif untuk menjaga kesehatan kita. (pixabay.com)

Terakhir, cara yang tak kalah penting dalam tips menjaga kesehatan tenggorokan adalah istirahat cukup.

Saat beristirahat, tubuh akan mengalami regenerasi, menekan stres, serta membuat tubuh lebih bugar dan sehat.

Pastikan Anda tidur minimal enam hingga delapan jam dalam sehari.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube dan Twitter dari Skor Indonesia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Skor Indonesia (@skorindonesia)

Berita Bugar Lainnya:

Tips Tetap Sehat meski Bermain Gim hingga Larut Malam

Tips: Cara Mencuci Sports Bra 

  • Sumber: klikdokter.com
  • Tag

    Video

    Komentar

    Berita Terkait

    Entertainment

    Kamis, 15 Oktober 2020

    Skortips: 7 Rekomendasi Smartwatch Terbaik untuk Olahraga

    Harga jam tangan pintar sangat beragam, dari murah hingga jutaan rupiah.

    Bugar

    Senin, 19 Oktober 2020

    Skortips: 5 Resep Sehat ala Miss Universe 2018 Catriona Gray

    Catriona Gray merupakan Miss Universe 2018.

    Bugar

    Rabu, 21 Oktober 2020

    Skortips: 5 Rahasia Bugar Tom Brady

    Quarterback Tampa Bay Buccaneers, Tom Brady, memberikan resep hidup sehat.

    Terbaru

    Bugar

    Kamis, 1 April 2021

    SBKT Ajak Olahraga dengan Kesenangan

    Berangkat dari keinginan sehat dan menyenangkan, Selier Banjir Kanal Timur (SBKT) terbentuk pada 2017, jauh sebelum hype bersepeda muncul.

    Bugar

    Rabu, 17 Maret 2021

    Tips: 5 Gerakan Olahraga untuk Mengecilkan Paha dan Betis

    Lari dan naik turun tangga menjadi contoh olahraga praktis untuk mengecilkan paha dan betis.

    Bugar

    Minggu, 14 Maret 2021

    Pesepeda dari 40 Komunitas Berbagi 1.000 Kantung Beras

    Bersama Pesepeda Berbagi 1.000 Kantung Beras, Sabtu (13/3/2021), diinisiasi Cyclist Hub.

    Bugar

    Rabu, 10 Maret 2021

    Komunitas Football Boots Indonesia, Cari Kawan Lewat Koleksi Sepatu

    Para pecinta sepatu orisinal, baik sepak bola maupun futsal, bisa bergabung ke komunitas Football Boots Indonesia.

    Bugar

    Kamis, 4 Maret 2021

    Jakarta di Peringkat ke-17 Sebagai Kota Tersehat di Dunia

    Ibu kota Indonesia, DKI Jakarta masuk dalam kota tersehat di dunia urutan ke-17 menurut lembaga riset YouGov yang berasal dari Inggris.

    Bugar

    Sabtu, 27 Februari 2021

    Yoga, Rahasia Bugar Sophia Latjuba di Usia 50 Tahun

    Sophia Latjuba tetap bugar di usia 50 tahun dengan rutin melakukan yoga.

    Bugar

    Selasa, 9 Februari 2021

    Tips: 5 Olahraga Ini Bantu Kamu Optimalkan Tinggi Badan

    Redaksi SKOR.id mencoba merangkum lima jenis olahraga yang mampu menambahkan tinggi badan.

    Bugar

    Selasa, 2 Februari 2021

    Tips: Gerakan Yoga untuk Pemula Selama di Rumah Aja

    Ada lima gerakan yoga untuk pemula, dari mountain pose hingga tree pose yang bisa dicoba selama di rumah saja.

    Bugar

    Jumat, 29 Januari 2021

    Selain Eiger, 5 Merek Perlengkapan Olahraga Ekstrem Ini Patut Dicoba

    Skor.id coba merangkum beberapa pilihan merek olahraga ekstrem selain Eiger.

    Bugar

    Rabu, 27 Januari 2021

    Tips: Mulai Kebiasaan Minum Air Putih dengan 4 Anjuran Ini

    Kebiasaan minum air putih memiliki sejumlah kebaikan untuk tubuh meski masih banyak yang menyepelekan kegiatan ini.
    X