Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Vitamin dan Suplemen

17 Mei 2022, 14:15 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi Tablet Omega-3 atau minyak ikan, yang paling baik dikosumsi pagi atau sore hari.
Ilustrasi Tablet Omega-3 atau minyak ikan, yang paling baik dikosumsi pagi atau sore hari. /Pixabay.com

  • Ada cara tepat dalam mengkonsumsi vitamin atau suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kita.
  • Tetapi, itu akan sangat bergantung pada vitamin apa yang dikonsumsi.
  • Beberapa harus dikonsumsi di pagi hari dengan makan untuk memaksimalkan penyerapan, yang lainnya paling baik diminum di malam hari sebelum tidur.

SKOR.id - Haruskah Anda mengkosumsi vitamin di pagi atau malam hari?

Untuk menjawabnya, perlu diingat bahwa waktu terbaik untuk mengonsumsi vitamin dan suplemen akan sangat bergantung pada vitamin apa yang Anda konsumsi.

Tidak semua vitamin diciptakan sama. Terlebih lagi, ketika kebanyakan orang mengatakan vitamin, yang mereka maksud sebenarnya adalah zat gizi mikro yang termasuk dalam kategori vitamin dan mineral.

Beberapa di antaranya harus dikonsumsi di pagi hari dengan makan untuk memaksimalkan penyerapannya. Yang lain paling baik diminum di malam hari sebelum Anda tidur.

Mari bicara tentang vitamin dan mineral untuk masing-masing kelompok utama yang akan Anda temukan di toko:

  • Multivitamin
  • Vitamin B
  • Vitamin D
  • Vitamin C
  • Asam folat
  • Magnesium
  • Asam Lemak Omega-3
  • Vitamin E
  • Zinc

Mendapatkan kadar vitamin dan zat besi yang cukup sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Sistem kekebalan Anda adalah pertahanan alami tubuh Anda terhadap penyakit. Jika Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan Anda melalui makanan saja, suplementasi dengan multivitamin bersama dengan Zat Besi Aktif adalah cara efektif untuk mendukung sistem kekebalan Anda.

Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Multivitamin
Anda harus makan multivitamin di pagi hari dengan makanan sehingga dapat memudahkan penyerapan. Jika menyebabkan sakit perut, cobalah meminumnya sebelum tidur.

Ingat, yang terpenting adalah menjadikannya bagian dari rutinitas harian Anda.

Orang-orang yang paling diuntungkan dari mengonsumsi multivitamin adalah:

  • Dewasa, karena penyerapan vitamin B12, kalsium, dan vitamin D menurun seiring bertambahnya usia.
  • Vegan dan vegetarian, karena mereka mungkin tidak mendapatkan cukup vitamin B12, zat besi, kalsium, seng, vitamin D, dan omega-3 dari makanan mereka saja.

Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Vitamin D
Vitamin D larut dalam lemak, artinya tidak larut dalam air, jadi Anda harus memasangkannya dengan makanan berlemak tinggi untuk memastikan penyerapan yang tepat.

Penting untuk memasukkan Vitamin D ke dalam rutinitas Anda, bersama menu sarapan atau mungkin camilan sebelum tidur Anda (asalkan tidak mengganggu tidur Anda.)

Vitamin D paling baik dikonsumsi di pagi hari, makan siang atau malam hari ketika Anda mengonsumsi makanan tinggi lemak seperti segelas susu utuh, alpukat, minyak zaitun, atau rami.

Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Vitamin C
Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, adalah antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Vitamin C juga penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan perbaikan semua jaringan tubuh.

Vitamin C larut dalam air, yang berarti paling baik jika dikonsumsi dengan air. Anda dapat mengonsumsi vitamin C kapan saja sepanjang hari selama tidak mengiritasi perut Anda.

Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Vitamin B
Waktu terbaik adalah setelah Anda bangun tidur. Beberapa data menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin B di sore hari dapat memengaruhi tidur Anda.

Untuk menghindari B-kompleks yang mempengaruhi tidur Anda, Anda harus mengonsumsi vitamin B di pagi hari, sebaiknya dengan makan untuk memaksimalkan penyerapannya. Aman untuk mengonsumsi beberapa vitamin B sekaligus.

Apa gunanya setiap Vitamin B?
Vitamin B-1 dikenal sebagai Thiamin, memainkan peran sangat penting dalam memecah karbohidrat dan protein. Sumber yang baik termasuk kacang tanah, kacang hitam, dan produk biji-bijian.

Vitamin B-3 juga disebut Niasin, yang ditemukan dalam kacang tanah, ikan, beras merah, dan biji-bijian.

Vitamin B-6 terlibat dalam sejumlah besar jalur metabolisme – penting untuk pemecahan makanan yang optimal - dan terutama karbohidrat - dari nutrisi besar menjadi unit kecil yang dapat digunakan tubuh. Sumber yang baik termasuk pisang, tuna, buncis, pistachio.

Vitamin B-9 disebut Folat, dan itu penting untuk produksi sel darah merah. Ini adalah salah satu blok pembangun DNA dan RNA. Sumber yang baik termasuk alpukat, sayuran hijau, brokoli, kacang hijau, dan banyak lagi.

Vitamin B-12 hanya ditemukan pada produk hewani, sangat penting untuk fungsi normal sistem saraf. Ini membantu membuat dan mengatur RNA, dan juga terlibat dalam pembentukan sel darah merah. Waktu terbaik untuk mengonsumsi vitamin B-12 adalah di pagi hari yang serupa dengan semua vitamin B.

Macam-macam vitamin, manfaat, dan ragam makanan pendukungnya.
Macam-macam vitamin, manfaat, dan ragam makanan pendukungnya. EXPRESS.CO.UK

Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Asam Lemak Omega-3 (Minyak Ikan)
Omega-3 dapat dikonsumsi kapan saja sepanjang hari. Untuk meningkatkan penyerapan omega-3, Anda harus meminumnya dengan makanan yang mengandung lemak seperti alpukat, rami, atau susu dengan lemak utuh.

Omega-3 (EPA & DHA), juga dikenal sebagai minyak ikan adalah nutrisi penting bagi tubuh Anda karena membantu meningkatkan kesehatan jantung, membantu melindungi fungsi otak Anda, dan membantu mendukung pertumbuhan yang tepat.

Omega-3 memiliki beberapa efek samping seperti refluks asam. Untuk memeranginya, Anda dapat membagi dosis harian menjadi dua yang lebih kecil dan mengambil satu di pagi hari dan satu di sore hari.

Anda harus ingat bahwa untuk memaksimalkan penyerapan omega-3, harus meminumnya dengan makanan yang memiliki sumber lemak yang baik. Ini dapat membantu Anda mengurangi efek samping serta meningkatkan efektivitas suplemen.

Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Asam Folat
Asam folat adalah versi Vitamin B9 (Vitamin Folat) buatan manusia. Membantu tubuh untuk membuat sel darah merah yang sehat. Menjelang dan selama kehamilan, vit ini penting untuk mendukung perkembangan otak, tengkorak, dan sumsum tulang belakang bayi.

Anda dapat mengonsumsi asam folat kapan saja sepanjang hari. Karena asam folat adalah suplemen yang larut dalam air yang berarti paling baik dikonsumsi dengan air.

Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Magnesium
Sebagian besar profesional kesehatan akan merekomendasikan mengonsumsi magnesium dengan makanan karena efek pencahar, yang dapat menyebabkan diare ketika perut kosong.

Akibatnya, Anda dapat membagi dosis menjadi dua (sarapan dan makan malam).

Magnesium adalah nutrisi penting yang mempengaruhi banyak fungsi dalam tubuh. Ini yang memainkan peran kunci dalam lebih dari 300 reaksi enzim dalam tubuh Anda.

Magnesium adalah mineral yang sangat penting, bahkan jika Anda tidak meminumnya pada "waktu yang tepat", fakta Anda meminumnya secara konsisten sudah lebih dari cukup.

Sama seperti kebanyakan suplemen, itu juga harus jadi bagian dari rutinitas harian sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda memiliki kadar Magnesium yang seimbang dan memadai dalam sistem Anda setiap saat.

Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Vitamin E
Suplemen vitamin E bekerja paling baik bila dikonsumsi dengan makanan di malam hari, adalah vitamin yang larut dalam lemak yang membutuhkan lemak alami dalam makanan kita untuk penyerapan.

Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Zing
Yang terbaik adalah mengonsumsi zat besi satu atau dua jam sebelum makan, dengan segelas air. Anda dapat mengonsumsi seng kapan saja sepanjang hari. Vitamin ini dikenal karena kualitasnya yang meningkatkan kekebalan.

Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Vitamin Larut Air vs Larut Lemak
Panduan ini telah menyentuh beberapa vitamin yang larut dalam lemak dan larut dalam air satu per satu. Misalnya, Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak yang berarti paling baik dikonsumsi dengan makanan berlemak tinggi.

Vitamin dari sayur dan buah juga tak kalah pentingnya untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh kita.
Vitamin dari sayur dan buah juga tak kalah pentingnya untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh kita. (pixabay.com)

Akibatnya, waktu terbaik dalam sehari untuk mengonsumsi vitamin larut lemak harus didasarkan pada pola makan Anda dan kapan jenis vitamin ini paling mudah diserap. Ini bisa berarti meminumnya setelah sarapan atau makan terakhir Anda hari itu.

Di sisi lain, vitamin yang larut dalam air paling baik dikonsumsi saat perut kosong. Ini bisa berarti meminumnya segera setelah Anda bangun atau lebih dari dua jam setelah Anda terakhir makan.

Contoh vitamin yang larut dalam air termasuk Vitamin C yang juga terjadi secara alami di beberapa produk populer termasuk jus jeruk.

Bisakah saya minum vitamin di malam hari?
Anda dapat memilih untuk mengonsumsi vitamin apa pun di malam hari yang tidak mengganggu tidur Anda atau tidak akan memengaruhi penyerapan vitamin. Akibatnya, Anda dapat mengonsumsi vitamin berikut di malam hari:

  • Zat Besi
  • Vitamin D
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Magnesium

Jenis Vitamin Waktu Terbaik untuk Dikonsumsi
Multivitamin              Pagi
Vitamin Prenatal        Pagi
Vitamin B                  Pagi
Vitamin D                  Pagi atau Malam dengan susu full-fat, alpukat, atau biji rami
Vitamin C                  Sepanjang hari dengan air
Asam Folat                Sepanjang hari dengan air
Besi                          Aktif Besi - Kapan pun cocok untuk Anda
Magnesium               Tidak ada waktu yang tepat – tetaplah konsisten
Asam Lemak Omega-3 (Minyak Ikan)            Pagi & Sore
Vitamin E                  Malam hari dengan makan
Zinc (Seng)               Setiap saat satu atau dua jam sebelum makan

Kesimpulan
Suplemen vitamin dan mineral tidak akan berfungsi kecuali Anda meminumnya setiap hari.

Beberapa vitamin, mineral, dan suplemen tertentu memiliki jendela emas yang membantu Anda meredakan iritasi atau bahkan meningkatkan efektivitasnya, tetapi hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah konsisten.

Anda juga harus bicara dengan dokter dan melihat apakah beberapa suplemen mengganggu pengobatan Anda. Tergantung pada vitamin yang Anda konsumsi, Anda harus mendapatkannya di pagi atau sore hari.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengembangkan kebiasaan meminumnya.

Jadikan itu bagian dari rutinitas pagi atau sebelum tidur Anda. Dengan begitu, Anda akan memastikan bahwa Anda konsisten dengan suplementasi Anda.***

Berita Bugar Lainnya:

Efek Samping Konsumsi Vitamin D Terlalu Banyak

Kenali Asupan Vitamin yang Tepat untuk Kesehatan Rambut

Mengenal 6 Vitamin yang Dipercaya Mampu Perlancar Aliran Darah

Klik gambar untuk mengunggah app Skor.id
Klik gambar untuk mengunggah app Skor.id

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

 

Tag

Video

Berita Terkait

Bugar

Minggu, 15 Mei 2022

Bukan Cemilan Biasa, Berikut Segudang Manfaat Kacang Mete yang Perlu Diketahui

Berikut ini manfaat kacang mete yang telah dirangkum Skor.id dari Healthline.

Bugar

Minggu, 15 Mei 2022

Manfaat Acar untuk Kesehatan, dari Sumber Antioksidan hingga Mengontrol Gula Darah

Berikut ini adalah sejumlah manfaat acar untuk kesehatan.

Bugar

Senin, 16 Mei 2022

7 Makanan Pelancar Buang Air Besar untuk Mengatasi Sembelit

´╗┐Berikut ini tujuh makanan yang baik dikonsumsi demi melancarkan buang air besar atau mengatasi sembelit.

Bugar

Senin, 16 Mei 2022

4 Olahraga Mata yang Ringan dan Mudah Dilakukan, Cocok untuk Gamer dan WFH

Berikut ini adalah empat olahraga mata yang muda dilakukan. Layak banget dipratikkan oleh gamer dan pekerja WFH.

Terbaru

Bugar

Sabtu, 2 Juli 2022

Deretan Manfaat Mengonsumsi Mie, Salah Satunya Menurunkan Berat badan

Mie adalah bagian dari keluarga biji-bijian seperti nasi dan pasta. Anda dapat menggunakan mie dalam makanan pembuka, lauk pauk dan sup serta resep lain yang menggunakan nasi atau pasta.

Bugar

Jumat, 1 Juli 2022

5 Bahan Alami untuk Membantu Menumbuhkan Rambut

Menumbuhkan rambut dapat dibantu dengan beberapa bahan alami berikut ini.

Bugar

Jumat, 1 Juli 2022

Masih Muda Tapi Pelupa? Ini Tips Mencegah Pikun di Usia Muda

Pikun terjadi karena faktor imunitas dan kondisi kesehatan fisik, aspek kognitif yang berpengaruh terhadap usia.

Bugar

Jumat, 1 Juli 2022

9 Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Sendi Berkepanjangan

Berikut ini adalah sembilan cara ampuh mengatasi nyeri sendi yang tak kunjung sembuh dalam waktu lama.

Bugar

Jumat, 1 Juli 2022

Mengenal Penyebab dan Gejala Infeksi Paru, Penyakit Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo Sebelum Wafat

Menteri PAN-RB RI Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) siang WIB.

Bugar

Jumat, 1 Juli 2022

Tips untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Seiring Bertambahnya Usia

Ingin tahu apa saja tanda-tanda sistem kekebalan tubuh lemah atau bagaimana penuaan memengaruhi sistem kekebalan Anda? Inilah yang perlu Anda ketahui dari dokter.

Bugar

Jumat, 1 Juli 2022

Cara Sederhana Menurunkan Demam Tanpa Konsumsi Obat

Berikut Skor.id merangkum beberapa cara menurunkan demam tanpa mengonsumsi obat.

Bugar

Jumat, 1 Juli 2022

Risiko Batu Ginjal Meningkat di Musim Panas: Ini Cara Pencegahannya

Batu ginjal adalah bongkahan bahan padat seperti batu yang terbentuk di salah satu atau kedua ginjal ketika ada kadar mineral tertentu yang tinggi dalam urine.

Bugar

Jumat, 1 Juli 2022

Manfaat Havermut untuk Kesehatan Tubuh

Oatmeal atau havermut adalah makanan sarapan yang terbuat dari oat dan cairan seperti air atau susu.

Bugar

Jumat, 1 Juli 2022

Ini Waktu Terbaik untuk Sarapan Tanpa Takut Kegemukan

Tubuh kita butuh waktu 14 jam berpuasa setelah makan malam hingga makan kembali di keesokan harinya.
X