IIMS

Yang Harus Diketahui tentang Scleroderma, Penyakit Autoimun yang Diperjuangkan Bob Saget sebelum Kematiannya

14 Januari 2022, 08:30 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Penghormatan terakhir untuk komedian Bob Saget mengkampanyekan kesadaran masyakat atas penyakit Scleroderma selama hampir 28 tahun.
Penghormatan terakhir untuk komedian Bob Saget mengkampanyekan kesadaran masyakat atas penyakit Scleroderma selama hampir 28 tahun. /Twitter @srfcure

SKOR.id - Setelah tersiar kabar bahwa komedian Bob Saget meninggal pada usia 65 tahun, banyak teman dan keluarganya mendorong para penggemar untuk menyumbang ke Scleroderma Research Foundation, yang sangat dekat dengan hati sang aktor.

Saget pertama kali mendukung organisasi nirlaba tersebut pada tahun 1991, dan kemudian menjadi advokat yang loyal setelah saudara perempuannya, Gay, didiagnosis dengan penyakit autoimun langka tersebut hanya setahun kemudian.

“Kakak saya, Gay Saget, adalah seorang guru sekolah di dekat Philadelphia. Dia berusia 44 tahun ketika dia didiagnosis dengan menderita skleroderma sistemik,” kata Saget kepada NIH Medline Plus Magazine pada 2019.

“Dia mendapat perawatan, tapi hanya busa mengobati gejalanya dengan obat-obatan seperti prednison dan kortison. Dia harus pindah ke Los Angeles untuk tinggal bersama orangtua saya karena dia butuh begitu banyak bantuan. Dia meninggal hanya dua tahun kemudian."

Scleroderma adalah langka, jaringan ikat autoimun, dan penyakit rematik yang terutamanya menyebabkan peradangan pada kulit, dan dapat menyebabkan peradangan di bagian lain dari tubuh, menurut National Institutes of Health.

Penyakit tersebut menyebabkan kulit membentuk tambalan keras dan kencang yang dapat tumbuh atau menyusut, dan terkadang tiba-tiba menghilang.

Dalam kasus ringan, skleroderma hanya mempengaruhi kulit. Tapi dalam bentuk yang parah, yang disebut skleroderma sistemik, penyakit ini menyebar melalui sistem lainnya di dalam tubuh dan "dapat merusak pembuluh darah dan organ dalam, seperti jantung, paru-paru dan ginjal," menurut NIH.

Jika scleroderma telah menyebar ke seluruh anggota tubuh, itu akan mempengaruhi setiap organ dengan cara yang berbeda.

Paru-paru dapat mengembangkan jaringan parut yang membuat lebih sulit untuk bernapas.

Scleroderma pada ginjal dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan kasus gagal ginjal yang cepat.

Jaringan parut pada jaringan jantung dapat menyebabkan gagal jantung kongestif. Dan jika scleroderma mencapai sistem pencernaan, dapat menyebabkan mulas, kesulitan menelan, kembung dan diare.

Tak ada obat langsung. Hanya pengobatan berbeda yang bisa menargetkan berbagai gejala penyakit, seperti krim steroid untuk peradangan kulit, obat tekanan darah untuk masalah paru-paru atau ginjal, penekan kekebalan dan obat penghilang rasa sakit.

Gay Saget didiagnosis pada usia 44 tahun, dan hanya bertahan dua tahun, meninggal pada tahun 1994.

 

"Dia sangat membutuhkan bantuan," Saget menjelaskannya pada NIH Medline Plus. "Sangat menyakitkan memiliki orang yang Anda cintai mengalami kondisi seperti ini." 

"Ini penyakit yang sangat menyakitkan. Keluarga saya masih mengalami gangguan stres pasca-trauma. Saya tidak tahu bagaimana orangtua saya bertahan."

Menyaksikan perjuangan Gay dengan penyakit itu mendorong Saget untuk menjadi advokat yang berdedikasi untuk penelitian lebih lanjut tentang penyembuhan.

Saget lalu menyutradarai film TV For Hope pada 1996, tentang seorang wanita muda dengan skleroderma berdasarkan pengalaman Gay, yang diharapkab membantu meningkatkan kesadaran akan penyakit tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bob (@bobsaget)

Dia juga menjadi anggota dewan direksi Scleroderma Research Foundation selama lebih dari satu dekade dan menjadi host untuk lembaga itu selama 25 tahun, termasuk penggalangan dana tahunan Cool Comedy, Hot Cuisine, dengan para kolega komedian melakukan standup dan hadirin akan menikmati santapan dari para koki top.

Mereka mengumpulkan $25 juta selama bertahun-tahun untuk penelitian dan pengobatan.

Organisasi itu membagikan penghormatan kepada Saget pada hari Senin kemarin.

"Dengan sangat berat hati kami berduka atas kehilangan teman dan anggota Dewan kami, Bob Saget," kata mereka.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bob (@bobsaget)

"Bob adalah juara bagi setiap pasien skleroderma di mana saja sejak tahun 1991 ketika dia pertama kali terlibat dengan Scleroderma Research Foundation (SRF), bahkan sebelum kakak perempuannya Gay kalah dalam pertempuran dengan penyakit itu pada tahun 1994."

"Bob adalah ayah, suami, dan ayah yang sangat perhatian. dan koleganya, yang tanpa pamrih berkomitmen pada misi SRF."

Bintang Full House itu mengatakan dalam postingan Instagram Mei 2021 bahwa itu adalah "salah satu misi hidup saya untuk membantu menemukan obat untuk penyakit ini."

"Ada obat baru khusus untuk skleroderma yang dapat membantu orang," ujarnya pada NIH Medline Plus. "Tetapi jalan kita masih panjang untuk mendapatkan perawatan yang lebih efektif dan akhirnya menyembuhkan."

Saget mengatakan bahwa ketika dia bertemu orang-orang dengan skleroderma, "Saya bilang pada mereka untuk jangan putus asa, karena kita membuat kemajuan yang luar biasa."***

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Skor.id (@skorindonesia)

Berita Entertainment Lainnya:

Apakah Lupus Terjadi pada Pria? Video Dokumenter Nick Cannon Ini Bisa Menjadi Acuan

Keanu Reeves Ungkap Rahasia 'Life Changing' yang Membuatnya Menua dengan Baik

Wanda Nara Pamer Koleksi Pakaian Renang Super Mahal, Penggemar Bereaksi Nakal

Ada-ada Saja, Petinju Seksi Ini Klaim Payudaranya Membersar Setelah Divaksin Pfizer

  • Sumber: people.com
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Entertainment

    Kamis, 13 Januari 2022

    Presenter Cantik Teman Kencan Tony Parker Ini Masih Bergairah di Tenis

    Alize Lim yang mempersembahkan Australia Terbuka di Discovery dan Eurosport dan berkencan dengan legenda NBA Tony Parker

    Entertainment

    Kamis, 13 Januari 2022

    Tunangan Superstar NBA Ben Simmons Koleksi Mobil Gila

    Maya Jama tunangan pemain bintang NBA Ben Simmons membanggakan koleksi mobil gila termasuk Porsche £ 1,4 juta atau Rp 27,3 miliar.

    Entertainment

    Kamis, 13 Januari 2022

    Pesenam AS Suni Lee dan PrettyLittleThing Meluncurkan Koleksi Activewear yang Serbaguna

    Pesenam putri AS, Suni Lee berkolaborasi dengan PrettyLittleThing untuk merancang dan meluncurkan koleksi pakaian atletik serbaguna.

    Entertainment

    Kamis, 13 Januari 2022

    Jalani LDR Lintas Benua dengan Pevoli Shella Bernadetha, Ini Tips Bagus Kahfi

    Bagus Kahfi dan Shella Bernadetha saling mendukung karier masing-masing meski terpisah jarak dan waktu.

    Terbaru

    Bugar

    Jumat, 28 Januari 2022

    Mengenal Penyakit OCD yang Dialami Aliando

    Untuk pengobatannya sendiri sampai saat ini masih belum ada.

    Bugar

    Jumat, 28 Januari 2022

    Benjolan di Leher: Apa Penyebabnya dan Kapan Saya Harus Khawatir?

    Dalam kebanyakan kasus bejolan di leher biasanya jinak dan disebabkan oleh penyakit inflamasi atau faktor bawaan atau pada kasus lainnya, kanker.

    Bugar

    Jumat, 28 Januari 2022

    Gangguan Makan: Apa Itu dan Mengapa Jumlah Kasus Terus Bertambah

    Gangguan makan adalah kondisi medis serius dengan pengaruh biologis dan ditandai dengan gangguan parah dalam perilaku makan.

    Bugar

    Jumat, 28 Januari 2022

    Ini yang Harus Anda Makan sebelum Pergi ke Gym untuk Latihan Membentuk Otot

    Menyesuaikan nutrisi sama pentingnya dengan olahraga dalam hal meningkatkan massa otot: termasuk protein, karbohidrat, dan lemak.

    Bugar

    Kamis, 27 Januari 2022

    Penyebab Terjadinya Usus Buntu

    Penyebab usus buntu sebenarnya bukan lah makanan pedas.

    Bugar

    Kamis, 27 Januari 2022

    Dehidrasi Dapat Memengaruhi Kesehatan Anda

    Sekitar 60% dari berat badan pria dewasa dan 50-55% pada wanita adalah air, menurut komposisi tubuh, usia, jenis kelamin, dan aktivitas fisik.

    Bugar

    Kamis, 27 Januari 2022

    Aktor Henry Cavill Membagikan Saran Kebugaran Terbaik kepada Para Pemula

    Dalam video untuk situs bodybuilding.com, aktor Henry Carvill berbicara soal pendekatannya terhadap program kebugaran dan kesehatannya.

    Bugar

    Kamis, 27 Januari 2022

    Suplemen Vitamin D: Kapan Saya Harus Mengkonsumsinya?

    Vitamin D mengurangi risiko tertular osteoporosis, tapi tidak disarankan mengosumsinya dengan dosis tinggi, terutama yang punya isu kesehatan.

    Bugar

    Rabu, 26 Januari 2022

    Baik untuk Kesehatan Mata dan Otak, Inilah Berbagai Manfaat dari Telur Ikan

    Kandungan DHA dan EPA dalam telur ikan penting untuk perkembangan visual pada bayi dan fungsi retina pada anak-anak dan orang dewasa.

    Bugar

    Rabu, 26 Januari 2022

    Manfaat Mendengar Lagu Galau untuk Psikologis

    Setidaknya ada enam manfaat mendengarkan musik.
    X