Tips: Gerakan Yoga untuk Pemula Selama di Rumah Aja

2 Februari 2021, 14:00 WIB
Penulis: Any Hidayati
Editor: Lily Indriyani
Ilustrasi Yoga, olahraga yang dapat dilakukan di rumah dengan alat sederhana seperti matras. /(Grafis: Hendy Andika/Skor.id)

  • Yoga bisa menjadi alternatif olahraga selama pandemi Covid-19.
  • Para pemula bisa menjajal lima gerakan dasar yoga di rumah.
  • Manfaat yoga, selain menyehatkan juga mengatasi berbagai gejala ringan dalam tubuh seperti nyeri atau sakit kepala.

SKOR.id - Pandemi Covid-19 tak boleh jadi hambatan untuk berolahraga. Yoga adalah salah satu cara untuk tetap bugar meski di rumah saja.

Melansir dari gramedia.com, ada lima gerakan dasar yoga yang bisa dipraktikkan oleh para pemula selama di rumah aja.

Gerakan ini, selain membantu menjaga kebugaran tubuh juga bermanfaat meredakan beberapa gejala ringan.

Dengan melakukan yoga, bisa membantu meredakan nyeri pada beberapa bagian tubuh, hingga sakit kepala.

Berikut lima gerakan dasar yoga yang bisa Skorer praktikan: 

1. Mountain Pose

Gerakan mountain pose adalah berdiri tegak dengan kedua tangan dalam keadaan terbuka ke depan di samping kiri kanan badan.

Kemudian, kedua jempol kaki saling bersentuhan dengan merenggangkkan kedua tumit.

Melakukan gerakan mountain pose secara rutin dipercaya dapat memperbaiki postur tubuh, meredakan nyeri pinggul, sekaligus mengencangkan perut dan bokong.

2. Tree Pose

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yoga Practice (@yogapractice)

Untuk melakukan tree pose (slide 2), Skorer berdiri dengan tegak dan mengangkat salah satu kaki. Lalu, letakkan telapak kaki ke paha bagian dalam kaki penopang.

Kedua telapak tangan disatukan di tepat depan dada. Bernapaslah secara teratur sembari menjaga keseimbangan selama beberapa menit.

Gerakan ini dipercaya dapat meredakan nyeri pinggul serta memperkuat otot-otot paha dan betis.

3. Cow Pose

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yoga Practice (@yogapractice)

Cow pose (slide pertama) pada dasarnya serupa dengan posisi merangkak, di mana tubuh ditopang kedua tangan dan lutut dengan paha dan betis membentuk sudut 90 derajat.

Selain itu, lengkungkan tulang punggung serta kepala yang ditengadahkan ke atas.

Gerakan ini akan membantu meregangkan bagian tubuh dan leher sekaligus memberi pijatan di perut dan tulang belakang.

4. Downward-facing dog

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yoga Practice (@yogapractice)

Untuk melakukan gerakan ini, pertama-tama posisikan badan seperti tengah merangkak. Perlahan angkat pinggul sampai kedua lutut lurus dan tumpuan kaki ada di jari-jemari kaki.

Atur posisi agar badan membentuk seperti huruf V terbalik dengan kepala sejajar dengan leher dan tulang punggung.

Pertahankan posisi ini selama 1-3 menit untuk menghilangkan sakit kepada, mencegah osteoporosis, dan melancarkan pencernaan.

5. Easy Pose

Pose ini mirip dengan posisi bersila dengan kedua tangan diletakkan secara rileks di samping badan.

Jaga pernapasan selama melakukan pose ini untuk memperkuat tulang belakang sekaligus meregangkan pergelangan kaki dan lutut, serta membuat kerja otak jadi rileks.

Ikuti juga InstagramFacebook, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita Skortips Lainnya:

Tips: 5 Jenis Asupan Gizi yang Diperlukan Tubuh Setiap Hari

Tips: Diet Batman Ala Robert Pattinson, Mau Coba?

  • Sumber: Instagram, gramedia.com
  • Tag

    Video

    Komentar

    Berita Terkait

    Bugar

    Sabtu, 4 April 2020

    Skortips: 4 Gerakan Latihan HIIT 15 Menit ala Tannya Roumimper

    Empat gerakan latihan HIIT 15 menit yang mudah dan bisa dilakukan ketika di rumah saja.

    Bugar

    Jumat, 20 November 2020

    Skortips: 5 Gerakan Latihan Pembentukan Otot Tubuh ala Alexander Volkanovski

    Petarung MMA, Alexander Volkanovski harus menurunkan berat badannya hingga 30 kg untuk bisa mengikuti pertarungan di UFC.

    Terbaru

    Bugar

    Kamis, 1 April 2021

    SBKT Ajak Olahraga dengan Kesenangan

    Berangkat dari keinginan sehat dan menyenangkan, Selier Banjir Kanal Timur (SBKT) terbentuk pada 2017, jauh sebelum hype bersepeda muncul.

    Bugar

    Rabu, 17 Maret 2021

    Tips: 5 Gerakan Olahraga untuk Mengecilkan Paha dan Betis

    Lari dan naik turun tangga menjadi contoh olahraga praktis untuk mengecilkan paha dan betis.

    Bugar

    Minggu, 14 Maret 2021

    Pesepeda dari 40 Komunitas Berbagi 1.000 Kantung Beras

    Bersama Pesepeda Berbagi 1.000 Kantung Beras, Sabtu (13/3/2021), diinisiasi Cyclist Hub.

    Bugar

    Rabu, 10 Maret 2021

    Komunitas Football Boots Indonesia, Cari Kawan Lewat Koleksi Sepatu

    Para pecinta sepatu orisinal, baik sepak bola maupun futsal, bisa bergabung ke komunitas Football Boots Indonesia.

    Bugar

    Kamis, 4 Maret 2021

    Jakarta di Peringkat ke-17 Sebagai Kota Tersehat di Dunia

    Ibu kota Indonesia, DKI Jakarta masuk dalam kota tersehat di dunia urutan ke-17 menurut lembaga riset YouGov yang berasal dari Inggris.

    Bugar

    Sabtu, 27 Februari 2021

    Yoga, Rahasia Bugar Sophia Latjuba di Usia 50 Tahun

    Sophia Latjuba tetap bugar di usia 50 tahun dengan rutin melakukan yoga.

    Bugar

    Selasa, 9 Februari 2021

    Tips: 5 Olahraga Ini Bantu Kamu Optimalkan Tinggi Badan

    Redaksi SKOR.id mencoba merangkum lima jenis olahraga yang mampu menambahkan tinggi badan.

    Bugar

    Selasa, 2 Februari 2021

    Tips: Gerakan Yoga untuk Pemula Selama di Rumah Aja

    Ada lima gerakan yoga untuk pemula, dari mountain pose hingga tree pose yang bisa dicoba selama di rumah saja.

    Bugar

    Jumat, 29 Januari 2021

    Selain Eiger, 5 Merek Perlengkapan Olahraga Ekstrem Ini Patut Dicoba

    Skor.id coba merangkum beberapa pilihan merek olahraga ekstrem selain Eiger.

    Bugar

    Rabu, 27 Januari 2021

    Tips: Mulai Kebiasaan Minum Air Putih dengan 4 Anjuran Ini

    Kebiasaan minum air putih memiliki sejumlah kebaikan untuk tubuh meski masih banyak yang menyepelekan kegiatan ini.
    X