Waktu Tidur Ideal Berdasarkan Usia, mulai Bayi hingga Lansia

18 September 2021, 13:00 WIB
Editor: Dini Wulandari
Ilustrasi seorang anak saat sedang tidur.
Ilustrasi seorang anak saat sedang tidur. /(Pixabay.com)

SKOR.id - Setiap orang setidaknya membutuhkan waktu selama kurang lebih tujuh jam untuk tidur. Tetap rata-rata kebanyakan orang tidak melakukan hal tersebut.

Padahal, kualitas tidur penting bagi kesehatan jangka panjang dan dalam aktivitas sehari-hari.

Ada banyak hal yang mendasari seseorang tidak bisa tidur setidaknya selama tujuh jam, seperti pekerjaan atau ativitas lain.

Terkadang kurang tidur justru membuat tubuh Anda tidak bugar dan justru mengganggu aktivitas selanjutnya.

Saat tidur, tubuh kita seperti mengisi energi untuk menatap hari berikutnya. Oleh karena itu, mengatur jam tidur sangatlah penting.

Waktu tidur yang tepat berdasarkan usia

Untuk mengetahui kualitas tidur Anda cukup atau tidak, dapat dikategorikan berdasar kelompok usia. Dalam menjaga waktu tidur yang cukup, tubuh kita dapat beraktivitas dengan baik.

Pada bayi yang baru saja lahir waktu tidur yang baik membutuhkan waktu yang cukup lama. Mereka membutuhkan 10-14 jam untuk beristirahat.

Sebaiknya, bayi yang baru lahir tidak tidur melebihi 17 jam. Bayi akan melakukan aktivitas tidur seperti itu setidaknya selama 12 minggu.

Anak sekolah, mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Dasar, porsi tidurnya tentu lebih sedikit. Kualitas tidur bagi anak sekolah sangat penting untuk menunhang prestasi akademis.

Pasalnya, waktu tidur yang tidak cukup dapat membuat tidak fokus dan mudah lelah. Sebaiknya, anak sekolah memiliki waktu tidur sembilan sampai 11 jam.

Saat memasuki masa remaja, waktu tidur yang baik juga akan lebih berkurang. Sebaiknya, Anda tidur setidaknya selama delapan jam per hari.

Tidur lebih dari 10 jam pada usia tersebut tidak dianjurkan. Hal tersebut justru dapat membuat tubuh Anda menjadi lemas atau pusing.

Sementara itu, pada usia dewasa dianjurkan tidur selama tujuh sampai sembilan jam. Terakhir, untuk lansia atau di atas 64 tahun disarankan untuk tidur dengan rentan waktu tujuh sampai delapan jam per hari.

Ilustrasi sulit tidur meski sudah mengantuk.
Ilustrasi sulit tidur meski sudah mengantuk. (Pixabay.com)

Selain menjaga jam tidur, ada beberapa langkah lain untuk memaksimalkan kualitas tidur. Salah satunya rutin berolahraga. Berolahraga tiga kali dalam seminggu dapat mengurangi risiko insomnia.

Anda juga harus menjaga asupan makanan yang memiliki banyak nutrisi. Sebaiknya, hindari rokok dan juga minuman beralkohol. Menjelang tidur, mengonsumsi air putih dapat membuat tidur Anda lebih nyaman.

Terakhir, kesehatan tempat tidur perlu untuk dijaga. Secara rutin sebaiknya seprai diganti agar membuat kualitas tidur lebih baik.

Jangan sepelekan tidur siang

Tidur di siang hari memberikan manfaat penting bagi tubuh Anda. Hal ini dapat mendukung kreativitas dan produktivitas Anda untuk menjalani aktivitas sehari-sehari. Oleh karena itu, ada beberapa perusahaan yang memperbolehkan karyawannya tidur siang di kantor.

Saat tidur siang, sebaiknya tiddak melebihi 20 menit. Jika lebih dapat mengurangi tingkat konsentrasi.

Manfaat tidur siang tidak mengenal batasan usia, hal ini dapat membantu tingkat kecemasan dan stres.

Bahaya kurang tidur

Saat mengalami insomnia atau kurang tidur harus diatasi secepat mungkin. Hal ini bisa menggangu aktivitas Anda sehari-hari, seperti mengantuk saat berkendara, kurangnya fokus, dan badan tidak bugar.

Kurang tidur juga menimbulkan berbagai penyakit, seperti diabetes dan obesitas dalam jangka panjang. Sistem kekebalan tubuh Anda juga akan menurun saat kualitas tidur tidak terjaga, ini dikarenakan virus bakal mudah masuk ke tubuh.

Orang yang tidak memiliki waktu tidur teratur juga sering mengalami nyeri d antara otot leher hingga punggung, sakit gigi, hingga sakit kepala. Kurang tidur juga dapat mempengaruhi penampilan Anda.

 Berita kebugaran lainnya:

Tips Mengatasi Tekanan Darah Rendah dengan Cara Alami

Manfaat Ketan Hitam, Pencegah Diabetes hingga Menjaga Kesehatan Jantung

  • Sumber: Tiptar
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Jumat, 17 September 2021

    Bisa Pengaruhi Fisik dan Mental, Ini Cara Mengatasi Doomscrolling

    Doomscrolling adalah kondisi seseorang kecanduan berita negatif hingga mempengaruhi kesehatan fisik dan mental.

    Bugar

    Jumat, 17 September 2021

    Manfaat Pakai Sunblock Secara Rutin, Bukan Hanya saat Liburan ke Pantai

    Paparan sinar UV berlebih bisa tingkatkan risiko kulit terbakar, kerusakan mata, sampai dengan kanker kulit.

    Bugar

    Jumat, 17 September 2021

    Menengok Betapa Pentingnya Ilmu Psikologi Anak

    Sedikit ulasan mengenai pentingnya ilmu psikologi anak bagi para orang tua.

    Terbaru

    Bugar

    Rabu, 8 Desember 2021

    Kebaikan Daun Pandan untuk Kesehatan, Termasuk melawan Insomnia

    Tak hanya sebagai pelengkap masakan, daun pandan ternyata juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan.

    Bugar

    Rabu, 8 Desember 2021

    Ternyata Faktor Usia Berpengaruh Besar pada Kesuburan Pria

    Kesuburan pria biasanya mulai berkurang sekitar usia 45 hingga 55 tahun ketika kualitas sperma menurun.

    Bugar

    Rabu, 8 Desember 2021

    Bikin Tidak Nyaman, Ini 4 Makanan yang Banyak Menghasilkan Gas

    Ternyata, empat makanan ini diklaim banyak menghasilkan gas yang bikin perut tak nyaman.

    Bugar

    Selasa, 7 Desember 2021

    Bisa Dicoba, 3 Ramuan Sederhana untuk Meredakan Batuk

    Ada tiga bahan sederhana yang dapat dijadikan ramuan pereda batuk.

    Bugar

    Selasa, 7 Desember 2021

    5 Arti Pentingnya Pendidikan Seks untuk Anak

    Jika orang tua abai mengenai pendidikan seksual, hal-hal yang berbahaya bisa saja mengintai kepada anak di masa depannya nanti.

    Bugar

    Selasa, 7 Desember 2021

    5 Manfaat Brokoli Hijau untuk Tubuh

    Brokoli hijau memiliki berbagai kandungan seperti serat, kalium dan vitamin C.

    Bugar

    Senin, 6 Desember 2021

    6 Pola Hidup Sehat untuk Hindari Stres dan Cemas

    Berikut ini adalah 6 cara yang dapat dilakukan untuk meredam dan mengurangi stres.

    Bugar

    Senin, 6 Desember 2021

    5 Kesalahan saat Diet yang Berdampak Buruk bagi Kesehatan

    Berikut ini adalah lima hal yang harus dihindari ketika melakukan diet.

    Bugar

    Senin, 6 Desember 2021

    Diet Pisang saat Pagi, Cara Efektif Turunkan Berat Badan dengan Syarat Ini

    Morning Banana Diet atau diet pisang saat pagi yang asli diciptakan oleh apoteker Jepang untuk bantu suaminya turunkan berat badan.

    Bugar

    Senin, 6 Desember 2021

    Alasan di Balik Pentingnya Puasa Sebelum Lakukan Cek Darah

    Jika makan atau minum sebelum melakukan cek darah ditakutkan hasilnya nanti akan menjadi kurang akurat.

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X