Turunkan Berat Badan Tanpa Diet dengan Tiga Strategi Ini

8 April 2022, 12:21 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi seseorang sedang berdiri di atas timbangan badan.
Ilustrasi seseorang sedang berdiri di atas timbangan badan. /Pixabay.com

SKOR.id - Masalah menurunkan berat badan selalu menjadi salah satu perhatian utama bagi banyak orang. Dan, alasannya sangat banyak.

Yang utama adalah menjaga kesehatan, karena ada cukup bukti ilmiah bahwa berat badan berkaitan dengan masalah kesehatan, mulai dari penyakit jantung hingga diabetes.

Yang kedua adalah citra diri. Banyak yang terobsesi dengan penampilan fisik dan melakukan segala upaya nyata untuk menurunkan berat badan ekstra tersebut.

Menurunkan berat badan bisa menjadi proses yang sepi dan sulit, tapi kabar baiknya adalah ada sumber daya yang tersedia untuk mencapai tujuan kita dengan aman dan efektif.

Abaikan Diet
Setiap kali berpikir soal menurunkan berat badan, satu kata yang muncul di benak kita: diet.

Ada banyak diet dan produk yang tersedia, sebanyak informasi yang salah atau keyakinan yang salah. Anda tidak boleh tertipu.

Cara paling baik untuk menurunkan berat badan adalah makan makanan sehat, mengurangi asupan kalori dan aktif secara fisik, seperti yang diperingatkan oleh National Institutes of Health (NIH untuk akronim dalam bahasa Inggris).

Tidak perlu melakukan diet atau mendaftar untuk program diet sementara dan menjanjikan, sesuatu yang bisa kontraproduktif.

Fad diet bukanlah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Setidaknya secara permanen dan stabil.

(Red -  Fad dietMenurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), fad diet memiliki definisi diet untuk menurunkan berat badan yang menjanjikan hasil nan cepat dengan perubahan asupan gizi secara temporer).

Otoritas kesehatan telah menyarankan agar kita tidak mempercayai solusi ajaib itu, yang menjanjikan hasil langsung.

Kita akan dengan mudah mengenalinya, karena mereka menganjurkan untuk mengurangi atau mengecualikan jenis makanan tertentu.

Hasilnya seringkali sebaliknya: kebanyakan orang lelah setelah waktu diet yang singkat dan mendapatkan kembali berat badan yang telah hilang.

Jika kita memiliki ide yang jelas ini, kita dapat mencari alternatif lain. Menurut NIH, ada tiga strategi efektif yang dapat membantu kita menurunkan berat badan:

1. Pilih makanan sehat
Anda harus mengurangi asupan kalori total Anda. Tidak berarti Anda melepaskan rasa atau kenikmatan makanan. Salah satu cara untuk mengurangi asupan kalori adalah dengan makan lebih banyak makanan nabati dan mencoba makan berbagai makanan: buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Secara khusus, NIH berbicara tentang mengisi setengah piring Anda dengan buah-buahan dan sayuran.

2. Makan dalam porsi kecil
Setiap orang tidak memiliki konsep ransum yang sama. Untuk mengorientasikan diri, kita bisa menggunakan piring yang lebih kecil. Jika takaran itu tidak jelas, kita dapat menggunakan label nilai gizi untuk mempelajari ukuran porsi yang seharusnya kita makan.

Jika semua informasi itu tidak cukup, spesialis Mayo Clinic menawarkan beberapa tips:

  • Pilih produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak, dan unggas tanpa lemak dalam jumlah terbatas.
  • Makanlah setidaknya empat porsi buah, dan tiga porsi buah setiap harinya.
  • Ganti biji-bijian olahan dengan biji-bijian utuh.
  • Makanlah lemak sehat dalam jumlah sedang, seperti minyak zaitun, minyak sayur, alpukat, kacang-kacangan, selai kacang, dan minyak kacang.
  • Kurangi asupan gula sebanyak mungkin.

3. Latihan mingguan
Seperti yang para spesialis ulangi, tidak ada solusi ajaib atau nyaman. Fokus pada makanan saja tidak cukup. Anda juga harus melakukan beberapa latihan fisik mingguan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan aktivitas fisik sebagai tiap gerakan tubuh yang dihasilkan oleh otot rangka, dengan konsumsi energi konsekuen, termasuk selama waktu luang, untuk bepergian ke dan dari tempat-tempat tertentu, atau sebagai bagian dari pekerjaan seseorang.

Menurut WHO, orang dewasa haruslah melakukan aktivitas fisik aerobik sedang setidaknya selama 150 hingga 300 menit; o aktivitas fisik aerobik yang kuat minimal selama 75-150 menit; atau kombinasi setara dari aktivitas sedang dan berat sepanjang minggu.***

Berita Bugar Lainnya:

Smoothie Apel untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Diet Rendah Karbohidrat: Apakah Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan?

Bisakah Makan Telur Membantu Menurunkan Berat Badan?

  • Sumber: Mundo Deportivo
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Senin, 4 April 2022

    5 Bau Badan yang Mengkhawatirkan dan Apa Artinya bagi Kesehatan Anda

    Menghadapi masalah kebersihan tubuh pribadi memang memalukan, tetapi jangan biarkan hal itu menghentikan Anda untuk menjadi yang terbaik.

    Bugar

    Selasa, 5 April 2022

    Pelajari Latihan Kebugaran Fungsional dari Legenda UFC Nate Diaz

    Semua gerakan atletis Anda tidak ada artinya tanpa kapasitas aerobik untuk mempertahankannya—dan satu legenda UFC menjadi buktinya.

    Bugar

    Selasa, 5 April 2022

    Merujuk Insiden Will Smith, Berikut Tips Mengelola Amarah Sebelum Menjadi Kekerasan

    Paska tamparan Will Smith atas Chris Rock, dunia mulai berdiskusi tentang bagaimana mengelola kemarahan sebelum berubah menjadi kekerasan.

    Bugar

    Rabu, 6 April 2022

    Semua Orang Tercengang Melihat Wanita Ini Pamerkan Fisiknya yang Kencang

    Dalam sebuah video pendek yang dibagikan ke TikTok, Kerry, yang berasal dari Inggris, terlihat memamerkan fisiknya yang sangat kencang dalam balutan crop top dan bawahan yang memeluk tubuh saat dia berlatih di gym.

    Terbaru

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    5 Bahan Alami untuk Membantu Menumbuhkan Rambut

    Menumbuhkan rambut dapat dibantu dengan beberapa bahan alami berikut ini.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Masih Muda Tapi Pelupa? Ini Tips Mencegah Pikun di Usia Muda

    Pikun terjadi karena faktor imunitas dan kondisi kesehatan fisik, aspek kognitif yang berpengaruh terhadap usia.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    9 Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Sendi Berkepanjangan

    Berikut ini adalah sembilan cara ampuh mengatasi nyeri sendi yang tak kunjung sembuh dalam waktu lama.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Mengenal Penyebab dan Gejala Infeksi Paru, Penyakit Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo Sebelum Wafat

    Menteri PAN-RB RI Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) siang WIB.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Tips untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Seiring Bertambahnya Usia

    Ingin tahu apa saja tanda-tanda sistem kekebalan tubuh lemah atau bagaimana penuaan memengaruhi sistem kekebalan Anda? Inilah yang perlu Anda ketahui dari dokter.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Cara Sederhana Menurunkan Demam Tanpa Konsumsi Obat

    Berikut Skor.id merangkum beberapa cara menurunkan demam tanpa mengonsumsi obat.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Risiko Batu Ginjal Meningkat di Musim Panas: Ini Cara Pencegahannya

    Batu ginjal adalah bongkahan bahan padat seperti batu yang terbentuk di salah satu atau kedua ginjal ketika ada kadar mineral tertentu yang tinggi dalam urine.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Manfaat Havermut untuk Kesehatan Tubuh

    Oatmeal atau havermut adalah makanan sarapan yang terbuat dari oat dan cairan seperti air atau susu.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Ini Waktu Terbaik untuk Sarapan Tanpa Takut Kegemukan

    Tubuh kita butuh waktu 14 jam berpuasa setelah makan malam hingga makan kembali di keesokan harinya.

    Bugar

    Kamis, 30 Juni 2022

    Ini yang Harus Dilakukan saat Anak Remaja Anda Memberi Tahu Sesuatu yang Mengkhawatirkan tentang Seorang Teman, Kata Para Ahli

    Ketika anak remaja Anda memberi tahu Anda sesuatu yang mengkhawatirkan tentang seorang teman, haruskah Anda menelepon orang tuanya? Inilah saatnya untuk masuk, kata para ahli.
    X